Canon vs Epson Printer, Mana Pilihan yang Lebih Baik?

Canon vs Epson Printers, Mana Pilihan yang Lebih Baik?

Meskipun banyak hal telah bertransformasi menjadi bentuk digital, tetapi printer tetap menjadi perangkat penting untuk kebutuhan percetakan, lo! Canon vs Epson printer menjadi merek teratas yang terkenal dengan dengan hasil cetak yang luar biasa. Lalu apa perbandingannya? Gali lebih dalam infonya di sini, yuk!

Apa Faktor yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memilih Printer?

Bagaimanapun juga, dokumen cetak selalu berguna kapan pun Anda membutuhkannya. Inilah salah satu faktor yang membuat printer masih terus digunakan walaupun banyak hal sekarang ini sudah dilakukan secara digital.

Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan jenis printer seperti apa yang Anda perlukan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Pasalnya, di pasaran ada begitu banyak model, pilihan dan spesifikasi yang terkadang justru membuat Anda bingung memilih. Masing-masing produsen pasti memiliki kualitas dan fitur luar biasa dari printer mereka seperti pencetakan, pemindaian, dan kualitas penyalinan.

Ketika Anda memilih printer, pertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas cetak, kecepatan, biaya operasional, hinggga fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tetapi, Anda tentu tahu dua merek produk printer yang masih terus berhasil mempertahankan popularitas serta bersaing ketat. Mereka tak lain adalah printer keluaran Canon dan Epson.

Pertanyaannya, manakah di antara Canon vs Epson printer yang memenuhi kriteria di atas?

Produk Printer Canon
Source image: inilahnews.com

Printer Canon

Canon adalah solusi penyedia berbagai produk elektronik, termasuk printer, bagi konsumen digital, bisnis, dan industri. Jika berbicara tentang printer, merek ini sering dianggap terbaik untuk mencetak foto.

Dengan pengalaman lebih dari 75 tahun di industri, Canon terkenal sebagai pionir produk inovatif. Di antaranya seperti kamera, mesin fotokopi, hingga printer.

Merek Canon untuk printer adalah pilihan berkualitas tinggi bagi konsumen dengan spesifikasi kualitas cetak dengan resolusi tinggi dan terang. Selain itu, printer Canon menawarkan sejumlah besar produk pada range harga yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dan anggaran setiap pengguna.

Baca Juga:  Mengenal Marmer Statuario: Kelebihan, Penggunaan, dan Ciri
Produk Printer Epson
Source image: dream.co.id

Printer Epson

Epson hadir menjadi pemimpin, inovator, dan mitra bagi pengguna printernya. Sebagai salah satu produsen printer komputer dan peralatan digital lainnya terbesar di dunia, mereka telah membangun reputasi dalam hal kualitas, dan kepuasan pelanggan yang keberlanjutan.

Printer merek Epson cocok bagi Anda yang sangat mempertimbangkan harga yang diimbangi dengan kualitas untuk memberikan hasil cetak jangka panjang dan konsisten. Jenis printer Epson umum digunakan di kantor, percetakan maupun rumah.

Pertimbangan Canon vs Epson Printer

Printer canon vs epson bagus mana ya? Berikut ini ulasan enam faktor perbandingan antara keduanya.

1. Kualitas Cetak untuk Teks

Hasil cetak baik, dengan rendering teks yang jelas dan tajam, serta hasil cetak tajam bahkan pada ukuran font yang lebih kecil adalah kualitas dari printer Canon. Untuk merek Epson, kualitas juga sudah cukup baik dengan teks yang tajam dan mudah dibaca untuk ukuran font yang lebih kecil.

2. Akurasi Warna

Akurasi warna printer Canon cukup bagus karena warna hitam putih pada hasil cetaknya tidak berubah menjadi warna lain. Akan tetapi, warna hasil cetakan Canon kurang natural, terutama pada gambar manusia yang terlihat lebih merah daripada seharusnya. Oleh karena itu, Canon lebih cocok untuk cetak dokumen.

Sedangkan, Epson dapat Anda andalkan karena akurasi warna yang luar biasa untuk penggunaan profesional. Hasil cetaknya berwarna tajam, natural, dan cerah sehingga cocok untuk keperluan produksi cetak foto.

Walaupun begitu, pada warna hitam dan putihnya terkadang kurang bagus karena dapat berubah ke arah warna lain.

Akurasi Warna Printer
Source image: freepik.com

3. Kualitas Cetak untuk Foto

Printer Canon dengan resolusi 4800 x 1200 dpi dapat menghasilkan cetakan foto berkualitas tinggi, dengan akurasi dan detail warna yang bagus. Seri profesional printer Canon dengan resolusi tersebut sudah dapat memberikan cetakan foto yang berkualitas.

Merek Epson juga dapat menghasilkan cetakan yang bagus dengan warna yang akurat. Printer Epson memiliki resolusi lebih tinggi daripada Canon, yaitu 5760 x 1440 dpi. Hasilnya, para fotografer dan desainer seni grafis lebih banyak memilih merek Epson untuk kebutuhan cetak foto mereka.

4. Kecepatan Cetak

Durasi cetak printer Canon umumnya pada tingkat rata-rata hingga baik, meskipun dapat berbeda antar seri. Di sisi lain, Epson memiliki kecepatan cetakan yang sangat tinggi.

5. Daya Tahan

Canon vs Epson printer, keduanya tentu diproduksi dengan ketahanan yang baik melalui standar yang ketat dan pemilihan material yang berkualitas. Akan tetapi merek Canon lebih kuat dan sangat tahan lama hanya pada model kelas atas. Daya tahan untuk Epson bagus secara keseluruhan dengan beberapa variasi antar model.

