8 Jenis Keramik untuk Mempercantik Rumah Anda

jenis-jenis keramik

Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat dan diproses dengan cara dibakar dalam suhu tinggi. Manusia sudah menggunakan keramik sejak zaman prasejarah dan terus berkembang hingga saat ini. Lantas, apa saja sih jenis jenis keramik? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk memahami fungsi dan jenisnya!

Fungsi Keramik

Sebelum mengetahui berbagai jenis keramik, selanjutnya Anda harus memahami apa saja fungsinya untuk kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Peralatan Rumah Tangga

Fungsi keramik yang pertama adalah sebagai peralatan rumah tangga. Ada banyak sekali jenis keramik yang digunakan sebagai peralatan di rumah, contohnya adalah alat makan. Penggunaan keramik sebagai peralatan rumah tangga tentunya memiliki berbagai kelebihan.

Sebab, keramik tidak bisa mengalami perkaratan. Sehingga, penggunaanya juga lebih awet, baik dari segi fungsi maupun estetika. Motif keramik yang indah pun memunculkan nilai tersendiri pada peralatan rumah tangga.

2. Bahan Bangunan

Fungsi keramik selanjutnya adalah sebagai bahan bangunan. Ini sangat sering ditemui hampir pada seluruh bangunan, mulai dari rumah hingga gedung-gedung besar. Penggunaan keramik memang sangat fleksibel, pemasangannya bisa Anda lakukan buat lantai hingga meja.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pilihan motif dan jenis jenis keramik buat bahan banguanan. Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda, mulai dari yang tampak elegan hingga yang terkesan santai namun minimalis.

keramik rumah tangga dan konstruksi
Source image: freepik.com

3. Hiasan

Penggunaan keramik sebagai hiasan juga sudah ada sejak zaman dahulu kala. Kebanyakan orang memakai keramik sebagai guci pajangan atau vas bunga. Motifnya pun tergolong sangat detail. Mulai dari motif lukisan alam hingga lukisan sekumpulan orang yang detail.

Baca Juga:  5 Bahan Lemari Terbaik untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Harga keramik sebagai hiasan pun sangat bervariasi. Mulai dari harga yang murah hingga puluhan juta rupiah. Tak heran jika orang yang mengoleksi keramik identik dengan kemewahan dan kekayaan.

Jenis Jenis Keramik

Setelah mengetahui tentang fungsi keramik, selanjutnya Anda akan mengenali jenis keramik menurut bahan pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Keramik Tanah Liat

Keramik tanah liat adalah keramik yang terbuat dari tanah liat dan diproses dengan cara dibakar pada suhu tinggi. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat alat rumah tangga, seperti wadah penyimpanan makanan dan minuman, piring, mangkuk, dan gelas.

Keramik Tanah Liat
Source image: freepik.com

Belakangan ini, sedang marak pembuatan keramik dari tanah liat yang bisa Anda lakukan sendiri. Ada banyak art workshop di berbagai kota yang menyediakan layanan tersebut. Anda dapat berkreasi sekaligus refreshing dengan cara membuat keramik tanah liat.

2. Keramik Batu Alam

Sesuai dengan namanya, keramik satu ini terbuat dari batu alam. Jenis ini biasanya berguna untuk menjadi bahan bangunan seperti lantai. Keramik ini akan membuat tampilan rumah lebih elegan dan menyatu dengan alam.

Jenis Keramik Batu Alam
Source image: freepik.com

Keuntungan penggunaan keramik batu alam adalah perawatannya yang terjangkau dan mudah. Umumnya, rumah dengan batu alam juga punya nilai jual tinggi. Selain itu, kebanyakan orang akan menggunakan keramik ini di pinggir kolam agar terlihat lebih natural.

3. Keramik Porselen

Keramik porselen adalah jenis keramik yang terbuat dari berbagai bahan yang tahan api. Contohnya kaolin, silika, dan alumina. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat peralatan makan. Seperti piring, mangkuk, dan gelas karena memiliki kehalusan permukaan yang tinggi.

Keramik jenis Porselen
Source image: freepik.com

Selain itu, keramik porselen juga banyak digunakan dalam bahan bangunan. Penggunaannya sendiri paling banyak orang memilih keramik dapur dari jenis porselen. Ini karena keramik porselen sangat mudah dalam pembersihan serta mampu terhindar dari risiko tumbuhnya jamur. Keramik ini juga termasuk dalam jenis keramik lantai.

