Kenapa Netflix Tidak Bisa Dibuka di TV? Penyebab dan Solusinya

Kenapa Netflix Tidak Bisa Dibuka di TV? Penyebab dan Solusinya

Mungkin Anda merasa bingung kenapa Netflix tidak bisa dibuka di TV Anda secara tiba-tiba. Tidak perlu panik, masalah ini bisa saja terjadi kepada siapa saja. Oleh sebab itu, mari kita cari tahu penyebab dan cara mengatasi persoalan ini. Simak penjelasannya di bawah ini!

Kenapa Netflix Tidak Bisa Dibuka di TV?

Netflix tidak bisa di buka
Foto : Pinterest

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak bisa buka Netflix ketika ingin menonton film atau acara favorit Anda. Sebelum berfokus pada penyebab dari kenapa Netflix tidak bisa dibuka di TV, sebaiknya periksa beberapa hal ini terlebih dahulu.

Yang pertama, Anda bisa mengakses Netflix melalui berbagai cara, seperti menggunakan Smart TV atau dengan memasang STB (Set Top Box) Matrix ke TV LED.

Google TV adalah salah satu Smart TV yang bisa Anda gunakan dengan mudah untuk mengakses Netflix karena aplikasinya sudah otomatis terpasang pada TV Anda.

Sedangkan untuk TV LED, Anda perlu memasang STB Matrix terlebih dahulu untuk bisa mengakses Netflix. Tersedia aplikasi Netflix di dalam STB yang nanti bisa Anda akses melalui TV LED. Berikut cara memasang set top box matrix pada TV LED yang bisa Anda ikuti.

1. Siapkan STB Matrix dan TV LED Anda.

2. Pastikan STB yang sudah Anda colokkan ke listrik berada dalam kondisi off atau mati.

3. Kemudian, tarik jack atau kabel antena dan masukkan ke port “Ant-In” yang ada di bagian belakang STB Matrix.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tekstur Karpet Menurut Jenis Ruangan: Lengkap!

4. Sambungkan STB Matrix dengan TV LED menggunakan kabel RCA. Biasanya, kabel ini terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan putih.

5. Berikutnya, hubungkan kabel RCA ke TV LED menurut warnanya.

6. Setelah itu, hidupkan TV LED milik Anda.

7. Pilih mode pada TV LED menjadi mode AV dan tekan tombol power pada STB Matrix.

8. Selanjutnya, pada tombol menu, Anda pilih Pencarian Saluran.

9. Pilih juga opsi Pencarian Otomatis dan tunggu beberapa menit hingga pencarian saluran digital selesai.

10. Simpan saluran yang Anda temukan dan tontonan siaran digital di TV bisa Anda nikmati.

7 Penyebab Netflix Tidak Bisa Dibuka di Smart TV

Ada beberapa penyebab yang membuat Anda tidak bisa membuka Netflix di TV. Beberapa penyebab tersebut, antara lain:

1. Belum Melakukan Pembaruan Aplikasi Netflix

Agar Anda bisa mengakses Netflix di Smart TV, aplikasi perlu diperbarui secara berkala seperti di smartphone. Biasanya, jika Anda tidak memperbarui secara berkala akan mengakibatkan adanya bug pada aplikasi Anda.

Kemudian, bug ini membuat Anda tidak bisa membuka atau mengakses aplikasi Netflix yang sudah terpasang di Smart TV Anda.

2. Layanan Netflix Terblokir

Netflix Terblokir
Foto : merdeka.com

Penyebab lain kenapa Netflix tidak bisa dibuka di TV adalah pemblokiran layanan Netflix oleh penyedia layanan internet Anda. Beberapa provider internet kerap memblokir pengguna-pengguna tertentu karena terdapat akses mencurigakan dari pengguna yang bisa mereka pantau dari IP pengguna.

Selain itu, pemblokiran ini tidak hanya pada aplikasinya saja, tetapi juga pada website Netflix secara langsung.

3. Belum Berlangganan di Netflix

Selain layanan yang terblokir, salah satu penyebab Anda tidak bisa mengakses Netflix di TV Anda yaitu karena belum berlangganan Netflix. Untuk mendapatkan akses ke aplikasi Netflix, Anda perlu terlebih dahulu membayar dengan cara memilih berlangganan melalui akun Netflix Anda.

4. Paket Berlangganan Sudah Habis

Ketika paket berlangganan Anda sudah habis dan tidak Anda perbarui lagi, maka aplikasi Netflix tidak akan bisa akses kembali. Sebaiknya, pastikan bahwa paket berlangganan Netflix tetap aktif saat Anda masih ingin menggunakan aplikasinya.

