Cara Mengetahui PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan Anda

Cara Mengetahui PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan Anda

Sebelum memasang AC di ruangan, ada beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan. Bukan hanya perihal merk dan tipe, Anda juga perlu mengetahui cara melihat berapa PK AC yang sesuai dengan ruangan. Ini menjadi hal penting, karena kenyamanan Anda bisa terganggu apabila salah memilih ukuran.

Agar dapat mengetahui PK AC yang sesuai terkadang memang membingungkan. Nah, untuk mengetahuinya ternyata ada rumus yang bisa Anda gunakan. Artikel ini dapat menjadi rujukan untuk mengetahui bagaimana cara menghitung PK AC yang Anda butuhkan. Yuk, simak sampai habis!

Mengenal PK (Paard Kracht) pada AC

AC (air conditioner) adalah alat yang sudah umum digunakan, terutama untuk warga di negara tropis seperti Indonesia. Pilihan AC juga semakin beragam yang memungkinkan Anda dapat memilih model, kapasitas, dan merk sesuai kebutuhan. Bukan hanya dari segi ruangan, Anda juga perlu memperhatikan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Salah satu yang paling penting sebelum memutuskan untuk membeli AC adalah mengetahui berapa PK AC yang Anda butuhkan. PK (Paard Kracht) yang dalam bahasa Inggris adalah horse power ini merupakan besaran daya untuk mengetahui ukuran AC yang sesuai dengan ruangan Anda.

Adanya besaran PK akan memudahkan Anda saat membeli AC, di mana makin tinggi PK berarti makin besar tenaga dari AC. Cara mengetahui AC berapa PK adalah dengan melihat pada kode merk yang ada di box atau stiker pada body air conditioner tersebut.

Memilih PK AC juga akan berpengaruh pada beban listrik yang Anda pakai, sehingga pemilihannya harus tepat agar tidak terjadi pembengkakan pada tagihan listrik. Selain itu, beberapa hal akan membuat Anda tidak nyaman apabila membeli AC dengan ukuran yang salah, seperti proses pendinginan ruangan yang lama.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan

Pada ruangan besar, pasti membutuhkan PK lebih besar untuk mengoptimalkan udara secara merata. Sedangkan ruangan dengan ukuran kecil tentu akan boros dan udara akan terlalu dingin jika menggunakan PK yang terlalu besar.

air conditioner white
Source: freepik.com

Cara Menghitung PK AC

Karena pilihan yang sangat beragam Anda perlu mengetahui mengetahui ukuran ruangan dan cara menghitung berapa PK air conditioner yang Anda butuhkan. Agar mendapat mendapat hasil yang akurat sebelum membeli AC, Anda dapat rumus tertentu dan menggunakan Btu/h yang merupakan ukuran dalam satuan PK.

BTU atau British Thermal Unit akan memperlihatkan kemampuan pendingin dalam mendinginkan ruangan selama 1 jam dengan kondisi dan luas tertentu. Nah, sebelum menerapkan cara mengetahui PK AC, berikut besaran yang perlu Anda pahami:

  • 1/2 PK = 5.000 Btu/h
  • 3/4 PK = 7.000 Btu/h
  • 1 PK = 9.000 Btu/h
  • 1,5 PK = 12.000 Btu/h
  • 2 PK = 18.000 Btu/h
  • 2,5 PK = 24.000 Btu/h

Cara menentukan ukuran PK yang sesuai dengan besar ruangan, Anda harus mengetahui dulu ukuran ruangan di rumah. Jika sudah, Anda dapat pakai rumus ini untuk menghitung:

  • Rumus PK AC = Panjang Ruangan x Lebar Ruangan x 537 Btu/h

Misalnya, Anda ingin membeli AC untuk ruangan dengan ukuran 3 m x 4 m, maka perhitungannya menjadi seperti ini:

  • 3 m x 4 m x 537 = 6.444 Btu/h

Nah, jika melihat pada panduan ukuran di atas, maka AC yang paling sesuai dengan ruangan pada hunian Anda adalah AC ¾ PK.

Jenis-Jenis AC

Selain memahami cara menghitung PK AC, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui jenisnya sebelum membeli. Ada berbagai pilihan AC yang dapat Anda sesuaikan dengan kegunaan dan kebutuhan untuk mengoptimalkan fungsinya. Inilah beberapa jenis AC serta penggunaannya:

Baca Juga:  Inilah Cara Membersihkan Jok Mobil yang Mudah dan Cepat!

