Floor Hardener: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

Floor Hardener: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

Sebagian perusahaan industri dan konstruksi butuh lapisan pengeras lantai atau nama lainnya floor hardener. Floor hardener adalah campuran material semen dengan bahan lainnya yang bermanfaat untuk melapisi lantai beton supaya tingkat kekerasan lantainya bisa meningkat hingga lebih kuat dalam menahan beban.

Apalagi, untuk perusahaan industri maupun konstruksi yang bertingkat tentu perlu pengeras lantai agar struktur gedungnya kokoh. Zaman sekarang, suatu bangunan yang lalu lintasnya ramai membuat permukaan lantai harus kuat dan tahan terhadap gesekan. Itulah mengapa adanya pengeras lantai sangat penting untuk Anda miliki.

Apa Itu Floor Hardener?

Banyak merek pengeras lantai yang beredar di pasaran material konstruksi. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda mengetahui seluk beluk material bangunan satu ini.

Secara harfiah, floor hardener adalah pengeras lantai yang bertujuan meningkatkan kekerasan permukaan lantai beton tanpa mempengaruhi struktur kimia pada lantai tersebut. Selain mengeraskan lantai beton, material ini juga bermanfaat untuk mencegah potensi kerusakan akibat gesekan dari beban berat yang sering terjadi.

Pengaplikasian pengeras lantai beton bisa Anda temukan dengan mudah pada lantai gudang penyimpanan, lantai pakir, lantai industri, dan lantai bangunan tertentu yang bertugas menahan beban berat. Jenis-jenis lantai tersebut perlu floor hardener agar lapisannya makin keras sehingga bisa tetap kuat dan awet menampung beban.

Kapan Anda memerlukan floor hardener untuk menguatkan lantai? Penggunaan pengeras lantai sebaiknya Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas lantai beton yang melalui mobilitas padat. Misalnya, seperti lahan parkir yang sering bergesekan dengan roda kendaraan.

Baca Juga:  8 Merk Plafon PVC Terbaik Lengkap dengan Jenisnya

Floor hardener tidak hanya berfungsi menguatkan lantai dari gesekan, tetapi juga meminimalisir kotoran atau debu yang menempel pada permukaan lantai. Selain penguat lantai, ada pula yang namanya pengeras cat.

Apa itu hardener cat? Hardener cat merupakan pengeras cat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan cat.

Umumnya, harga dan jasa pemasangan pengeras lantai satu ini tidaklah murah. Anda perlu menyiapkan sejumlah budget yang memadai tergantung dari luas lantai yang ingin Anda lapisi. Namun, Anda akan memperoleh sejumlah benefits dari pengaplikasian material penguat lantai ini yang setimpal dengan harganya.

Jenis-Jenis Floor Hardener yang Beredar

Pemilihan tingkat kekerasan material floor hardener juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk lantai yang memiliki beban ringan, sedang, sampai berat. Lebih lengkapnya, jenis-jenis penguat lantai berdasarkan komposisi bahannya yang bisa Anda beli antara lain sebagai berikut.

1. Pengeras Lantai Jenis Natural atau Non-Logam

Natural Floor Hardener adalah pengeras lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir silika maupun semen dengan emery. Jenis material satu ini memberikan kesan lebih halus dan merata pada permukaan lantai sehingga meningkatkan estetika ketika mata memandang.

Pengeras lantai non logam banyak beredar di pasaran dan sering orang-orang gunakan sebagai pelapis lantai beton. Salah satu alasannya karena harga material ini lebih murah daripada material jenis logam. Beberapa lokasi umum yang memakai pengeras lantai natural misalnya seperti tempat parkir, gudang, dan lainnya.

2. Pengeras Lantai Jenis Logam

Berbeda dari jenis sebelumnya, pengeras lantai satu ini bertujuan untuk melapisi permukaan beton menjadi lebih kuat dan tahan meski dilalui oleh beban berat. Floor hardener logam terbuat dari campuran serbuk besi dan semen. Salah satu sifat material ini adalah anti korosif atau karat.

Baca Juga:  Cara Mengetahui PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan Anda

Pengaplikasian jenis material pengeras lantai beton ini sering terjadi dalam proyek pembangunan industri seperti pabrik, gudang, hingga area parkir. Harganya mungkin lebih mahal daripada pengeras lantai non logam, tetapi material ini mampu lebih tahan terhadap gesekan dan beban berat.

