15 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari, Terbukti Manjur!

15 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari, Terbukti Manjur!

Rayap bisa menjadi masalah serius bagi furniture rumah, termasuk lemari kayu, karena rayap menggerogoti struktur kayu hingga berlubang. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda kerusakan akibat rayap di lemari, maka Anda harus segera mengambil tindakan pencegahan cara menghilangkan rayap di lemari yang efektif.

Anda tidak perlu khawatir lagi! Sebab, kami akan membagikan beberapa tips cara menghilangkan dan mencegah agar mereka tidak kembali lagi karena bahan lemari Anda sudah anti rayap.

Kriteria Lemari Anti Rayap

Lemari Anti Rayap
Foto : jeimart-indonesia.com

Salah satu furniture dari bahan kayu yang populer adalah lemari. Lemari kayu sering digunakan karena lebih ekonomis dan tahan lama. Namun, tidak semua jenis kayu bebas dari rayap.

Ada kriteria lemari anti rayap yang perlu Anda perhatikan, yaitu pilihlah jenis bahan material yang tebal, kokoh, awet, tidak mudah berbau, dan tidak mudah lembab. Pasalnya, konstruksi material seperti itu tidak mudah disusupi bibit-bibit rayap atau bahkan tidak disukai oleh rayap.

Apa Saja Bahan Lemari Anti Rayap?

Pada dasarnya, bahan lemari anti rayap mengacu pada material dasar lemari yang tahan terhadap serangan rayap dan memiliki sifat-sifat penghalang yang efektif. Beberapa bahan yang umum digunakan meliputi:

1. Kayu Anti Rayap

Kayu Anti Rayap
Foto : berita.99.co

Ada beberapa jenis kayu yang memang memiliki sifat alami tahan terhadap serangan rayap, sehingga membuat perabotan menjadi lebih kuat dan tahan lama. Antara lain kayu ulin, kayu merbau, kayu sengon laut, kayu meranti, dan kayu jati.

2. Kaca

Kaca
Foto : interiordesign.id

Pada dasarnya, lemari berbahan dasar kaca tahan terhadap panas dan kelembaban tinggi. Tak heran bila banyak desain lemari pakaian minimalis model modern banyak menggunakan material ini. Namun, lemari kaca cenderung mudah berdebu dan kotor, sehingga Anda perlu membersihkannya secara rutin dengan kain microfiber.

3. Besi

Besi
Foto : kpssteel.com

Bahan lemari anti rayap selanjutnya adalah besi. Pembuatan lemari besi menggunakan teknik pengelasan, sehingga konstruksinya kuat dan tahan lama. Saking kuatnya, bahan besi akan lebih tahan dari serangan rayap, panas, dan jamur.

Baca Juga:  7 Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Toren Tanpa Pompa

4. Plastik

Plastik
Foto : dekoruma.com

Bahan terakhir ada plastik yang umumnya memiliki karakteristik ringan dan mudah untuk dipindahkan, serta tahan terhadap rayap dan jamur. Walau begitu, lemari plastik tidak mampu menahan beban besar, sehingga Anda perlu memilah jenis barang yang ingin disimpan agar tidak rusak.

18 Cara Mengusir Rayap di Lemari

Pada penjelasan di awal Anda sudah tahu bahwa hewan rayap sangat merugikan karena bisa merusak berbagai macam perabotan kayu, termasuk lemari. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan rayap di lemari yang ampuh supaya hewan tersebut tidak bersarang lagi di rumah Anda:

1. Jemur Lemari di Bawah Matahari

Jemur Lemari di Bawah Matahari
Foto : dekoruma.com

Serangga rayap paling suka lingkungan yang lembab. Jadi, cara yang paling mudah untuk mengurangi kelembaban lemari adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini terbilang efektif untuk menghilangkan jamur di lemari dan membasmi rayap kayu. Pastikan setiap sisi benar-benar kering.

2. Hindari Kontak Langsung dengan Lantai Kayu

Apabila ruangan Anda menggunakan lantai berbahan dasar kayu, maka cara mengusir rayap di lemari yang juga berbahan dasar kayu adalah memberikan jarak antara lantai dengan lemari. Mengapa demikian?

Sederhana saja, langkah ini bisa mencegah rayap tanah masuk ke dalam lemari dan menggerogotinya. Pastikan Anda menghindari lemari bersentuhan langsung dengan lantai dengan menggunakan alas dari material besi.

