5 Cara Pasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung

Cara Pasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung

Tampilan karpet lantai yang unik bisa buat rumah Anda terlihat lebih estetik. Namun, ternyata karpet lantai kerap kali menggelembung dan bisa mengganggu kenyamanan rumah. Karena itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara pasang karpet lantai yang baik dan benar.

Sehingga, pemasangan karpet lantai bisa teratasi dengan praktis. Meskipun terlihat susah-susah gampang, Anda bisa memasang karpet sendiri, lho. Mau tahu cara memasang karpet lantai agar tidak bergelombang dan rapi. Yuk, simak tuntas ulasan berikut ini!

Cara Pasang Karpet Lantai

Penggunaan karpet pada lantai bisa buat interior rumah lebih rapi. Apalagi tekstur karpet sangat nyaman, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Lantas, gimana sih cara memasang karpet lantai? Coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kosongkan Ruangan

Kosongkan Ruangan
Foto : bangizaltoy.com

Cara memasang karpet lantai pertama adalah dengan mengosongkan ruangan terlebih dahulu. Ini untuk memaksimalkan cara pemasangan agar tak terganggu oleh perabotan maupun furniture lainnya. Selain itu, ini juga akan membuat Anda lebih leluasa mengukur luas ruangan yang akan dipasangi karpet.

2. Ukur Luas Ruangan

Ukur Luas Ruangan
Foto : emporioarchitect.com

Setelah mengosongkan ruangan, langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran luas ruangan. Bila ruangan Anda terukur dengan benar, tentu penataan karpet bakal lebih terkonsep dan mencegah terjadinya karpet menggelembung tidak rata. Jika itu terjadi, hasil pemasangan pasti tidak maksimal dan tidak terlihat cantik.

3. Bersihkan Lantai Sebelum Pemasangan

Lalu, langkah cara pasang karpet lantai berikutnya adalah memastikan lantai ruangan bersih terlebih dahulu secara menyeluruh.

Baca Juga:  3 Cara Setting Remote TV Universal, Bisa untuk Semua Merk!

Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada celah lantai, apabila itu terjadi bisa berakibat permukaan lantai menjadi tidak rata dan bergelombang. Selain itu, pastikan juga tidak ada lantai yang bolong. Jika memang ada, Anda bisa tambal lebih dulu.

4. Pasang Karpet

Pasang Karpet
Foto : rumah.com

Sebelum memasang karpet lantai, ada baiknya buat persiapkan alat dan bahan yang Anda butuhkan lebih dulu. Seperti karpet, spidol, pisau khusus memotong karpet, floor grippers atau lem khusus karpet agar tertempel pada lantai, dan stair rods atau tiang khusus penahan karpet.

Pilih bahan material yang kualitasnya tidak kaleng-kaleng, tapi punya harga cukup terjangkau. Tentu saja, bahan yang tak terlalu licin dan ada sedikit gesekan agar mencegah terjadinya insiden tak terduga seperti orang tergelincir.

Setelah mempersiapkan alat dan bahan pasang karpet, Anda perlu memastikan lantai ruangan bersih dan terukur dengan rapi. Langkah berikutnya, yakni memasang karpet pada lantai. Caranya lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Bentangkan karpet dengan rata atau lurus.
  • Pastikan setiap sudut terpasang karpet tanpa adanya celah bergelombang.
  • Lalu, oleskan lem pada setiap permukaan lantai sesuai posisi yang terkonsep.
  • Diamkan sejenak dan jangan menginjaknya sebelum kering. Tujuannya agar tidak menimbulkan celah udara yang membuat lantai tak rata.

5. Merapikan Karpet agar Terlihat Estetik

Merapikan Pemasangan
Foto : bogorinsider.com

Cara memasang karpet lantai agar rapi yang terakhir, yakni tahap merapikan karpet yang sudah terpasang dengan stain rods.

Apabila posisi karpet sudah tertata rapi, namun karpetnya kepanjangan. Maka, coba potong ujungnya yang berlebih sesuai sudut posisi letak tata ruang. Kalau tidak memotongnya, maka bisa berakibat karpet lantai jadi melengkung.

Tips Praktis Cara Pasang Karpet Lantai

Cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung juga memiliki tips praktis tersendiri. Apa sih tipsnya? Berikut di antaranya:

1. Mengurangi Lipatan

Pada dasarnya, saat pembelian karpet Anda akan mendapati berbagai jenis, seperti karpet gulung dalam satuan meter. Tentu, pengemasan tersebut membuat karpet jadi melengkung tak rata. Nah, supaya dapat mengurangi lipatan, Anda bisa lakukan teknik menggulung karpet ke arah sebaliknya agar lebih rata.

