9 Ciri-Ciri Freon AC Habis, Bisa Berbahaya bagi Manusia!

9 Ciri-Ciri Freon AC Habis, Bisa Berbahaya bagi Manusia!

Ketika air conditioner tidak lagi terasa dingin, kemungkinan hal tersebut terjadi karena freon AC habis. Apakah freon AC bisa habis? Lantas, apa ciri-ciri freon AC habis? Kedua pertanyaan ini memang kerap hadir, sebab freon memegang peranan penting dalam fungsi pendingin ruangan yang maksimal. Yuk, cari tahu jawabannya!

Apa itu Freon AC?

Freon atau refrigerant-22 merupakan senyawa kimia chlorofluorocarbon (CFC) dalam AC yang berfungsi menghasilkan suhu udara dingin. intinya, freon adalah bagian yang sangat krusial pada AC.

Jika freon habis namun dibiarkan terlalu lama, maka air conditioner tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan baik. Bahkan, berisiko menyebabkan manusia keracunan.

Ciri-Ciri Freon AC Habis
Source: freepik.com

Ciri-Ciri Freon AC Habis

Demi menjaga kondisi air conditioner serta mencegah berbagai risiko, Anda perlu mengetahui ciri freon yang habis. Nah, biar tidak sampai terlambat, simak beberapa ciri berikut ini:

1. Suhu Ruangan Tidak Dingin Meski AC Menyala

Sudah seharusnya AC bekerja untuk menjaga suhu dan mengeluarkan udara dingin. Namun, jika AC Anda sudah tidak terasa dingin meski suhunya paling rendah sekalipun, mungkin sudah saatnya Anda melakukan pengecekan pada bagian freon.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mematikan AC terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan di dalamnya. Selanjutnya, panggil jasa service AC untuk melakukan pengecekan. Jangan coba-coba mengotak-atiknya sendiri, ya.

2. Pipa AC Tidak Dingin

Pipa AC punya fungsi untuk mengalirkan freon dalam siklus pendinginan. Namun, jika pipa AC mulai terasa panas, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa freon AC mulai berkurang.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis dan Menghilangkan Noda

Apalagi jika Anda mulai menemukan tumpukan kristal-kristal es dalam pipa instalasi outdoor atau indoor. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera lakukan pengecekan secara menyeluruh.

3. Ada Suara Berisik saat AC Menyala

AC yang dapat berfungsi baik tidak akan mengeluarkan suara berisik. Suara berisik pada AC menjadi ciri-ciri freon AC habis karena kompresor harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Sehingga menyebabkan suara seperti berdesir atau berdengung terus menerus.

Kompresor yang dipaksa bekerja keras secara terus menerus bisa menimbulkan kerusakan pada AC. Jadi, sebaiknya Anda jangan menunda untuk melakukan pengecekan saat mendengar suara tersebut.

4. Terjadi Kebocoran Air

Apakah Anda pernah melihat air menggenang di sekitar AC akibat kebocoran? Nah, kebocoran air pada air conditioner bisa terjadi saat freon mulai habis. Habisnya freon akan menyebabkan terjadinya pembekuan pada evaporator, sehingga udara dingin tidak dapat mengalir dari bagian dalam AC.

5. Lampu Terus Berkedip

Lampu indikator yang terus menerus berkedip merupakan sinyal kerusakan dari IC mikroprosesor. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi pada motor fan, pipa, sensor suhu, ataupun freon yang habis. Tanda ini tidak boleh Anda abaikan. Segera panggil jasa service untuk mengecek kerusakan.

6. Kenaikan Biaya Listrik

Ciri-ciri freon AC habis lainnya adalah Anda mengalami kenaikan biaya energi. Ketika freon habis, semua komponen di dalam air conditioner akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin. Nah, hal ini akan menghabiskan banyak energi listrik, sehingga menyebabkan lonjakan tagihan secara signifikan.

7. Kinerja AC Menurun

Freon yang mulai habis akan menyebabkan kinerja air conditioner menurun. Misalnya, AC memerlukan waktu lebih lama dari biasanya untuk mendinginkan suhu ruangan.

Jika biasanya dalam waktu sekian menit Anda sudah bisa merasakan dingin, namun kali ini suhu ruangan baru terasa dingin setelah sekian jam. Maka, segera lakukan pengecekan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kursi untuk Bersantai dari Kayu Bekas, Dijamin Mudah!

ac samsung

Dapatkan produk AC hemat daya listrik terlengkap dari merk Samsung hanya di Ukur!

