Ternyata Begini Cara Mengepel Lantai Granit Sampai Mengkilap

cleaning floor

Salah satu material pelapis lantai yang terkenal karena kemegahannya adalah granit. Kini, banyak yang memakai granit sebagai pelapis lantai untuk meningkatkan estetika hunian. Namun, Anda juga mesti memperhatikan perawatannya. Termasuk mengetahui bagaimana cara mengepel lantai granit yang benar supaya berkilau.

Walau terdengar sepele, Anda tidak bisa dengan sembarangan mengepel lantai berbahan granit menggunakan air keran biasa saja. Melainkan, Anda perlu mencampurkan beberapa bahan tambahan untuk membersihkan noda lantai sampai tuntas. Sebab, noda yang membandel tidak akan mempan jika hanya memakai air.

Tutorial Cara Mengepel Lantai Granit

Setiap orang pastinya ingin memiliki tampilan hunian yang bersih, cantik, dan berkilau. Sebenarnya, tidak sulit untuk mewujudkan impian itu, asal Anda rajin membersihkan rumah terutama lantai yang paling tampak oleh mata.

Apalagi, jika sudah memakai ubin granit, lantai yang bersih akan meninggalkan kesan elegan dan berkelas. Sebelum mengepel lantai, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dari segi alat dan bahan, yaitu sebagai berikut:

  • Kain pel, microfiber, dan lap
  • Ember
  • Sabun cuci piring
  • Air hangat

Setelah menyiapkan alat dan bahan di atas, berikutnya Anda bisa mulai mempraktekkan cara mengepel lantai granit dengan mengikuti instruksi berikut ini.

  1. Pertama-tama, sapu hingga bersih pasir dan debu yang ada di permukaan lantai.
  2. Buatlah sabun untuk mengepel lantai dengan mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam ember yang berisi air hangat.
  3. Aduklah kedua bahan tersebut sampai membentuk larutan sabun. Alternatif lain dari membuat pembersih sendiri adalah membeli produk sabun khusus untuk ubin granit.
  4. Kemudian, celupkan kain microfiber berserat halus yang mudah menyerap air ke dalam larutan sabun yang sudah Anda buat sebelumnya. Peras kain microfiber sampai tidak meneteskan air terlalu banyak.
  5. Bersihkan lantai granit dengan gerakan yang beraturan dari sudut terjauh sampai ke sela-sela memakai kain pel yang sudah dicampur dengan air sabun tadi.
  6. Usai mengepel, seka bagian lantai granit menggunakan kain lap berbahan lembut untuk menghapuskan sisa-sisa sabun sampai kering dan tidak licin. Itu tadi adalah cara mengepel lantai granit agar mengkilap.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Karpet Lantai Tanpa Ribet

Cara Mengepel Lantai Granit yang Punya Noda Membandel

cleaning
Source: freepik.com

Tutorial sebelumnya membahas bagaimana mengepel lantai pada kondisi umum, di mana tidak ada noda membandel yang menempel pada lantai. Melainkan, hanya debu dan pasir halus. Lantas, bagaimana jika ada bekas kotoran yang merusak estetika ubin granit rumah Anda?

Tenang, ada campuran bahan yang efektif membasmi kotoran pada lantai granit dengan mencampurkan baking soda atau soda kue bersama air. Anda bisa memasukkan campuran bahan tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut ke bagian granit yang kotor. Lalu, diamkan selama beberapa jam.

Setelah waktu berlalu, Anda bisa memakai lap bersih yang dibasahi oleh air untuk menyeka bekas kotoran. Lakukan beberapa kali sampai permukaan lantai mengkilap. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan bekas pel menggunakan tisu dapur.

Dalam mengepel lantai, sebaiknya Anda menggunakan alat pel khusus yang berfungsi untuk mengangkat noda ubin secara maksimal. Hindari memakai alat pel yang berpotensi merusak granit seperti mesin penyedot debu beroda atau menggunakan sabun pembersih dengan kadar pH tidak seimbang.

beli lantai granit di ukur

Lengkapi gaya rumah modern dengan lantai granit terlengkap disini!

Tips Menjaga Lantai Granit Supaya Tetap Kinclong

Pada dasarnya, untuk merawat dan menjaga kebersihan lantai bukan hanya dari kegiatan menyapu dan mengepel saja. Selain menerapkan cara mengepel di atas, Anda juga bisa merawat lantai dengan cara lain yang bisa Anda simak pada pembahasan berikut.