Baca Juga:  Kenapa Netflix Tidak Bisa Dibuka di TV? Penyebab dan Solusinya

2. Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Apabila karpet lantai dari jenis bahan yang kaku dan sulit menggulung ke arah sebaliknya. Maka, coba jemur karpet langsung di bawah sinar matahari agar memuai dengan sendirinya. Jadi, karpet akan lentur dan rata agar cara memasang karpet lantai lebih mudah dan cepat.

3. Pastikan Tidak Ada Rongga Udara

Cara pasang karpet lantai agar tidak ada rongga udara, yakni dengan merapikannya hingga ke tepi. Lalu, tekan dan tutupi bagian ujungnya dengan lem perekat agar tak ada sirkulasi udara yang masuk pada celahnya. Nah, agar karpet nggak mudah bergerak, Anda bisa tempelkan menggunakan gripper.

4. Gunakan Underlayer (Lapisan Bawah Karpet)

Pemasangan karpet yang mudah bergelombang biasanya terjadi karena kondisi lantai pecah atau lantai rumah tak rata. Cara mengatasinya dengan menggunakan underlayer agar menghasilkan permukaan rata. Tampilan karpet juga akan lebih kuat dan tak mudah bergeser.

5. Gunakan Lem Suntik

Tips selanjutnya adalah menggunakan lem suntik saat menerapkan cara memasang karpet lantai agar tidak menggelembung. Apabila sudah terlanjur dipasang, cukup suntikkan lem pada bagian gelembung karpet yang tak rata. Lalu, rapikan ke sudut dinding dan ratakan.

Tips Memilih Merk Karpet Berkualitas

Setelah tahu cara dan tips memasangnya, berikut tips memilih merk karpet yang bagus dan kualitasnya terjamin:

1. Pilih Material yang Sesuai Ekspektasi

Ada hal yang harus Anda perhatikan waktu beli material karpet, yaitu pilihlah material berdasarkan bahan, ujuran, tekstur, warna, dan pola yang sesuai dengan konsep tata ruang di rumah. Adapun jenis jenis lantai karpet di antaranya:

  • Nylon: Memiliki tekstur permukaan licin dan ringan. Namun, cukup kuat dan mudah membersihkannya.
  • Wol: Bahan wol tebal, tahan lama, dan nyaman pemakaiannya. Sayangnya, harganya jauh lebih mahal.
  • Sutra: Tekstur bahannya lembut dan terkesan mewah.
  • Polypropylene: Bahannya terbuat dari sintetis halus dan harganya cukup terjangkau.
  • Microfiber: Punya tekstur lembut, mudah menyerap air, dan mudah pencuciannya.
Baca Juga:  10 Jenis Lantai Ruang Tamu dan Tips Memilih yang Tepat

2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan Rumah

Sebelum membeli pastikan sesuai dengan ukuran ruangan agar tampak ideal. Tujuannya untuk memberikan kesan minimalis dan rapi pada ruangan. Misalnya, pada ruang keluarga pastikan Anda membeli karpet yang lebar dan cocok agar cara pasang karpet lantai lebih mudah.

3. Pertimbangkan Estetika Rumah

Pilihlah karpet dengan mempertimbangkan suasana. Sebab, suasana ruangan bisa menggambarkan motif dan warna yang berbeda pada setiap ruangannya. Selain itu, pilih karpet yang anti slip agar terhindar dari resiko mudah bergeser.

4. Harga Karpet

Harga karpet menentukan kualitas bahan materialnya. Umumnya, harga yang terjangkau dan murah menggunakan kualitas karpet yang terbuat dari plastik, nilon, atau vinyl. Sedangkan harga mahal tentu bahannya lebih mewah, seperti wol. Anda bisa pilih yang paling sesuai budget.

beli lem vinyl lantai di Ukur
Perkuat lantai vinyl Anda dengan lem berkualitas dan terlengkap di Ukur!

Siap Mencoba Cara Pasang Karpet Lantai Sendiri?

Meski cara pasang karpet lantai terlihat simpel, ini sebenarnya cukup rumit kalau belum paham tekniknya. Jadi, Anda harus lebih hati-hati kalau mau coba pasang sendiri. Pada dasarnya, jika mau hasilnya lebih maksimal, Anda bisa gunakan jasa pemasangan profesional.

Nah, kalau masih bingung mau beli karpet di mana, Ukur.com bisa jadi pilihan terbaik. Supplier bahan bangunan terlengkap di Indonesia ini juga menyedia banyak jenis lantai lain, furniture, hingga dinding & plafon.Tersedia juga jasa pemasangan oleh profesional yang cocok untuk Anda yang tidak suka repot.

Selain itu, transaksinya terjamin aman dengan pengiriman praktis dan cepat sampai tujuan. Tunggu apa lagi? Yuk, Buruan order agar dan pasang lantai terbaik di rumah sekarang!