Begini Cara Menghitung Kebutuhan AC Sesuai Ukuran Ruangan

Begini Cara Menghitung Kebutuhan AC Sesuai Ukuran Ruangan

Pada saat cuaca panas atau musim panas tiba, salah satu alat yang paling penting dalam rumah adalah AC. AC adalah penyelamat yang dapat menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman. Namun, sebelum Anda membeli AC, ketahuilah cara menghitung kebutuhan AC yang benar sebelum menggunakannya.

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih unit yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda dan menghemat energi serta uang dalam jangka panjang. Anda juga akan mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan secara lengkap jika Anda membaca artikel ini sampai tuntas.

Mengapa Menghitung Kebutuhan AC Penting?

Mengapa menghitung kebutuhan AC sangat penting? Jawabannya sangat sederhana, yaitu efisiensi energi. Menggunakan AC yang terlalu besar untuk ruangan Anda akan menghasilkan konsumsi energi yang lebih tinggi dan biaya listrik yang lebih mahal.

Di sisi lain, AC yang terlalu kecil akan bekerja keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, yang nantinya juga akan mengakibatkan biaya listrik yang tinggi dan penurunan umur pemakaian pada unit AC tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda dapat menghitung kebutuhan AC dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa Anda memilih unit yang tepat sesuai kebutuhan. Hal ini juga membantu Anda untuk tetap merasakan kenyamanan di rumah sambil menjaga tagihan listrik tetap terkendali.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan AC yang ingin Anda beli dan melakukan perhitungan kebutuhan AC sesuai dengan ukuran ruangan Anda.

Baca Juga:  Panduan Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual & Otomatis

Apa Itu PK AC?

Jika Anda memiliki AC, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah PK AC. Lantas, apa itu PK AC? PK AC adalah satuan daya pendingin yang ada pada kompresor AC. PK AC mengacu pada besar daya yang dibutuhkan oleh AC untuk mendinginkan suhu ruangan.

Jadi, untuk memaksimalkan tingkat keefektifan AC, Anda harus menyesuaikan besar PK AC dengan kebutuhan ruangan agar konsumsi dayanya tidak berlebihan.

Pada umumnya, terdapat lima PK AC yang dapat Anda jadikan acuan perhitungan, yaitu AC 1/2 PK, AC 3/4 PK, AC 1 PK, AC 1 1/2 PK, dan AC 2 PK. Satuan-satuan ini dapat Anda gunakan untuk menghitung penggunaan AC Anda dalam jangka waktu satu jam.

Bagaimana Cara Menghitung PK AC?

Selanjutnya, bagaimana cara menghitung kebutuhan AC? Anda dapat melihat satuan besarnya PK AC pada kemasan produk di bagian deskripsi produk. Tapi, jika AC Anda sudah terpasang, Anda dapat melihat di bagian samping badan AC karena di sana terdapat stiker yang bertuliskan kode angka PK AC Anda.

Lantas, bagaimana cara menghitung PK AC yang benar? Simak beberapa langkah untuk menghitung kebutuhan AC Anda berikut ini:

1. Tentukan dan Ukur Luas Ruangan Anda

Cara menghitung kebutuhan AC yang pertama adalah mengukur luas ruangan yang akan dipasang AC. Melalui langkah ini, Anda dapat mengetahui kebutuhan AC per m2 jika Anda menghitungnya dengan benar.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui luas ruangan dalam meter persegi. Caranya, Anda bisa mengalikan panjang ruangan dengan lebar ruangan. Contohnya, jika panjang ruangan Anda 5 meter dan lebarnya 4 meter, maka luas ruangan Anda adalah 20 meter persegi.

2. Tentukan Beban Panas

Cara menghitung kebutuhan AC berikutnya Anda perlu menentukan beban panas atau BTU yang ada di ruangan. Sebelumnya, apa itu BTU? BTU atau British Thermal Unit merupakan satuan untuk mengetahui jumlah panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu. BTU didefinisikan dengan satuan BTU/h atau BTU/hour.

