11 Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit yang Minimalis

11 Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit yang Minimalis

Kamar adalah tempat pribadi yang Anda pakai untuk bersantai dan melepas penat setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Namun, kamar dengan luas terbatas menjadi kurang nyaman jika Anda tidak tepat menata barang-barangnya, termasuk juga lemari. Jadi, penting memikirkan desain lemari pakaian untuk kamar sempit.

Memilih ukuran lemari yang cocok dengan ruang sempit memang susah-susah gampang. Anda harus mempertimbangkan fungsi lemari sebagai tempat penyimpanan dengan catatan bahwa besarnya tidak menghalangi keleluasaan Anda untuk bergerak di kamar. Berikut beberapa inspirasi lemari untuk kamar sempit.

Kriteria Lemari untuk Kamar Sempit

Seperti apa kriteria lemari yang baik untuk Anda aplikasikan pada ruang tidur dengan luas terbatas? Pastinya ada beberapa pilihan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli lemari pakaian. Berikut adalah beberapa kriteria lemari yang bisa Anda jadikan acuan.

1. Menyesuaikan Besar Lemari dengan Kamar Tidur

Terdapat banyak konsep lemari yang terjual di toko furniture. Mulai dari minimalis, klasik, hingga mewah. Untuk kamar tidur yang sempit, sebaiknya Anda memilih jenis lemari minimalis.

Lemari minimalis lebih sederhana dan ringkas sehingga penempatannya tidak terlalu menghalangi kebebasan bergerak Anda di dalam ruangan. Apalagi, lemari dan kasur adalah dua benda besar yang ada di kamar. Jadi, Anda perlu menyesuaikan ukuran keduanya agar kamar tidak terasa sempit.

Baca Juga:  7 Merk Gypsum Beserta Harga Terbaru 2023

2. Model Lemari Disesuaikan dengan Jumlah Penghuni Kamar

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit sebaiknya memperhitungkan jumlah penghuni kamarnya juga. Jika Anda sendirian, maka bisa membeli lemari kecil tanpa banyak sekat. Namun, jika sekamar berdua atau lebih, maka bisa membeli lemari yang memiliki sekat.

11 Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit

Ada banyak sekali pilihan desain lemari seperti lemari gantung, pintu geser, lemari terbuka, setengah terbuka, dan lainnya. Anda mungkin bingung mau membeli bentuk lemari seperti apa dari sekian pilihan yang ada. Supaya tidak bingung lagi, Anda bisa mengikuti pembahasan pada artikel berikut untuk tahu jawabannya.

1. Lemari Gantung untuk Kamar Sempit

Lemari Gantung untuk Kamar Sempit
Foto: Gramedia

Saat ini, lemari gantung cukup tren terutama di kalangan anak muda. Anda tidak perlu lagi banyak melipat baju dan bisa langsung menggantungnya setelah disetrika. Selain itu, lemari gantung tidak banyak memakan space dalam kamar sehingga kamar bisa tetap terasa luas.

2. Lemari Multifungsi untuk Ruangan Sempit

Lemari bawah tangga Multifungsi untuk Ruangan Sempit
Foto: Jeimart Furniture

Seperti namanya, lemari multifungsi tidak hanya berguna untuk menyimpan pakaian saja tetapi juga dapat Anda manfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya seperti menyimpan koleksi miniatur, buku, dan benda-benda lainnya.

Kelebihan memakai lemari multifungsi adalah menghemat ruang yang seharusnya Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang seperti barang koleksi. Contoh desain lemari bawah tangga dapat menjadi inspirasi tepat untuk Anda.

3. Desain Lemari Pakaian Terbuka

Lemari pakaian terbuka artinya tidak perlu memakai pintu. Ada beberapa model lemari yang bisa Anda beli dengan konsep terbuka. Misalnya lemari gantung terbuka yang dipadukan dengan rak. Namun, Anda perlu senantiasa menjaga kerapian lemari agar estetika kamar tetap terjaga dan tidak menimbulkan kesan berantakan.

4. Lemari Pakaian yang Menyatu dengan Tempat Tidur

Lemari Pakaian yang Menyatu dengan Tempat Tidur
Foto: IDN Times

Agar menghemat luas kamar sempit, Anda bisa mengakali lemari pakaian yang menyatu dengan tempat tidur. Jadi, tempat tidur Anda mempunyai fungsi tambahan untuk menyimpan pakaian di bawahnya. Karena berbentuk seperti laci, Anda juga bisa menaruh barang lain, jadi tidak hanya pakaian saja.

Baca Juga:  Tips Menemukan Kombinasi Cat Rumah Warna Cream dan Orange

Kelebihan menggunakan lemari pakaian yang tersambung dengan tempat tidur yaitu bisa menghemat space kamar lebih leluasa. Hal itu sama saja memakai ruang terpakai untuk tempat tidur saja, sedangkan lemarinya menyatu di bawah tempat tidur yang dapat Anda tarik ketika perlu.

