10 Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Mengkilap seperti Baru

10 Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Mengkilap seperti Baru

Dari zaman ke zaman, perabotan dan furniture rumah yang terbuat dari kayu tetap disenangi masyarakat. Salah satunya kursi, hingga saat ini masih banyak orang memakai jenis kursi kayu untuk melengkapi ruangan di rumah. Nah, jika memilikinya, Anda juga harus tahu cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap.

Kursi kayu memiliki perawatan yang cukup mudah ketimbang sofa. Cukup dengan mengelapnya, debu pada kursi akan ikut terangkat. Lantas, selain dengan mengelap, apakah furniture kayu punya beberapa opsi pembersihannya lainnya? Apa saja? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut!

Mengapa Perlu Perhatian Lebih dalam Cara Membersihkan Furniture Kayu?

Furniture yang terbuat dari kayu penting untuk dibersihkan secara rutin agar dapat bertahan dalam waktu lama. Apapun yang bertebaran di udara seperti debu, noda, dan kotoran dapat menempel pada furniture kayu. Kalau membiarkan begitu saja tanpa Anda bersihkan, kotoran tersebut akhirnya akan menumpuk.

Padahal, tumpukan kotoran dapat menyebabkan warna furniture jadi kusam dan hilang kilapan. Bahkan, kayunya bisa mengalami kerusakan. Kondisi yang kotor juga rentan menghadirkan rayap-rayap yang selalu siap menggerogoti furniture Anda.

Nah, untuk menghindari itu semua, Anda perlu membersihkan kursi kayu maupun furniture kayu lainnya agar bisa tahan lebih lama dan kilapnya tidak hilang.

Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Tetap Awet dan Mengkilap

Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Tetap Awet dan Mengkilap
Foto: blog.kliknclean.com

Kalau mau kursi kayu selalu terlihat seperti baru, ada beberapa cara membersihkan furniture kayu yang wajib Anda terapkan. Berikut di antaranya:

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas

1. Hindari Kursi Kayu Terkena Air Terlalu Sering

Cara pertama adalah dengan menghindarkannya dari air. Jika terkena air terlalu sering, kursi akan mudah rapuh karena tingkat kelembabannya tinggi. Apabila kursi kayu Anda terkena tumpahan air atau cairan yang lain segera keringkan.

2. Lapisi dengan Pengkilap Furniture Kayu

Lapisi dengan Pengkilap Furniture Kayu
Foto: jeparahandicraft.net

Cara membersihkan kursi kayu kedua adalah dengan melapisinya pakai pengkilap. Terdapat beragam jenis pengkilap yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang terbuat dari bahan alami maupun buatan.

Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah, cukup lapisi kursi kayu Anda dengan pengkilap memakai kuas atau aplikator lain. Pengkilap ini membantu mencegah kerusakan pada kursi kayu, melindungi dari paparan sinar matahari, dan menjadikan kursi kayu Anda seperti baru lagi.

3. Bersihkan Pakai Cairan Pembersih Khusus

Bersihkan Pakai Cairan Pembersih Khusus
Foto: mbizmarket.co.id

Selain pakai pengkilap, Anda juga bisa pakai cairan pembersih kayu khusus. Cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap dengan cairan ini cukup mudah. Anda cuma perlu semprotkan seperlunya saja dan lap pakai kain yang lembut dan bersih.

Sedikit tips, dalam memilih cairan pembersih kayu jangan pilih yang mengandung aseton, metanol, dan zat kimia lainnya. Sebab, ini dapat merusak lapisan kursi kayu Anda. Jadi, sebelum melakukan pembelian, tidak ada salah kalau Anda melakukan konsultasi lebih dulu.

4. Letakkan di Tempat yang Tidak Terpapar Sinar Matahari Langsung

Meskipun kayu terbilang awet dan tahan dari segala cuaca, bahkan sinar matahari sekalipun. Namun, tetap saja membutuhkan perawatan agar kursi memiliki daya tahan lebih lama. Karena itu, Anda sebaiknya menjauhkan kayu dari paparan sinar matahari langsung. sehingga warnanya nggak mudah memudar dan kusam.

5. Letakkan dengan Memberi Jarak pada Dinding

Cara merawat kursi kayu selanjutnya adalah dengan memberinya jarak dari dinding. Maksudnya, dalam melakukan penataan kursi berilah jarak dari dinding dan jangan biarkan menempel.

