5 Model Pintu Geser Minimalis untuk Hunian Estetik

5 Model Pintu Geser Minimalis untuk Hunian Estetik

Dalam proses membangun rumah, salah satu yang paling penting adalah penataan elemen di setiap ruangan. Seperti pintu, jendela, dan juga perabotan lainnya. Pada bangunan dengan lahan terbatas, kadang pintu bisa memakan ruang lumayan besar. Nah, agar lebih efisien, Anda bisa pakai model pintu geser.

Pintu geser atau yang lebih populer dengan sebutan sliding door ini merupakan jenis pintu yang sering dijumpai pada bangunan perumahan. Karena selain hemat tempat, model pintu sliding bisa menambah karakter dan meningkatkan estetika dalam suatu ruangan. Yuk, cari inspirasinya di sini!

Inspirasi Model Pintu Geser Minimalis

Pintu menjadi komponen esensial dalam suatu bangunan yang berfungsi sebagai tempat keluar masuk. Pemilihannya juga sangat beragam, bisa berdasarkan material, jenis, cara pemasangan, atau penggunaannya. Nah, berikut beberapa contoh pintu geser yang bisa Anda pakai buat memperindah hunian:

1. Pintu Sliding Kaca

Pintu Sliding Kaca
Foto:pinterest

Agar bisa menciptakan ruangan dengan suasana elegan dan tampilan modern, model pintu sliding kaca bisa menjadi pilihan tepat. Material kaca tidak hanya memberi kesan yang mewah, tapi juga ruangan bisa terlihat lebih lega dan luas karena Anda dapat leluasa melihat area luar rumah.

Penggunaan pintu kaca juga membuat ruangan menjadi lebih terang. Karena mendapat pencahayaan cukup dari sinar matahari yang tersalurkan dengan baik ke dalam ruangan. Model pintu ini biasanya terpasang di pintu samping, pintu belakang, atau sebagai pintu penghubung ruang tengah dengan halaman belakang.

Pemasangan pintu juga seringkali berada di tempat yang memiliki pemandangan indah atau spot menarik. Sehingga, di beberapa hunian, pintu geser kaca terpasang pada kamar tidur yang terhubung langsung dengan taman atau kolam renang. Tidak hanya memanjakan dari segi visual, pintu ini juga memudahkan akses.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengepel Lantai Granit Sampai Mengkilap

Jika memilih pintu geser dengan material kaca, Anda sebaiknya membeli kaca tempered yang memiliki kekuatan bisa 4 sampai 5 kali lipat daripada kaca biasa. Jadi, ketahanannya yang lebih lama. Model pintu ini juga mulai banyak digunakan untuk lemari pakaian karena membuatnya terkesan lebih rapi.

Namun, dari segi pemasangan, pintu ini cukup sulit dan butuh struktur bantalan kuat untuk menggantung. Jadi, Anda harus pandai memilih bahan dan hati-hati saat memasang. Sehingga, rodanya tidak mudah keluar dari rel pengaman.

2. Pintu Geser Kaca Buram

Pintu Geser Kaca Buram
Foto:himalayaabadi

Ingin menggunakan model pintu geser kaca tapi merasa terlalu terbuka? Maka, Anda bisa pilih pintu dengan kaca buram agar tidak terlalu terumbar. Kaca buram merupakan jenis kaca yang telah diolah dengan asam sandblasting. Sehingga, menciptakan tekstur goresan kecil di permukaannya.

Inilah yang menyebabkan kaca dapat mengaburkan objek yang ada di belakangnya dan memberi kesan lebih privasi dengan tetap menjaga pencahayaan yang masuk dalam ruangan. Anda juga tidak perlu repot-repot lagi memasangkan gorden karena seisi ruangan tidak akan terlihat dari luar.

Penggunaannya bisa untuk kamar pribadi, kamar mandi, atau bahkan untuk pintu bagian depan rumah. Model sliding door ini juga dapat menciptakan kesan ruangan lebih minimalis.

3. Pintu Geser Dua Sisi

Pintu Geser Dua Sisi
Foto:kibrispdr

Model pintu sliding minimalis selanjutnya adalah pintu dengan dua sisi. Pintu dengan mekanisme yang dapat digeser ke arah kanan dan kiri ini akan tetap memberi kesan elegan pada rumah Anda. Biasanya, model ini terpasang di pintu utama untuk kesan lebih leluasa dan mudah untuk keluar masuk para penghuninya.

