Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat Agar Bangunan Kuat

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat Agar Bangunan Kuat

Tahukah Anda bahwa perbandingan semen dan pasir yang dicampur dengan air dapat mempengaruhi kualitas, kekokohan dan ketahanan bangunan? Walaupun terlihat asal campur, namun sebenarnya ada hitungan pasti komposisi semen dan pasir untuk setiap kebutuhan.

Salah satu tujuanya adalah untuk memperkuat dan meningkatkan efisiensi penggunaan material bangunan. Selain itu, perbandingan ini juga jadi tolak ukur perhitungan budget konstruksi, khususnya pada kebutuhan material yang bersangkutan. Jadi, wajib hukumnya untuk tahu perbandingannya di artikel ini!

Fungsi Campuran Semen dan Pasir

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa perbandingan semen dan pasir sangat umum ditemukan dalam industri konstruksi. Pasalnya, campuran ini memiliki banyak fungsi, seperti:

1. Perekat Antar Material

Fungsi utama dari campuran semen dan pasir adalah sebagai perekat utama antara batu bata, batu, atau bahan bangunan lainnya. Sifat semen yang akan mengeras setelah tercampur dengan air membuatnya cocok untuk kebutuhan ini.

Melalui ikatan yang kuat terjadi saat adonan mengeras, struktur bangunan dapat tetap kokoh dalam jangka waktu yang lama. Dengan perbandingan semen pasir air yang tepat, sambungan material dapat bertahan lama sesuai fungsi konstruksinya.

2. Pengisi Ruang

Adonan ini juga berfungsi sebagai pengisi ruang kosong antara bahan material bangunan pada proses konstruksi. Menutup ruang kosong akan membantu mengurangi celah air masuk yang dapat memberikan kestabilan tambahan pada struktur dan menghindari rembesan air hujan.

3. Meningkatkan Kekuatan Bangunan

Komposisi semen dan pasir yang tepat pastinya akan memberikan kekuatan struktural pada bangunan. Semen, sebagai bahan pengikat utama, akan bekerja sama dengan pasir untuk menciptakan kondisi yang lebih kuat.

Baca Juga:  7 Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Mudah untuk Pemula

Secara tidak langsung, semen dan pasir akan meningkatkan ketahanan bangunan terhadap cuaca dan kerusakan seiring waktu. Menarik, bukan?

4. Menciptakan Permukaan yang Sesuai Kebutuhan

Adonan ini juga memiliki peranan untuk menciptakan permukaan yang halus dan rata sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna. Sehingga memungkinkan Anda membuat berbagai permukaan, baik datar, lengkung berbagai bentuk abstrak sesuai kebutuhan konstruksi!

Jenis Perbandingan Semen dan Pasir Sesuai Fungsinya

Jenis Perbandingan Semen dan Pasir
Source: builder.id

Sebenarnya, ada beberapa jenis perbandingan semen, pasir, dan air yang bisa Anda gunakan pada situasi, konstruksi, dan kebutuhan sesuai fungsinya. Adapun perbandingannya biasanya terdiri dari:

1. Perbandingan Semen dan Pasir untuk Beton

Untuk takaran pertama biasanya digunakan untuk cor, beton, atau pondasi. Namun, Anda tak hanya butuh pasir, semen, dan air saja, melainkan juga membutuhkan split (kerikil) untuk struktur penguatnya.

Banyak ahli konstruksi biasanya menerapkan komposisi 1:2:3 (semen:pasir:split) Komposisi tersebut sudah cukup baik untuk menghasilkan beton atau pondasi yang kokoh dan tahan lama.

Tetapi, jika Anda membangun bangunan dengan struktur khusus, maka gunakan perbandingan komposisi 1:1,5:2,5 (semen:pasir:split). Perlu Anda ingat pula bahwa untuk kebutuhan pengecoran, Anda masih butuh rangka besi untuk penguatan atau tulang beton.

2. Perbandingan Semen dan Pasir untuk Sambungan Batu Bata

Jika Anda menggunakan konstruksi bata, maka komposisi semen dan pasir yang Anda gunakan juga harus cukup kuat dan mampu memberikan daya rekat yang tinggi.

Umumnya, penggunaan perbandingan 1:4 (semen:pasir) sudah cukup kuat untuk pembuatan dinding tanam di bawah permukaan tanah dan bak atau kolam air. Sedangkan untuk pembuatan dinding yang berdiri di atas permukaan tanah, Anda bisa gunakan perbandingan 1:6 (semen:pasir).

Amati bagaimana konstruksi akan Anda gunakan (penggunaan ruang), pondasi (tanah atau beton), hingga preferensi pribadi. Memilih perbandingan semen, pasir, dan air yang tepat akan membantu bangunan lebih tahan lama. Tentunya teknik penyatuan dan penyusunan bata juga akan memberikan pengaruhnya sendiri.

