7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Jadi Tanda Kerusakan Serius!

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Jadi Tanda Kerusakan Serius!

Kulkas yang tak dingin merupakan sebuah masalah yang sering dijumpai pengguna salah satu peralatan elektronik rumah tangga ini. Kejadian ini dapat juga menimpa Anda sewaktu-waktu. Ini dia 7 penyebab kulkas tidak dingin dan upaya yang dapat Anda coba untuk mengatasinya sendiri di rumah.

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Seperti segala peralatan buatan manusia, kulkas dapat mengalami gangguan dan kerusakan selama masa penggunaannya. Salah satu bentuk kerusakan yang umum terjadi adalah kulkas yang tidak dingin. Berikut merupakan 7 hal umum yang buat kulkas tidak dingin:

1. Karet Pintu Kulkas Kotor

Kotornya pintu kulkas Anda sering jadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Segel pintu fleksibel atau karet pintu kulkas dapat menjadi kotor seiring waktu pemakaian. Nah, karet yang kotor dapat membuat pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat dan menyebabkan kulkas jadi tak dingin.

Cek Karet Pintu Kulkas
Source image: freepik.com

2. Kotornya Kompresor Kulkas

Kompresor merupakan bagian kulkas yang bertugas memompa freon atau refrigerant ke seluruh bagian kulkas. Namun, jika ada komponen kompresor yang bermasalah tentu akan menghambat tugas tersebut. Salah satunya adalah kompresor kotor yang sering jadi alasan mengapa kulkas tidak dingin.

Kotornya komponen kompresor dapat menghambat distribusi freon yang membuat kulkas jadi terasa panas. Salah satu ciri dari kerusakan ini adalah munculnya suara berisik.

3. Makanan Panas

Apakah Anda pernah mendengar larangan menyimpan makanan panas ke dalam kulkas yang nantinya justru membuat makanan cepat basi? Rupanya, larangan tersebut berkaitan dengan kulkas yang jadi tak dingin.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Semen yang Benar untuk Bangun Rumah

Ketika Anda menyimpan makanan atau minuman dengan suhu sangat tinggi, makanan atau minuman tersebut dapat menyebabkan suhu ruang kulkas naik. Panas yang berpindah dari makanan atau minuman dapat memengaruhi keseluruhan bagian, bukan hanya bagian tempat Anda menyimpan objek tersebut.

4. Adanya Masalah pada Kondensor

Kondensor merupakan bagian yang bertugas untuk mengubah gas freon dengan suhu dan tekanan tinggi jadi berwujud cair. Umumnya, terdapat 2 bagian kondensor yang punya fungsi vital, yaitu kumparan dan kipas kondensor.

Adanya Masalah pada Kondensor
Source image: freepik.com

Kumparan kondensor merupakan bagian yang menjalankan tugas utama kondensor kulkas. Kumparan kondensor dapat jadi kotor seiring waktu. Jika hal tersebut terjadi, maka tugas utama kondensor dapat terhambat dan menjadi penyebab mengapa kulkas tidak dingin.

Selain itu, rusaknya kipas kondensor juga dapat membuat kulkas tidak dingin. Kipas kondensor berperan mengeluarkan udara panas dari dalam kulkas. Dapat Anda bayangkan jika komponen ini rusak, maka udara panas akan terperangkap dalam kulkas. Bukan hanya tidak dingin, kulkas juga dapat rusak akibat overheat.

5. Kebocoran Evaporator

Evaporator merupakan bagian kulkas yang jadi tempat mengalirnya freon. Bagian ini umumnya terbuat dari logam anti karat. Evaporator dapat bocor karena adanya tusukkan benda tajam pada pipanya. Jika evaporator bocor, freon yang berfungsi mendinginkan akan menguap keluar dan buat kulkas tak dingin.

6. Kerusakan Sistem No Frost Kulkas

Saat ini, banyak orang menggunakan kulkas dua pintu. Salah satu fitur yang membedakan antara kulkas dua pintu dengan satu pintu adalah fitur no frost yang tidak ada pada kulkas satu pintu. Sistem ini membuat kulkas dua pintu tidak lagi memproduksi bunga es pada kotak freezer.

Fitur ini akan membuat kulkas mencairkan bunga es dengan cara menaikkan suhu secara otomatis. Apabila terdapat masalah sistem pada fitur ini, maka kulkas tidak dapat mengatur suhunya secara otomatis dan dapat jadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan
Kulkas Terlalu Penuh
Source image: freepik.com

7. Kulkas Terlalu Penuh

Mungkin hal ini terdengar sepele, tapi muatan berlebih dapat mengakibatkan kulkas terasa panas. Ini dapat terjadi karena jika terlalu banyak isian, maka mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu. Kerja terlalu berat membuat mesin bekerja tidak optimal dan menjadikan kulkas terasa panas.

