Ukuran Kursi yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

Ukuran Kursi yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

Kursi menjadi aspek penting dalam sebuah ruangan, membelinya juga tidak bisa sembarangan. Selain menentukan jenis dan modelnya, Anda juga harus memperhatikan ukuran kursi yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, simak untuk menemukan ukuran tempat duduk paling tepat!

Mengapa Harus Memakai Kursi Sesuai Kebutuhan?

Memilih perabotan seperti kursi biasanya membutuhkan beberapa pertimbangan. Contohnya dengan memikirkan kesesuaiannya dengan interior ruangan dan perabotan lain. Model, warna, hingga fiturnya juga harus Anda perhatikan.

Pemilihan bahan kursi juga cukup penting, apalagi pilihannya cukup bervariasi. Dari berbahan alumunium sampai kayu. Biasanya, ini bisa Anda tentukan sesuai dengan preferensi atau kemudahan perawatannya saja. Misalnya, Anda memilih kursi dengan bahan kayu. Maka, Anda harus tahu cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap.

Selain berbagai aspek di atas, ada hal lain yang mungkin sering Anda lupakan padahal sangat penting, yaitu ukuran kursi. Pemilihan ukuran fasilitas duduk yang sesuai dengan ergonomi dan antropometri penting, karena s akan memberi kenyamanan dalam beraktivitas.

Ergonomi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana perilaku manusia yang berhubungan dengan kegiatan atau pekerjaannya. Pengetahuan ini erat kaitannya dengan penggunaan dan desain peralatan yang sesuai dengan kapasitas penggunanya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi adanya risiko kecelakaan atau sakit akibat kesalahan memilih furniture. Sedangkan antropometri merupakan ilmu tentang pengukuran tubuh manusia dalam hal tulang dan otot. Ilmu ini dapat diterapkan dalam perancangan area atau peralatan kerja.

Ketika merancang produk-produk yang memiliki interaksi langsung dengan tubuh manusia seperti cara membuat membuat kursi dan meja juga membutuhkan ilmu tersebut. Umumnya, pemakaian kursi ergonomis berdampak pada postur tubuh.

Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

Lewat postur yang benar, bagian tubuh terutama punggung, pinggul, kepala, dan leher akan lebih rileks. Sehingga, ketegangan yang dapat menimbulkan nyeri dan pegal dapat dihindari. Kesalahan memilih kursi sendiri dapat berakibat pada aliran sirkulasi darah pada tubuh.

Karena itu, pastikan Anda memilih kursi dengan tinggi yang sesuai dengan meja agar tubuh dalam keadaan tegak saat beraktivitas. Posisi tubuh yang salah akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Intinya, pemilihan ukuran tempat duduk akan sangat berpengaruh pada kesehatan setiap penggunanya.

Ukuran Kursi Sesuai dengan Jenisnya

Banyaknya pilihan dan jenis kursi di pasaran terkadang membuat Anda bingung untuk menentukan mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Apalagi, beda tempat dan aktivitas pasti akan berbeda pula ukurannya. Nah, berikut beberapa ukuran tempat duduk berdasarkan jenisnya yang perlu Anda ketahui:

1. Ukuran Kursi Makan

Ukuran Kursi Makan
Foto : iconbydesign.com

Setiap ruangan dalam rumah memiliki keunikannya masing-masing, termasuk ruang makan. Selain menjadi tempat menikmati hidangan, ruang makan juga menjadi salah satu tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Meja dan kursi sendiri merupakan nyawa dalam ruangan ini.

Keberadaan furniture dining chair di ruang makan juga cukup penting untuk menciptakan kenyamanan. Sehingga anggota keluarga betah berlama-lama duduk sembari menikmati masakan di atas meja. Karena itu, ada beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih ukuran kursi makan yang tepat.

Beberapa di antaranya adalah frame, ukuran punggung, dan bantalan kursi. Masing-masing faktor ini memiliki keterkaitan untuk menciptakan dudukan yang sesuai dengan tubuh penggunanya.
Dari ukurannya, biasanya kursi makan memiliki tinggi sekitar 85 cm dengan lebar 44 cm. Lalu, ukuran tinggi meja rata-rata adalah 70-80 cm. Jika menyesuaikan ketinggian meja, maka jarak antara dudukan kursi adalah sekitar 50 cm dari lantai.

Sehingga, ada ruang sekitar 20 sampai 30 cm antara kursi dan meja. Ini akan membuat Anda dapat duduk dengan nyaman. Ketika keluar masuk meja makan, Anda juga akan merasa aman. Anda bahkan bisa memilih kursi dengan bantalan busa untuk menambah kenyamanan dan tidak membuat bagian belakang tubuh menjadi sakit.

