Mengenal Apa Itu UPVC, Kelebihan dan Kekurangan untuk Rumah

Mengenal Apa Itu UPVC, Kelebihan dan Kekurangan untuk Rumah

Sudah bukan rahasia umum jika UPVC adalah salah satu solusi terbaik dalam membangun rumah kuat dan tahan lama dengan material yang ekonomis. Namun, lantaran menjadi jenis material terbaru, masih banyak yang belum tahu kelebihan dan kekurangan UPVC.

Walau demikian, kebanyakan orang memandang kelebihan UPVC adalah sebagai jenis plastik yang sangat kuat dan tahan lama sehingga dapat menggantikan bahan tradisional seperti kayu atau logam dalam konstruksi. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan mengapa jenis PVC ini telah menjadi bahan unggulan.

Apa Itu UPVC?

Pada dasarnya, Unplasticized Polyvinyl Chloride atau UPVC adalah salah satu jenis bahan plastik PVC yang dibuat melalui proses khusus. Secara spesifik, bahan ini mengalami proses polimerisasi, tapi masih bersifat lentur untuk kebutuhan konstruksi.

UPVC pada kebutuhan konstruksi
Source image: freepik.com

Kelebihan UPVC sebagai material bangunan cukup baik untuk menghadapi berbagai jenis cuaca, anti korosi, dan tahan lama. Inilah sebabnya mengapa bahan ini menjadi salah satu pilihan utama untuk berbagai aplikasi dalam industri konstruksi.

Mulai dari pembuatan kusen, pintu, hingga jendela yang bisa Anda gunakan untuk berbagai desain dan konsep interior. Apalagi beberapa inovasi jenis PVC ini juga bisa menjadi lapisan pada kerangka besi atau galvanis yang berguna untuk meningkatkan daya tahan dan kualitas kusen atau produk bangunan lainnya.

Jenis Penggunaan UPVC

Material ini cukup populer dalam industri pembangunan karena penggunaannya cukup beragam. Adapun macam-macam penggunaan materian UPVC adalah:

1. Pintu

Jenis penggunaan utama dari UPVC adalah pintu. Umumnya, pintu berbahan dasar jenis PVC ini terbagi dalam dua klasifikasi. Bagi para pemborong, mereka biasanya harus memilih antara pintu swing (kupu tarung) atau pintu sliding (geser). Anda harus memilih jenis pintu dengan menyesuaikan konsep dan interior rumah.

Baca Juga:  Kayu Solid: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Jendela

Jenis penerapan berikutnya yang cukup mudah Anda jumpai adalah jendela. Biasanya, Anda dapat memilih satu dari berbagai tipe PVC yang ada. Anda dapat menemukan penggunaan bahan ini pada jendela dalam beberapa jenis, seperti jendela swing, folding, sliding, atau angkat.

Penggunaan UPVC Bagian Pintu dan Jendela
Source image: freepik.com

3. Panel Dinding

Berikutnya ada panel dinding yang mana jadi solusi praktis untuk menutupi dinding dalam atau luar rumah. Sebab, kelebihan UPVC adalah sebagai material yang tahan terhadap kelembaban dan mudah dirawat. Pilihan tekstur dan warnanya juga lebih beragam, sehingga Anda bisa menciptakan tampilan interior yang menarik.

4. Atap

Material ini juga bisa Anda gunakan untuk atap rumah atau yang lebih umum Anda kenal sebagai kanopi. Lantaran jenis material ini cukup kuat dan fleksibel untuk atap, jenisnya juga sangat beragam. Mulai dari double layer skydeck, single layer exceltech, elite roof, Alderon dan masih banyak lagi.

Atap UPVC
Lengkapi material bangunan anda dengan Atap UPVC berkualitas di UKUR!

5. Pipa

Pada dasarnya, pipa berperan penting untuk kebutuhan sanitasi dalam bangunan tersebut. Karena berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan air, pemilihan material yang tepat bisa jadi solusi yang bijak. Untungnya, jenis PVC ini menjadi solusi terbaik karena tak terdeteksi timbal, sehingga aman untuk sanitasi.

