HMR Board Material Favorit untuk Lemari? Ini Penjelasannya!

HMR Board Material Favorit untuk Lemari? Ini Penjelasannya!

Belakangan ini, penggunaan kayu HMR board sebagai material utama pembuatan furniture seperti lemari dan sejumlah desain interior sedang populer di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, material ini memang memiliki banyak kelebihan. Kenapa bisa begitu? Mari simak penjelasannya di artikel ini!

Mengenal Material Kayu HMR Board

Mengenal Material Kayu HMR Board
Foto: Berita 99.co

High Moisture Resistant Board (HMR board) atau papan HMR adalah jenis kayu yang terbuat dari olahan kayu dan resin yang dibentuk menjadi lembaran dengan teknik khusus. Sehingga, kepadatan dan daya tahan kayu terhadap kelembapan relatif tinggi.

Bahan HMR juga dikenal sebagai kayu olahan dengan komposisi engineered woods, chipboard, dan juga multipleks terbaik. Teknik yang digunakan adalah teknik press dan penyatuan komposisi, sehingga HMR board menjadi material baru yang memiliki daya tahan mendekati solid wood.

Biasanya, papan HMR menjadi material utama yang banyak dipilih untuk membuat furniture, desain interior, dan kebutuhan perabot rumah tangga lainnya. Sering kali sangat bermanfaat untuk rangka lemari dan rak.

Apakah Bahan HMR adalah Material Terbaik untuk Lemari?

Penggunaan material HMR board memang sangat populer untuk kebutuhan furniture seperti lemari. Bukan tanpa alasan, hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kelebihan mendasar darinya, mulai dari:

1. Ketahanan terhadap Kelembapan Tinggi

Jika Anda bandingkan dengan kebanyakan material kayu lainnya seperti kayu solid, material kayu HMR memiliki ketahanan ekstra terhadap kelembapan. Sehingga sangat cocok untuk lingkungan atau ruangan yang memiliki kelembapan udara tinggi, seperti kamar mandi, ruang laundry, dan dapur.

Baca Juga:  Apa Itu Plywood? Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

2. Lebih Tahan terhadap Cipratan Air

Walaupun menggunakan sistem press, namun HMR board memiliki ketahanan terhadap cipratan air atau genangan air yang lebih tinggi daripada kayu olahan lainnya. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kombinasi resin yang membuatnya lebih tanggung dan tidak mudah lapuk saat terkontaminasi air.

3. Daya Tahan Tinggi

Penggunaannya untuk lemari semakin marak, karena bahan ini cukup mudah dibentuk tetapi memiliki daya tahan yang tinggi. Daya topangnya juga termasuk cukup kuat sekalipun termasuk kayu olahan, jika Anda bandingkan dengan jenis kayu lainnya.

4. Bebas Jamur

Material papan HMR juga diklam lebih tahan terhadap serangan jamur, bakteri, dan parasit berbahaya. Sehingga, sangat cocok untuk berbagai jenis lingkungan dan tentunya sangat aman untuk kebutuhan rumah tangga yang memiliki anak.

5. Anti Rayap

Jenis kayu olahan ini juga termasuk cukup tahan terhadap rayap. Pasalnya, bahan HMR adalah bukan 100% kayu sehingga bukan bahan yang disukai rayap. Walaupun masih ada kemungkinan kecil terjadi serangan rayap yang mengganas karena satu dan lain hal.

6. Pengolahan Lebih Mudah

Sama halnya seperti kayu solid, HMR board juga cukup mudah untuk Anda olah menjadi berbagai produk. Bentuknya yang berupa lembaran dan memiliki bobot yang lebih ringan akan memudahkan Anda untuk membuat produk bahkan dengan desain rumit sekali pun.

7. Mudah Didapatkan

Lantaran kayu HMR adalah kayu olahan, jenis ini memiliki kelangkaan yang lebih kecil daripada kayu solid. Bahan ini termasuk upaya pengolahan limbah kayu untuk menghasilkan material baru yang kokoh dan tahan lama. Bahkan, kepadatannya juga lebih tinggi daripada MDF (Medium Density Fiberboard) maupun particle board.

7 Ide Desain Lemari dengan Bahan HMR Board

Sebenarnya ada banyak ide desain lemari yang bisa Anda buat dengan material satu ini. Berikut adalah beberapa ide desain lemari pilihan terbaik:

1. Lemari Wardrobe Minimalis

Lemari Wardrobe Minimalis
Foto: ikea.co.id

Desain lemari pakaian minimalis modern yang sedang tren sekarang ini memang cocok dengan jenis material papan HMR. Sebab, warna dasar yang natural dan estetik membuatnya cocok dengan berbagai konsep rumah.

Baca Juga:  Plafon Drop Ceiling: Karakteristik dan Jenisnya

Selain bentuknya yang ringkas, desain ini biasanya mengutamakan fungsional dan tata ruang, sehingga kebanyakan bentuknya menyesuaikan kebutuhan. Namun, ciri khas dari lemari ini biasanya adalah tanpa pintu serta menyesuaikan lokasi dan tata letak desain interior rumah Anda.

