Mudah! Begini 3 Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Mudah! Begini 3 Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Bagaimana cara membuat rel pintu geser dari besi hollow? Saat ini bahan besi hollow memang banyak peminatnya karena bobotnya lebih ringan serta lebih tahan karat. Belum lagi dengan harga yang aman di kantong semakin membuat orang-orang lebih memilihnya daripada besi yang lain.

Bagi yang ingin mencoba membuat rel sliding door sendiri dari besi hollow, informasi berikut akan sangat bermanfaat. Untuk langkah-langkahnya cukup sederhana, namun memang perlu ketelitian dan kesabaran dalam membuat rel pintu sampai jadi.

Apa itu Rel Pintu Geser dari Besi Hollow?

Pintu Geser dari Besi Hollow
Foto : kpssteel.com

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat rel pintu geser dari besi hollow, Anda mesti paham dulu apa itu rel sliding door. Rel pintu geser merupakan komponen yang berfungsi agar sliding door bisa Anda buka maupun tutup dengan lancar.

Rel tersebut bahannya dari besi hollow yang terkenal sangat kuat serta tahan lama. Material besi hollow ini sangat cocok untuk menopang beban pintu dengan sangat baik.

Mungkin Anda juga bertanya kira-kira bahan apa saja yang Anda perlukan untuk membuat rel sliding door? Umumnya beberapa bahan tersebut antara lain:

  • Paku besi
  • Besi hollow yang ukurannya telah Anda sesuaikan
  • Gergaji besi
  • Pengelas serta las listrik
  • Obeng
  • Kunci inggris

Berapa Ukuran Rel Pintu Geser?

Sebenarnya untuk ukuran besi hollow untuk pintu geser cukup bervariasi. Hal tersebut menyesuaikan ukuran pintu yang ingin Anda gunakan. Maka dari itu, lakukan pengukuran secara teliti sebelum Anda membeli maupun memotong besi hollow.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Hebel saat Bangun Rumah

Cara Buat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Setelah memahami apa itu rel pintu geser hollow, informasi berikutnya yaitu bagaimana cara membuatnya.

1. Mengukur Dinding

Sebagai tahap awal, Anda perlu melakukan pengukuran terlebih dahulu. Silakan mengukur dinding yang hendak Anda pasang pintu geser. Pastikan mengukur panjang dan lebarnya secara tepat sehingga Anda tidak sekadar memprediksi berapa banyak material yang Anda butuhkan nanti.

Jika mengukur secara tepat, tidak ada lagi komponen yang terbuang atau bahkan sampai kekurangan material. Kemudian Anda juga harus memastikan dinding tersebut kuat untuk Anda pasangi pintu. Tak kalah penting, pastikan juga setiap sudut sudah presisi sehingga tidak ada bagian yang tidak rata maupun miring.

2. Siapkan Beberapa Perlengkapan

Sama seperti cara membuat railing tangga besi hollow, saat Anda ingin membuat rel pintu geser, jangan lupa menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Ini penting karena jika apa yang Anda siapkan tak sesuai, kemungkinan akan mengganggu proses pembuatan rel pintu tersebut.

Adapun perlengkapan yang harus Anda siapkan sudah tentu rel dari besi hollow. Kemudian Anda juga perlu menyediakan bracket roda, lalu engsel lipat serta roda bawah. Bagi yang mengalami kendala saat proses pemasangannya, kemungkinan Anda juga memerlukan kawat las sesuai jenis yang Anda perlukan.

Sementara itu, pada proses pembuatan rel sliding door, Anda perlu mengukur panjang permukaan untuk tempat meletakkan seluruh komponen. Lalu Anda juga perlu mencocokkannya dengan roda bawah.

Berikutnya, Anda juga perlu memastikan tak ada kemacetan rel maupun roda pintu. Caranya adalah menggerakkan roda di atas rel tersebut dengan menutup dan membuka pintu.

3. Memotong Sesuai Ukuran Standar Rel Pintu Geser

Cara membuat rel pintu geser dari besi hollow ketiga bagi yang ingin membuat rel sliding door dari besi hollow yaitu dengan memotong pintu. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan bahwa telah melakukan pengukuran secara tepat.

Seharusnya sekarang untuk ukuran dinding maupun pintu sudah sesuai. Seperti halnya cara membuat lemari pakaian dari besi hollow, Pastikan ukuran pintu juga tak terlalu kecil maupun lebar. Dengan begitu, pintu tersebut dapat tertutup dengan baik.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet

Sementara itu, bagi yang tak ingin memakai roda untuk pintu geser, maka Anda cukup memastikan bahwa rel pintu tersebut dapat menempati ruangan secara pas pada bagian permukaan.