Kelebihan dan Kekurangan UPVC

Setelah mempelajari informasi umum dan jenis penggunaannya, kini Anda bisa mulai beralih untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan UPVC. Berikut adalah penjelasannya:

1. Kelebihan UPVC

Pada dasarnya, banyak pemborong lebih memilih bahan material ini karena memiliki banyak kelebihan, mulai dari:

  • Tahan terhadap berbagai perubahan cuaca ekstrem, sinar UV, dan korosi. Sehingga, material ini cukup ideal untuk penggunaan luar ruangan, seperti pintu, jendela, hingga sistem sanitasi pada sebuah bangunan.
  • UPVC adalah material yang tidak memerlukan perawatan rutin yang intensif, seperti kayu yang harus rutin Anda cat ulang atau besi yang perlu Anda lapisi anti-karat.
  • Kelebihan UPVC juga mencakup kemampuan isolasi termal yang baik, sehingga memungkinkan suhu ruang lebih stabil. Material ini cocok untuk membantu menjaga suhu dalam rumah, serta mengurangi biaya energi untuk mesin pemanasan maupun AC.
  • Tak seperti bahan besi atau seng yang bisa menghasilkan suara berisik, jenis PVC ini memiliki kemampuan isolasi akustik yang cukup baik. Material ini cukup efektif untuk digunakan di tempat berangin, karena membantu mengurangi kebisingan dari luar.
  • Jenis PVC ini juga memiliki ketahanan terhadap air dan kelembaban, menjadikannya pilihan yang terbaik untuk penggunaan dalam sanitasi dan perpipaan.
  • Material ini juga relatif ringan dan mudah untuk diaplikasikan. Sifat lentur dari turunan plastik membuat siapa pun yang menggunakan bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.
  • Walaupun berbahan dasar plastik, namun material ini cukup mudah untuk Anda daur ulang, sehingga mereka memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah daripada beberapa alternatif material lainnya.
  • Karena UPVC adalah bahan yang mudah dibentuk, ketersediaan dalam desain, warna, dan tekstur menjadi lebih beragam. Kelebihan ini akan membantu memberikan fleksibilitas dalam menciptakan estetika yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep bangunan.
Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama
UPVC adalah material yang mudah diolah
Source image: freepik.com

2. Kekurangan UPVC

Jika sesuatu memiliki banyak kelebihan, sudah pasti ada kekurangannya. Berikut ini kekurangan UPVC yang bisa menjadi pertimbangan lanjutan dalam penggunaannya:

  • Walaupun kelebihan UPVC ialah bersifat tahan air, tapi kekurangan mereka ialah sekali tidak tahan terhadap api dan suhu panas. Saat terkena panas tinggi, bahan ini dapat meleleh dan membentuk asap beracun.
  • Biaya awal untuk membeli dan menginstal jenis PVC ini umumnya lebih tinggi daripada material alternatif lain, seperti kayu atau beberapa jenis plastik lainnya.
  • Proses produksi material ini memerlukan energi yang cukup besar. Jika energi berasal dari sumber yang tidak ramah lingkungan, maka dapat berdampak negatif pada lingkungan bahkan berisiko merusak ekosistem.
  • UPVC adalah material yang tidak terlalu cocok untuk membangun struktur dasar yang menopang beban berat. Sifatnya yang cukup fleksibel, membuatnya tak memiliki daya topang yang baik. Jadi, jenis PVC ini hanya bisa Anda jadikan lapisan pendukung material lainnya.
  • Material ini juga dapat mengalami deformasi jika terpapar suhu yang sangat tinggi, misalnya terpapar langsung oleh terik matahari. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan lokasi dan penggunaan jenis PVC ini dengan tepat.
UPVC mengalami deformasi
Source image: freepik.com

Apakah UPVC adalah Material Penting dalam Pembangunan?

Pada intinya, UPVC adalah inovasi yang telah mengubah cara kita memandang konstruksi bangunan, jendela, dan pintu. Meskipun memiliki kekurangan, keunggulan UPVC dalam hal daya tahan, efisiensi energi, dan ketahanan terhadap cuaca telah menjadikannya bahan yang sangat berharga dalam dunia modern.

Dengan berbagai aplikasi yang terus berkembang, jenis PVC ini terus menjadi salah satu pilihan utama dalam industri konstruksi dan desain. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan pengaplikasian yang tepat, serta pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Pilih Cat vs Wallpaper Dinding, Catat Plus Minusnya!

Anda tak perlu bingung lagi dalam mencari penyedia kebutuhan konstruksi terpercaya, karena Anda berbelanja di UKUR. Singkatnya, UKUR adalah platform Indonesia yang menyediakan layanan jual beli bahan bangunan secara online, mulai dari material lantai, pintu dan jendela, dinding dan plafon, hingga furniture.

UKUR senantiasa menghadirkan pilihan bahan bangunan dengan harga terbaik dan pilihan pembayaran dari berbagai bank, termasuk cicilan 0%. UKUR juga telah menjalin kerja sama dengan penyedia layanan ekspedisi terkemuka di Indonesia untuk memastikan pengiriman aman dan tepat waktu bagi pelanggan.