8 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

8 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Tak hanya sebagai dekorasi, ternyata warna cat juga berdampak bagi kesehatan. Pasalnya, warna turut menjadi faktor esensial yang mampu memberikan efek psikologis hingga peningkatan kesehatan mental setiap penghuni. Nah, ada banyak warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan.

Artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap dan rinci untuk Anda. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Berbicara tentang kamar tidur bagus, seharusnya mampu memberikan ketenangan untuk istirahat optimal. Berikut 8 pilihan warna ruang tidur yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Putih

putih
Contoh cat warna putih pada ruang kamar tidur (Foto: pinterest)

Identik dengan kemurnian dan kesucian, ternyata putih adalah warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Bahkan, warna putih mempunyai kekuatan untuk menjernihkan pikiran dan meredakan rasa sakit seseorang.

Selain menciptakan kesan yang lapang pada ruangan, cat warna putih juga dapat memantulkan cahaya. Oleh karena itu, cat kamar tidur akan terlihat lebih terang dan jauh dari citra suram.

Supaya lebih maksimal, Anda dapat memadupadankan kombinasi plafon dan cat dinding rumah putih dengan warna terang lainnya, seperti biru langit atau hijau. Dengan begitu, suasana kamar tidur akan terasa lebih santai dan rileks.

2. Biru

biru
Contoh cat warna biru pada ruang kamar tidur (Foto: youtube/samfreestyles)

Meski erat kaitannya dengan nuansa melankolis, nyatanya biru merupakan salah satu pilihan warna keren untuk kamar tidur.

Sebagai informasi, warna biru melambangkan elemen air yang bersifat menenangkan pikiran dan hati. Maka dari itu, dinilai mampu mengurangi stres yang berlebihan.

Karena memberikan kesan tenteram dan nyaman, warna cat ini cocok Anda aplikasikan pada kamar tidur. Bagi penderita insomnia yang cukup mengganggu, warna biru juga memudahkan penghuni untuk terlelap dan merasakan sensasi tidur yang nyenyak.

Baca Juga:  Ragam Warna Marmer dan Nuansa yang Dihadirkan di Rumah

3. Hijau

hijau
kamar tidur dengan nuansa serba hijau (Foto: spectrum-paint.com)

Selain memunculkan kesan tenang dan segar, hijau adalah warna kamar tidur yang bagus.

Warna ini menghadirkan nuansa alam yang penuh dengan tanaman hijau yang menyegarkan. Dengan begitu, kamar akan terlihat asri dan sejuk, sehingga Anda lebih nyaman saat tertidur.

Tak jarang, banyak orang yang menggunakan warna hijau tersebut sebagai bentuk simbol keberuntungan, penyembuhan, dan penyeimbang emosi.

Bahkan, hijau juga dianggap warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan mata. Jadi, cocok untuk Anda yang bekerja di depan layar komputer seharian.

Adapun pengaplikasian warna hijau sangat tricky dan harus berhati-hati. Alih-alih menjadi bagus, terkadang ada beberapa ruangan dengan cat tembok warna hijau yang kurang sedap dipandang.

Supaya tidak norak, gunakanlah kombinasi warna cat kamar tidur hijau dan krem pada dinding.

4. Kuning

kuning
gambaran suasan kamar tidur dengan warna kuning (Image credit: Future)

Sering merasa ngantuk tak tertahankan di pagi hari? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba warna kuning pada dinding kamar tidur. Walaupun nyentrik, cat kamar tidur tersebut mampu membuat penghuni bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari.

Dibanding warna netral lainnya, si kuning yang terang ini termasuk jarang menjadi pilihan sebagai warna kamar tidur.

Padahal, jika Anda bisa mengkombinasikannya dengan benar, kamar tidur akan tampak estetik, cerah, dan tidak membosankan.

Meski begitu, hindari warna cat kuning yang terlalu mencolok, pasalnya dapat menimbulkan kecemasan yang berhubungan dengan sistem saraf.

Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menggunakan warna kuning pastel atau paling tua. Kamu juga bisa memadukan warna cat kuning dengan putih.

Dengan demikian, pilihan warna cat ruang kamar tersebut baik untuk kesehatan. Pasalnya, membuat mood Anda semakin meningkat, stres yang otomatis berkurang, dan tubuh juga terasa lebih segar dari sebelumnya.

Baca Juga:  Batu Onyx: Pengertian, Kegunaan dan Keunggulannya

5. Abu-abu Muda

abu abu
Contoh atau gambaran kamar tidur dengan warna cat abu abu muda (Foto: pinterest)

Dalam desain minimalis, abu-abu muda menjadi salah satu warna cat kamar tidur yang sejuk dan netral yang dapat menyatukan skema warna apapun.