Baca Juga:  5 Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Hal tersebut bertujuan untuk memberi ruang agar furniture tidak lembab. Anda bisa memberi jarak sekitar 5 cm hingga 20 cm. Jarak ini juga akan memudahkan Anda ketika akan membersihkan ruangan.

6. Merapikan Posisinya Secara Berkala

Cara selanjutnya adalah dengan merapikan posisinya secara berkala. Ini memang bukan cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap, namun penting untuk Anda perhatikan. Mungkin saja saat Anda asyik mengobrol posisi kursi jadi tergeser dekat dinding atau yang lain.

Nah, kondisi seperti ini membuat Anda harus rajin merapikannya. Ini berkaitan dengan cara sebelumnya, yaitu untuk menghindari kelembaban yang bisa saja menyebabkan tumbuhnya jamur.

7. Beri Alas pada Kaki Kursi

Beri Alas pada Kaki Kursi
Foto: Lazada

Bahan kayu keras dan digunakan untuk menopang beban berat. Nah, buat melindungi furniture, Anda bisa beri alas pada kaki-kaki kursi. Anda bisa pakai kain yang direkatkan dengan bagian bawah kursi. Bahan lain juga bisa Anda coba pakai.

Selain buat kursi lebih awet, cara ini juga dapat menjadi lantai Anda, lho. Terutama kalau kursi sering Anda geser-geser. Ini nggak akan menimbulkan bekas goresan pada lantai keramik maupun granit.

8. Pakai Pengkilap dari Tepung Sagu dan Maizena

Cara membersihkan furniture kayu dapat Anda lakukan dengan memakai bahan alami, seperti tepung sagu dan maizena. Kandungan yang ada dalam 2 bahan ini terbukti bisa mengangkat noda-noda membandel sampai tuntas dan bersih.

Caranya juga sangat mudah. Anda tinggal taburkan tepung sagu dan maizena di atas permukaan kursi kayu. Kalau sudah, usap-usap furniture agar kotorannya hilang. Setelah itu, bersihkan sisa tepungnya. Dijamin, kursi Anda bakal mengkilap kembali!

9. Pakai Pengkilap dari Minyak Zaitun

Pakai Pengkilap dari Minyak Zaitun
Foto: bramblefurniture.com

Cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap berikutnya adalah dengan pakai minyak zaitun. Banyak orang percaya bahwa minyak zaitun bisa menjaga perabotan kayu, khususnya kayu jati. Sifatnya menyerap ke pori dan tidak akan merusak permukaan kayu.

Baca Juga:  Begini 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan Karpet

Cara pengaplikasiannya cenderung sama dengan bahan pengkilap lainnya, yaitu dengan meneteskannya pada permukaan kayu. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Ini bertujuan agar minyak zaitun dapat terserap ke dalam bahan kayu dengan sempurna.

Setelah 30 menit, Anda dapat membersihkan sisa-sisanya. Sebaiknya, Anda memakai kain microfiber. Sehingga permukaan kayu tidak rusak.

10. Pakai Pengkilap dari Air Jeruk Nipis

Cara terakhir adalah memakai pengkilap alami dari air jeruk nipis. Anda bisa menemui bahan ini dengan mudahnya, bukan? Kandungan jeruk nipis sendiri diyakini dapat membersihkan noda yang menempel pada perabotan kayu.

Cara pakainya adalah dengan bagi jeruk jadi 2. Lalu, usap atau gosokkan ke permukaan kursi kayu Anda yang kotor. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan bersihkan sisa cairan pakai lap dari kain microfiber. Noda di kursi kayu pasti akan hilang seketika dan terlihat baru kembali.

Dapatkan kursi kayu berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Cara Membersihkan Kursi?

Cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap tidak sulit, bukan? Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan, bahan, dan alat yang ada di rumah. Nah, kalau merasa ingin membeli perabotan baru atau sedang mencari merk kursi kantor dan rumah. Maka, Anda bisa mengunjungi Ukur.com.

Marketplace satu ini menyediakan berbagai jenis kursi. Anda juga dapat memilih ukuran kursi sesuai kebutuhan. Nggak cuma kursi biasa, Ukur.com juga menyediakan kursi roda traveling paling ringan yang cocok untuk traveling.

Kalau mau mencari bahan bangunan dan perabotan lain juga tersedia di Ukur.com. Contohnya seperti AC, pintu & jendela, elektronik, hingga lantai. Pengiriman barangnya juga terjamin aman dan cepat. Mau tunggu apalagi? Yuk, segera kepoin di website Ukur.com dan belanja kebutuhan Anda sekarang juga!