Begini Cara Pasang Marmer Lantai yang Benar dan Tipsnya

Begini Cara Pasang Marmer Lantai yang Benar dan Tipsnya

Perlu Anda ketahui bahwa pasang marmer lantai membutuhkan teknik yang berbeda dengan pemasangan lantai pada umumnya. Di mana perlu metode khusus untuk membuat pemasangan marmer kokoh dan cantik.

Selain itu, marmer memiliki corak dan pola yang indah dan aesthetic. Oleh karena itu, pemasangan atau instalasinya harus dengan baik dan akurat. Pemasangan pola marmer secara benar dapat menciptakan corak khas yang memberikan kesan artistik pada rumah atau bangunan. Yuk, cari tahu caranya di sini!

Bagaimana Cara Memasang Lantai Marmer?

Memasang Lantai Marmer
Foto: Freepik

Ada beberapa cara pasang marmer lantai agar mendapatkan hasil baik. Kerapihan dan keawetan marmer yang menempel pada lantai atau dinding sebagai media pengaplikasiannya sendiri dipengaruhi oleh cara pemasangannya. Berikut cara pemasangan lantai marmer yang perlu Anda pahami:

1. Periksa Kekokohan Area yang akan Dipasang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa area atau media ruangan tempat pemasangan stabil dan kokoh. Baik itu lantai, dinding, maupun meja. Jangan sampai ada retakan dan seluruh permukaannya padat. Lokasinya juga tidak boleh lembab dan harus kering.

2. Bersihkan Area yang akan Dipasang

Bersihkan area pemasangan ubin hingga kering dan bersih, lalu ukur kerataan untuk memastikannya. Langkah ini dilakukan untuk memastikan ruangan bebas dari berbagai jenis kotoran dan benda lainnya. Sebab, marmer memang cenderung mudah retak kalau Anda pasang di permukaan yang tak rata.

3. Bentuk Pola Pemasangan

Pada langkah pasang marmer ini, Anda bisa mulai membentuk pola pemasangan kalau mau punya konsep bermotif pada lantai dan dinding. Nah, buat memastikan pola lantai seimbang dan nggak condong ke satu sisi, carilah titik tengah pola.

Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Rumput Sintetis, Mudah Tanpa Ribet!

4. Siapkan Marmer

Selanjutnya adalah siapkan marmer yang akan digunakan untuk dinding dan lantai setelah polanya selesai. Pada tahap ini pola dapat dengan cepat dibuat jika sudah ada di dinding atau lantai.

Gunakan peralatan pemotong marmer yang sesuai, seperti gergaji berlian atau batu. Agar bisa mendapatkan tampilan yang rapi dan halus, Anda bisa poles pinggiran marmer seperlunya.

5. Ratakan Adukan Secara Merata ke Seluruh Area

Kalau adukan perekat sudah siap, oleskan secara merata pada bagian belakang marmer serta area pemasangannya. Pastikan kekentalan campuran sesuai dengan ketentuan, ya.

6. Pasang dengan Hati-Hati

Setelah adonan tercampur dengan rata, pasang marmer dengan hati-hati. Selain itu, pukul hingga kuat menggunakan palu karet untuk memastikan marmer sudah merekat sempurna. Lakukan langkah ini dengan teliti dan hati-hati agar marmer tidak rusak.

7. Bersihkan Debu dari Marmer

Cara memasang lantai marmer terakhir adalah proses pembersihan. Anda bisa memakai spons lembut untuk segera menyeka marmer dari kotoran setelah terpasang dengan benar. Sebenarnya, proses ini bisa Anda lakukan setelah perekat benar-benar kering. Bisa dalam waktu 24-48 jam.

Ingat! Jika tidak melakukan proses pembersihan, maka akan menyebabkan permukaan marmer jadi terlihat kotor dan tidak cantik. Ini juga berfungsi untuk menghilangkan kelebihan nat (pengisi celah).

Tips Memasang Lantai Marmer yang Benar

tips pasang marmer
Foto: Freepik

Memasang lantai marmer dengan benar memerlukan perencanaan yang matang, keterampilan, dan perhatian terhadap detail. Berikut adalah beberapa tips untuk mempraktikan cara pasang marmer yang baik:

1. Gunakan Teknik Pasang Basah

Tips pemasangan pertama bisa Anda sebut teknik basah yang melibatkan pencampuran air dan semen marmer jenis tertentu dalam jumlah yang sesuai. Cara ini biasanya diterapkan pada saat pemasangan lantai.