Baca Juga:  Inilah Rahasia Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai dan Karpet

5. Salah Memilih Paket Berlangganan

Pada aplikasi Netflix ada banyak opsi paket berlangganan yang bisa Anda pilih. Agar Netflix bisa Anda akses di Smart TV, pastikan untuk memilih paket yang menyediakan pilihan tersebut. Jika Anda salah memilih paket, Anda tidak akan bisa mengakses film dan berbagai acara yang ada di Netflix melalui TV Anda.

6. Akun Netflix Hanya Untuk Satu Perangkat

Terdapat pilihan paket berlangganan yang memungkinkan Anda untuk menggunakan satu akun di beberapa perangkat. Jika Anda tidak bisa mengakses aplikasi Netflix di TV, bisa saja Anda memilih paket yang hanya memperbolehkan satu akun untuk satu perangkat.

Oleh karena itu, solusi dari permasalahan ini yaitu Anda bisa menutup atau keluar dari akun Netflix di perangkat Anda yang lain. Kemudian, akses aplikasi Netflix di TV Anda dan masuk kembali ke akun Anda melalui perangkat ini.

7. Menggunakan VPN

Menggunakan VPN
Foto : whats-on-netflix.com

Terakhir, penyebab kenapa Netflix tidak bisa dibuka di TV karena Anda menggunakan aplikasi VPN. Tidak semua aplikasi VPN memberikan akses untuk membuka Netflix. Sebaiknya, Anda matikan dulu aplikasi VPN dan buka kembali aplikasi Netflix yang ada di Smart TV milik Anda.

6 Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Diakses di Smart TV

Terdapat 5 cara yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi Netflix yang tidak bisa Anda akses di Smart TV, antara lain:

1. Periksa Koneksi Internet

Agar Anda bisa mengakses Netflix pada Smart TV, periksa koneksi internet Anda terlebih dahulu. Netflix tidak akan bisa Anda akses jika koneksi internet Anda bermasalah. Oleh karena itu, Anda bisa mengecek koneksi internet dengan mencoba membuka aplikasi Netflix di perangkat lain.

2. Perbarui Aplikasi Netflix

Seringkali, Anda perlu melakukan pembaruan aplikasi Netflix untuk bisa mengaksesnya ketika sudah lama tidak Anda perbarui. Pembaruan aplikasi bertujuan untuk meningkatkan performa aplikasi, menambah fitur baru, dan menghilangkan bug yang ada di versi aplikasi sebelumnya.

Baca Juga:  Mengenal Material Lantai Kamar Mandi dan Tips Memilihnya

3. Install Ulang Aplikasi

Cara yang selanjutnya untuk mengatasi aplikasi Netflix yang tidak bisa diakses di Smart TV yaitu dengan memasang ulang aplikasi. Biasanya, cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan yang ada pada aplikasi.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan memasang ulang aplikasi Netflix akan mengembalikan semua pengaturan awal atau default aplikasi.

4. Mulai Ulang Smart TV

Mungkin, penyebab utama Anda tidak bisa mengakses Netflix tidak terdapat pada aplikasinya, melainkan karena error yang terjadi di Smart TV. Anda bisa memulai ulang Smart TV dengan cara mencabut kabel TV dan menunggu hingga beberapa menit.

Setelah itu, sambungkan kembali kabel dan nyalakan Smart TV. Selanjutnya, cek ulang apakah aplikasi Netflix sudah bisa Anda buka atau belum.

5. Periksa Pembaruan Firmware TV

Terkadang, Anda tidak bisa mengakses Netflix karena sistem operasi Smart TV tidak kompatibel dengan aplikasi Netflix. Jika sudah melakukan pembaruan aplikasi tetapi masih terjadi permasalahan, sebaiknya Anda periksa pembaruan sistem operasi Smart TV Anda.

6. Menggunakan Smartphone

Menggunakan Smartphone
Foto : medcom.id

Ketika sudah mencoba cara-cara di atas tetapi Anda tetap tidak bisa mengakses Netflix di Smart TV, Anda bisa mencoba screen mirroring. Anda bisa melakukan cara ini dengan membuka aplikasi Netflix di smartphone dan pilih tontonan yang ingin Anda lihat. Kemudian, lakukan screen mirroring ke Smart TV milik Anda.

Sudah Tahu Kenapa Netflix Tidak Bisa Dibuka di TV?

Tonton Netflix dengan TV kaya fitur dari Ukur.com dan dapatkan rekomendasi Smart TV 43 inch terbaik. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh barang-barang elektronik, perkakas, dan MEP di marketplace ini. Tersedia juga garansi untuk semua produk yang Anda beli. Tunggu apa lagi? Yuk, beli sekarang!