Selain itu, sangat memungkinkan jika salah satu isian kulkas menghalangi ventilasi udara kulkas. Ventilasi berfungsi untuk menyalurkan udara dingin ke dalam kulkas. Jika ventilasi terhalangi, maka udara dingin tidak bisa masuk dan menyebabkan kulkas menjadi tak dingin.

Pertolongan Pertama Mengatasi Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Meskipun berpotensi mengganggu keseharian Anda, namun kejadian kulkas bermasalah bukanlah hal yang mengejutkan. Anda dapat melakukan ‘pertolongan pertama’ pada kulkas Anda untuk mengatasi penyebab kulkas tidak dingin sebelum meminta layanan jasa servis kulkas profesional. Berikut di antaranya:

1. Putuskan Sambungan Listrik dan Sambungkan Kembali

Memutuskan sambungan listrik saat ingin memperbaikinya adalah prosedur keselamatan dasar. Namun, Anda juga dapat melakukan observasi pada kulkas dengan cara memutuskan sambungan listrik dan mencoba menghubungkannya kembali setelah jeda beberapa saat.

Tindakan tersebut bertujuan untuk melihat kinerja komponen-komponen vital kulkas. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan kondisi kulkas sebelum dan sesudah pemberian jeda. Jika sudah selesai, Anda dapat memutuskan listriknya kembali untuk memulai langkah tindakan perbaikan ringan pada kulkas Anda.

Periksa Kinerja Komponen Vital Kulkas
Source image: freepik.com

2. Periksa Kinerja Komponen Vital Kulkas

Selama dalam masa observasi, Anda juga dapat mengecek kinerja beberapa komponen vital dan kondisi kulkas secara umum. Beberapa pemeriksaan yang dapat Anda lakukan:

  • Aliran Udara: Pastikan kulkas punya ruang untuk aliran udara yang cukup (± 3 inci dari dinding dan ± 1 inci dari langit-langit).
  • Kumparan Kondensor: Cek gulungan hitam di belakang kulkas. Periksa apakah komponen itu dalam kondisi bersih atau tidak. Jika tidak, bersihkan dengan vacuum cleaner atau sikat dengan sedikit air dan sabun.
  • Kompresor: Lakukan tindakan seperti langkah pertama. Jika kompresor tidak menyala kembali, bisa jadi komponen tersebut mengalami kerusakan akibat terlalu panas. Anda harus memanggil jasa servis andal untuk menangani masalah ini.
Baca Juga:  Cara Memasang Set Top Box Matrix pada TV LED Berbagai Merek

3. Cek Sistem Defrost

Kulkas lama tidak dilengkapi dengan fitur defrost otomatis. Oleh karenanya, bisa saja tombol pengaturan defrost macet dan jadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk mengatasinya, Anda harus hubungi jasa servis untuk mengatasi masalah ini.

4. Perbaiki Cara Anda Menggunakan Kulkas

Seperti yang Anda tahu, beberapa penyebab kulkas tak dingin adalah pemakaian kulkas yang kurang baik. Seperti over capacity atau pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dan kotor.

Jadi, Anda dapat mengoreksi sikap tersebut dengan cara memenuhi kulkas sesuai kapasitas. Serta mulai menutup pintu kulkas dengan rapat dan rutin membersihkannya.

kulkas
Sudah waktunya ganti kulkas baru? Ya udah beli aja di UKUR!

Sudah Tahu Penyebab Kulkas Tidak Dingin?

Jika segala upaya untuk mengatasi penyebab kulkas tidak dingin tidak berhasil juga, maka Anda tidak perlu merasa terlalu bingung atau gelisah. Sebab, Anda dapat mencari pengganti kulkas dengan kualitas yang lebih baik dan harga bersahabat di marketplace Ukur.

Bukan hanya kulkas, Anda juga dapat memperoleh banyak penawaran menarik untuk beragam produk. Seperti Elektronik, Furniture, Perkakas, Signage, Material Konstruksi, dan masih banyak lagi. Seluruh produk di UKUR.com merupakan produk-produk resmi bergaransi dari toko-toko terbaik di seluruh Indonesia.

Selain itu, Anda juga akan mendapat setiap produk dengan proses pengiriman yang cepat, mudah, dan pasti sampai. Hanya UKUR.com yang dapat memberikan Anda kebutuhan rumah tangga dengan harga, kualitas, dan pelayanan terbaik. Yuk, belanja sekarang!