Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

Perkembangan teknologi membuat TV LED menggantikan penggunaan TV tabung di masyarakat. TV LED memiliki bentuk yang lebih ramping sehingga hemat tempat. Anda dapat memasang TV LED di dinding dengan menggunakan bracket. Lantas bagaimana cara pasang bracket TV LED?

Cara Pasang Bracket TV di Tembok

Pasang Bracket TV di Tembok
Foto : finoo.id

Bracket merupakan alat yang menghubungkan TV ke dinding. Anda perlu menggunakan alat seperti bor, obeng, kunci inggris, dan baut untuk memasang bracket di dinding. Berikut cara pasang bracket TV di dinding.

1. Siapkan Peralatan dan Memilih Dinding yang Tepat

Peralatan dan Memilih Dinding yang Tepat
Foto : swissbaru.com

Sebelum memasang bracket TV di dinding, Siapkan beberapa peralatan untuk membantu Anda melubangi dinding hingga memasang bracket TV. Anda harus menyiapkan obeng, bor, baut, pensil, meteran, dan kunci inggris. Pemilihan ukuran baut tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi kekuatan bracket.

Saat Anda membeli bracket TV biasanya sudah terdapat baut dan ring sesuai dengan ukuran TV LED. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa ukuran tersebut sesuai dengan tipenya. Berikut beberapa jenis baut yang dapat Anda gunakan untuk memasang bracket ke TV:

  • Baut dan ring kecil, untuk pemasangan ukuran TV 14 inch hingga 22 inch
  • Ring dan baut ukuran sedang, untuk pemasangan ukuran TV 22 inch hingga 24 inch
  • Baut dan ring besar, untuk pemasangan ukuran TV 24 inch hingga 32 inch

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa dinding yang akan dipasang bracket TV tidak terdapat kabel listrik atau pipa air di dalamnya. Anda harus memastikan kekuatan tembok sehingga mampu menahan beban TV saat sudah terpasang.

2. Ukur Ketinggian Bracket pada Dinding

Ukur Ketinggian Bracket
Foto : pinhome.id

Setelah menemukan dinding yang tepat untuk memasang bracket, cara pasang bracket TV berikutnya mengukur ketinggian TV dari permukaan tanah. Anda dapat menyesuaikan ketinggian sesuai dengan kenyamanan Anda saat menonton TV. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa ketinggian TV jauh dari jangkauan anak-anak.

Baca Juga:  11 Cara Membersihkan Kaca Jendela, Jadi Bersih & Kinclong!

Anda dapat menandai titik pemasangan bracket menggunakan pensil. Buatlah 4 titik lubang untuk memasang piringan bracket. Pastikan dari 4 titik lubang sejajar dengan menggunakan waterpass agar tidak miring pada hasil akhir pemasangan bracket TV.

3. Buat Lubang dengan Menggunakan Bor

Buat Lubang dengan Menggunakan Bor
Foto : jakmall.com

Setelah itu, cara pasang bracket TV yang ke-3 adalah melubangi tanda yang sudah Anda buat dengan menggunakan bor. Sesuaikan ukuran mata bor dengan ukuran baut yang akan Anda pasang. Pastikan kembali bahwa lubang yang telah Anda buat sejajar agar tidak miring saat memasang bracket TV.

4. Masukkan Fischer dan Pasang Piringan Bracket

Setelah Anda membuat lubang, cara pasang bracket TV selanjutnya adalah masukkan fischer pada 4 lubang dinding agar baut dapat terpasang dengan kuat. Pasang piringan bracket dan masukkan ring dan baut ke dalam fischer.

Kencangkan baut pada piringan bracket menggunakan obeng dan kunci inggris. Pastikan bahwa baut terpasang sempurna untuk mengurangi risiko TV jatuh. Setelah piringan bracket terpasang dengan kokoh di dinding, maka tinggal menyambungkan TV yang sudah terpasang tiang bracket pada piringan bracket.

Apa itu Bracket TV LED

Bracket TV LED
Foto : kumparan

Perubahan TV analog ke TV digital mempengaruhi penggunaan TV di masyarakat. Sehingga sekarang masyarakat mengganti TV tabung dengan TV LED atau LCD.

Sekilas TV LED dan LCD hampir mirip dengan bentuknya yang tipis dan juga dapat mengakses Google TV. Google TV adalah platform dan saluran TV secara real-time dan bisa Anda gunakan untuk mengakses tayangan favorit seperti Youtube hingga Netflix. Namun terdapat beberapa perbedaan TV LED dan LCD.

TV LED (light-emitting diode) sumber cahayanya berasal dari lampu diode, sementara TV LCD (liquid-crystal display) memancarkan cahaya menggunakan layar kristal sinar neon. TV LED menghasilkan kualitas warna yang lebih bagus dan hemat listrik daripada TV LCD.

Pemasangan TV LED akan lebih nyaman saat menempelkan pada dinding. Sehingga Anda dapat menyesuaikan tempat untuk menonton televisi dengan ketinggian yang nyaman. Penggunaan bracket untuk menempelkan TV pada dinding membuat Anda memiliki ruangan dengan space yang lebih lebar.

Bracket merupakan alat penyangga TV yang digunakan untuk menempelkan TV pada dinding. Pemasangan alat ini pada bagian belakang TV yang sudah memiliki lubang sekrup untuk proses instalasinya. Bracket terbuat dari bahan plat besi yang kuat menahan beban dari TV sesuai dengan tipenya.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Rekaman CCTV yang Terhapus Otomatis

Anda harus memastikan tipe bracket sesuai dengan tipe TV LED yang Anda miliki. Jika Anda memiliki TV dengan ukuran 32 inch, maka sesuaikan bracket-nya. Hal ini agar bracket dapat menahan beban sesuai dengan tipe dan kemampuannya.