Ketika sudah terpasang dengan baik dan presisi, coba tes pintu tersebut dengan menutup maupun membukanya beberapa kali. Penting juga agar Anda menahan arah saat menggeser pintu. Tujuannya agar tak sampai melebihi batas di bagian bawah maupun atas dekat rel.

Kemudian Anda juga perlu memasang sekrup dengan menggunakan bor listrik. Lalu pastikan bahwa bor tersebut terpasang dengan baik. Pastikan tidak ada yang sampai longgar karena dapat berbahaya ketika pintu tak seimbang.

Cara Memasang Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Rel Pintu Geser
Foto : geraiwina.wordpress.com

Setelah mempelajari bagaimana cara membuat rel sliding door dari besi hollow, Berikut tutorial memasang pintu geser besi hollow secara tepat.

1. Memasang Slot serta Gagang Pintu

Sama halnya ketika memasang pintu pada umumnya, Anda dapat memulainya dengan cara memasang slot serta gagang maupun pegangan pintu. Adapun untuk pegangan pada sliding door mempunyai jenis tersendiri yaitu bisa ditanam.

2. Buat Lubang untuk Penahan Pintu

Setelah gagang pintu berhasil Anda pasang, sekarang waktunya membuat lubang untuk penahan pintu ketika membuka maupun menutup pintu tersebut. Sementara untuk ukuran lubangnya adalah 1 x 1 cm dan posisinya di bawah pintu.

3. Pasang Rel serta Masukkan Pintu

Dalam tahap ini, Anda telah siap melakukan pemasangan rel pintu di area yang sudah Anda tetapkan. Ketika rel pintu berhasil Anda pasang, kemudian lanjutkan dengan memasukkan pintu ke rel yang sudah terpasang.

Jangan lupa bahwa Anda juga harus memasang pengunci pada bagian rel sehingga pintu tidak sampai keluar rel ketika Anda geser.

4. Lakukan Uji Coba

Ketika pintu sudah Anda pasang, masih ada tahap lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Di sini Anda masih perlu melakukan uji coba pada sliding door dan pastikan pintu tersebut tak mengalami masalah ketika Anda menutup maupun membukanya.

Baca Juga:  3 Cara Mengkilapkan Lantai Marmer Kusam dengan Bahan Rumahan

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser dari Besi Hollow

Pintu Geser dari Besi Hollow
Foto : geraiwina.wordpress.com

Ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan saat memilih menggunakan pintu geser dari besi hollow. Lalu apa saja keuntungannya tersebut?

1. Ruang Lebih Luas

Jika Anda mampu memaksimalkan pintu geser dari besi hollow dengan baik, ini memungkinkan Anda mendapatkan ruangan lebih luas. Daripada ketika Anda hanya memakai sliding door yang menuntut Anda masih harus menyiapkan ruang pada belakang pintu.

Ketika ternyata ruangan tidak tersedia, akibatnya Anda tak akan bisa membuka sliding door. Untuk itu, sliding door bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami keterbatasan ruang. Dengan begitu, ruangan terasa lebih luar dan memberikan kenyamanan.

Anda dapat memanfaatkan sisa space di ruangan tersebut untuk kebutuhan lain. Sementara itu, ketika Anda memilih memakai pintu lipat, maka hal tersebut menjadi solusi yang kurang tepat untuk pemakaian dalam ruangan. Akan tetapi, jangan lupa memilih material sliding door yang sesuai untuk keperluan Anda.

2. Ruangan Menjadi Lebih Terang

Keuntungan berikutnya dari pemasangan pintu hollow berbahan kaca yaitu ruangan terasa lebih terang. Anda akan mendapatkan pencahayaan alami sehingga hal tersebut juga bermanfaat untuk menghemat biaya listrik. Meskipun begitu, perlu Anda perhatikan juga material kaca yang Anda gunakan.

Pastikan Anda memilih sliding door yang memiliki material kaca berkualitas. Apalagi kaca dapat menjadi buram jika Anda tak melakukan perawatan secara teratur.

jual pintu geser
Dapatkan pintu geser berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Sudah Tahu Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow?

Sekian informasi tentang bagaimana langkah-langkah membuat rel sliding door dari besi hollow. Bagi yang memerlukan material besi hollow berkualitas, Anda bisa menghubungi Ukur.com. Di sini tersedia material dan furnitur apa saja yang Anda perlukan.

Selain itu, terdapat bahan material lain, seperti kaca, GRC board, hingga epoxy. Kualitas materialnya pun terjamin dan Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau. Informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi kontak Ukur.com.