Ini juga memudahkan saat ada acara atau tamu. Pintu ini dapat menjadi pilihan apabila Anda menginginkan ruangan rapi, tetapi tetap terlihat mewah dan modern. Penggunaannya juga bisa untuk pintu kamar atau ruang tengah. Agar tetap terlihat serasi, Anda dapat memilih desain dan warna senada dengan interior di rumah.

Baca Juga:  11 Desain Villa Kecil Minimalis dan Futuristik

4. Pintu Sliding Lipat

Pintu Sliding Lipat
Foto:pinterest

Ini adalah model pintu geser minimalis yang dapat dilipat atau yang biasa disebut folding door. Secara penggunaannya tidak jauh beda dengan pintu geser biasa, yaitu dengan menggeser ke samping dengan bantalan berupa rel. Namun, perbedaannya terlihat saat Anda menggeser, di mana pintu akan terlipat otomatis.

Pintu lipat pada hunian umumnya dapat terlihat dari jumlah daun pintu. Ada pintu lipat dengan dua, pintu lipat tiga, dan seterusnya. Dari segi material daun pintu, Anda bisa memilih yang solid dengan material tertentu atau dari dengan material kombinasi. Contohnya seperti logam atau kayu.

Lalu, untuk pemasangannya sendiri biasanya sebagai pintu garasi atau pada ruang keluarga yang menghadap langsung ke taman belakang rumah. Kelebihan dari pintu ini adalah dapat terbuka lebar, sehingga untuk ruang tertentu akan mendapatkan sirkulasi udara cukup.

Tetapi ada juga kekurangannya. Jika nggak rajin Anda bersihkan, maka akan menimbulkan kemacetan saat dibuka tutup. Ini bisa terjadi karena masuknya kotoran pada rel. Pintu lipat ini juga memerlukan space dengan arah vertikal untuk tempat daun pintu bisa melipat ke dalam.

5. Pintu Geser Kayu

Pintu Geser Kayu
Foto:pinterest

Kalau Anda mau memberi kesan gagah dan maskulin, pintu sliding dengan material kayu bisa jadi pilihan paling tepat. Desain pintu kayu bisa Anda jumpai pada rumah dengan gaya arsitektur Amerika. Bentuknya sederhana, namun kebanyakan dibuat dengan ukuran cukup besar dan tinggi.

Seperti pada pintu geser lainnya, Anda harus memastikan rel dan roda pintu terpasang dengan baik sehingga dapat tergeser dengan mudah. Model pintu sliding kayu memiliki beragam bentuk, ada yang single track, double track, sampai triple track.

Baca Juga:  7 Inspirasi Keramik Model Marmer untuk Lantai Rumah Elegan

Jika hunian punya ukuran kecil, Anda bisa pakai model single track yang membutuhkan satu daun pintu saja. Model pintu geser double track penggunaanya membutuhkan dua daun pintu. Pemasangannya saling beling berdampingan, seperti pada gerbang yang bisa terbuka pada kedua belah sisinya.

Kalau Anda mau pakai tiga daun pintu saling terhubung, Anda bisa memilih pintu geser minimalis triple track. Desain pintu ini juga bisa dengan mudah Anda jumpai di hunian bergaya Jepang.

jual pintu geser
Dapatkan pintu geser berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Tertarik Menghadirkan Model Pintu Geser di Ruangan Anda?

Nah, itulah beberapa contoh pintu geser yang dapat Anda jadikan referensi untuk hunian. Ketika menentukan interior rumah dan juga beberapa komponen di dalamnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti material dan fungsi, tanpa mengesampingkan sisi visualnya.

Semakin ke sini, model pintu dengan kesan minimalis sudah memiliki banyak pilihan. Jadi, Anda bisa sesuaikan model mana yang paling cocok untuk ruangan. Selain itu, dalam memilih perabotan rumah, Anda harus pakai jasa terpercaya seperti Ukur.com. Ini merupakan marketplace yang menyediakan kebutuhan bangunan.

Nggak cuma pintu geser, Anda juga bisa pilih beragam pintu lain, seperti pintu alumunium dan pintu pivot. Tersedia pula berbagai furniture hingga lantai. Anda juga bisa pakai jasa pemasangan yang tersedia agar lebih praktis. Yuk, belanja kebutuhan di Ukur.com, situs jual beli bahan bangunan online terlengkap dan terpercaya!