Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis dan Menghilangkan Noda

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis dan Menghilangkan Noda

Peletakan sofa di ruang tamu membuat nuansa ruangan jadi lebih nyaman dan estetik. Namun, tak akan jadi demikian kalau sofa kulit Anda kotor. Oleh karena itu, penting untuk Anda tahu cara membersihkan sofa kulit. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak beberapa cara berikut!

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis dan Menghilangkan Noda

Menjadi bahan sofa yang bagus, kulit juga punya perawatan cenderung lebih mudah daripada sofa kain. Selain itu, bahan sofa kulit tidak mampu menampung debu-debu, bulu hewan, dan kotoran lembut lainnya. Sehingga, aman bagi Anda yang punya kulit sensitif. Berikut merupakan beberapa tips membersihkan sofa kulit:

1. Gunakan Kain Lembut

Kain Lembut
Foto : idea.grid.id

Cara mencuci sofa kulit sintetis pertama, yaitu dengan menggunakan kain lembut. Pastikan sebelum Anda membersihkannya dengan kain lembut, Anda telah membersihkannya dengan kemoceng terlebih dahulu. Jadi, kalau sofa dalam keadaan yang cukup kotor, maka kotoran dapat berkurang lebih maksimal.

Jika sofa tidak dalam keadaan yang cukup kotor, Anda boleh membersihkannya hanya dengan kain lembut. Jangan lupa untuk menggunakan sabun untuk menambah aroma wangi pada sofa. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan sabun yang lembut agar tidak merusak warna dan tekstur sofa.

Anda dapat membasahi kain lembut terlebih dahulu dengan air yang telah diberi sabun. Sering-seringlah membilas kain tersebut dengan air bersih dan hindari untuk menggosoknya terlalu keras.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner Sofa
Foto : aca.co.id

Cara membersihkan sofa kulit sintetis selanjutnya, yaitu pakai vacuum cleaner. Vacuum cleaner dapat menyedot kotoran-kotoran bahkan debu yang sangat halus. Agar bisa menjangkau bagian dalam dan lipatan-lipatannya, Anda dapat menggunakan pipa mungil pada ujung vacuum cleaner.

Baca Juga:  11 Cara Membersihkan Kaca Jendela, Jadi Bersih & Kinclong!

Lalu, agar permukaan sofa tidak tergores dan mengelupas, Anda harus melakukannya dengan hati-hati dan secara halus. Vacuum cleaner pun kini memiliki banyak jenisnya seperti kabel dan non kabel atau wireless, Anda dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan.

3. Gunakan Pembersih Khusus Bahan Kulit

Pembersih Khusus Bahan Kulit
Foto : tribunnews

Berikutnya adalah menggunakan pembersih khusus bahan kulit. Cairan pembersih sofa kulit sintetis biasanya punya beragam bentuk seperti, gel, lotion, atau layaknya air yang encer.

Meskipun bentuknya berbeda-beda, cara penggunaannya cenderung sama, yaitu dengan cara diaplikasikan langsung pada sofa. Anda bisa pakai kain atau spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Setelah diaplikasikan, Anda dapat mengusapnya secara lembut dan dengan gerakan memutar.

Lewat gerakan memutar, memungkinkan kotoran untuk berkumpul. Kalau kotoran sudah terkumpul, Anda bisa angkat pakai kain bersih. Karena menggunakan bahan pembersih khusus, usahakan kain yang Anda pakai nggak berwarna buat menghindari perpindahan warna.

4. Gunakan Baking Soda

Baking Soda
Foto : Pinterest

Cara membersihkan lainnya adalah memakai baking soda. Anda bisa campurkan baking soda dengan air sampai punya tekstur seperti pasta gigi. Kalau sudah itu, oleskan campuran ke bagian sofa yang kotor.

Diamkan selama beberapa menit hingga bereaksi, kemudian bilas pakai air bersih. Sama seperti cara sebelumnya, jika sudah keringkan sofa agar tidak muncul jamur.

5. Gunakan Cuka

Cuka
Foto : suara.com

Cara membersihkan sofa kulit kelima, yaitu pakai cuka. Kandungan yang ada di cuka dapat membantu menghilangkan noda yang ada di sofa. Cara penggunaannya dengan melarutkan cuka dengan air. Anda bisa pakai perbandingan 1:1.

Setelah larut, Anda bisa oleskan pada bagian sofa yang punya noda. Lalu, diamkan beberapa saat dan bilas pakai air bersih. Nah, untuk menghindari tumbuhnya jamur akibat permukaan yang lembab, Anda bisa keringkan pakai kipas angin maupun kain yang kering.

