Mengenal Ukuran Besi Hollow, Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

Besi Hollow

Besi hollow adalah material konstruksi dengan beragam kegunaan yang sedang naik daun belakangan ini. Jenis besi ini terkenal akan kekuatannya dan tersedianya berbagai ukuran besi hollow, sehingga permintaan pasar untuk kebutuhan proyek pembangunan terus meningkat.

Memilih ukuran dan jenis besi hollow yang tepat pastinya akan meningkatkan nilai guna dan estetika bangunan Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas fungsi, jenis, dan daftar ukuran besi hollow yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan pembangunan impian Anda.

Pengertian Besi Hollow

Besi hollow adalah material bangunan yang memiliki bentuk kotak persegi panjang dengan rongga di tengahnya. Sehingga, tampilannya sekilas seperti tabung atau pipa yang terbuat dari material logam (besi, galvalum, baja ringan, dan lain-lain).

Jika Anda mempelajari teknik bangunan seperti cara membuat railing tangga besi hollow atau cara membuat kanopi dari besi hollow, keduanya memanfaatkan material yang sama. Bahkan, karena sifatnya yang cukup kokoh tapi mudah dibentuk, Anda juga bisa membuat pintu dan pagar dari material satu ini.

Secara sekilas, mungkin ukuran besi hollow bisa sedikit lebih tipis daripada besi solid maupun kayu. Namun, dari segi efektifitas dan ketahanannya, material ini punya banyak keunggulan. Walau terbuat dari besi, kebanyakan jenis besi hollow punya ketahanan karat yang cukup tinggi.

Dengan imajinasi, desain, perencanaan, dan penanganan yang tepat, besi ini bisa menjadi produk yang indah atau memiliki nilai guna yang besar. Tentunya dari daftar ukuran besi hollow maupun jenisnya, Anda harus bisa mengenal karakter masing-masing untuk memiliki material terbaik.

besi hollow
Foto : rumah123.com

Fungsi Besi Hollow

Lantaran karakternya yang mendukung, material besi ini memiliki banyak fungsi. Adapun beberapa fungsi besi hollow adalah:

  • Struktur Bangunan: Besi ini sangat mudah dijumpai dalam pembuatan rangka baja untuk gedung, jembatan, dan struktur bangunan lainnya. Kekuatan dan kestabilannya yang baik mampu mendukung beban bangunan secara merata.
  • Rangka Pagar dan Gerbang: Dalam pembuatan pagar, gerbang, dan pagar besi, Anda juga bisa menjumpai material ini sebagai bahan utamanya.
  • Konstruksi Fasilitas Olahraga: Pembangunan lapangan olahraga, tribun, dan fasilitas olahraga juga sering memanfaatkan beberapa jenis besi hollow.
  • Desain Arsitektur: Fungsi besi hollow berguna dalam desain arsitektur untuk elemen dekoratif seperti jendela, pintu, pagar, railing tangga, dan ornamen lainnya. Contohnya seperti dalam cara membuat rel pintu geser dari besi hollow.
  • Penyangga Atap: Produk besi ini juga sering digunakan sebagai penyangga atap pada bangunan komersial dan industri. Baik itu pada atap datar, atap lengkung, atau atap kanopi.
  • Konstruksi Rangka Kendaraan: Selain bangunan, industri otomotif juga salah satu bidang kerja yang juga memanfaatkan fungsi besi hollow. Umumnya, besi ini menjadi konstruksi rangka kendaraan hingga penambahan atribut pendukung pada kendaraan.
  • Industri Maritim: Dalam konstruksi kapal dan struktur maritim lainnya, besi hollow adalah salah satu material andalan, karena memiliki daya tahan tinggi terhadap korosi air laut.
  • Struktur Penyangga Pipa: Produk besi ini sering digunakan sebagai struktur penyangga untuk pipa, terutama dalam industri minyak dan gas, karena memiliki daya tahan yang baik terhadap karat.
Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

Daftar Ukuran Besi Hollow

Sebenarnya, ukuran besi hollow sangatlah beragam, bahkan beberapa supplier juga menjualnya dalam ukuran custom. Namun, kebanyakan varian memiliki panjang sekitar 6 meter, seperti halnya beberapa daftar ukuran besi hollow umum berikut ini:

  • 20 x 20 x 1,5 mm
  • 30 x 30 x 1,5 mm
  • 40 x 20 x 1,5 mm
  • 60 x 30 x 1,5 mm
  • 30 x 30 x 1,7 mm
  • 40 x 20 x 1,7 mm
  • 40 x 40 x 1,7 mm
  • 50 x 50 x 1,7 mm
  • 60 x 30 x 1,7 mm
  • 60 x 40 x 1,7 mm
  • 40 x 40 x 2,7 mm
  • 75 x 75 x 2,7 mm
  • 100 x 50 x 2,7 mm
  • 100 x 150 x 4,4 mm
  • 125 x 125 x 4,4 mm
  • 150 x 150 x 4,4 mm
  • 100 x 100 x 4,5 mm

Untuk harga dan jenis besi hollow biasanya menyesuaikan lokasi atau supplier yang Anda pilih. Jadi, harga bisa sangat bervariatif, umumnya harga pasaran sekitar Rp50.000,00 hingga lebih dari Rp1.900.000,00 tergantung spesifikasi.