2. Lemari Sliding

Lemari Sliding
Foto: Ruang Terang Interior

Jika Anda punya ruangan yang terbatas, desain lemari pakaian untuk kamar sempit model pintu sliding dari kayu HMR adalah solusi terbaik. Pasalnya, dengan bentuk yang praktis akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Desain ini juga bisa Anda padukan dengan berbagai macam konsep interior, tentunya dengan mencari perpaduan dan desain yang cocok. Mencari warna dari paduan bahan lain akan membuat lemari Anda terkesan lebih elegan dan tampak lebih cocok dengan konsep rumah Anda.

3. Lemari dan Partisi

Lemari dan Partisi
Foto: Tokopedia

Dengan desain yang baik, Anda juga bisa memanfaatkan material HMR board atau bahan HPL untuk membuat tempat penyimpanan barang sekaligus partisi ruang. Langkah ini pastinya akan sangat membantu Anda untuk mengkondisikan ruangan baru dengan fungsinya.

Desain lemari dan partisi bisa berbentuk lemari yang bisa digeser, lemari statis, maupun model rak yang membuat ruang terlihat lebih luas walaupun Anda beri sekat. Jadi, desainnya cukup fleksibel dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Lemari Kitchen Set

Lemari Kitchen Set
Foto: i.pinimg.com

Pada dasarnya, kitchen set memiliki kemiripan dengan konsep desain lemari minimalis yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan dapur. Dengan bahan HMR yang sama, Anda bisa menambahkan pintu sesuai dengan kebutuhan, konsep, dan budget.

Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa membuatnya menjadi jenis lemari tanam. Lemari tanam adalah lemari yang diletakkan secara permanen di dinding atau lantai dapur, sehingga tampilan dapur lebih bersih dan teratur.

5. Lemari 4D

Lemari 4D
Foto: anya-living.com

Ide desain anti mainstream berikutnya ini cocok untuk Anda yang ingin membuat ruangan tampak lebih hidup, seperti kamar anak. Lemari ini menggunakan bantuan konseptor dan desainer 4D yang bisa Anda custom sesuai keinginan.

Anda bisa menambahkan karakter atau berbagai macam bentuk sesuai imajinasi Anda. Bahkan, Anda bisa membuatnya menjadi konsep lemari multifungsi, dengan memanipulasi bentuk sesuai kebutuhan. Untungnya, HMR board termasuk salah satu material yang mudah Anda bentuk sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  10 Model Plafon GRC Minimalis untuk Interior Rumah

6. Lemari Multi Fungsi

Lemari Multi Fungsi
Foto: AliExpress

Anda juga bisa mengkombinasikan lemari dengan kepentingan lainnya, sehingga membuatnya jadi lebih multifungsi. Misalnya, Anda menggabungkan lemari, rak, kasur, dan meja kerja sekaligus untuk menyiasati ruangan yang terbatas.

Jenis desain ini cukup cocok untuk bangunan dengan konsep industrial kekinian yang sering menjadi konsep perumahan gaya Jepang. Anda bisa mengkombinasikan berbagai fungsi dalam satu desain dengan satu jenis papan HMR saja.

7. Lemari TV

Lemari TV
Foto: id.pinterest.com

Jenis lemari TV kekinian memang paling baik adalah lemari dinding atau lemari gantung yang dapat menyesuaikan ukuran TV. Namun, dengan kreatifitas yang lebih tinggi, Anda juga bisa membuat lemari mini untuk jenis TV yang bisa berdiri, sehingga membuat ruangan terkesan lebih luas dan mewah.

Sudah Tahu Apakah HMR Board Adalah Material Favorit untuk Lemari?

Berdasarkan penjelasan di atas, kayu HMR board memang cukup populer untuk kebutuhan pembuatan lemari. Selain karakteristik bahannya yang kuat serta kokoh tapi ringan, material ini juga sangat mudah Anda bentuk karena dalam bentuk lembaran.

Pastikan Anda memilih papan HMR yang memiliki ketebalan dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan furniture atau desain interior Anda. Setelah itu, pastikan Anda menggunakan alat pemotong yang tajam, seperti gergaji sirkular atau mesin pemotong CNC, agar hasil potongan lebih rapi.

jual lemari plastik
Beli lemari plastik berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari dengan Bahan HMR Board di Ukur!

Berhubung Anda sudah tahu keunggulan dari lemari dengan bahan HMR, maka Anda harus membelinya dari platform berkualitas untuk memastikan produk memiliki kualitas terbaik. Untungnya Anda dapat membeli lemari berkualitas dengan mudah di Ukur.

Platform ini menyediakan kemudahan bertransaksi untuk berbagai kebutuhan rumah tangga seperti material konstruksi, barang elektronik, hingga furniture. Ukur juga menyediakan beragam opsi pengiriman dan metode pembayaran yang memudahkan Anda untuk mendapatkan produk dengan lebih mudah dan efisien.