Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum, Anti Over Budget!

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum

Untuk memperinci perkiraan kebutuhan biaya pembangunan, mempelajari cara menghitung kebutuhan plafon gypsum akan sangat membantu. Minimal untuk mengurangi risiko material terbuang sia-sia dari pemasangan gypsum rumah Anda.

Setidaknya, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari dalam proses hitung plafon, seperti beberapa poin penting dalam artikel ini! Supaya tidak penasaran, mari simak artikel ini sampai habis!

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum?

Sebenarnya, ada rumus tertentu yang harus Anda pelajari dalam menentukan jumlah plafon gypsum. Namun sebelum itu, ada beberapa poin juga yang perlu Anda kuasai, seperti halnya:

1. Menyiapkan Material

Menyiapkan Material
Foto: dekoruma.com

Hal pertama sebelum menghitung kebutuhan plafon, Anda harus menyiapkan berbagai material yang Anda butuhkan. Maksudnya, Anda harus menemukan data akurat dari aspek bangunan yang ingin Anda hitung. Maka dari itu, ukur luas ruangan terlebih dahulu, lalu kumpulkan data menjadi matrik hitung.
Selain itu, Anda juga perlu mengumpulkan data seperti ukuran gypsum yang tersedia, ukuran hollow, ukuran papan, untuk menentukan pembagian dari hitungan yang Anda buat nantinya.

2. Menghitung Kebutuhan Rangka Besi Hollow

Menghitung Kebutuhan Rangka Besi Hollow
Foto: property145.com

Cara menghitung kebutuhan gypsum plafon yang berikutnya adalah mulai dengan menghitung kebutuhan rangka besi hollow. Karena alih-alih menggunakan kayu usuk, pemasangan gypsum memang lebih efektif dan tahan lama dengan menggunakan rangka besi hollow.

Rangka hollow standar ukurannya 60 cm x 120 cm, dengan panjang sekitar 4 meter. Jadi, Anda tinggal menghitung berapa kebutuhan rangka hollow, dengan data ukuran ya sudah Anda dapatkan.

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Kebutuhan Wiremesh Agar Efisien

Misal, Anda menghitung kebutuhan besi hollow untuk ruangan seluas 4 meter x 4 meter atau 16 meter persegi, maka Anda bisa gunakan cara berikut ini:

  • Sebelum Anda melanjutkan cara menghitung kebutuhan plafon gypsum ini, Anda perlu tahu, bahwa pemasangan gypsum umumnya memisahkan antar rangka hollow dengan ukuran yang sama. Kebanyakan menggunakan pemisahan dengan jarak sekitar 60 cm atau setara 0,6 meter.
  • Misal, Anda memulai menghitung kebutuhan untuk rangka pada bagian 4 meter, maka Anda perlu mencari angka terdekat dan membaginya dengan rangkanya.
  • Jika tertulis, akan seperti 4/0,6 = 6,67 baris. Karena angka yang Anda dapatkan desimal, maka bisa Anda bulatkan ke 7 baris rangka.
  • Setelah itu, Anda tinggal mengalikan ukuran lebar ruangan dengan baris yang Anda temukan, yakni 4 x 7 atau sekitar 28 meter.
  • Anda juga perlu menghitung rangka cross yang Anda butuhkan, misal untuk cross Anda menambahan 3 baris hollow tambahan, maka Anda bisa gunakan cara ini: 3 x 4 meter = 12 meter.
  • Tidak lupa hollow untuk garis tepi, yakni tinggal menambahkan seluruh sisinya. Jika ukurannya persegi, bisa Anda kalikan 4, menjadi 4 meter x 4 sisi = 16 meter.
  • Jika sudah semua, langsung Anda jumlahkan keseluruhan data perhitungan menjadi: 16 + 12 + 28 = 56 meter.
  • Kemudian, tinggal bagi saja 56 / 4 = 14. Jadi, Anda membutuhkan sekitar 14 rangka hollow untuk ruangan ukuran 4 x 4 meter. Namun, Anda bisa tambahkan 1 atau 2 rangka lagi untuk cadangan, jaga-jaga kalau ada yang rusak!

3. Menghitung Kebutuhan Papan Gypsum

Menghitung Kebutuhan Papan Gypsum
Foto: bukabangunan.com

Setelah Anda mengetahui perkiraan jumlah rangka hollow yang Anda butuhkan, dalam cara menghitung plafon gypsum Anda juga perlu menghitung kebutuhan papan. Untuk ukuran papan standar sendiri ada 1,4 meter x 1,2 meter, atau setara 2,88 meter persegi.

Baca Juga:  15 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari, Terbukti Manjur!