Baca Juga:  Cara Membuat Plamir Tembok yang Benar untuk Dinding Cantik!

Namun, apa hubungan BTU dengan AC? BTU dan AC berhubungan karena BTU/h dapat menyatakan kemampuan mendinginkan suatu ruangan atau mengurangi panas pada suatu ruangan dengan kondisi dan luas tertentu selama periode waktu satu jam.

Jika BTU/h semakin tinggi, maka semakin cepat AC dapat mendinginkan ruangan yang luasnya sesuai dengan besaran BTU/h-nya.

Lalu, apakah BTU dan PK AC itu sama? Ya, BTU dan PK AC adalah kedua hal yang sama. PK AC adalah istilah yang mudah dimengerti oleh orang awam.

Berikut adalah acuan besar BTU dengan PK AC:

  • 5.000 BTU/h = AC 1/2 PK
  • 7.000 BTU/h = AC 3/4 PK
  • 9.000 BTU/h = AC 1 PK
  • 12.000 BTU/h = AC 1 1/2 PK
  • 18.000 BTU/h = AC 2 PK

3. Rumus Menghitung Kebutuhan PK AC

Setelah Anda menentukan ukuran ruangan yang ingin dipasang AC, Anda dapat mempelajari rumus untuk menghitung kebutuhan AC sesuai ukuran ruangan Anda.
Rumus menghitung kebutuhan AC dalam BTU adalah sebagai berikut:

BTU = (P x T x I x L x E) / 60

Keterangan:

P = panjang ruangan dalam satuan kaki atau feet.

T = tinggi ruangan dalam satuan kaki atau feet.

I = 10 untuk ruangan yang terhimpit oleh ruangan lain atau berada di lantai bawah (ruangan berinsulasi), dan 18 untuk ruangan yang tidak berinsulasi.

L = lebar ruangan dalam satuan kaki atau feet.

E = nilai arah hadap dinding terpanjang, 16 = menghadap ke arah utara, 17 = menghadap ke arah timur, 18 = menghadap ke arah selatan, dan 20 = menghadap ke arah timur.

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan AC
Source: freepik.com

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan AC

Misalnya, jika Anda hendak memasang AC di dalam ruangan yang memiliki lebar 3 meter atau 10 kaki, panjang 6 meter atau 20 kaki, tinggi 3 meter atau 10 kaki, ruangan tidak berinsulasi, dan dinding yang menghadap ke arah selatan, maka berapa total kebutuhan PK AC-nya?

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tembok lembab dan Basah di Rumah Anda

Simak cara menghitung kebutuhan AC menggunakan rumus menghitung BTU di bawah ini:

BTU = (P x T x I x L x E) / 60

BTU = (10 x 20 x 18 x 10 x 18) / 60 = 10.800 BTU/h

Jadi, BTU-nya sebesar 10.800, maka Anda bisa menggunakan AC 1 PK.

Sudah Mengerti Cara Menghitung Kebutuhan AC untuk Rumah Anda?

Demikian cara menghitung kebutuhan AC yang perlu Anda ketahui. Menghitung kebutuhan PK AC adalah langkah yang sangat penting dalam memilih AC yang tepat untuk ruangan.

Anda dapat memastikan bahwa AC akan berfungsi secara efisien dengan cara mengukur luas ruangan, menentukan beban panas, dan menghitung PK dengan benar.

Jadi, alangkah baiknya sebelum Anda membeli atau menginstal AC baru, pastikan untuk melakukan perhitungan ini agar Anda dapat menikmati suhu yang nyaman dalam ruangan. Perkara beli AC, Anda bisa mencarinya di Ukur.

Selain AC, di UKUR.com Anda juga bisa menemukan berbagai furniture dan bahan bangunan lainnya untuk keindahan dan kenyamanan rumah. Anda dapat memilih berbagai macam produk, seperti pintu & jendela, dinding & plafon, perkakas, lantai dan furniture lainnya.

Anda tidak perlu khawatir, karena UKUR.com menyediakan pengiriman yang mudah dan cepat, serta garansi untuk semua produk bahan bangunan yang Anda beli!