1. Menyediakan Keset

Keset berguna sebagai pengesat kaki yang mampu mencegah lantai terkontaminasi kotoran lebih banyak. Terdapat perbedaan besar antara kaki yang masuk ke dalam rumah setelah memakai keset dan tidak. Jika Anda memakai keset sebelum masuk, maka debu yang menempel di kaki tidak akan tercemar ke lantai granit.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tekstur Karpet Menurut Jenis Ruangan: Lengkap!

Jadi, ketika Anda menerapkan cara mengepel lantai granit nantinya, tidak perlu berusaha terlalu keras untuk mengelap kotoran yang menempel. Karena Anda sudah melakukan langkah antisipasi untuk mengurangi debu yang menempel ketika kaki menginjak lantai dengan menaruh keset di depan.

2. Hindari Memakai Alat Penyedot Debu

Pernahkah Anda melihat alat penyedot debu berbentuk bulat yang berkeliling secara mandiri menghisap debu di lantai? Ternyata, untuk pengguna ubin granit tidak merekomendasikan menggunakan alat pembersih tersebut. Mengapa demikian? Karena roda yang terpasang pada alat penyedot debu bisa menimbulkan goresan.

Tentu Anda tidak ingin lantai yang cantik dan mengkilap itu meninggalkan goresan, bukan? Maka dari itu, daripada memakai mesin penyedot debu yang berpotensi merusak permukaan granit, sebaiknya Anda menggunakan sapu berbahan lembut untuk menyapu debu atau pasir halus.

3. Menjauhkan Perabotan Tajam di Atas Lantai

Masih membicarakan tentang goresan, perabotan tajam yang Anda taruh di atas permukaan granit juga berisiko menggores lantai. Jika ingin menaruh perabotan dengan tekstur kasar dan tajam, lakukan di jenis lantai lainnya. Sebab, bila Anda membiarkannya terus-menerus, maka granit akan rusak dan tidak lagi mulus.

4. Memoles Lantai Granit

Cara mengepel lantai granit supaya mengkilap dan tidak lengket bisa Anda atasi dengan memoles lantai secara rutin. Anda bisa memakai jasa poles lantai granit untuk hasil yang maksimal, tetapi juga bisa memoles sendiri menggunakan alat dan bahan yang tepat.

Manfaatkan bahan soda kue yang menjadi andalan berbagai urusan rumah tangga bersamaan dengan air. Kemudian, celupkan kain ke dalam larutan tersebut untuk mengelap lantai granit sampai berkilau. Selain campuran soda kue dan air, Anda juga bisa memakai alkohol dengan air untuk kebersihan rumah.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik dengan Mudah

Caranya kurang lebih sama, tetapi Anda perlu menambahkan sedikit sabun supaya kadar pH bisa seimbang.

5. Rutin Membersihkan Lantai Granit

Daripada menaruh effort besar untuk membersihkan lantai granit yang kotor karena jarang dibersihkan, sebaiknya Anda rutin menyapu dan mengepel lantai granit setiap hari. Jadi, beban yang perlu Anda tanggung saat mengepel nantinya tidak terlalu besar. Sebab, debu dan kotorannya sudah Anda bersihkan secara rutin.

Selain itu, Anda perlu selalu mengecek lantai granit untuk melihat apakah ada kerusakan seperti goresan atau retakan. Jika menemukan kondisi kerusakan pada granit, Anda bisa langsung mengambil tindakan lanjut. Misalnya dengan memanggil tukang untuk mengganti ubin baru.

Bisa Mempraktekkan Cara Mengepel Lantai Granit di Atas?

Info cara mengepel lantai granit di atas tentu memudahkan pengguna ubin granit untuk membersihkan debu dan kotoran. Jika Anda tertarik untuk mencoba ubin granit, maka bisa membeli dari marketplace Ukur.com yang menyediakan katalog lengkap, mulai dari lantai, perkakas, dinding & plafon, hingga beragam furniture.

Anda bisa memilih berbagai jenis granit sesuai kebutuhan dan selera dari toko bangunan terbaik dan terpercaya. Hebatnya di Ukur.com, Anda bisa membeli produk lantai dari tahap awal sampai pemasangan, jadi tidak perlu pusing mencari tukang baru. Jadi, Anda bisa percayakan kebutuhan bahan bangunan hanya di Ukur.