Folding Gate: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya

folding gate

Pintu geser lipat atau folding gate adalah salah satu jenis pintu gulung yang kerap ditemukan pada properti komersial. Jika Anda pernah berkunjung ke toko, kantor, maupun gudang, pintu geser lipat tersebut menjadi tameng terdepan yang fungsinya untuk keamanan. Simak penjelasan mengenai pintu geser yang perlu Anda ketahui!

Apa itu Folding Gate?

Folding gate adalah rangkaian pintu yang terdiri dari kumpulan plat logam untuk menutup ruangan dengan cara didorong ke samping. Biasanya, ukuran pintu lebih lebar dan besar menyerupai gerbang dengan warna yang bervariasi. Namun di Indonesia, masyarakat mengenal pintu dengan sebutan pintu geser lipat.

Sekilas memang tampak serupa dengan rolling door. Tetapi, sejatinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Perbedaannya terletak dari segi fungsi, cara kerja, dan material yang digunakan.

Selain itu, struktur pada pintu geser lipat terbilang lebih kuat ketimbang rolling door karena terdapat kerangka pada bagian belakangnya. Hal itulah yang membuat pintu folding gate tidak memerlukan tambahan tiang pada bagian tengah dan lebih sulit untuk ditembus maupun dirusak.

folding gate
Foto: kanopibsd.co.id

Keunggulan Folding Gate

Ada banyak keunggulan dari pintu geser lipat yang bisa Anda dapatkan. Adapun keunggulan dari folding gate adalah sebagai berikut:

1. Hemat Ruang

Sesuai namanya, pintu geser lipat dapat dilipat dan menjadi keuntungan besar bagi tempat yang tidak memungkinkan banyak ruang untuk bergerak. Jadi, cocok untuk bangunan yang minimalis seperti ruko.

Baca Juga:  8 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

2. Cocok untuk Lokasi yang Sulit

Setiap lokasi tidaklah sama. Properti Anda mungkin saja berada di daerah yang curam sehingga memiliki jalan masuk yang sulit diakses.

Jalan masuk Anda juga bisa saja berada pada lahan yang sangat kecil dengan ruang yang terbatas untuk kendaraan Anda sehingga folding gate sangat cocok untuk memaksimalkan ruang tanpa mengabaikan keamanan.

3. Dapat Diotomatisasi

Anda dapat mengontrol buka-tutupnya gerbang dengan memasang keypad yang memungkinkan Anda untuk menyediakan berbagai opsi masuk gerbang, termasuk fitur kode nomor, kartu gesek elektronik, dan bahkan masuk dengan aplikasi ponsel.

4. Perbaikan Lebih Mudah

Folding gate lebih mudah dalam perbaikan meskipun beberapa masih menggunakan jalur rel untuk menggerakkannya. Anda hanya perlu melumasi engsel daun pintu dan krepyak sekitar satu bulan sekali.

5. Lebih Cepat

Rata-rata untuk membuka pintu folding gate adalah sekitar 3-7 detik lebih cepat ketimbang rolling door pada umumnya.

6. Tidak Berisik

Karena teknologi dan mekanisme yang bergerak serempak, mungkin Anda akan berasumsi bahwa setiap bagian gerbang akan menjadi agak berisik. Namun, nyatanya pintu geser lipat dirancang untuk hampir tidak bersuara saat Anda gunakan.

7. Sangat Bagus untuk Keamanan

Secara umum, gerbang merupakan tambahan yang bagus untuk properti Anda demi mencegah penyusup yang tidak diinginkan, Pintu geser lipat biasanya sedikit lebih baik karena kecepatannya dalam membuka dan menutup. Bahkan, pintu geser lipat otomatis jauh lebih aman.

Jenis-Jenis Folding Gate

Berdasarkan materialnya, pintu geser lipat terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan. Adapun beberapa jenis folding gate adalah sebagai berikut:

1. Folding Gate Besi

Folding Gate Besi
Foto: ecomeridianvdg.com

Pintu geser lipat besi adalah salah satu jenis yang paling populer digunakan lantaran harganya yang terbilang lebih ekonomis. Akan tetapi, material besi ini umumnya hanya bisa digunakan untuk tipe bangunan yang bertema indoor atau tidak terkena terik matahari dan hujan secara langsung.

Misalnya, area dalam pusat perbelanjaan dan pertokoan. Sebab, besi merupakan salah satu material yang mudah rusak dan berkarat. Terlebih jika terkena panas dan hujan secara terus menerus.

Baca Juga:  Serupa Namun Tak Sama! Ketahuilah 8 Perbedaan Granit dan Marmer

2. Folding Gate Aluminium

Folding Gate Aluminium
Foto: id.aluminum-doors.com

Jenis pintu geser lipat berikutnya yaitu model pintu aluminium. Jenis pintu geser lipat ini mempunyai keunggulan yaitu lebih ekonomis, praktis, ringan, anti rayap, serta tidak mudah berkarat.