3. Beri Jarak Antara Lemari dengan Dinding

Beri Jarak Antara Lemari dengan Dinding
Foto : bintoropest.co.id

Secara alamiah, lemari atau furniture lain yang berbahan kayu akan lebih mudah lapuk ketika berdekatan dengan dinding yang lembab. Kondisi ini bisa membuat uap air terperangkap di dalam lemari, sehingga rayap pun akan berdatangan dan memakan lemari tersebut. Tipsnya, Anda perlu beri jarak antara lemari dan dinding.

4. Buat Perangkap Karton

Cara menghilangkan rayap di lemari berikutnya adalah memanfaatkan karton atau kardus. Bagi yang belum tahu, karton bisa menjadi perangkap rayap karena memiliki bau kayu yang disukai rayap.

Caranya sangat mudah, yaitu basahi karton dengan air agar baunya tercium rayap dan letakkan di area yang terkena rayap. Dalam beberapa jam, rayap akan terpancing keluar dan memakan karton tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung membuang kumpulan rayap pada karton dan membakarnya di area terbuka.

5. Gunakan Air Cucian Beras

Air Cucian Beras
Foto : artikel.rumah123.com

Anda bisa menggunakan bekas air cucian beras atau air tajin untuk membasmi rayap secara alami. Mudah saja, Anda hanya perlu menyemprotkan air tersebut yang sudah dimasukkan ke dalam botol spray pada tempat yang terserang rayap. Pastikan Anda melakukannya secara berulang agar hasilnya lebih efektif.

6. Gunakan Asam Borat

Asam borat adalah zat kimia berbentuk cair yang efektif mengoptimalkan cara mengusir rayap di lemari. Sifat asam borat bisa membunuh rayap dengan cara mendehidrasi dan mematikan sistem saraf rayap.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Maling pada Malam Hari dengan Langkah Praktis

Pengaplikasiannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan ini pada seluruh sisi lemari. Pastikan penyemprotan asam borat jauh dari jangkauan anak-anak, karena zat ini berbahaya jika terhirup atau tertelan.

7. Gunakan Kapur Barus

Gunakan Kapur Barus
Foto : fumida.co.id

Umumnya, kapur barus memiliki kandungan naftalena yang baunya tidak disukai oleh rayap. Kapur barus bisa menghilangkan bau di dalam lemari dan efektif membasmi rayap atau bahkan serangga kecil lain, seperti kecoa, pada lemari.

8. Gunakan Cairan Kapur Sirih

Cara menghilangkan rayap di lemari yang mudah dan efektif selanjutnya adalah menggunakan cairan kapur sirih. Pertama-tama, rebus air dan kapur sirih sampai mendidih, lalu masukkan larutan ke dalam botol spray. Kemudian, semprotkan larutan pada lemari yang sudah menjadi tempat sarang rayap.

9. Gunakan Lampu UV

Lemari yang berukuran besar mungkin akan sulit untuk Anda jemur di luar ruangan. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan lampu UV sebagai ganti efek sinar matahari. Anda hanya perlu meletakkan lampu UV di dekat sarang rayap agar lingkungannya tidak lagi lembab.

10. Gunakan Cairan Garam

Gunakan Cairan Garam
Foto : ecopestcontrol.co.id

Selain menggunakan kapur sirih, kapur barus, ataupun asam borat yang tergolong cukup berbahaya, Anda bisa memanfaatkan garam sebagai cara mengusir rayap di lemari.

Mudah saja, pertama-tama campurkan air dan garam, lalu masukkan larutan tersebut pada botol spray. Kemudian, Anda bisa langsung semprotkan pada area lemari yang terkena rayap. Lalu bersihkan lemari dengan memakai lap kering.

11. Letakkan Lemari pada Ruangan Bersuhu Dingin

Serangga rayap tidak menyukai kondisi ruangan yang ekstrem. Selain menaikkan suhu dengan memanfaatkan sinar matahari, Anda bisa membasmi rayap dengan mendinginkan atau menurunkan suhu ruangan pada area yang mudah lembab dan dikelilingi oleh furniture kayu seperti lemari.