Baca Juga:  CCTV Tanpa Internet: Solusi Tidak Bergantung ke Sinyal

3. Perbandingan Semen dan Pasir untuk Plester Tembok

Pada dasarnya, plester tembok adalah pelapis dinding agar tampilan dinding lebih rapi dan kokoh. Komposisi adukan plester yang tepat akan membantu tembok terhindar dari rongga kecil yang bisa menimbulkan kebocoran atau rembesan air.

Biasanya, semen plesteran ini masih menggunakan adonan sambungan bata, yakni 1:4 (untuk plesteran bata di bawah permukaan tanah). Namun, jika Anda merasa campuran masih kurang halus, maka Anda bisa buat perbandingan 1:5 (semen:pasir). Beberapa praktisi juga ada yang menerapkan teknik timpaan.

Teknik ini menggunakan dua lapisan dengan perbandingan semen, pasir, dan air yang berbeda. Biasanya, Anda harus menggunakan perbandingan 1:4 terlebih dahulu, baru setelah kering tambahkan lagi lapisan tipis dengan adonan 1:5 atau 1:6 (untuk plesteran bata di atas permukaan tanah).

Tips Memilih Semen dan Pasir
Source: jaminanganakal.tokobangunanjbs.com

Tips Memilih Semen dan Pasir untuk Proyek Konstruksi

Setelah mempelajari beberapa jenis perbandingan komposisi semen dan pasir untuk konstruksi, ada baiknya jika Anda juga mempelajari bagaimana cara memilih semen maupun pasir. Setidaknya saat memilih, Anda harus memiliki perhitungan dan pertimbangan yang matang akan beberapa hal berikut ini:

1. Pahami Jenis Konstruksi yang Akan Anda Kerjakan

Pertama-tama, identifikasi jenis konstruksi yang akan Anda kerjakan. Pastikan tujuan pembangunan, apakah proyek bangunan dari nol, renovasi, atau proyek khusus seperti kolam renang. Jenis proyek konstruksi sedikit banyak pasti akan mempengaruhi jenis pasir dan semen yang Anda butuhkan.

2. Periksa Kualitas Pasir

Pasir yang baik umumnya memiliki beberapa karakteristik penting seperti:

  • Pasir harus terbebas dari kontaminan seperti tanah liat, lumpur, atau bahan organik lainnya. Kebersihan pasir akan berpengaruh pada perbandingan semen dan pasir.
  • Butiran pasir juga harus seragam secara kasat mata, karena akan memudahkan pencampuran dengan semen dan menciptakan adonan yang lebih konsisten.
  • Hindari memilih pasir yang berdebu, karena dapat mengganggu proses pencampuran dan mengurangi kualitas adonan.

3. Pilih Produk Semen dengan Bijak

Secara teori, semen juga memiliki berbagai jenis dan grade kualitas yang berbeda. Termasuk semen portland biasa, semen tahan air, hingga semen dengan aditif khusus. Setidaknya pertimbangkan beberapa faktor ini:

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Semen Portland paling umum dan cocok untuk berbagai jenis proyek. Namun jika ada kebutuhan khusus seperti konstruksi tahanan air, maka pertimbangkan semen jenis tahan air.

Pilih brand semen yang sudah terkenal dan terpercaya dalam industri konstruksi. Sebaiknya gunakan produk berkualitas walaupun harganya lebih tinggi.

Pastikan semen yang Anda beli masih dalam masa berlaku, periksa tanggal kadaluarsa untuk mendapatkan produk dengan kualitas paling prima.

belanja semen holcim di ukur

Dapatkan semen holcim berkualitas dengan cicilan 0% di Ukur!

4. Pertimbangkan Anggaran

Secara praktek maupun teori, anggaran selalu menjadi faktor penting dalam memilih pasir dan semen. Umumnya, Anda harus memperhitungkan kebutuhan perbandingan semen dan pasir, lalu menerapkannya dalam hitungan anggaran akan membantu efektifitas pembangunan!

5. Konsultasikan dengan Ahli Konstruksi

Jika Anda merasa bingung atau tidak yakin dalam memilih pasir dan semen, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang ahli konstruksi atau tukang berpengalaman. Pastikan juga membeli pada tempat yang terbukti terpercaya menjual produk terbaik.

Sudah Tahu Perbandingan Semen dan Pasir yang Benar?

Berdasarkan penjelasan di atas, memperhitungkan dan memilih produk terbaik dengan menyesuaikan anggaran bisa jadi solusi yang bijak. Untuk itu, Anda harus mengetahui komposisi atau perbandingan semen dan pasir dengan tepat, sehingga perhitungan jadi lebih akurat.

Anda bisa membeli produk konstruksi di Ukur. Singkatnya, Ukur adalah platform yang menyediakan layanan jual beli material konstruksi secara online, lengkap dengan kualitas dan pelayanan terbaik yang membantu proyek Anda berjalan dengan baik.

Platform ini juga menyediakan berbagai produk furniture rumah tangga, barang elektronik, bahan pembangunan dinding dan plafon, serta kebutuhan lain dengan kualitas yang terjamin dan harga terjangkau. Ukur juga menyediakan beragam pilihan pembayaran dari berbagai bank, termasuk cicilan 0%. Menarik, bukan?