10 Jenis Lantai Ruang Tamu dan Tips Memilih yang Tepat

lantai ruang tamu

Lantai ruang tamu termasuk salah satu bagian penting saat mendekorasi rumah Anda. Biasanya, lantai pada ruangan ini akan langsung terlihat saat memasuki rumah. Oleh sebab itu, penting untuk memilih jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Ingin tahu lebih lanjut? Baca info dan tipsnya di sini!

Jenis-jenis Lantai Ruang Tamu

Ada berbagai jenis lantai yang bisa Anda pilih untuk menghiasi ruang tamu Anda. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai 10 jenis lantai ruang tamu untuk memperindah rumah Anda.

1. Lantai Keramik

Lantai Keramik
Foto: Dekoruma

Di Indonesia, lantai keramik merupakan lantai yang paling sering orang-orang gunakan untuk mempercantik rumah. Jenis lantai ini memiliki motif dan tekstur yang bergam. Berikut ini beberapa contoh jenis lantai keramik beserta penempatannya:

  • Keramik dengan tekstur kasar untuk lantai kamar mandi dan garasi.
  • Tekstur keramik yang licin dan mengilap untuk lantai ruangan atau dinding.
  • Warna keramik doff yang anti goresan dan tidak mengilap maupun licin untuk model rumah minimalis.

2. Lantai Marmer

Lantai Marmer
Foto: id.pinterest.com

Umumnya, harga dari lantai marmer terbilang cukup mahal karena ketersediaannya yang terbatas. Jenis lantai ini terbilang dingin sehingga dapat menyejukkan ruang tamu dan memberikan kesan mewah.

Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan memasang lantai dengan bahan marmer untuk ruangan outdoor, terutama yang sering terkena paparan sinar matahari. Alasannya yaitu sinar matahari dan hujan dapat membuat warna marmer memudar sehingga tidak terlihat bagus seperti semula.

Terdapat berbagai jenis batu marmer yang bisa Anda pilih untuk mendekorasi ruang tamu, seperti Travertine, Statuario, Onyx, Kristallin. Carrara, Calcutta, Emperador, dan Crema Marfil.

Baca Juga:  8 Inspirasi Warna Cat No Drop untuk Kamar Tidur Estetik Terbaik

3. Lantai Kayu

Lantai Kayu
Foto: artikel Rumah123.com

Jenis lantai yang berikutnya adalah lantai kayu. Lantai jenis ini banyak orang-orang gunakan karena bisa membuat ruang tamu terasa lebih hangat. Lantai kayu mempunyai dua jenis, yaitu laminating dan parquet (parket).

Parket bisa terbuat dari kayu solid atau kayu asli yang menggunakan teknologi layer. Sedangkan laminating terbuat dari serbuk kayu dan multipleks, sehingga cenderung lebih murah dari lantai kayu parquet.

4. Lantai Granit

Lantai Granit
Foto: Properti News

Lantai granit bisa Anda pilih jika menginginkan suasana yang mewah dan hendak mendekorasi ruangan terbuka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lantai jenis ini untuk ruangan yang sering terkena air karena mudah untuk dibersihkan.

Namun, perlu diingat bahwa harga lantai granit terbilang lebih mahal daripada lantai marmer karena ketersediaannya di alam lebih langka.

5. Lantai Tegel

Lantai Tegel
Foto: kompas.com

Jenis lantai tegel atau ubin juga bisa sering Anda jumpai di berbagai rumah di Indonesia. Jenis lantai ini bersifat dingin dan mudah untuk Anda bersihkan. Kini, variasi warna dan model lantai tegel lebih banyak dan tidak memberikan kesan monoton.

Penggunaan lantai ini memberikan kesan vintage yang sekarang makin orang-orang di luar negeri gemari. Anda dapat menggunakan lantai tegel dengan corak etnik sebagai inspirasi lantai ruang tamu Anda.

6. Lantai Slate

Lantai Slate
Foto: flooringbagus.com

Lantai slate terbuat dari batuan alam dengan tekstur yang agak kasar dan kokoh. Jenis lantai ini memberikan kesan tegas dan menawan untuk ruang tamu Anda. Selain untuk ruang tamu, lantai slate juga bisa Anda gunakan untuk dapur dan ruang makan keluarga.

7. Lantai Batu Alam

Lantai Batu Alam
Foto: pavingblock.co.id

Jika Anda menyukai desain lantai batu alam, jenis lantai ini mungkin cocok bagi Anda yang menginginkan suasana alam. Lantai ini juga bisa Anda gunakan di ruang yang terbuka. Selain itu, jenis lantai ini termasuk mudah untuk Anda bersihkan.