Baca Juga:  5 Perbedaan Gypsum dan GRC, Mana yang Lebih Bagus?

2. Ukuran kursi Cafe

Ukuran kursi Cafe
Foto : Pinterest

Sekarang ini, cafe jadi tempat paling popular untuk melakukan banyak kegiatan. Seperti nongkrong, makan, mengerjakan tugas, bekerja, hingga bersantai. Hal tersebut akhirnya mendorong para pemilik cafe menyediakan layanan dan fasilitas terbaik, terutama menyangkut fasilitas duduk.

Apabila meja dan kursi tidak nyaman, pelanggan tidak akan bisa menikmati suasana atau hidangan yang sudah disiapkan dengan nyaman. Nah, cara menentukan kursi yang akan cafe pakai, bisa dengan menentukan konsep dan tema dulu.

Setelah itu, baru pikirkan ukurannya. Secara umum, pemilihan kursi yang memiliki tinggi yang sama dengan meja cukup penting. Pastikan dulu jarak antara kursi dan tinggi bagian meja sekitar 27 cm sampai 30 cm. Ini untuk memudahkan pelanggan menjangkau makanan di atas meja tetapi masih leluasa dalam pergerakannya.

3. Ukuran Kursi Kantor

Ukuran Kursi Kantor
Foto : jualkursikantorindachisurabaya.com

Penentuan meja dan kursi yang Anda gunakan untuk bekerja akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas, energi, dan kualitas pekerjaan. Secara umum, tinggi meja kerja adalah sekitar 72 cm sampai 76 cm. Ukuran lebar meja juga bisa beragam. Panjang antara 122 cm sampai 183 cm dengan lebar 61 cm, 76, cm, sampai 91 cm.

Kesesuaian meja dengan tinggi badan juga akan membantu tubuh Anda lebih rileks. Idealnya, Anda bisa pilih meja dengan tinggi 56 cm sampai 84 cm. Ketinggian meja bisa juga Anda sesuaikan dengan kenyamanan saat duduk. Sebab, setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda.

Jadi, ukuran kursi juga harus menyesuaikan. Apalagi, tinggi rendahnya kursi akan sangat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang. Anda dapat memilih kursi untuk bekerja yang dapat diatur tinggi dan rendahnya, sehingga telapak kaki tidak menggantung dan dapat menapak di lantai dengan nyaman.

Baca Juga:  GRC Board: Pengertian, Ukuran, Kegunaan, Keunggulan, dan Harga

Biasanya orang dengan tinggi badan 150-160 cm bisa memakai kursi setinggi 35-43 cm. Tinggi 161-170 cm memakai kursi 38,5-45,5 cm. Tinggi 171-180 cm pakai kursi 41,5-44,5 cm. Sedangkan tinggi 181-190 cm bisa pakai kursi setinggi 45-51 cm.

Sekarang ini, kursi kerja juga banyak yang sudah dilengkapi roda putar. Ini menjadikan Anda dapat bergerak dengan leluasa. Jika menyukai jenis kursi ini, Anda harus pastikan kursi memiliki roda stabil dan tahan lama.

Terakhir, Anda harus memperhatikan posisi kaki. Sudut antara betis dan paha yang disarankan adalah mencapai atau mendekati 90°. Sehingga bisa tetap seimbang dan beban tubuh tidak bertumpu pada paha dan betis saja.

jual kursi
Dapatkan aneka jenis kursi berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Mengetahui Ukuran Kursi Sesuai dengan Kebutuhan?

Pemilihan ukuran kursi yang tepat tidak hanya menciptakan keindahan dan kenyamanan dalam ruangan saat beraktivitas, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas. Karena itu, Anda jangan menyepelekan agar terhindar dari risiko penyakit tulang dan otot di kemudian hari.

Variasi kursi sendiri semakin beragam dan bisa Anda dapat pilih sesuai selera. Nah, jika sudah memutuskan ingin beli kursi baru, Anda bisa mengunjungi Ukur.com. Anda dapat menemukan berbagai macam produk, dari mulai kursi makan bayi terbaik, kursi kerja, bahkan kursi santai.

Jika membutuhkan produk bangunan lain, Anda juga bisa mencarinya di Ukur.com. Baik itu elektronik, safety, hingga lantai. Cari situs jual beli bahan bangunan online terlengkap dan terpercaya? Ukur.com adalah solusinya! Yuk, belanja sekarang!