Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang, Mudah dan Ampuh

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang, Mudah dan Ampuh

Google TV adalah salah satu bukti perkembangan teknologi pertelevisian yang semakin meningkat. Namun, di tengah perkembangan TV, masalah suara TV yang hilang tidak bisa dihindari. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas penyebab hingga cara mengembalikan suara tv yang hilang. Yuk, simak sampai selesai!

Penyebab TV Tidak Ada Suara

Penyebab TV Tidak Ada Suara
Foto: Solderpanas

Sebelum mengetahui cara mengembalikan suara TV yang hilang, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebabnya. Adapun beberapa penyebab TV tidak ada suara, yaitu:

1. Kabel Rusak

Salah satu alasan kenapa TV tidak ada suaranya adalah kabelnya rusak. Namun, ini berlaku untuk TV yang menerima sinyal dari sumber eksternal, seperti pemutar DVD, kotak kabel, dan sejenisnya.

Selain itu, kabel speaker yang terlepas atau rusak juga bisa menyebabkan suara hilang, hal ini karena speaker merupakan sumber utama suara.

2. Pengaturan Volume atau Fitur Tertentu

Volume merupakan bagian terpenting yang berhubungan dengan suara. Jika Anda membisukan volume atau menekan tombol “Mute”, maka tentu saja TV tidak ada suara.

3. Speaker Rusak

Penyebab lainnya dari hilangnya suara TV Anda adalah kerusakan pada speakernya sendiri. Kerusakan itu bisa berupa kumparan speaker yang terputus, sehingga menyebabkan sinyal listrik dari pengeras suara tidak berfungsi dan suara tidak bisa muncul.

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengembalikan suara TV yang hilang:

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Kebutuhan AC Sesuai Ukuran Ruangan

1. Pindah ke Channel Lainnya

Cara memperbaiki channel TV yang tidak ada suaranya, yaitu dengan memindahkan channel ke yang lain. Ini karena memang terkadang masalah bisa terjadi dari salurannya sendiri.

Untuk itulah, Anda perlu memastikan penyebab sebenarnya dari suara TV yang hilang tersebut. Nah, jika memang di channel yang lain berfungsi, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk mengganti speaker atau sejenisnya.

2. Pastikan Fitur “Mute” Tidak Aktif

Terkadang, alasan kenapa TV tiba tiba tidak ada suara, yaitu Anda mengaktifkan fitur Mute. Dengan mengaktifkan ini saja, sudah bisa dipastikan tidak akan ada suara yang muncul di TV Anda.

Untuk itulah, kamu sebaiknya cek dulu fitur ini dengan menekan tombol “mute” atau volume+. Selain itu, Anda juga bisa melihat di bagian layar TV, apakah ada simbol speaker silang atau tidak? Jika ada, maka bisa dipastikan TV Anda dalam kondisi mute, jadi bisa langsung non aktifkan saja untuk memunculkan suaranya kembali.

3. Cek Pengaturan Input Audio TV

Cek Pengaturan Input Audio TV
Foto : artikel.rumah123.com

Jika cara memperbaiki channel TV yang tidak ada suara sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencoba cek bagian pengaturan input audio TV. Karena, bagian ini fungsinya yaitu untuk mengirimkan audio ke perangkat televisi Anda.

Nah, jika pengaturan inputnya tidak benar, maka masalah yang berhubungan dengan audio pasti muncul, bahkan mungkin suaranya hilang. Untuk tata cara cek pengaturannya, Anda bisa coba lihat di buku panduan merk TV yang tersedia, karena biasanya beda merk TV, maka beda juga caranya.

4. Matikan TV dan Hidupkan Ulang

Cara mengembalikan suara TV yang hilang selanjutnya yaitu dengan mematikan TV, kemudian menghidupkannya kembali. Ini mungkin cara yang paling mudah dan praktis yang bisa Anda coba.

Lebih lengkapnya, yaitu Anda mematikan TV terlebih dahulu, kemudian cabut kabel TV dan tunggu beberapa menit. Selanjutnya, Anda bisa menyalakan TV tersebut kembali, namun jika masih tidak bisa, maka pasti ada bagian yang rusak.