Baca Juga:  Cara Menghitung Borongan Cat Tembok Lengkap

8. Lantai Karpet

Lantai Karpet
Foto: decorindoperkasa.com

Lantai karpet bisa Anda pilih untuk membuat ruangan terasa lebih hangat. Jenis lantai ini juga memiliki motif dan warna yang beragam, sehingga mudah untuk Anda sesuaikan dengan suasana ruang tamu.

Meskipun begitu, lantai karpet lebih susah untuk Anda bersihkan dan lebih mudah menyerap debu. Sebaiknya, jangan gunakan jenis lantai ini pada area atau ruangan yang sering terkena air.

9. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl
Foto: Construction Plus Asia

Anda dapat dengan mudah memasang lantai vinyl karena pada bagian bawah lantai, terdapat lem yang kemudian bisa Anda rekatkan lapisan plesteran maupun lantai yang sudah ada. Juga, jenis lantai ini sangat praktis untuk mengubah suasana dan tampilan ruangan.

Lantai ini memiliki perawatan yang mudah dan material yang kuat, sehingga sering menjadi pilihan untuk berbagai bangunan publik. Selain itu, harga dari lantai vinyl juga terbilang murah dan dapat meredam getaran agar tidak berisik.

10. Lantai Travertine

Lantai Travertine
Foto: arsitag.com

Lantai travertine berwarna pasir dan desain alami dengan tekstur pecah-pecah. Jenis lantai ini bisa Anda gunakan jika menginginkan ruangan bergaya rustic. Sayangnya, jenis lantai ini mempunyai pori-pori kecil, sehingga Anda harus sering untuk membersihkannya agar kotoran tidak mengendap.

5 Tips Memilih Lantai Ruang Tamu

Dalam memilih lantai untuk ruang tamu, Anda perlu memilih jenis yang sesuai dengan yang Anda inginkan berdasarkan anggaran, kualitas, warna, tekstur, dan ukurannya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Anggaran

Saat memilih beragam jenis lantai, Anda perlu menyesuaikannya dengan anggaran yang tersedia. Misalnya, Anda ingin memilih jenis lantai yang murah dengan kualitas biasa atau jenis lantai yang mahal dan berkualitas tinggi. Tentunya, pilihan ini juga harus sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

2. Kualitas

Setelah memilih lantai yang sesuai dengan anggaran, Anda juga harus memerhatikan kualitasnya. Sebaiknya, pilihlah jenis lantai yang tahan lama dan mudah untuk Anda bersihkan. Mengapa? Karena setelah Anda memilih jenis lantai, tidak akan mudah untuk menggantinya dengan cepat.

Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Rumput Sintetis, Mudah Tanpa Ribet!

Oleh sebab itu, pastikan jenis lantai yang telah Anda pilih telah memenuhi semua kriteria yang Anda inginkan.

3. Warna

Pertimbangan yang selanjutnya dalam memilih jenis lantai adalah warna. Jika ruang tamu kurang mendapatkan pancaran sinar matahari, Anda bisa mengakalinya dengan memilih jenis lantai yang berwarna terang. Selain untuk ruang tamu, Anda juga bisa mengaplikasikan tips ini ke berbagai ruangan di rumah.

Misalnya kamar mandi, kamar tidur, dapur, dan ruang keluarga. Pemilihan warna yang sesuai akan membuat rumah Anda terlihat lebih indah.

4. Tekstur

Berbagai jenis lantai memiliki model dan tekstur yang berbeda. Umumnya, jenis lantai yang bisa Anda pakai untuk ruang tamu adalah yang bertekstur lembut. Lain halnya untuk lantai kamar mandi, Anda dapat menggunakan jenis lantai dengan tekstur tidak rata agar tidak mudah licin.

5. Ukuran

Tips yang terakhir yaitu ukuran jenis lantai yang sudah Anda pilih. Ukuran dari lantai dapat memengaruhi tampilan ruang tamu. Jika Anda ingin membuat ruang tamu terlihat lebih luas, Anda bisa memilih ukuran lantai yang besar. Sesuaikan ukuran lantai dengan ruangan dan kebutuhan Anda.

Beli keramik lantai 60×60 berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Sudah Yakin dengan Lantai Ruang Tamu Pilihan Anda?

Pilihlah jenis lantai ruang tamu pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan, gaya, dan selera yang ingin Anda tunjukkan. Anda juga bisa memperoleh bahan-bahan bangunan lainnya, seperti Dinding dan Plafon, Material Konstruksi, dan Furniture di situs web Ukur.com.

Situs marketplace ini menawarkan produk berkualitas untuk segala kebutuhan pembangunan. Mari pesan lantai pilihan Anda sekarang dan dapatkan juga garansi untuk semua produk yang Anda beli!