Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

Bolehkah AC bocor dinyalakan? Sebenarnya, ada beberapa penyebab AC bocor yang membuat mesin penyejuk ruangan ini bekerja kurang optimal. Jadi, tak mengapa Anda menyalakannya ketika terdapat kebocoran, namun tentunya akan mengakibatkan kenyamanan Anda dan keluarga menjadi terganggu.

Selain itu, jika Anda biarkan juga akan berakibat fatal, seperti kerusakan meluas ke bagian mesin yang lain. Akibatnya adalah suhu AC menjadi kurang dingin dan adanya tetesan air atau kebocoran dari mesin indoor yang membuat dinding rumah juga terkena dampaknya. Maka dari itu, mari memahami penyebab kebocorannya di sini!

Sebab AC Bocor yang Ganggu Kenyaman Anda

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya kebocoran mesin penyejuk ruangan. Setelah memahaminya, Anda dapat segera melakukan cara mengatasi AC bocor, agar mesin ini selanjutnya dapat terus bekerja dengan baik.

1. Kesalahan Saat Pemasangan

Kesalahan Saat Pemasangan
Source: idntimes

Jika Anda belum lama melakukan pemasangan unit mesin ini, maka ada kemungkinan terjadi kesalahan saat proses pemasangan. Jenis kesalahan yang umum terjadi adalah mesin yang terpasang miring.

Hal ini menyebabkan bagian-bagian dalam mesin menjadi tidak seimbang, sehingga mengganggu kinerja mesin. Jika ini terjadi, cepat atau lambat, baik mesin indoor maupun outdoor dapat mengeluarkan air atau bocor pada saat mesin sedang beroperasi.

Inilah alasannya, untuk menghindari penyebab AC bocor yang satu ini, teknisi pemasang biasanya akan menggunakan waterpass dalam proses pemasangannya.

2. Sumbatan pada Filter

Sumbatan pada Filter
Source: suwun.co.id

Penyebab yang berbeda dapat terjadi apabila gejala kebocoran juga berbeda. Apabila sebelumnya air menetes saat mesin beroperasi, kali ini kebocoran dapat terjadi justru ketika mesin sudah dalam posisi tidak aktif.

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Apabila ini yang Anda alami, maka kemungkinan besar mesin penyejuk udara milik Anda mengalami sumbatan pada bagian filter. Sumbatan ini menyebabkan sirkulasi udara dalam mesin menjadi terganggu.

Akibatnya, selama mesin beroperasi akan terbentuk batu es pada filter yang berasal dari kelembaban udara. Kemudian, ketika Anda mematikan mesin, suhu udara mulai naik, sehingga batu es tersebut mulai cair dan menetes keluar dari mesin indoor.

3. Sumbatan pada Saluran Pembuangan

Sumbatan pada Saluran Pembuangan
Source: pinhome.id

Gejala masalah yang berikutnya adalah ketika adanya tetesan air dari mesin outdoor, tetapi bukan dari saluran pembuangan. Meskipun unit mesin ini umumnya berada di luar rumah, sehingga kebocoran tidak terlalu mengganggu, Anda tetap wajib waspada.

Penyebab AC bocor seperti ini adalah adanya lumut, jamur, debu, dan kotoran lainnya yang membentuk sumbatan pada saluran pembuangan. Hal ini membuat air yang seharusnya keluar melalui saluran, kemudian berusaha mencari jalan keluar lain.

Jika hal ini terjadi, Anda harus segera memeriksa dan membersihkan saluran pembuangan. Sebab, apabila terjadi pembiaran, ada kemungkinan area yang bocor akan semakin meluas.

4. Partisi yang Kotor

Sebab selanjutnya adalah partisi yang kotor. Unit penyejuk ruangan memang sebaiknya dibersihkan secara berkala. Bahkan, pada kondisi tertentu, unit membutuhkan pembersihan lebih sering.

Misalnya, jika sedang ada banyak proses pembangunan di sekitar rumah, sehingga banyak debu. Kondisi lainnya adalah lokasi rumah yang berdekatan dengan jalan raya, sehingga memang selalu ada banyak debu.

Alasan pentingnya pembersihan berkala adalah karena banyaknya debu di sekitar unit AC, dapat lebih cepat membuat partisi unit menjadi kotor. Saat kotor, sirkulasi udara dalam mesin menjadi terganggu dan rentan menyebabkan bocor.