Baca Juga:  3 Cara Mengkilapkan Lantai Marmer Kusam dengan Bahan Rumahan

Sebelum mulai cara pasang marmer, Anda harus memastikan marmer dalam kondisi baik dan bebas dari cacat seperti retak atau cacat. Pemasangan marmer yang retak berisiko cepat pecah setelah selesai.

Anda harus fokus pada pola, tekstur, dan kesamaan warna marmer. Setiap kepingnya, meski sama jenisnya memiliki tekstur dan warna unik. Baik itu batu onyx. Batu onyx adalah marmer popular dengan karakteristik tembus cahaya dan motif beragam. Sehingga, hasil pemasangan rapi dari segi tekstur dan arah warna.

Pastikan permukaan harus kering, rata, dan bersih sebelum pemasangan. Anda juga harus pastikan permukaannya bebas dari segala jenis material, termasuk lumpur, pasir, logam, dan serbuk gergaji.

Sebarkan lapisan mortar semen dan air setebal 3:1 setebal 3 cm di permukaan. Shop drawing dari kontraktor bangunan dapat berguna untuk memandu pemasangan marmer. Setelah pemasangan, gunakan teknik berbasis resin untuk menutup nut.

2. Gunakan Teknik Pasang Kering

Cara pemasangan marmer lantai kedua disebut teknik kering dan tidak memerlukan perekat juga air. Anda bisa pakai kawat jangkar dan paku untuk menahan berat marmer. Cara ini lebih cocok Anda terapkan saat ingin memasang marmer di dinding.

Anda harus membuat pola pada dinding dan menunjukkan lokasi jangkar, kawat jangkar, dan paku sebelum mulai memasang marmer. Pastikan permukaannya bersih dan marmer telah terlapisi pada kedua sisinya.

Pasang angkur dan kawat angkur mengikuti pola yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukan pemasangannya dari vertikal ke horizontal, mulai dari vertikal. Setelah selesai, isi natnya.

Mengapa Harus Memilih Lantai Marmer?

Keunggulan lantai marmer adalah umurnya yang panjang, tahan api, mudah dibersihkan, tahan terhadap pembusukan, coraknya menarik, tahan terhadap goresan, dan mampu menahan berbagai kondisi cuaca.

Lantai marmer banyak digunakan di negara-negara tropis untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk karena bahannya yang dingin. Marmer juga dapat Anda pakai di berbagai ruangan. Meliputi kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan teras.

Baca Juga:  7 Cara Memasang Vinyl Lantai yang Benar

Marmer memang licin karena permukaannya yang halus. Lantai marmer yang tidak memiliki lapisan sangat berisiko karena dapat menyebabkan orang mudah terjatuh saat berjalan di atasnya. Namun, hal ini bisa Anda atasi dengan melapisi marmer memakai anti slip.

Selain itu, marmer terbuat dari bahan-bahan alami. Ini juga menjadi perbedaan marmer dan keramik yang membuat harganya lebih tinggi. sehingga diperlukan perencanaan anggaran yang cukup besar kalau mau memakainya jadi lantai. Namun, ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Siap Menggunakan Lantai Marmer untuk Rumah Anda?

Pada dasarnya, cara pasang marmer cukup sulit. Kesalahan kecil sekalipun dapat menyebabkan masalah pada marmer. Seperti pemasangan yang tidak rata, retak, dan masalah lainnya. Karena itu, memakai jasa tenaga ahli bisa jadi solusi terbaik.

Selain itu, Anda juga perlu merawat lantai marmer agar tetap bersinar dan berwarna alami. Cara merawatnya adalah dengan pemolesan marmer. Sebaiknya Anda juga memakai jasa tenaga profesional kalau ingin hasilnya mengkilap dan tahan lama.

Jika tertarik untuk menggunakannya di rumah, Anda bisa dengan mudah membeli lantai marmer secara online di Ukur.com. Sebab, marketplace ini menyediakan berbagai material rumah yang berkualitas. Bukan itu saja, di situs ini Anda juga bisa mendapatkan berbagai bahan bangunan lain.

Contohnya seperti dinding & plafon, pintu & jendela, hingga besi & baja. Ukur.com juga menyediakan layanan pengukuran pemasangan. Sehingga, Anda nggak perlu repot cari tenaga ahli yang bisa memasang marmer dengan rapi dan indah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan pemesanan sekarang juga!