Beberapa orang mungkin menganggapnya membosankan, faktanya warna abu-abu muda mampu menciptakan tampilan kamar tidur yang modern.

Pemilihan warna cat serbaguna ini tak hanya menghadirkan suasana elegan serta kekinian saja, melainkan juga memunculkan citra ruangan yang tenang dan lapang sekaligus.

Lebih lanjut, kamar tidur yang terlihat lebih lapang akan menjadikan pikiran rileks dan membuat pemiliknya mudah terlelap. Dengan demikian, waktu istirahat pun terasa lebih nyaman.

Warna abu-abu muda yang dipercaya sebagai warna yang baik untuk kesehatan ini bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan warna cat. Dengan memilih warna yang tepat, kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman untuk istirahat.

6. Orange

orange
tampilan warna orange pada ruang kamar tidur (Foto: flickr)

Orange (oren) tergolong ke dalam warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan, sebab berkaitan dengan sukacita.

Karena termasuk elemen api, feng shui juga percaya bahwa orange adalah perpaduan merah dan kuning yang mampu membawa energi menyenangkan serta meningkatkan produktivitas setiap penghuni.

Apalagi warna orange bisa mensugesti penghuni ruangan agar merasa lebih sejuk, sehingga Anda dapat tidur nyenyak di malam hari. Walaupun jarang menjadi opsi cat kamar tidur oleh beberapa orang, warna ini diklaim dapat menjaga tubuh untuk tetap rileks, loh!

Jika masih ragu untuk menggunakan warna orange, Anda dapat memadukannya dengan cat dan furnitur yang memiliki aksen warna kayu krem atau putih.

Supaya hasil cat lebih bagus dan tidak bertekstur, pastikan untuk melakukan plamir tembok terlebih dahulu, ya.

Baca Juga:  12 Jenis Engsel Pintu Terbaik dan Cara Memasangnya

7. Cokelat Muda

coklat muda
suasana kamar tidur dengan warna cat coklat muda (Foto: pinterest)

Menjadi warna andalan sejuta umat, cokelat termasuk ke dalam warna cat untuk ruang tidur yang memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Pilihan warna ini digadang-gadang cocok untuk beristirahat dan bersantai, karena mampu menciptakan sensasi hangat yang tak terduga.

Cat warna kamar tidur yang bagus tersebut juga bisa membangun suasana yang damai bagi Anda untuk memulai hari yang indah. Apabila ingin terlebih lebih modern, kombinasi warna yang paling tepat yaitu cokelat muda dengan sentuhan warna krem atau putih.

Sebaiknya, hindari mencampur cat tembok berwarna cokelat tua yang terlalu gelap. Tujuannya, menghindari efek sempit dan membuat Anda tidak ingin beranjak dari tempat tidur pada keesokan hari nya.

8. Krem

krem
keindahan yang tercipta dari warna krem (Foto: pinterest)

Jika bosan dengan warna cat netral yang monoton, krem bisa menjadi pertimbangan yang paling jitu. Krem adalah warna yang canggih dengan sedikit kehangatan cokelat dan banyak kesegaran putih.

Pada dasarnya, krem tidak jauh berbeda dengan warna putih, karena memberikan kesan ruang yang luas dan bersih. Dengan menggunakan cat warna krem, Anda bisa melihat pemandangan di kamar tidur yang sejuk dan hangat.

Tak hanya menyajikan rasa hangat dan kesederhanaan, krem juga merupakan warna cat yang baik untuk kesehatan. Hanya berbekal melihat dinding warna krem, pikiran Anda pun langsung tenang dan keinginan untuk tidur juga meningkat tajam.

cat tembok
Lengkapi kebutuhan bangunan anda dengan Cat Tembok berkualitas di UKUR

Tertarik Menghadirkan Warna di Atas untuk Kamar Anda?

Selain mempertimbangkan segi estetika, Anda juga harus mengedepankan warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan demi terwujudnya kualitas tidur yang optimal. Sedang mencari cat tembok berkualitas tanpa keluar rumah? Sekarang waktu yang tepat untuk berkunjung ke Ukur.com.

Hanya marketplace ini yang menawarkan harga kompetitif, bersamaan banyaknya pilihan kategori, mulai dari plafon, atap, furniture, hingga material konstruksi. Proses pengiriman mudah dan cepat, sehingga Anda dapat menerima produk tanpa diselimuti rasa kekhawatiran yang berarti. Yuk, lengkapi kebutuhan rumah Anda di Ukur.com!