Besi Hollow
Foto : blkp.co.id

Jenis Besi Hollow

Ada beragam jenis-jenis besi hollow yang bisa Anda manfaatkan, seperti halnya:

1. Besi Hollow Hitam

Seperti namanya, varian besi ini memiliki permukaan hitam keabu-abuan dan terbuat dari plat besi hitam. Karakteristik utamanya adalah memiliki tekstur yang kokoh, tebal, dan tahan api namun rentan terhadap karat. Sehingga, penggunaannya harus Anda lapisi cat anti basah dan karat untuk perlindungan tambahan.

2. Besi Hollow Galvanis

Umumnya, varian besi ini terbuat dari plat besi galvanis yang sudah memiliki lapisan seng untuk melindungi besi dari korosi. Selain lebih baik dalam menangkal karat, ukuran besi hollow ini juga lebih beragam dengan komposisi 97% zinc, 1% alumunium, dan unsur-unsur pendukung lainnya.

3. Besi Hollow Galvalume

Besi hollow galvalume adalah perpaduan lapisan aluminium dengan kadar 55%, besi 43,5%, dan 1,5% silikon. Lapisan galvalume membuat besi ini lebih tahan terhadap korosi daripada fungsi besi hollow galvanis. Umumnya terdiri dari 55% alumunium, 43,5% zinc, dan sisanya lapisan silicon.

Baca Juga:  Decking: Jenis, Kelebihan dan Cara Pemasangannya

4. Besi Hollow Gypsum

Ada juga jenis material gypsum yang sering jadi rangka plafon rumah, karena memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dari jenis lainnya. Sekalipun dengan beberapa jenis sebelumnya dengan spesifikasi dan ukuran yang sama.

Besi Hollow
Foto : putrasuryaperdana.com

Keunggulan Besi Hollow

Pemilihan besi ini bukanlah tanpa alasan, pasalnya banyak keunggulan yang mendasarinya. Adapun keunggulan-keunggulannya sebagai berikut:

  • Memiliki kekuatan yang baik dan mampu menahan beban struktural dengan lebih baik. Sehingga ideal untuk penggunaan rangka bangunan dan struktur konstruksi lainnya.
  • Meskipun lebih kuat, namun material ini memiliki berat yang relatif lebih ringan daripada beberapa bahan konstruksi lainnya, seperti kayu dan juga beton.
  • Walaupun bahan dasarnya adalah besi, namun karakter utama dari sebagian hollow lebih tahan terhadap serangan karat.
  • Bentuk, ketebalan, dan daftar ukuran besi hollow yang cukup beragam membuat material ini lebih fleksibel dalam perancangan struktur proyek. Karakternya yang fleksibel membuatnya lebih mudah terpotong, bengkok, dan Anda olah sesuai kebutuhan.
  • Jika Anda bandingkan dengan material lainnya, besi ini memiliki harga yang lebih terjangkau serta lebih mudah Anda dapatkan.
  • Penggunaan material ini juga berguna dalam memberikan tampilan yang lebih estetik dan menarik. Tak heran sering muncul pada pembuatan tampilan interior ruang hingga furniture.

Kekurangan Besi Hollow

Walaupun memiliki bentuk, ketebalan, dan daftar ukuran besi hollow yang cukup beragam, namun material ini juga punya kekurangan seperti:

  • Struktur besi yang berongga membuatnya kurang mampu menahan beban terlalu berat. Sehingga perhitungannya harus benar-benar sesuai, misal dalam cara menghitung atap baja ringan, Anda harus tahu beban maksimal yang bisa rangka atap tampung.
  • Beberapa jenis juga lebih mudah korosi, sehingga perlu adanya lapisan cat anti-korosi dan perlu pengecatan ulang secara berkala.
jual besi hollow
Dapatkan aneka jenis besi hollow berkualitas dengan harga diskon di Ukur!

Sudah Tahu Apa Itu Besi Hollow?

Jadi secara keseluruhan, besi hollow adalah salah satu material terbaik untuk berbagai kebutuhan pembangunan. Walaupun ada kelebihan dan kekurangannya, selama Anda memahami dan memilih jenis dengan benar, menghitung ukuran besi hollow dengan tepat, pastinya hasil masih bisa Anda rasakan manfaatnya.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik dan Cara Memilihnya

Tentunya memilih produk terbaik dari produsen terpercaya akan menjadi kunci memaksimalkan manfaat tersebut. Untungnya e-commerce UKUR menyediakan berbagai kebutuhan alat dan material konstruksi, termasuk besi dan baja hollow dari berbagai ukuran. Ada juga barang elektronik dan kebutuhan rumah tangga lainnya!

Tentunya semua barang yang terjual di UKUR punya harga bersaing dan terjangkau di kelasnya dengan proses pembayaran yang cepat, aman, dan praktis melalui bank dan cicilan 0%. Kami menggunakan layanan Anteraja dan JNE untuk mengirim pesanan Anda ke seluruh Indonesia dengan cepat.