Baca Juga:  5 Model Pintu Geser Minimalis untuk Hunian Estetik

6. Efisiensi Tinta

Jenis tinta yang printer Canon gunakan bervariasi tergantung model. Beberapa model Canon menggunakan cartridge terpisah sehingga lebih efisien. Sedangkan, teknologi EcoTank, terkenal pada beberapa model Epson, menyediakan tangki tinta isi ulang untuk pencetakan berkapasitas tinggi sehingga lebih hemat biaya.

Tinta Printer CMYK
Source image: freepik.com

7. Harga

Model Canon memiliki berbagai macam harga, dari yang terjangkau hingga kelas atas. Jika ditinjau secara jangka panjang, biaya untuk tinta dengan model catridge pada printer Canon bisa menjadi pertimbangan karena cukup rawan adanya kerusakan. Tentunya, Anda perlu biaya lebih untuk penggantian tinta tersebut.

Akan tetapi, kualitas tinta kembali lagi terhadap bagaimana cara perawatan pada printer tersebut. Tidak selalu tinta printer dengan jenis catridge lebih mudah rusak.

Lain halnya pada Epson, harganya memang relatif lebih mahal. Namun, apabila Anda lebih mementingkan hasil cetak yang maksimal, tentu pertimbangan ini tidak menjadi masalah. Harga yang lebih mahal pada Epson juga karena adanya model tinta EcoTank.

Printer dengan jenis tinta EcoTank dapat memiliki biaya lebih tinggi pada awal pembelian, tetapi menawarkan kehematan jangka panjang. Tinta dengan jenis EcoTank menerapkan sistem infus, ketika pengisian ulang tidak perlu membongkar seperti tinta catridge. Sehingga, tidak perlu sering-sering Anda ganti jika rusak.

Seri Produk Printer Pilihan

Berdasarkan penjelasan faktor pertimbangan di atas, Anda memiliki pilihan printer G310 untuk merek Canon dan seri L3150 untuk merek Epson. Nah, sebelum memutuskan, cek terlebih dahulu perbandingan Canon G3010 printer vs Epson L3150 di bawah ini.

1. Ukuran Cetak Maksium

Canon Pixma G3010 mendukung ukuran cetak maksimum 216 x 676 mm, sedangkan Epson EcoTank L3150 mendukung ukuran cetak maksimum yang lebih panjang, yaitu 215,9 x 1200 mm.

Kemampuan cetak dengan ukuran yang lebih panjang dari printer Epson, dapat mendukung untuk mencetak brosur, poster, maupun hasil desain interior.Sedangkan Canon, cocok untuk percetakan dokumen sehari-hari dan kebutuhan percatakan mendasar lainnya pada perkantoran.

Ukuran Cetak Printer
Source image: freepik.com

2. Layar LCD

Printer Canon Pixma G3010 tidak memiliki layar LCD, sementara Epson EcoTank L3150 memiliki layar LCD.

Ketersediaan layar LCD adalah salah satu fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan printer. Baik dari akses pengaturan untuk percetakan maupun scan, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui layar LCD ini.

Baca Juga:  7 Inspirasi Model Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Printer Canon tidak mendukung layar LCD. Oleh karena itu, Anda harus mengandalkan tombol fungsional yang lebih tradisional. Cara ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama agar Anda terbiasa mengoperasikannya, terlebih lagi jika Anda lebih menyukai pengaturan melalui layar sentuh.

3. Kecepatan Cetak Per Menit

Baik mencetak hitam atau warna, Canon Pixma G3010 menawarkan kecepatan cetak 8,8 ppm (hitam) dan 5,0 ppm (warna), sedangkan Epson EcoTank L3150 menawarkan kecepatan lebih cepat 33 ppm (hitam) dan 15 ppm (warna).

Kecepatan cetak tinggi dari hasil Epson, selain dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi, tetapi juga cocok untuk kebutuhan profesional maupun pengusaha percetakan.

printer canon
Butuh Printer Canon Baru? Yuk beli di UKUR

Tentukan Pilihan Canon vs Epson Printer

Pada akhirnya, perbandingan antara Canon dan Epson kembali tergantung dengan kebutuhan Anda. Meskipun keduanya memiliki kualitas yang sangat baik, tetapi tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Keduanya bagus untuk tujuan yang berbeda, dan harus menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Pilihan merek Canon jelas menjadi pemenang apabila Anda mencari printer dengan harga yang lebih terjangkau dan cocok untuk cetak dokumen. Terutama, untuk kebutuhan pribadi.

Namun, Epson meraih juara pertama dengan kecepatan pencetakan terbaik, pilihan tinta terjangkau untuk jangka panjang, fitur tambahan adanya layar LCD, dan kemampuannya menangani pencetakan yang berkualitas terutama foto.

Salah satu hal saat membeli printer baru adalah sangat beragam pilihan merek ternama yang menawarkan fitur terbaik. Jadi, meskipun penting untuk memilih merek yang Anda kenal dan percayai, penting juga untuk menemukan merek yang menawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda, baik kebutuhan pribadi atau bisnis.

printer epson
Temukan pilihan Printer Epson Terbaru di UKUR

Temukan Printer yang Cocok dengan Kebutuhan Anda di UKUR.com!

Ketika Anda telah siap untuk mengeksplorasi berbagai pilihan Canon vs Epson printer yang telah dibahas dalam artikel ini, kunjungi UKUR.com, marketplace terpercaya untuk berbagai perangkat elektronik, termasuk printer. Temukan solusi pencetakan yang ideal sesuai kebutuhan Anda.

Di ukur.com, Anda akan menemukan beragam model printer dengan layanan yang siap membantu Anda. Tidak hanya itu, tersedia juga berbagai macam produk seperti AC, Furniture, Perkakas, hingga produk bahan bangunan.