Fungsi Floor Hardener Sebagai Material Bangunan

Fungsi Floor Hardener Sebagai Material Bangunan
Source: freepik.com

Fungsi hardener lantai tidak lain untuk melapisi permukaan beton supaya jauh lebih kokoh dari sebelumnya. Sebagai bahan bangunan, material ini sangat membantu untuk menjamin kualitas dari suatu proyek industri. Berikut adalah paparan fungsi dari pengeras lantai yang perlu Anda ketahui.

1. Menguatkan Lapisan Permukaan Lantai Beton

Seperti namanya, floor hardener memiliki fungsi utama untuk menguatkan lapisan permukaan lantai beton. Lantai beton pada bangunan industri dengan lalu lintas padat akan sering bergesekan, entah dengan pejalan kaki maupun roda kendaraan. Jika gesekan tersebut terus-menerus terjadi, maka permukaan beton bisa rusak.

Selain rusak, debu dan kotoran juga mudah tertinggal dan menumpuk. Peran pengeras lantai yakni untuk meminimalisir risiko tersebut dengan menguatkan daya tahan beton supaya kuat menghadapi benturan.

2. Memperhalus Permukaan Lantai Beton

Material pengeras lantai dapat membuat permukaan beton menjadi lebih halus dan rata. Kondisi tersebut memudahkan lalu lintas perpindahan yang terjadi di atas permukaan lantai. Misalnya seperti kegiatan operasional dalam memindahkan barang dan lain sebagainya.

Nah, permukaan beton yang menjadi mulus dan halus itu juga dapat meningkatkan nilai estetika suatu bangunan. Sudah banyak lantai basement yang menggunakan material ini sebagai pelapisnya.

3. Memudahkan Perawatan Lantai Beton

Berikutnya, manfaat floor hardener adalah memudahkan perawatan atau pemeliharaan lantai beton. Logikanya, Anda lebih mudah membersihkan permukaan lantai yang halus dan rata dari kotoran ketimbang permukaan lantai yang kasar. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya pemeliharaannya.

Kelebihan Menggunakan Floor Hardener

Terdapat perbedaan yang cukup besar antara menggunakan pengeras lantai atau tidak sebagai pelapis permukaan beton. Terutama jika sudah menyangkut gedung bertingkat atau bangunan industri. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan penguat lantai beton yang perlu Anda cermati:

  • Tahan terhadap paparan bahan kimia dan noda.
  • Tidak mengeluarkan banyak tenaga dan uang untuk melakukan perawatannya sehingga Anda bisa berhemat. Meskipun, awalnya mungkin Anda akan mengeluarkan uang dalam jumlah besar.
  • Permukaan lantai beton menjadi lebih awet dan tahan lama daripada tidak menggunakan pelapis pengeras lantai.
  • Pengaplikasian floor hardener bersifat fleksibel dan serbaguna karena cocok untuk berbagai jenis bangunan. Baik itu bangunan komersial seperti hotel, pusat perbelanjaan, kafe maupun lingkungan industri seperti pabrik dan gudang.
  • Tidak mudah mengelupas. Umumnya, lantai beton cepat mengelupas. Namun, jika Anda sudah melapisinya dengan material pengeras maka permukaan bisa lebih erat sehingga mengurangi risiko cepat mengelupas.
Baca Juga:  Ukuran Pintu Kamar Mandi Berdasarkan Jenisnya

Sudah Paham Apa Itu Floor Hardener?

Jadi, floor hardener adalah material yang bisa meningkatkan ketahanan lantai beton dalam menahan beban berat atau mobilitas padat. Jika Anda mencari toko bangunan yang menjual produk ini, Ukur.com pilihannya! Dimana kebutuhan material konstruksi, lantai, besi & baja, safety, dan lainnya tersedia lengkap disini.

Harga material pengeras lantai di Ukur.com bervariasi tergantung kebutuhan Anda. Tersedia berbagai macam merek yang bisa Anda pilih dari pihak merchant yang terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa memesan jasa pemasangan yang ditangani oleh seorang profesional.

Karena situs Ukur.com termasuk toko belanja daring, Anda tinggal duduk manis di rumah sambil menanti barang pesanan Anda datang. Sangat praktis, bukan?