Jadi, dengan contoh kasus yang sama, Anda bisa perkirakan kebutuhan dengan rumus hitung berikut:

  • Jika Anda memiliki luas ruangan sekitar 16 meter persegi, maka Anda tinggal bagi dengan luas dari papan gypsum. Kira-kira akan menjadi 16/2,88 = 5,56.
  • Karena hasilnya desimal, Anda bisa bulatkan menjadi sekitar 6 papan gypsum, untuk ruangan seluas 4 x 4 meter.
  • Namun, Anda bisa menambahkan 1 lagi, jaga-jaga jika ada kerusakan selama pengiriman atau pengerjaan.

4. Hitung Kebutuhan List Gypsum

Hitung Kebutuhan List Gypsum
Foto: rajawaliparket.com

Setelah mendapatkan berbagai matrik hitung sebelumnya, Anda dapat memulai cara menghitung kebutuhan plafon gypsum. Namun sebelumnya, Anda harus menetapkan ukuran plafon yang Anda gunakan, karena pada dasarnya Anda hanya butuh plafon seluas 2 x (panjang + lebar).

Misal, pada kasus 4 x 4 meter, maka Anda memerlukan sekitar (4 +4) x 2 = 16 meter persegi. Jika Anda menggunakan standar ukuran gypsum 120 x 240 mm atau 1,2 x 2,4 m; maka kebutuhan papan mungkin sekitar 5 papan gypsum. Cara hitungnya adalah:

Luas gypsum = 1,2 m x 2,4 m = 3,36 m

Luas ruangan = 4 m x 4 m = 16 m

Kebutuhan gypsum = Luas ruangan / luas gypsum = 16/3,36 = 4,76 atau 5 jika Anda bulatkan.

Namun, untuk jaga-jaga adanya kerusakan seperti plafon miring atau pecah, Anda harus tambahkan beberapa gypsum sebagai cadangan, misal Anda tambah 2 papan lagi sebagai cadangan.

5. Hitung Biaya yang Harus Anda Keluarkan

Setelah mendapatkan semua matrik dan hasil hitungnya, kini Anda tinggal menghitung berapa biaya yang harus Anda siapkan untuk keperluan pemasangan gypsum. Adapun caranya tinggal mengalikan saja jumlah perhitungan yang Anda miliki, dengan harga satuan dari gypsum yang Anda dapatkan.

Untuk hal ini, platform dan supplier penyedia gypsum akan sangat berpengaruh. Karena seperti yang Anda tahu, persaingan harga di pasar memang hal yang wajar. Oleh sebab itu, pemilihan supplier yang tepat akan jadi kunci besar kecilnya pengeluaran Anda untuk kebutuhan pemasangan gypsum.

Baca Juga:  7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Jadi Tanda Kerusakan Serius!

Selain harga material, Anda juga harus mempertimbahkan biaya pengiriman material serta biaya tukang yang Anda percaya untuk melakukan pemasangan. Tak hanya berhubungan dengan hitung plafon, Anda juga perlu memperkirakan akomodasi dan keperluan makan tukang selama bekerja.

Untuk hal ini, gaji tukang juga terpengaruh pada daerah Anda tinggal, karena berhubungan dengan upah regional atau standar upah di pasaran. Sedangkan untuk biaya akomodasi dan makan, tergantung kesepakatan dan kebijakan Anda selaku penggiat pemasangan plafon.

Sebagai gambaran, berikut kisaran harga material dan jasa pemasangan plafon gypsum di platform marketplace online:

  • Gypsum Jayaboard ukuran 120x240mm dengan tebal 9mm Rp74.000,00.
  • Skrup gypsum plafon ukuran 3cm isi 100pcs Rp22.500,00.
  • Kasa gypsum Rp8.000,00.
  • U Runner partisi gypsum panjang 3m Rp30.000,00.
  • Compound gypsum 20kg Rp60.000,00.
  • Hollow galvalum 2×4 cm ukuran 4m tebal 0,3mm Rp26.000,00.
  • Jasa pasang Rp205.000,00.
jual plafon gypsum
Dapatkan plafon gypsum berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Telah Paham Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum Rumah?

Pemasangan gypsum memang terkenal untuk berbagai kebutuhan, misal untuk membuat plafon ruang tamu yang elegan. Oleh karena itu, memahami cara menghitung kebutuhan pemasangan plafon, mulai dari menyiapkan list material hingga menghitung biayanya, akan sangat membantu Anda dalam pemaksimalan budget pembangunan rumah.

Sehingga, Anda dapat memilih supplier dan platform jual beli online terbaik, seperti Ukur. Karena tak hanya gypsum, bahkan Ukur juga menyediakan material lain seperti sandwich panel, furniture, kebutuhan elektronik rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Selain harganya yang kompetitif, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah dari smartphone Anda tanpa harus keluar rumah!