7+ Merk Engsel Pintu yang Kuat dan Terbaik 2023

7+ Merk Engsel Pintu yang Kuat dan Terbaik 2023

Sebagai objek vital dari bangunan, pintu merupakan akses keluar masuk utama. Namun, pintu tidak berfungsi dengan baik tanpa adanya peran engsel. Meski nyaris tak terlihat, engsel pintu adalah poros mekanik terjadinya perputaran pada pintu. Dengan menggunakan merk engsel pintu yang kuat, maka semakin kokoh pula pintu Anda.

Saat ini, terdapat beragam jenis merk engsel pintu yang tersebar di pasar Indonesia dan menawarkan keunggulannya masing-masing. Akan tetapi, memilih merk engsel pintu di antara banyaknya pilihan bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, artikel ini akan mengulas rekomendasi merk engsel pintu berkualitas untuk kebutuhan Anda.

Apa itu Engsel Pintu?

Sebelum Anda lebih jauh mengenal rekomendasi merk engsel pintu yang kuat, penting untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari engsel pintu. Secara umum, engsel pintu adalah bagian dari pintu yang menghubungkan dua benda padat (bingkai pintu dan daun pintu) sekaligus secara bersamaan.

Sebagai informasi, engsel pintu biasa terbuat dari material stainless steel, logam, kuningan, atau plastik. Dalam prosesnya, engsel ini akan bekerja dengan cara melakukan perputaran sedemikian rupa guna membuat adanya pergerakan dari sebuah pintu. Sehingga, Anda dapat membuka dan menutup pintu secara mudah dan fleksibel.

Rekomendasi Merk Engsel Pintu yang Kuat

Berikut ini adalah daftar merk engsel pintu yang bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk mendukung kelengkapan properti.

1. Unikey

Engsel Pintu Unikey
Produk Engsel Pintu Unikey

Bukan rahasia umum, Unikey terkenal sebagai merk engsel pintu yang kuat. Produk dari Unikey ini diketahui mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam menahan beban pintu hingga 75 kg per pasang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab engsel ini terbuat dari material stainless steel yang berkualitas tinggi dan anti korosi.

Baca Juga:  4 Inspirasi Lantai Marmer Mewah dan Elegan untuk Rumah

Motto design for safety telah terbukti dengan hadirnya produk Unikey yang memberikan keamanan bagi pengguna setianya. Biasanya, jenis engsel ini lumrah digunakan pada bangunan tinggi seperti hotel, mall, atau rumah sakit.

2. Rafes

Merek Engsel Pintu yang Kuat Rafes
Produk Engsel Pintu Rafes

Hadir selama lebih dari 20 tahun di Indonesia, Rafes populer sebagai produsen berbagai macam perlengkapan untuk rumah, hotel, apartemen, hingga properti yang lainnya. Salah satu produk andalannya adalah engsel pintu yang mempunyai desain trendy dan up to date.

Selanjutnya, merk engsel pintu berkualitas ini tercatat kuat dan mampu menanggung beban hingga 100 kg per 3 unit. Tipe yang paling bagus pada merk Rafes adalah Hinge Series yang terbentuk dari material stainless steel dan berlapis antique brass yang halus.

Namun, harganya cenderung pricey dan tidak terlalu murah, yaitu mulai dari Rp130.000,00 per unit. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir, sebab kualitas dari Rafes ini terbaik di bidangnya dan memiliki daya tahan yang optimal.

Anda juga dapat menggunakan engsel ini untuk material pintu berbahan kayu, alumunium, polyvinyl chloride (PVC), atau bahkan besi berat sekalipun.

3. Evomab

Engsel Pintu Evomab
Produk Engsel Pintu Evomab

Evomab adalah produk lokal Indonesia yang menjadi spesialis dalam bidang jendela dan pintu, khususnya engsel pintu, yang tersedia pada berbagai jenis dan ukuran yang variatif. Salah satu merk engsel pintu yang kuat ini terbuat dari kombinasi bahan antara besi dan stainless steel.

Proses produksinya sendiri sudah menggunakan teknologi modern, sehingga lubang dan penempatan pintu terlihat lebih presisi dari merk yang lainnya. Selain itu, Evomab juga telah terlengkapi dengan ball bearing sehingga membuatnya mampu dalam menanggung beban pintu yang berat sekalipun.

Baca Juga:  Jenis-jenis Pesawat Telepon dari Tahun 1876 hingga Kini

Uniknya, merk Evomab mempunyai ciri khas produk engsel yang bernama non removable pin (NRP). Kelebihan ini tidak lain sebagai pin pengaman, supaya engsel tersebut tidak mudah dicongkel atau ditarik dari lingkungan luar.

