Ukuran Kursi Tamu yang Tepat untuk Ruangan Minimalis

Ukuran Kursi Tamu yang Tepat untuk Ruangan Minimalis

Desain interior ruang tamu adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda perhatikan. Apabila Anda memiliki ruangan yang minimalis, Anda perlu menentukan ukuran kursi tamu yang cocok untuk ruangan tersebut agar ruangan tidak terlihat terlalu sesak atau terlalu kosong.

Ruang tamu yang bersih dan indah pun akan memberikan kesan baik untuk pemilik rumah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa risau dalam menentukan perabotan dan kursi ruang tamu impian Anda. Yuk temukan informasi selengkapnya tentang pemilihan kursi tamu pada artikel berikut ini!

Mengapa Harus Tepat dalam Memilih Ukuran Kursi Tamu Minimalis?

Kursi tamu adalah elemen utama yang menunjang estetika ruang tamu. Oleh karena itu, penentuan kursi tamu minimalis yang sesuai kondisi rumah sangatlah penting dan tidak boleh Anda sepelekan.

Selain tujuannya untuk lebih menghormati tamu yang datang, tamu Anda juga akan merasa nyaman saat mengunjungi rumah Anda selayaknya di rumah sendiri. Bukan hanya tamu, Anda sebagai penghuni rumah juga pasti merasa lega apabila berhasil memilih perabot interior yang terbaik untuk rumah Anda.

Dalam pemilihan kursi tamu yang tepat, luas ruangan menjadi poin penting untuk menentukan ukuran kursinya. Bayangkan jika ruangannya luas tetapi ukuran kursinya terlalu kecil, ruangan pun akan terlihat terlalu kebesaran. Sebaliknya, ketika ukuran kursi terlalu besar akan membuat kesan ruangan menjadi penuh.

Sehingga, penting Anda ingat bahwa Anda harus lebih hati-hati dan teliti dalam pemilihan ukuran kursi untuk ruangan tamu.

Ukuran Kursi Tamu Minimalis sesuai dengan Standar

Pada dasarnya ukuran kursi memiliki panjang serta lebar yang beda-beda antara model satu dengan model lainnya. Hal tersebut karena pembuatan kursi biasanya melihat fungsi dan nilai ergonomis dari masing-masing modelnya.

Baca Juga:  6 Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Sebenarnya, ukuran sofa atau kursi tamu minimalis sudah memiliki patokan baku. Berikut adalah beberapa informasi mengenai ukuran standar kursi ruangan tamu yang mana banyak orang menjadikannya sebagai referensi:

1. Kursi Tamu Satu Dudukan

Kursi Tamu Satu Dudukan
Foto: jeparaheritage.id

Apabila ruangan yang ada di rumah Anda adalah ruangan yang sempit, ukuran kursi tamu satu dudukan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun begitu, sebenarnya model kursi tamu ini bisa ditempatkan dimanapun, baik di ruangan luas maupun sempit.

Namun, alangkah lebih baik apabila Anda akan meletakkannya pada ruang tamu yang luas, sebab kursi satu dudukan ini hanya sebagai pelengkap dari kursi tamu utama. Biasanya, penghuni rumahlah yang menggunakan kursi satu dudukan ini untuk menerima tamu, sehingga peletakannya ada di bagian paling ujung.

Selanjutnya, berikut mari kita bahas rincian standar ukuran kursi minimalis satu dudukan sebagai referensi umum:

  • Pada bagian bawah, yaitu kaki kursi tamu, memiliki ukuran sekitar 40 cm sampai 45 cm.
  • Panjang dudukan kursi mulai bagian punggung sampai bagian depan ukurannya adalah sekitar 55 cm hingga 90 cm.
  • Lebar kursi atau sofa hanya antara 60 cm sampai 70 cm saja.

Dengan gambaran rincian angka di atas, Anda dapat segera memulai perencanaan berapa jumlah kursi yang perlu Anda beli, kemudian tentukan bagaimana tata letak kursi tamu yang sesuai dengan harapan Anda.

2. Kursi Tamu Dua Dudukan

Kursi Tamu Dua Dudukan
Foto: apartmenttherapy.com

Jika ruang tamu di rumah Anda mempunyai luas yang lumayan sempit, kursi tamu dua dudukan ini tepat untuk gaya rumah Anda yang minimalis. Kursi ini juga dapat disebut dengan loveseat. Selain untuk kursi tamu, kursi ini juga dapat berfungsi sebagai penghias ruang tamu Anda.

Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

Ukuran panjang kursi ini secara keseluruhan antara 150 sampai 220 cm. Akan tetapi, untuk ukuran tempat duduknya saja (tanpa lengan), panjangnya sekitar 110 sampai 170 cm. Meskipun nama kursi ini adalah kursi tamu dua dudukan, namun kursi ini cukup untuk beberapa orang.

Selain kursi tamu, meja tamu juga bisa Anda tambahkan agar ruang tamu Anda tidak terlalu kosong. Anda juga bisa menambah kursi lain seperti kursi kayu atau kursi kecil di pojok ruangan jika terasa masih kosong atau kurang space untuk menerima tamu.

3. Kursi Tamu Tiga Dudukan

kursi tamu 3 dudukan
Foto: Freepik

Ukuran kursi tamu ini lumayan besar dan bisa menampung orang lebih banyak dari kursi sebelumnya. Jika ruang tamu Anda berukuran sedang sekitar 3×3 meter, kursi ini cocok untuk ruang tamu minimalis Anda. Kursi ini cukup banyak digunakan karena desainnya minimalis dan cukup besar daya tampungnya.

Panjang kursi ini berkisar antara 180 sampai 235 cm dengan tinggi sekitar 70 cm, tergantung model kursi atau sofanya. Namun, jika Anda memiliki ruang tamu yang hanya bisa menampung satu kursi, Anda dapat mengombinasikannya dengan kursi lain seperti kursi kayu atau satu kursi dudukan.

4. Kursi Tamu Empat Dudukan

kursi tamu 4 dudukan
Foto: unsplash.com

Jika Anda mempunyai ruang tamu yang luas, kursi tamu empat dudukan bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Ukuran kursi tamu ini cukup luas sehingga sangat cocok untuk Anda yang sering kedatangan tamu dari keluarga besar. Kursi ini mempunyai panjang mencapai 270 cm dan lebar sekitar 80 cm.

Anda juga bisa menggunakan kursi ini untuk beristirahat karena ukurannya yang lumayan besar. Namun, Anda juga perlu memastikan ruang tamu benar-benar luas sehingga adanya kursi ini tidak menjadikan ruang tamu terlihat sempit dan tetap terlihat minimalis.

5. Kursi Tamu Berbentuk L

kursi tamu l
Foto: Freepik/user7814140

Kursi tamu dengan bentuk L akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki ruangan yang tidak begitu luas tapi ingin memaksimalkan setiap sudut ruangan untuk kursi tamu. Anda tidak perlu khawatir jika kedatangan tamu dengan jumlah agak banyak, karena kursi ini memiliki daya tampung yang lumayan besar.

Baca Juga:  Perbedaan Air Purifier dan Humidifier yang Belum Banyak Orang Tahu

Ukuran dari kursi ini bervariasi sesuai dengan model dan produsennya. Beberapa kursi mempunyai ukuran yang sama dengan kursi tamu tiga dudukan yang disatukan dengan kursi tamu empat dudukan. Perlu Anda ketahui juga, setiap kursi tamu memiliki bagian-bagian kursi sendiri sesuai dengan modelnya.

jual kursi tamu
Dapatkan kursi tamu berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Ukuran Kursi Tamu untuk Ruangan Minimalis Anda?

Itulah 5 inspirasi ukuran kursi tamu untuk ruang tamu minimalis dalam rumah Anda. Tentukan kursi tamu sesuai gaya Anda, namun perlu diingat bahwa ukuran ruangan dan kursi tamu harus sesuai agar ruangan terasa nyaman.

Jadi, saat Anda berencana membangun hunian sendiri, tentukan juga luas tiap-tiap ruangan, termasuk ruang tamu.

Setelah membangun hunian, melengkapi rumah dengan perabot idaman adalah harapan setiap orang, termasuk perabotan kursi. Jika kesulitan mendapat kursi sesuai desain yang Anda inginkan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mempelajari dasar-dasar cara membuat kursi.

Lalu, apakah Anda masih bingung dimana mendapatkan ide kursi tamu yang cocok? Anda bisa mengecek katalog furnitur pada berbagai situs. Namun, kalau Anda tak mau ribet membuatnya sendiri, cek situs Ukur.com dan cari model dan ukuran kursi tamu minimalis kekinian yang sesuai dengan selera Anda.

Tidak hanya kursi tamu, pada situs tersebut Anda bisa menemukan kategori barang interior lainnya, seperti pintu, plafon, lantai, dan masih banyak lagi. Belanja perabotan akan semakin mudah dan menyenangkan bersama Ukur.com!