Anda bisa request menggunakan bahan lemari HMR Board, Karena tempatnya ada dibawah kasur jadi akan rentan lembab, maka bahan ini menjadi solusi yang pas karena tahan air.

5. Lemari Pakaian dengan Sliding Door

Lemari Pakaian dengan Sliding Door
Foto: BogorInsider.com

Lemari dengan sliding door atau pintu geser lebih hemat ruang daripada pintu engsel yang memakan tempat kanan dan kirinya ketika dibuka. Sebagian orang menyukai model lemari pintu geser ini karena terkesan modern dan elegan. Anda bisa mengkombinasikannya dengan cermin supaya menambah estetika lemari.

6. Manfaatkan Setiap Sudut Kamar dengan Lemari Pakaian

Manfaatkan Setiap Sudut Kamar dengan Lemari Pakaian
Foto: www.sewaktu.com

Menyesuaikan lemari pakaian di setiap sudut kamar membantu mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan. Anda bisa menyusun lemari mengikuti pola sudut kamar sehingga tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Selain itu, desain lemari pakaian untuk kamar sempit satu ini membuat kamar terlihat jauh lebih rapi.

7. Desain Lemari Pakaian dengan Laci dan Rak Gantung

Desain Lemari Pakaian dengan Laci dan Rak Gantung
Foto: Pashouses

Mengombinasikan lemari gantung dengan laci membantu menghemat penyimpanan barang-barang Anda. Anda bisa menggantung baju sekaligus menyimpan barang-barang lain ke dalam laci. Tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga anggaran. Sebab, harga lemari baju satu ini relatif terjangkau.

Banyak orang yang menyukai inspirasi model lemari pakaian dengan kombinasi laci dan rak gantung. Hal ini dinilai lebih praktis dan efisien untuk menyimpan barang. Anda bisa menggantungkan baju yang selesai disetrika di rak gantungan dan menyimpan sebagian lipatan baju ke dalam laci.

8. Lemari Satu Pintu

Lemari Satu Pintu
Foto: Jepara Heritage

Jika Anda ingin kamar tidur dapat berfungsi secara maksimal meski luasnya tidak seberapa, maka beli saja lemari minimalis. Salah satu desain lemari pakaian minimalis modern yang dapat Anda gunakan adalah lemari satu pintu.

Baca Juga:  5 Perbedaan AC Split dan Inverter, Mana yang Bagus?

Lemari satu pintu mempunyai body yang ringkas dan tidak memakan banyak tempat. Model lemari ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka memperbanyak koleksi baju.

9. Lemari Pakaian Built In

Lemari Pakaian Built In
Foto: dekoruma.com

Desain lemari pakaian built in atau tanam memanfaatkan ruang dinding yang kosong sebagai area untuk membuat lemari. Jenis lemari satu ini meninggalkan kesan modern sekaligus dapat menghemat banyak ruang. Ukuran besar atau kecilnya lemari built in akan menyesuaikan dengan kedalaman dinding kamar.

10. Lemari Pakaian dengan Tambahan Tirai

Lemari Pakaian dengan Tambahan Tirai
Foto: pashouses.id

Jika Anda menginginkan desain lemari pakaian untuk kamar sempit tanpa pintu tetapi khawatir terkena debu dan kotoran, maka bisa memasang tambahan tirai. Tirai berfungsi sebagai pengganti pintu. Anda bebas memilih motif tirai sesuka selera untuk menambah kesan hidup dalam kamar.

11. Model Lemari dengan Setengah Terbuka

Model Lemari dengan Setengah Terbuka
Foto: Berita 99.co

Model lemari setengah terbuka artinya salah satu lemari tertutup dan sebagian yang lainnya terbuka. Biasanya, lemari yang tertutup Anda manfaatkan untuk menaruh pakaian. Sementara itu, bagian lemari yang terbuka bisa Anda gunakan untuk menaruh benda-benda koleksi seperti buku, miniatur, dan lain sejenisnya.

Sudah Tahu Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit?

Itulah beberapa rekomendasi ide desain lemari pakaian untuk kamar sempit yang dapat Anda pertimbangkan. Hitung terlebih dahulu luas kamar yang Anda miliki sebelum membeli lemari pakaian. Baru setelah mengetahui luas kamar sesungguhnya, Anda dapat menyesuaikan ukuran lemari yang tepat.

jual lemari minimalis
Beli lemari minimalis berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari Pakaian Minimalis untuk Ruang Terbatas di Ukur!

Agar bisa mendapatkan lemari pakaian minimalis untuk ruang terbatas, Anda bisa membelinya melalui situs Ukur.com. Ukur.com menyediakan berbagai macam pilihan lemari yang cocok dipasang di kamar dengan ruang tidak terlalu besar. Tidak hanya itu, Ukur.com juga menyediakan furniture, AC, elektronik, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa membelanjakan kebutuhan furniture kamar seperti lemari di situs Ukur.com. Tersedia berbagai tawaran harga terjangkau dan Anda tidak perlu repot-repot pergi ke luar untuk mencari barang yang diperlukan.