8. Bagian Luar Tidak Menghasilkan Udara Panas

Normalnya, unit outdoor AC akan menghasilkan hawa panas yang berasal dari perubahan tekanan suhu udara secara mendadak. Namun, lain halnya jika freon telah habis. Bagian luar AC tidak akan menghasilkan udara panas karena tidak adanya konversi udara dan hanya berputar seperti kipas angin biasa.

9. Merasakan Gejala Keracunan

Gejala keracunan adalah ciri-ciri freon AC habis paling fatal. Jika air conditioner terus menyala meski freon sudah habis, Anda bisa menghirup senyawanya dalam jumlah yang besar tanpa di sadari. Hal tersebut bisa menimbulkan sesak napas, iritasi pada mata, hidung, mulut, hingga luka bakar pada kerongkongan.

Efek ini sangat berbahaya bagi tubuh. Terlebih senyawa ini tidak berwarna atau berbau, jadi sulit untuk Anda deteksi dengan mata telanjang.

Maka dari itu, Anda tidak boleh menyepelekan ciri freon yang habis. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin. Sebab, melalui perawatan yang tepat, AC Anda akan menjadi awet dan berfungsi dengan baik serta aman.

Berapa Lama Freon AC Habis?

Setelah mengetahui ciri-ciri freon AC habis, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama freon AC habis? Nah, sebenarnya tidak ada jawaban pasti tentang ini. Sebab, freon bisa habis tergantung intensitas pemakaian AC masing-masing individu dan bagaimana sang pemilik melakukan perawatan.

Secara umum, freon merupakan komponen dalam AC yang paling awet dan memiliki masa pakai sangat lama. Freon yang tidak mengalami kerusakan bisa bertahan selama tiga tahun lamanya. Kalaupun freon mengalami kerusakan atau perlu diisi kembali, Anda bisa menggunakan jasa servis.

Tips Merawat AC
Source: freepik.com

Tips Merawat AC

Setelah mengetahui bahwa freon AC yang habis dapat memengaruhi kesehatan, apakah Anda jadi tertarik untuk melakukan perawatan AC? Jika iya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat air conditioner:

1. Bersihkan Filter AC Secara Rutin

Filter AC yang kotor akan menghalangi udara. Selain itu, udara yang keluar dari AC juga jadi berdebu. Anda bisa mencuci filter AC secara berkala. Cobalah untuk menggosoknya dengan sikat gigi dan sabun.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tekstur Karpet Menurut Jenis Ruangan: Lengkap!

2. Cek Tekanan Freon

Anda bisa melakukan pengecekan freon secara rutin sekaligus untuk memeriksa ciri-ciri freon AC habis. Misalnya 6 bulan sekali. Jadi, jika terjadi kebocoran dan lain-lain bisa ditangani dengan segera.

3. Turunkan Suhu Perlahan

Saat menyalakan AC, jangan terburu-buru menyetelnya hingga suhu terendah. Sebab, hal ini akan merusak komponen dalam AC karena terus dipaksa bekerja secara maksimum. Mulailah dari 25 derajat celcius, kemudian turun secara berkala pada waktu tertentu.

4. Tutup Pintu dan Jendela

Faktanya, menutup ventilasi udara merupakan salah satu cara agar AC lebih awet. Pasalnya, dengan menutup ventilasi udara seperti lubang di atas pintu, maka tidak ada udara tambahan dari luar yang mengganggu efektivitas kerja AC. Sehingga komponen dalam AC tidak perlu bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu ruangan.

Sudah Tahu Ciri-Ciri Freon AC Habis?

Intinya, freon yang habis tidak hanya mengganggu kinerja air conditioner, namun juga berisiko pada kesehatan. Karena itu, memahami ciri-ciri freon habis akan sangat membantu perawatan. Selain itu, Anda sebaiknya tetap menggunakan AC secara bijak. Seperti mematikannya saat keluar rumah agar menjaganya tetap awet.

Meski merawat AC sangat penting, namun membeli AC kualitas terbaik juga wajib Anda lakukan sebagai investasi awal. Nah, Anda bisa dapatkan di Ukur untuk mendapatkan berbagai produk AC terbaik dan berkualitas.

Ukur juga akan membantu Anda mendapatkan berbagai produk seperti, pintu dan jendela, perkakas, plafon, hingga lantai yang sesuai preferensi. Bahkan, ada pula layanan pemasangannya, lho! Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi. Segera dapatkan pengalaman belanja yang aman, tanpa ribet, dan cepat dari UKUR.com!