Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Karpet Lantai Tanpa Ribet

Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Karpet Lantai Tanpa Ribet

Karpet yang terpasang di dalam rumah memiliki berbagai fungsi, seperti menambah estetika rumah, alas duduk, alas bermain bagi anak-anak, dan yang lainnya. Jadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan karpet Anda agar tidak kotor dan bau. Cara membersihkan karpet juga terbilang mudah, jika mengikuti cara yang benar.

Meskipun karpet biasanya memiliki ukuran yang sangat panjang dan lebar sehingga memusingkan Anda ketika akan mencuci, namun mencuci karpet sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu menerapkan cara yang benar, sehingga mencuci karpet tidak akan membebani dan membuat Anda kesusahan.

Cara Membersihkan Karpet Bulu

Kebanyakan orang seringkali menggunakan karpet bulu sebagai hiasan rumah, agar desain rumah terlihat semakin cantik dan nyaman untuk dihuni. Namun, pasti akan membutuhkan usaha dan waktu yang cukup lama untuk merawat dan mencuci bulu-bulu tebal yang ada pada karpet tersebut.

Cara praktis untuk membersihkan karpet bulu adalah dengan menggunakan jasa profesional. Akan tetapi, sebenarnya Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara yang cukup mudah dan tentunya dapat menghemat biaya.

Membersihkan Karpet Bulu
Source image: freepik.com

Berikut ini cara membersihkan karpet bulu agar tidak lembap dan berjamur:

1. Kibaskan dan Jemur Karpet

Karpet bulu terbuat dari bahan yang tidak biasa, sehingga lebih rentan terhadap debu dan kotoran. Salah satu cara membersihkan debu pada karpet bulu adalah dengan menjemur karpet secara rutin setiap seminggu sekali di ruangan terbuka.

Baca Juga:  Prediksi Perkiraan Biaya Pasang CCTV Berbagai Paket

Bawa karpet ke luar ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, lalu kibaskan karpet dan tepuk-tepuk permukaannya. Hal tersebut berguna untuk melenyapkan kuman dan bakteri yang menempel pada bulu karpet.

Selain itu, menjemur karpet juga dapat mencegah kelembapan dan aroma yang tidak sedap pada karpet. Namun, hindari menjemur karpet secara langsung di bawah sinar matahari agar bulu pada karpet tidak cepat rusak.

2. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Membersihkan karpet bulu secara teratur, selain untuk menjaga kualitas bulunya agar tetap halus dan lembut, juga untuk menjaga kesehatan Anda. Cara praktis yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan karpet dari debu yang menempel adalah dengan vacuum cleaner (pengisap debu).

Namun, pastikan daya sedot pada vacuum cleaner tidak terlalu kuat agar tidak merusak bulu karpet. Sebaiknya, lapisi karpet bulu dengan kain tipis terlebih dahulu sebelum menyedot debu dengan vacuum cleaner. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan penyedotan pada kedua sisi karpet, yaitu di bagian atas dan bawahnya.

Bersihkan dengan Vacuum Cleaner
Source image: freepik.com

3. Bersihkan Noda di Karpet dengan Campuran Cuka, Detergen, dan Air

Anda bisa menggunakan campuran cuka, detergen, dan air untuk membersihkan noda yang menempel pada karpet. Membersihkan karpet bulu dengan cara ini perlu dilakukan secara perlahan, karena karpet bulu sangat rentan rusak.

Apabila detergen yang Anda gunakan cukup keras, maka hal tersebut dapat memicu rontoknya bulu-bulu karpet. Anda bisa menggunakan detergen untuk pakaian bayi agar lebih aman dan tidak terlalu berisiko.

Caranya adalah dengan menuang campuran cuka, detergen, dan air sedikit demi sedikit, lalu gosok perlahan dengan sikat halus atau dengan tangan sampai noda tersebut hilang.

karpet bulu
Dapatkan Karpet Bulu dengan kualitas terbaik di UKUR!

4. Bersihkan dengan Campuran Cuka, Perasan Lemon, dan Air Hangat

Cara menghilangkan bau yang tidak sedap pada karpet bulu bisa dengan menggunakan campuran cuka dan air lemon.

Baca Juga:  Cara Membuat Kursi untuk Bersantai dari Kayu Bekas, Dijamin Mudah!

Anda hanya perlu mencampurkan cuka, perasan satu buah lemon, dan air hangat. Kemudian semprotkan cairan tersebut di atas noda yang menempel pada karpet, tunggu 5-10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan kain tipis.

