Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa: Solusi Mudah

Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa: Solusi Mudah

Cara mengetahui password CCTV yang lupa adalah solusi untuk mendapatkan kembali kontrol atas CCTV Anda. Karena jarang membuka DVR, Anda mungkin melupakan kata sandi untuk masuk ke dasbor CCTV. Di artikel ini, kita akan mempelajari beberapa metode untuk mengatasi lupa kata sandi CCTV.

Apa yang Terjadi Jika Lupa Password CCTV?

Apa yang Terjadi Jika Lupa Password CCTV?
Foto : freepik.es

CCTV adalah alat yang sangat berguna dalam menjaga keamanan rumah atau bisnis Anda. Karena CCTV membantu Anda mengawasi area yang ingin Anda pantau, serta merekam aktivitas yang terjadi di sekitarnya. CCTV juga merupakan salah satu cara mengatasi maling pada malam hari yang efektif.

Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, CCTV juga dapat mengalami masalah. Salah satunya adalah lupa kata sandi. Ketika Anda melupakan kata sandi, maka Anda tidak akan dapat mengakses rekaman video atau mengubah pengaturan CCTV Anda.

Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa

Jika Anda lupa kata sandi, maka ada beberapa metode yang dapat Anda coba sebagai cara mengetahui password CCTV, yaitu:

1. Lihat Settingan Jam dan Tanggal

Lihat Settingan Jam dan Tanggal
Foto : pasitive.com

Coba ingat kembali tanggal dan waktu ketika Anda terakhir kali mengakses CCTV dan coba masukkan password yang biasanya Anda gunakan pada saat itu. Jika Anda berhasil mengingat tanggal dan waktu tersebut, Anda mungkin dapat membuka perangkat CCTV Anda.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Handal Cara Mengetahui CCTV Hidup atau Mati

2. Reset Password CCTV Menggunakan Aplikasi Super Password

Reset Password CCTV Menggunakan Aplikasi Super Password
Foto : apkpure.com

Metode kedua yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi “Super Password”. Aplikasi ini adalah alat yang berguna untuk mengatur ulang kata sandi CCTV. Caranya, pertama-tama, unduh aplikasi “Super Password” ke komputer Anda.

Lalu, hubungkan DVR CCTV yang ingin Anda reset ke komputer Anda. Kemudian, buka aplikasi “Super Password” dan ikuti panduan yang ada pada layar. Maka, hanya dalam beberapa langkah mudah, Anda sudah bisa mengganti kata sandi CCTV Anda dengan yang baru.

Cara Mengatasi Lupa Password CCTV V380 Menggunakan Telnet

Cara Mengatasi Lupa Password CCTV V380 Menggunakan Telnet
Foto : bestqart.com

Terkadang, kesalahan teknis seperti lupa password CCTV V380 bisa menjadi kendala yang menghambat akses Anda ke rekaman dan pengaturan CCTV. Kabar baiknya, ada cara mengetahui password CCTV yang lupa menggunakan Telnet, suatu metode reset kata sandi yang cepat dan efektif. Berikut tutorialnya:

Langkah 1: Mengetahui IP Address CCTV

Langkah yang pertama adalah mencari tahu alamat IP CCTV yang ingin Anda reset. Namun, sebelumnya, pastikan CCTV Anda terhubung ke jaringan lokal melalui router atau switch. Dengan cara ini, CCTV akan memiliki alamat IP dalam jaringan lokal Anda.

Lalu, login ke panel admin router Anda dan cari daftar perangkat yang terhubung ke jaringan. Di sana, Anda akan menemukan alamat IP CCTV. Kemudian, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemindai jaringan untuk mendeteksi perangkat di jaringan Anda dan menampilkan alamat IP CCTV secara otomatis.

Selain sebagai cara reset CCTV pada kata sandinya, metode ini juga merupakan salah satu cara mengetahui CCTV tersembunyi. Karena Anda akan mengetahui CCTV mana saja yang berada dalam suatu jaringan, walaupun Anda tidak mengetahui lokasi fisiknya.

Langkah 2: Mengaktifkan Telnet pada Komputer

Telnet adalah protokol untuk mengontrol perangkat jarak jauh melalui jaringan. Untuk menggunakan Telnet, Anda perlu memastikan bahwa fitur Telnet sudah aktif di komputer Anda. Caranya, buka pengaturan Windows Anda, lalu periksa “Telnet Client” di bagian “Windows Features”.

Langkah 3: Menggunakan Telnet untuk Reset Password

Setelah Anda mengetahui IP Address CCTV dan mengaktifkan Telnet, langkah selanjutnya adalah menghubungkan ke CCTV melalui Telnet dan mereset password.

Baca Juga:  Ketentuan Jarak Sumur dan Septic Tank, Mengapa Penting?