Rangka dari pintu geser lipat aluminium ini biasanya sudah ada dalam keadaan terlapis cat dan Anda tidak perlu repot untuk mewarnainya lagi.

3. Folding Gate PVC

Folding Gate PVC
Foto: pusatpenyekatruangan.com

Secara harga, pintu geser lipat polyvinyl chloride (PVC) tidak jauh dari material besi yang juga sangat terjangkau dan tidak membutuhkan perawatan sulit. Meski begitu, pintu yang terbuat dari PVC tidaklah sekuat aluminium dan Anda harus lebih berhati-hati ketika hendak menggunakannya.

Biasanya pintu geser lipat PVC ini implementasinya kebanyakan pada garasi dan penyekat ruangan.

4. Folding Gate Galvalum

Folding Gate Galvalum
Foto: servicerollingdoor.net

Terakhir, pintu geser lipat bermaterial galvalum ini masih sekelas besi, namun mempunyai kualitas yang lebih baik. Galvalum bersifat anti karat dan anti bakteri. Hal itulah yang menjadikan material jenis ini banyak terpakai pada lokasi outdoor seperti pabrik dan pergudangan.

Tips Memilih Folding Gate

Bingung memilih pintu geser lipat yang tepat? Jangan khawatir, sebelum Anda memutuskan untuk membeli pintu geser lipat, ada baiknya membaca beberapa tips. Tips memilih folding gate adalah sebagai berikut:

1. Pilih Bahan yang Tebal

Langkah awal yang penting Anda ketahui yaitu bahwa pintu geser lipat sangat bergantung dengan ketebalan Tak ayal, kualitas keamanan dan ketahanan tergantung dari tebal bahannya itu sendiri. Biasanya standar dan bagus adalah 04. Tetapi jika Anda ingin lebih tebal lagi, maka pilih yang 08 supaya lebih awet.

2. Hindari Menggunakan Bahan Besi

Mengapa tidak menggunakan bahan besi? Seperti yang Anda ketahui, besi cepat korosi dan berkarat apabila properti Anda bukan tipe indoor. Ya, paparan sinar matahari dan hujan secara langsung menjadi alasannya.

Oleh karena itu, pilihlah bahan galvalum lantaran anti karat dan korosi. Selain itu, galvalum juga mempunyai kelebihan lain seperti tidak memerlukan cat lapis tambahan. Sebab, pada dasarnya galvalum memang tidak untuk pengecatan.

Baca Juga:  Mengenal Bahan HPL, Lapisan Finishing untuk Lemari Sultan!

3. Ukuran Pas dan Akurat

Ukuran yang pas dan akurat menjadi sangat penting karena dapat membantu folding gate jadi lebih tahan lama. Selain itu, ukuran yang pas juga mempercepat proses pembuatan pintu geser lipat itu sendiri.

4. Penjual Terpercaya

Pastikan untuk membeli pintu geser lipat kepada penjual yang sudah terpercaya dan terbukti kualitasnya. Seperti yang Anda ketahui, banyak penjual yang menawarkan pintu geser lipat, namun hanya sedikit yang handal dan berkualitas.

Tidak sedikit dari mereka yang sekedar menawarkan harga murah tapi tidak sebanding dengan kualitasnya. Oleh sebab itu, Anda harus selektif dalam memilih penjual yang handal dan keahliannya sudah teruji.

5. Garansi

Barang apapun tentu memerlukan garansi yang berguna untuk meyakinkan pelanggan bahwa barang tersebut berkualitas baik atau tidak mengandung cacat manufaktur. Oleh sebab itu, mintalah garansi setelah pintu terpasang demi menghindari masalah teknis di kemudian hari.

jual pintu lipat
Dapatkan pintu lipat berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Telah Lebih Mengenal Jenis Pintu Geser Lipat?

Folding gate adalah alat yang ideal untuk melindungi pintu masuk dan fasad rumah Anda. Fiturnya yang cepat untuk dilipat dengan menggunakan struktur geser menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, mencari pintu folding gate sekarang jauh menjadi lebih mudah.

Anda cukup mengakses Ukur.com yang merupakan platform marketplace untuk keperluan rumah. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai pintu rumah Anda. Tidak hanya terbatas pada pintu geser lipat, namun juga melayani pintu lain.

Misalnya seperti menentukan ukuran pintu kamar mandi hingga sekedar memilih architrave yang tepat untuk kusen rumah Anda. Apalagi platform ini juga menyediakan berbagai macam produk lainnya, seperti furniture, peralatan safety, hingga barang elektronik juga tersedia secara lengkap.

Pengiriman produknya juga cepat dan mudah sehingga dapat membantu memenuhi keperluan hunian idaman Anda.