Baca Juga:  5 Inspirasi Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

5. Solder Ulang Kaki IC Audio

Solder Ulang Kaki IC Audio
Foto : berita.99.co

Salah satu penyebab hilangnya suara TV, yaitu keretakan pada timah kaki IC audio, karena kondisi TV tabung yang lama. Untuk itulah, Anda perlu solder ulang kaki IC audio yang retak tersebut.

Adapun sebelum melakukan proses ini, Anda sebaiknya membersihkan terlebih dahulu bagian tersebut dengan tiner. Tetapi, jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa membawa TV Anda ke tukang service untuk melakukan proses ini.

6. Periksa Kabel dan Port TV yang Tersambung

Periksa Kabel dan Port TV yang Tersambung
Foto : aquaelektronik.com

Jika cara sebelumnya tidak berhasil juga, Anda bisa coba cek apakah kabel dan port TV sudah tersambung dengan baik? Jika sambungannya masih longgar, maka sebaiknya eratkan sambungannya.

Namun, jika ada debu, maka sebaiknya Anda bersihkan, agar tidak ada halangan sama sekali. Nah, jika suara masih belum terdengar, maka sebaiknya tukar perangkat media dengan lainnya atau bisa juga dengan mengubah output speaker TV ke speaker internal, untuk melihat apakah sudah bisa terdengar atau tidak.

7. Gunakan Fitur Reset Sound pada TV LED

Cara mengembalikan suara TV yang hilang selanjutnya, yaitu dengan mereset bagian pengaturan suara menjadi versi awalnya. Adapun menu ini ada di bagian alternatif “Suara”.

Proses reset ini bertujuan untuk membuat pengaturan suara, seperti equalizer, penyeimbang suara, auto volume, audio delay, serta sound feedback kembali seperti setelan pabrik. Cara ini tentunya akan sangat membantu, jika penyebab dari hilangnya suara adalah pengaktifan fitur tertentu pada TV.

8. Cek Kondisi Speaker

Speaker merupakan bagian penghasil suara dan setiap TV pastinya memiliki speaker. Untuk itulah, karena masalah ini berhubungan dengan suara, maka sebaiknya Anda cek juga kondisi speaker.

Masalah ini biasanya terjadi pada TV yang sudah lama, karena speakernya berkarat atau ada bagian kabel yang terputus. Tidak hanya itu, terlalu sering menyetel TV dengan volume yang tinggi juga bisa menyebabkan speaker rusak. Jadi, sebaiknya Anda tidak skip dalam mencoba cara ini.

Baca Juga:  Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

9. Tingkatkan Volume TV

Tingkatkan Volume TV
Foto : helmijayaservice.com

Salah satu penyebab yang mungkin terjadi jika TV Anda tidak ada suaranya, yaitu volume TV yang terlalu kecil. Jadi, Anda bisa coba juga untuk meningkatkan volume TV dengan tekan “+” pada remot TV ataupun tombol pada TV jika ada.

10. Tukar Tambah TV

Apabila cara sebelumnya tidak bisa juga, cara terakhir, yaitu dengan menukar TV Anda. Saat ini pun, sudah ada banyak sekali rekomendasi Smart TV 43 inch dengan kualitas speaker terbaik. Jadi, jika memungkinkan, Anda bisa coba cara ini untuk bisa menonton TV dengan suara yang jernih kembali.

tv terbaru
Dapatkan TV terbaru berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang?

Jadi, cara mengembalikan suara TV Anda yang menghilang secara sederhana, yakni mulai dari memindah channel, mengganti mode suara, dan sejenisnya yang bisa Anda coba langsung sendiri di rumah.

Namun, jika sudah mulai ke cara yang susah seperti solder atau membongkar TV Anda. Maka, alangkah lebih baik Anda langsung ke tempat service, agar tidak terjadi hal yang lebih buruk pada TV Anda.

Apabila Anda merasa mengganti TV adalah pilihan yang terbaik, maka bisa langsung cek website Ukur. Ukur menyediakan berbagai macam jenis TV berkualitas dan tentunya dengan suara yang jernih dan dijamin tahan lama.

Selain itu, jika Anda butuh set box TV digital untuk TV tabung, bisa coba juga cari di Ukur. Semua barang elektronik, furniture, AC, hingga perkakas yang kami tawarkan dijamin kualitasnya dan dengan harga yang terbaik tentunya. Semoga bermanfaat!