Baca Juga:  Cara Mengetahui PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan Anda

4. Keramik Refraktori

Keramik refraktori umumnya digunakan untuk membuat bahan yang tahan api, tahan panas, dan tahan korosi. Jenis ini biasanya banyak berguna di industri seperti pabrik semen, pabrik baja, dan pabrik kimia. Penggunaan keramik ini memang jarang ada dalam skala rumah tangga.

Namun, dalam skala industri, penggunaannya termasuk sangat tinggi. Hal tersebut terjadi karena ketahanannya yang cukup lama. Serta sangat tahan dari segala jenis cuaca dan faktor lingkungan yang mana merupakan tantangan besar bagi industri.

5. Keramik Marmer

Jenis selanjutnya adalah marmer. Keramik ini merupakan salah satu keramik dinding yang banyak digunakan dalam bangunan rumah. Kesan alami dan natural akan sangat terasa begitu Anda menggunakan keramik marmer. Ini karena komposisi bahannya yang solid dan padat serta motifnya yang natural.

Keramik dari jenis Marmer
Source image: freepik.com

Keramik marmer merupakan salah satu keramik yang sangat mudah perawatannya. Kalau Anda mau membersihkannya, cukup bilas keramik dengan campuran air dan sabun saja. Keramik ini banyak berfungsi sebagai dinding kamar mandi karena memiliki ketahanan yang baik.

6. Keramik Semen

Keramik semen merupakan salah satu jenis keramik yang memiliki motif sederhana. Oleh karena itu, penggunaan keramik ini biasanya ada di ruangan yang tidak butuh estetika lebih. Contohnya seperti garasi rumah atau bangunan pabrik yang sangat luas.

Pemasangan keramik semen tergolong sangat mudah dan sederhana. Selain itu, biaya untuk memasang keramik semen tidaklah mahal. Jadi, tak heran kalau banyak area atau gedung pabrik yang menggunakan keramik satu ini.

7. Keramik Teraso

Keramik lantai teraso merupakan salah satu yang dapat memberikan estetika tinggi pada lantai dan ruangan Anda. Jenis ini terbuat dari campuran bahan sisa marmer yang bercampur dengan semen, pasir dan bahan tegel. Di mana bahan-bahan tersebut akan menghasilkan keramik yang kokoh dan kuat.

Baca Juga:  Kayu Solid: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Keramik dari jenis Teraso
Source image: freepik.com

Keramik teraso sering berfungsi sebagai lantai ruangan yang ingin menonjolkan nuansa etnik di dalamnya. Ada banyak sekali pilihan warna dan motif dari keramik teraso. Sehingga, penggunaannya bisa Anda padu padankan dengan tema ruangan yang Anda buat.

8. Keramik Pavers

Mungkin nama keramik ini sedikit asing di telinga Anda. Pavers sendiri merupakan salah satu jenis yang terbuat dari tanah liat. Keramik ini punya ketebalan yang lebih tinggi dari pada beberapa jenis keramik lainnya. Pavers juga memiliki nama lain, yaitu ubin genting di pasaran.

Keramik pavers sangat cocok sebagai dekorasi luar ruangan, seperti teras rumah, taman, dan lain sebagainya. Ketebalan keramik pavers umumnya bisa mencapai 1 inchi sehingga memberikan daya tahan yang sangat kuat akan cuaca.

Keramik berjenis Pavers
Source image: tokban.com

Jenis Keramik Manakah yang Menjadi Pilihan Anda?

Mengenal fungsi dan jenisnya akan menambah wawasan Anda terlebih lagi jika sedang akan membangun rumah. Banyaknya jenis keramik lantai dan dinding tersebut akan memberikan opsi bagi Anda untuk memilih mana yang tepat untuk rumah atau bangunan lainnya.

keramik lantai
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Keramik Lantai di UKUR!

Nah, jika tertarik menggunakan keramik, Anda bisa dapatkan berbagai jenisnya di UKUR.com. Marketplace ini menyediakan berbagai keramik lantai hingga bahan bagunan lain, seperti dinding & plafon, material konstruksi, fasad & atap, dan lainnya.

Selain bisa memilih berbagai produk, Anda juga bisa menggunakan layanan pemasangan yang tersedia. Pengirimannya punya sangat cepat dan terjamin aman. Yuk, belanja di UKUR.com dan dapatkan produk berkualitasnya!