Cara Memasang Bracket ke TV

Setelah Anda menyiapkan bracket di dinding, selanjutnya tinggal meletakkan TV pada bracket. Berikut cara gantung TV di dinding melalui penyambungan tiang pada bracket.

1. Pasang 2 Tiang Bracket Pada TV

Cara pasang bracket TV ke televisi yang pertama adalah pasang 2 tiang bracket pada TV. Jadi, apabila piringan bracket sudah terpasang di dinding, selanjutnya pasang tiang bracket di bagian belakang TV.

Pasang tiang pada lubang yang tersedia dengan sejajar menggunakan baut yang sesuai dan kencangkan dengan menggunakan kunci inggris hingga tidak bergoyang.

2. Pasang TV pada Bracket di Dinding

Pasang TV pada Bracket di Dinding
Foto : pricebook.co.id

Tiang pada TV berfungsi sebagai penyangga yang menyambungkan TV dengan bracket yang terpasang di dinding. Langkah terakhir, sambungkan tiang bracket yang sudah terpasang di belakang TV dengan piringan bracket di dinding. Kencangkan semua baut hingga tidak goyang agar terpasang dengan sempurna.

Setelah TV terpasang, Anda dapat menggunakannya untuk menonton TV digital. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara merubah TV LED ke TV digital agar dapat menikmati siaran digital.

Manfaat Bracket TV LED

Setelah Anda mengetahui cara pasang bracket tv 32 inc, maka tentu Anda perlu tahu manfaatnya. TV LED akan memberikan kenyamanan bagi Anda dengan kualitas gambar yang dihasilkan.
Selain itu, penggunaan bracket akan membantu Anda memasang TV apabila memiliki ruang yang terbatas. Berikut beberapa manfaat penggunaan bracket TV LED.

1. Lebih Hemat Ruang

Lebih Hemat Ruang
Foto : pricebook.co.id

Pada TV tabung, Anda memerlukan meja sebagai tempat meletakkan TV. Pergantian TV tabung ke TV LED memberikan keuntungan bagi Anda karena sudah tidak memerlukan meja lagi. Bracket menjadi solusi bagi Anda yang ingin memasang TV dan tidak memerlukan banyak space.

Penggunaan bracket TV dapat menghemat penggunaan space pada ruangan Anda. Apabila ruangan Anda terbatas, Anda tetap bisa memasang TV tanpa membuat ruangan Anda semakin sempit.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tungau Kasur: Tips Efektif dan Mudah

2. Ruangan Terlihat Lebih Rapi

Penggunaan bracket pada TV akan memberikan kesan minimalis pada ruangan Anda. Selain itu, dengan penempatan dan manajemen kabel yang baik, ruangan Anda akan terlihat sangat rapi.

Anda dapat menempatkan pemasangan TV pada dinding dengan proporsi sesuai dengan kondisi ruangan. Sehingga Anda merasa lebih nyaman dan tidak merasa terganggu dengan keadaan TV pada ruangan. Anda dapat menambahkan backdrop yang serasi sebagai dekorasi ruangan yang membuat tampilannya lebih rapi.

3. Penempatan TV lebih Fleksibel

TV lebih Fleksibel
Foto : id.theasianparent.com

Bracket TV merupakan alat yang dapat Anda pasang dan copot sesuai keinginan. Cara memasang dan mencopot bracket cukup mudah. Anda hanya memerlukan peralatan bor, baut, dan obeng untuk memasang bracket ke TV dan dinding.

Jika suatu saat Anda ingin merubah penempatan TV, maka Anda tinggal mencopot dan memasang ulang sesuai dengan tempat yang Anda inginkan. Hal ini cukup mudah untuk dapat Anda lakukan.

4. TV akan Aman dari jangkauan Anak-anak

Terkadang penempatan TV di meja dapat berbahaya bagi anak-anak. Anak cenderung untuk menjangkau barang yang ada di atas meja dan dapat membuat TV terjatuh maupun membahayakan. Ini merupakan masalah yang orang tua pikirkan dalam memilih tempat meletakkan TV yang aman.

Adanya bracket pada TV LED, Anda dapat meletakkan TV di tempat yang tinggi dan jauh dari jangkauan anak. Anda dapat menyesuaikan ketinggian pemasangan bracket jauh dari jangkauan anak namun tetap nyaman saat menontonnya.

jual bracket tv
Dapatkan bracket tv berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli Bracket TV di Ukur Yuk!

Itulah penjelasan mengenai cara pasang bracket TV. Apabila Anda sudah memutuskan menggunakan TV LED, pastikan memilih TV dengan kualitas yang bagus. Jangan lupa membeli bracket sebagai tempat meletakkan TV di rumah. Anda dapat membeli melalui platform Ukur.com yang menyediakan peralatan bangunan dan perlengkapan rumah.

Ukur.com menyediakan bracket TV berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, ada juga barang elektronik lain seperti TV, speaker, hingga proyektor yang bisa Anda dapatkan dengan kualitas terbaik di merchant yang terverifikasi.

Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik melalui kualitas barang, kemudahan transaksi, garansi produk, dan layanan pengiriman. Nikmati kenyamanan berbelanja TV dan bracket TV di marketplace Ukur.com.