Lalu, buka Command Prompt (CMD) di komputer Anda. Di CMD, ketik perintah “telnet [alamat ip CCTV]” dan tekan “Enter”. Gantilah [alamat ip CCTV] dengan alamat IP yang Anda dapatkan pada Langkah 1.

Setelah Anda terhubung ke CCTV melalui Telnet, Anda perlu masuk dengan username dan password default. Biasanya, username bawaan adalah “admin”, dan password bawaan juga “admin”. Setelah berhasil masuk, Anda dapat mereset kata sandi CCTV sesuai dengan instruksi di buku panduan CCTV V380 Anda.

Cara Reset Password DVR Hikvision Menggunakan Reset Code

Cara Reset Password DVR Hikvision Menggunakan Reset Code
Foto : YouTube

Sekarang, kita akan mempelajari cara mengetahui password CCTV yang lupa pada perangkat Hikvision. Salah satu metode yang paling mudah adalah menggunakan reset code, langkah-langkahnya yaitu:

Langkah 1: Dapatkan Informasi Serial Number Melalui SADP Tool

Langkah pertama dalam proses reset kata sandi admin DVR Hikvision adalah mendapatkan informasi serial number perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan SADP (Search Active Device Protocol), tool khusus yang Hikvision sediakan.

Silakan unduh aplikasi ini ke komputer Anda, kemudian jalankan. Maka, SADP akan secara otomatis mendeteksi perangkat Hikvision yang terhubung ke jaringan Anda. Lalu, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung, lengkap dengan informasi serial number.

Langkah 2: Membuat Secure Code/Reset Code dan Start Date

Setelah Anda memiliki informasi serial number, langkah berikutnya adalah membuat reset code bersama dengan start date. Anda memerlukan kedua informasi ini untuk mengganti kata sandi admin DVR Hikvision Anda.

Untuk mendapatkan secure code dan start date, Anda perlu menghubungi pusat layanan Hikvision atau distributor resmi Hikvision. Nantinya mereka akan memeriksa kepemilikan perangkat Anda dan memberikan Anda informasi yang Anda perlukan.

Langkah 3: Mereset Password Admin DVR Hikvision

Dengan secure code dan start date yang telah Anda dapatkan, Anda sekarang siap untuk menyetel ulang kata sandi admin DVR Hikvision Anda. Buka DVR Anda, dan pada layar login, masukkan secure code dan start date yang telah Anda terima.

Setelah itu, Anda akan dapat membuat kata sandi baru untuk akun admin Anda. Pastikan kata sandi baru Anda kuat dan aman, serta mudah untuk Anda ingat, agar tidak lupa lagi di kemudian hari.

Baca Juga:  Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

Cara Atasi Lupa Password CCTV SPC

Cara Atasi Lupa Password CCTV SPC
Foto : cctvupdate.com

Ada cara mengetahui password CCTV yang lupa khusus untuk perangkat SPC. Langkah-langkahnya, yaitu:

Langkah 1: Nyalakan DVR SPC

Langkah pertama adalah menghidupkan DVR SPC Anda. Setelah DVR menyala, Anda akan melihat tampilan login yang meminta kata sandi.

Langkah 2: Foto Tampilan Tanggal

Langkah selanjutnya adalah mengambil foto tampilan tanggal pada layar monitor. Foto ini penting, karena tanggal akan berperan sebagai verifikasi identitas, guna mendapatkan master password dari pusat layanan SPC. Pastikan tanggal terlihat dengan jelas!

Langkah 3: Meminta Master Password

Setelah Anda memiliki foto tampilan tanggal, hubungi pusat layanan SPC atau distributor resmi SPC. Berikan informasi tentang perangkat CCTV Anda dan sertakan foto tampilan tanggal yang Anda ambil. Maka, pusat layanan akan memeriksa kepemilikan perangkat Anda, lalu memberikan master password.

Langkah 4: Ubah Password DVR

Setelah Anda menerima master password, kembali ke layar login pada DVR SPC Anda. Lalu, masukkan master password yang Anda terima.

Setelah masuk, Anda dapat mengganti kata sandi sesuai keinginan Anda. Buatlah kata sandi yang kuat dan aman, agar terhindar dari peretasan.

Sudah Tahu Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa?

Beberapa metode di atas adalah solusi praktis untuk mendapatkan akses ke panel admin DVR CCTV. Jika Anda lupa kata sandi DVR dan kesulitan untuk login, Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengatasinya. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah, dan sesuai dengan merek dan tipe perangkat Anda.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan tambahan perangkat CCTV untuk rumah atau lokasi bisnis, semua keperluan CCTV bisa Anda dapatkan di UKUR! Karena, berbagai produk elektronik pilihan, berkualitas, dan terjangkau, tersedia di UKUR.

Bahkan, yang lebih menarik lagi, UKUR pun menawarkan produk material konstruksi dan perkakas untuk proses instalasinya. Jadi, mari tingkatkan keamanan area Anda dengan sistem CCTV yang canggih, hanya dari UKUR!