5. Kerusakan Pompa

Kemungkinan berikutnya yang menjadi penyebab AC bocor adalah adanya kerusakan pada pompa. Setiap mesin pendingin ruangan memiliki pompa pada bagian bawah koil. Tugas pompa ini menjaga agar air dan udara terus mengalir sesuai fungsi mesin.

Baca Juga:  Prediksi Perkiraan Biaya Pasang CCTV Berbagai Paket

Jadi, jika pompa mengalami kerusakan, maka sirkulasi air dan udara menjadi terganggu. Tanda-tandanya adalah ada kebocoran dan suhu ruangan yang tidak menjadi dingin, walaupun mesin sedang beroperasi.

Jika hal ini terjadi, kemungkinan perbaikan yang dapat Anda lakukan, agar mesin penyejuk kembali bekerja normal adalah melakukan penggantian pompa. Pastikan hal ini dikerjakan oleh teknisi profesional, untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi.

6. Kerusakan Kompresor

Terjadinya kerusakan pada kompresor mesin penyejuk ruangan juga dapat menyebabkan mesin tidak berfungsi optimal. Gejala awal adalah bahwa tidak ada hawa dingin yang akan keluar dari mesin, selanjutnya akan ada kebocoran.

Kompresor berfungsi saling mendukung dengan pompa, yaitu memastikan siklus aliran udara dan air berjalan lancar. Oleh sebab itu, ketika kompresor mati, maka akan ada tumpukan air, udara, serta debu dan kotoran.

Akumulasi tumpukan hal-hal ini adalah penyebab AC bocor. Sebab, semua hal ini memicu sumbatan pada semua bagian, terutama pada unit mesin indoor, sehingga membuat air kotor terus menetes.

Kerusakan yang satu ini terbilang cukup parah. Sebab, kebocoran yang terjadi dapat memicu kerusakan pada bagian-bagian lainnya.

7. Karatan

Bagian dari mesin penyejuk ruangan yang mudah berkarat adalah saluran pembuangan, yang mana terdapat bagian yang terbuat dari logam. Pemicu terbentuknya karat adalah usia mesin yang sudah tua.

Ketika terbentuk karat pada saluran pembuangan, air dan udara yang semestinya dapat keluar dengan lancar menjadi tersendat. Tak heran, karat ini juga yang menjadi penyebab terjadinya sumbatan pada saluran pembuangan.

Pada akhirnya, air dan udara akan merembes ke bagian lain untuk berusaha keluar, sehingga terjadi kebocoran. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera mengganti bagian saluran pembuangan yang bermasalah tersebut.

Baca Juga:  CCTV Tanpa Internet: Solusi Tidak Bergantung ke Sinyal

8. Kurang Perawatan

ac tidak terawat
Source: carousell.com

Kemungkinan terakhir yang menjadi sebab terjadinya kebocoran adalah kurangnya perawatan. Sebab, kurangnya perawatan dapat menjadi pemicu terjadinya beberapa sebab kebocoran yang sudah kita bahas.

Sebaliknya, perawatan rutin akan dapat mengantisipasi terjadinya kebocoran. Sebagai contoh, sumbatan pada filter yang memicu terbentuknya batu es tidak akan terjadi jika filter dibersihkan secara rutin.

Demikianlah kurangnya perawatan dapat menjadi penyebab AC bocor. Berawal dari kurangnya perawatan, Anda justru dapat mengeluarkan biaya lebih besar untuk melakukan perbaikan seperti penggantian partisi.

exaust fan

Mari Memilih dan Merawat AC dengan Tepat!

Selain memahami penyebab AC bocor yang dapat mengganggu kenyaman, Anda juga perlu sejak awal memilih produk yang berkualitas.

Produk yang baik, cenderung lebih awet daripada produk pada umumnya, walau tetap membutuhkan perawatan rutin. Apabila saat ini Anda berniat untuk membeli unit AC baru untuk rumah kesayangan, Anda dapat mempertimbangkan berbagai jenis unit terbaik dari UKUR.

Ukur.com menyediakan berbagai pilihan tipe unit penyejuk ruangan. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan. Mulai dari AC Split, Portable, Floor, Ceiling, Center, dan Ducting.

Selain itu, juga tersedia berbagai tipe yang menyesuaikan ukuran ruangan. Mulai dari yang ukuran kekuatan ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1.5 PK, serta hingga 2 PK. Mengenai harganya, tersedia AC dengan harga mulai dari Rp100.000,00 hingga Rp31.499.000,00.

Menariknya, Ukur.com menawarkan proses belanja yang mudah, sehingga membuat ruangan Anda akan segera menjadi sejuk tanpa ribet.