5. Menggunakan Bedak Bayi

Anda bisa menggunakan bedak bayi untuk mengatasi aroma tidak sedap pada karpet. Caranya adalah dengan menaburkan bedak bayi di atas karpet bulu, kemudian diamkan selama 12 jam agar bau tidak sedap tersebut dapat terserap oleh bedak bayi. Setelah itu, bersihkan sisa bedak menggunakan vacuum cleaner.

Cara Membersihkan Karpet Lantai

Membersihkan Karpet Lantai
Source image: high-classcleaning.co.uk

Kebanyakan orang lebih memilih membersihkan karpet melalui jasa laundry karena mereka merasa tidak tahu cara mencuci karpet dan beranggapan membersihkan karpet akan melelahkan.
Padahal, seringkali jasa laundry tidak memberikan layanan yang memuaskan karena karpet masih kotor dan bau. Meskipun cara membersihkan karpet lantai secara manual lebih berat dan melelahkan, tapi akan lebih terjamin kebersihannya dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Jika Anda ingin mencuci karpet sendiri di rumah, berikut ada beberapa cara membersihkan karpet lantai secara manual dan mudah dipraktikkan:

1. Bersihkan Karpet Lantai dari Debu

Cara membersihkan karpet secara manual yang pertama adalah dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada karpet terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar proses pencucian lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bersihkan karpet lantai dengan sapu lidi yang bersih.

2. Mencuci dengan Cara Menggantung

Setelah membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada karpet, gantunglah karpet pada pagar atau jemuran panjang yang sekiranya bisa membuat karpet menggantung. Cara membersihkan karpet dengan metode gantung seperti ini bertujuan agar Anda tidak cepat lelah ketika mencuci karpet.

3. Menggunakan Semprotan Air

Setelah posisi karpet menggantung, kemudian semprot karpet dengan menggunakan penyemprot air atau selang yang mempunyai daya semprot yang tinggi. Semprotan air dengan daya yang kuat ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang terselip di sela-sela karpet dengan mudah.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tembok lembab dan Basah di Rumah Anda

4. Menyemprotkan Cairan Pembersih Karpet

Cara membersihkan karpet selanjutnya adalah menyemprotkan cairan pembersih karpet pada bagian karpet yang sudah basah. Cairan pembersih ini berguna untuk membersihkan kotoran dengan lebih maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya menggunakan cairan khusus pembersih karpet dan bukan detergen karena detergen dapat merusak serat dari karpet lantai.

5. Sikat dengan Halus

Apabila karpet sudah diberikan cairan pembersih, maka langkah selanjutnya adalah menyikat karpet lantai dengan menggunakan sikat halus. Gunakan sikat dengan bahan plastik agar tidak merusak karpet.

Sikat dengan Halus
Source image: freepik.com

6. Membilas Karpet Lebih dari Dua Kali Bilasan

Setelah Anda menyikat karpet hingga bersih, kemudian bilaslah karpet dengan menggunakan penyemprot air. Lakukan proses penyemprotan dari bagian tengah karpet kemudian mengarah pada bagian pinggir.

Bilaslah karpet lebih dari dua kali untuk memastikan karpet sudah benar-benar bersih dari cairan pembersih karpet dan kotoran.

7. Jemurlah Karpet di Tempat yang Teduh

Langkah terakhir adalah menjemurnya di tempat yang teduh tapi banyak angin. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung, karena dapat merusak bahan karpet dan memudarkan warna asli karpet.

Sudah Siap untuk Membersihkan Karpet Sendiri di Rumah?

Meskipun cara membersihkan karpet secara manual terkesan melelahkan, akan tetapi cara seperti di atas dapat menjaga kualitas dari karpet Anda. Selain itu, perawatan secara rutin juga perlu Anda lakukan agar karpet tetap bersih dan nyaman saat digunakan.

karpet lantai
Maksimalkan kenyamanan dengan Karpet Lantai terbaru di UKUR

Selain harus bersih, tampilan karpet akan makin cantik jika Anda tunjang dengan perabotan yang tepat. Bicara mengenai perabotan, Anda bisa mendapatkan furniture berkualitas dengan harga terjangkau di UKUR.com.

UKUR.com adalah situs jual beli bahan bangunan online di Indonesia yang terpercaya dan dilengkapi dengan fitur pengukuran dan pemasangan. Selain furniture, Anda juga bisa mendapat kebutuhan pembangunan lainnya seperti perkakas, lantai, dan lainnya.