Harganya cukup beragam dan tergantung dari tipe. Misalnya, Evomab tipe SUS 316 dengan kisaran harga sekitar Rp200.000,00 per dua unit engsel.

4. Engsel Pintu Paloma

Merek Engsel Pintu yang Kuat Paloma
Produk Engsel Pintu Paloma

Terbuat dari stainless steel premium dan ball bearing asli, menjadikan Paloma tersohor sebagai engsel pintu kokoh serta memiliki daya tahan yang ekstra. Merk yang berasal dari industri hardware bangunan di Indonesia ini diklaim cocok untuk Anda pakai sebagai material pelengkap pintu utama dan jenis pintu kayu yang berat.

Menariknya, Paloma menyediakan garansi mekanik setelah pembelian barang. Tidak tanggung-tanggung, total garansi tersebut yaitu sampai dengan 10 tahun lamanya. Engsel pintu Paloma sendiri dijual dengan harga per unitnya mulai dari Rp40.000,00.

5. Solid

Engsel Pintu Solid
Produk Engsel Pintu Solid

Menjadi merk engsel pintu yang kuat, Solid memanjakan pengguna setia dengan adanya ragam varian kebutuhan furnitur rumah tangga. Adapun keunggulan dari merk ini yaitu tidak mudah patah dan fleksibel untuk digunakan pada berbagai jenis material. Misalnya, kayu, besi, PVC, bahkan alumunium sekaligus.

Selain itu, engsel Solid khusus terbuat dari stainless steel yang memang tahan terhadap korosi (karat) dan kokoh, namun juga relatif ringan. Sehingga, dalam praktiknya akan memudahkan Anda saat hendak memasang maupun mengoperasikannya pada pintu.

Saat ini, merk Solid sudah tersedia secara bebas di pasaran dengan harga terjangkau yang berkisar mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp70.000,00 untuk tipe EK02 4 ball bearing.

6. Engsel Pintu Dumont

Merek Engsel Pintu yang Kuat Dumont
Produk Engsel Pintu Dumont

Dumont dapat menjadi pilihan yang tepat saat Anda mencari merk engsel pintu yang kuat dan awet, tetapi dengan harga yang terjangkau. Adapun, merk ini cukup terkemuka karena jangkauan produk yang variatif serta menyuguhkan pilihan yang sangat luas bagi pembeli.

Baca Juga:  Jangan Salah Pilih! Pahami Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Sedikit berbeda dengan merk yang lain, engsel Dumont terbuat dari stainless 304 dan tahan terhadap magnet serta karat sekaligus. Lebih lanjut, daun engsel tidak akan secara mudah menempel dengan magnet, kecuali jika pinball atau tulang terkait masih terbentuk dari besi.

Harga dari engsel pintu Dumont dengan rentang ukuran 3 hingga 4 inchi yaitu cukup murah, hanya dibanderol mulai dari Rp30.000,00 saja.

7. HPP

Engsel Pintu HPP
Produk Engsel Pintu HPP

Rekomendasi merk engsel pintu terbaik 2023 yang selanjutnya adalah HPP. Tak hanya sebagai produsen engsel pintu, HPP juga turut menyediakan engsel jendela yang secara mudah Anda temukan di toko bangunan, hardware maupun e-commerce. Harganya pun sangat murah yaitu cukup dijual mulai dari Rp8.000,00 saja.

Biasanya, merk ini cocok Anda gunakan pada jenis pintu atau jendela yang terbuat dari triplek, kayu tipis, dan peralatan mebel yang berbobot ringan. Merk HPP juga hadir dalam ukuran yang bervariasi. Akan tetapi, umumnya mempunyai ukuran 3 inci dan 4 inci.

beli produk handle pintu di Ukur
Sedang Cari Handle Pintu? Yuk Cari dan Beli di UKUR

Tertarik Menggunakan Merk Engsel Pintu yang Kuat yang Mana?

Meski mengandalkan merk ternama sebagai tumpuan, Anda perlu menyesuaikan engsel pintu dengan beban serta ukuran pintu yang ada di rumah Anda. Sehingga, jenis engsel tersebut dapat bertahan lama dan awet untuk Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sedang mencari merk engsel pintu yang kuat tanpa perlu keluar rumah? UKUR.com bisa jadi solusi paling jitu. Hanya marketplace ini yang berani memberikan harga ekonomis bersamaan banyaknya pilihan material konstruksi, mulai dari lantai, plafon, atap, sanitary, hingga furniture.

Proses pengirimannya pun cepat dan mudah dengan menggandeng jasa ekspedisi terpercaya. UKUR.com juga hadir sebagai angin segar bagi Anda yang membutuhkan layanan pemasangan terkait konstruksi dan bangunan.