Baca Juga:  3 Cara Setting Remote TV Universal, Bisa untuk Semua Merk!

Cara menghilangkan noda di sofa kulit menggunakan cara ini terbilang cukup efektif. Sebab unsur yang dimiliki cuka cukup kuat untuk menghilangkan noda yang membandel tetapi tidak merusak permukaan. Pada dasarnya cuka memang sering dipakai sebagai bahan campuran untuk membersihkan berbagai macam benda.

6. Minyak Zaitun atau Esensial

Minyak Zaitun
Foto : Pinterest

Terakhir, Anda bisa pakai minyak zaitun atau baby oil untuk membersihkan noda menghitam di sofa kulit. Cara menghilangkan noda di sofa kulit menggunakan baby oil adalah dengan mencampurkan pakai sedikit air. Usapkan pada noda dan diamkan. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Sedangkan untuk minyak zaitun, Anda bisa coba campurkan dengan bahan alami lain seperti madu. Lalu , tambahkan juga sedikit air. Oleskan pada noda dan diamkan beberapa saat. Kalau sudah, Anda bisa mengelapnya dengan kain lembab.

Tips Memilih Sofa Kulit

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan sofa kulit. Penting juga buat Anda tahu gimana cara memilih sofa kulit. Berikut merupakan tips yang bisa Anda terapkan:

1. Pilih Dudukan Sofa yang Nyaman

Sebagaimana fungsi utamanya, yaitu untuk duduk. Tentu saja, Anda harus pilih busa sofa terbaik yang membuatnya punya dudukan nyaman. Tidak begitu keras dan juga tidak begitu empuk. Pastikan busanya tidak mudah kempes. Biasanya, di tempat pembelian, Anda boleh menduduki sofa.

Nah, jangan sungkan dan ragu untuk mencobanya. Serta, jangan buru-buru beranjak, rasakan apa ada bunyi pegas atau bunyi lain. Kalau Anda dengar, jangan pilih sofanya. Namun, kalau beli secara online, pastikan tokonya memang terpercaya dan menyediakan garansi. Serta, jangan ragu untuk bertanya lebih dulu.

2. Sesuaikan dengan Konsep Ruangan

Setiap hunian pasti punya konsep dan tema. Anda sebaiknya sesuaikan warna sofa dengan warna tembok dan lantai ruangan di mana Anda akan menempatkannya. Sofa kulit umumnya memiliki beragam warna meskipun tidak sebanyak warna yang dimiliki sofa kain. Adapun contoh warnanya adalah hitam, coklat, khaki, putih, hijau.

Baca Juga:  10 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet yang Mengganggu

Selain warna, Anda juga perlu mengukur luas ruangan. Jangan sampai ukuran sofa yang Anda beli melebihi atau terlalu kecil untuk ruangan. Umumnya, ukuran standar sofa adalah sekitar 180-200 cm dan kedalaman 81 cm-104 cm.

Kalau ruangannya kecil, Anda bisa pilih model minimalis, simpel, dan tidak pakai banyak motif untuk memberikan kesan ruangan lebih luas.

3. Pilih Rangka yang Kuat

Tips terakhir adalah pilih sofa yang punya rangka kuat. Pilih rangka yang kaki-kakinya menyatu dengan cara di bor maupun paku. Sebaiknya, Anda tidak pilih kaki sofa yang perekatnya memakai lem. Karena sofa seperti ini cenderung tidak awet dan mudah rusak.

jual sofa
Dapatkan Sofa Idaman dari Banyak Pilihan yang Tersedia di UKUR!

Sudah Tahu Cara Membersihkan Sofa Kulit?

Jika sudah memutuskan buat pakai sofa kulit, nggak perlu bingung-bingung mau beli di mana. Anda bisa beli sofa kulit impian di Ukur.com. Ukur merupakan marketplace online yang menyediakan beragam bahan bangunan dan perabotan. Anda bisa mendapatkan barang dengan cepat dan praktis di Ukur.com.

Di marketplace ini juga tersedia jasa pengukuran serta pemasangan. Jadi, Anda nggak perlu repot-repot mencari tukang harian atau borongan, semuanya termasuk dalam pelayanan Ukur.com. Cukup registrasi, belanja, lakukan pembayaran, dan barang bakal dikirimkan ke rumah Anda langsung.

Tak hanya sofa, Ukur.com juga menyediakan kebutuhan rumah lain. Seperti dinding dan plafon, barang elektronik, serta furniture lain. Semuanya tersedia dan tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, mau tunggu apalagi? Yuk, kunjungi situsnya, lakukan konsultasi, dan beli kebutuhan Anda sekarang!