1. AC Split Wall (Ductless)

AC Split Wall
Source: freepik.com

AC split punya dua bagian, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Dalam unit indoor terdiri dari evaporator dan blower yang berperan menyerap udara panas di dalam ruangan dan mengubahnya menjadi hawa dingin. Pada unit outdoor ada bagian kompresor dan kondensor blower yang bekerja untuk melepas panas keluar.

Setiap komponen pada kedua unit AC terhubung dengan adanya pipa refrigerant. Daya pada AC split wall ini tidak terlalu besar, mulai dari ½ PK sampai dengan 2 PK. Karena besaran daya yang standar, jenis ini paling banyak digunakan. Terutama di perumahan, ruko, atau perkantoran yang memiliki bangunan tidak terlalu besar.

2. AC Cassette (Ceiling Mounted)

AC Cassette
Source: id.sharp

Pendingin ruangan jenis ini punya komponen dua unit yang pemasangannya sedikit berbeda. Pemasangan unit indoor pada AC cassette ada pada langit-langit ruangan atau plafon. Sedangkan unit outdoor berada di luar ruangan. Selain punya kelebihan dari segi estetika, instalasi AC cassette juga terbilang mudah dan praktis.

Dalam AC cassette terdapat beberapa komponen yang memaksimalkan kinerja. Seperti kondensor, blower, auto swing, dan fitur infrared yang dapat mendeteksi jumlah orang di dalam ruangan tersebut. Daya pada AC ini juga terbilang besar, yaitu mulai dari 1,5 PK sampai dengan 6 PK.

Karena beberapa keunggulan tersebut AC ini dapat menghasilkan suhu yang optimal dan merata. Karena itu, jenis ini bisa jadi pilihan untuk Anda tempatkan pada ruangan yang luas. Contohnya seperti apartemen, lobby, perpustakaan, ataupun ruang tamu.

3. AC Standing Floor (Floor Mounted)

AC Standing Floor
Source: bhinneka.com

Jenis AC standing floor terdiri dari satu unit saja, pemasangannya tidak perlu di dinding ataupun plafon. Peletakannya AC jenis ini langsung di lantai karena bisa berdiri sendiri.

Bagaimana cara mengetahui PK AC ini? Sama seperti yang lain, Anda bisa lihat di box atau body AC. Namun, biasanya daya pada AC ini mulai dari 2 sampai 5 PK. Karena daya dan model desainnya, AC ini memungkinkan untuk punya jangkauan luas.

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Kebutuhan Wiremesh Agar Efisien

4. AC Split Duct (Central)

AC Split Duct
Source: tokopedia.com

AC jenis central ini secara komponen nggak beda jauh dengan AC split wall. Perbedaannya, AC central pakai sistem ducting. Di mana pengaturan suhu pada AC ini tidak pada individu, melainkan berpusat pada satu titik saja.

Selain sistem kerja secara sentralisasi, daya pada AC split duct cukup besar, mulai dari 10 PK sampai dengan 20 PK. Ini memungkinkan AC central terpasang di gedung bertingkat atau bangunan yang besar. Contohnya seperti mall, hotel, perkantoran, atau rumah sakit.

ac

Ciptakan rumah sejuk dan nyaman dengan produk AC termurah yang awet dan hemat daya di sini!

Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengetahui PK AC?

Itulah beberapa penjelasan tentang cara mengetahui dan menghitung berapa PK AC yang Anda butuhkan dengan hasil akurat. Ketika membeli alat elektronik memang butuh kejelian, terutama untuk pemakaian sehari-hari. Pilihan pendingin ruangan juga semakin beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan karakteristik ruangan.

Nah, Anda bisa mendapat AC yang sesuai dengan kebutuhan di Ukur.com. Nggak cuma AC, Anda bisa memilih berbagai macam bahan bangunan sampai perabotan rumah. Contohnya seperti Furniture, Pintu & Jendela, dan banyak pilihan barang Elektronik lain dengan harga terbaik.

Selain pengiriman yang cepat dan mudah, Anda juga bisa mendapatkan garansi untuk semua produk bahan bangunan. Cuma lewat Ukur Anda akan mendapat harga terjangkau dengan layanan pemasangan. Yuk, belanja di Ukur.com, situs jual beli bahan bangunan online terlengkap masa kini!