12. Gunakan Obat Anti Rayap atau Termisida

Obat Anti Rayap
Foto : rumah.com

Cara menghilangkan rayap di lemari yang lain adalah menggunakan termisida atau obat rayap. Rayap yang memakan termisida akan menyebarkan racun seperti virus, sehingga satu rayap dapat membunuh rayap lain yang saling bersentuhan. Selain itu, obat ini juga sekaligus berguna untuk mencegah pengeroposan kayu.

13. Gunakan Campuran Daun Salam dan Kemangi

Penggunaan bahan alami seperti daun salam dan kemangi bisa jadi salah satu cara mengusir rayap di lemari. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu letakkan kedua jenis daun tersebut pada lemari. Aroma daun tersebut tidak disukai rayap, sehingga rayap tidak akan mendekati perabotan tersebut.

14. Siram Lemari dengan Air Sabun

Cara menghilangkan rayap di lemari yang pastinya juga sangat mudah adalah dengan menggunakan air sabun. Larutkan air dengan sabun, lalu semprotkan pada lemari yang terserang oleh rayap. Anda bisa gunakan berbagai jenis sabun yang Anda miliki di rumah, baik itu sabun deterjen maupun sabun mandi cair.

Baca Juga:  10 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Ruangan dan Tempat Umum

15. Kurangi Kelembaban di Rumah

Kurangi Kelembaban di Rumah
Foto : hipwee.com

Cara terakhir yang tak kalah penting adalah dengan mengurangi faktor rumah menjadi lembab. Periksa atap, pipa, talang air, AC, dan lantai, untuk mencari kebocoran.

Jika ada kebocoran, maka uap air lebih mudah masuk ke dalam rumah dan dapat mengundang rayap. Selain itu, bersihkan secara berkala, jangan menunggu sampai rusak karena akan mengganggu kenyamanan Anda di rumah.

Cara Menghilangkan Bubuk pada Lemari Kayu Secara Alamiah

Bubuk yang muncul dari lemari kayu karena ulah rayap sangatlah merugikan. Selain membuat kotor, lemari menjadi cepat rusak.

Menghilangkan debu atau bubuk dari lemari kayu secara alamiah adalah tindakan yang penting untuk menjaga kebersihan dan tampilan lemari Anda. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bubuk pada lemari kayu secara alamiah yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan cuka, sebab cuka memiliki sifat asam, sehingga mampu menyebabkan rasa sakit pada rayap yang terkena.
  • Larutan air garam akan membuat tubuh rayap kayu menjadi perih dan perlahan akan membuatnya mati.
  • Anda juga bisa menyemprotkan air cucian beras pada lemari yang terserang rayap kayu, sehingga jumlahnya akan berkurang dan perlahan menghilang.
  • Aroma yang kuat dan khas dari daun salam dan kemangi sangat efektif untuk membasmi rayap kayu. Anda cukup meletakkan daun-daun tersebut pada lemari yang terkena serangga tersebut.
  • Bawang putih, karena kandungan asam amino pada bawang putih dapat mencegah serangga tersebut datang. Caranya, haluskan bawang putih dengan sedikit air, lalu semprotkan ke bagian lemari yang terserang.

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Rayap di Lemari?

Tentu, sudah tidak heran lagi jika rayap sering muncul pada barang-barang di rumah yang berbahan dasar kayu. Salah satunya di lemari, yang bagi siapa pun hal ini menjadi suatu masalah. Dengan memahami cara menghilangkan rayap di lemari, Anda bisa menyimpan jilbab, pakaian, dan barang-barang lain di dalam lemari dengan aman.

Menghilangkan rayap bukan suatu hal yang sulit Anda lakukan. Namun, jika Anda menginginkan lemari yang tahan lama dan tidak sulit dalam merawatnya, salah satunya adalah dengan memilih bahan lemari anti rayap.

jual lemari plastik
Beli lemari plastik berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari dengan Bahan Anti Rayap Hanya di Ukur

Sekarang, lemari impian yang tahan terhadap rayap bisa Anda dapatkan di Ukur! Dengan berbagai pilihan berkualitas tinggi dan telah terancang khusus anti rayap, Ukur hadir untuk memberikan pengalaman luar biasa agar barang yang Anda miliki tetap terjaga dan tahan lama.

Jangan biarkan rayap merusak lemari Anda, beralihlah ke solusi bahan lemari anti rayap terbaik hanya di Ukur. Kunjungi marketplace Ukur dan kami siap membantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Baik dari furniture, material kontruksi, dinding dan plafon, hingga barang elektronik.