6 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar, Mudah!

6 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar, Mudah!

Mencuci dan membersihkan peralatan elektronik seperti kipas angin memang harus hati-hati agar mesinnya tidak rusak. Meskipun begitu, Anda tidak perlu memanggil jasa untuk membersihkannya karena cara membersihkan kipas angin cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri, baik itu dengan atau tanpa membongkar kipas.

Pentingnya Membersihkan Kipas Secara Rutin

Sebelum membahas cara membersihkan kipas angin, Anda perlu mengetahui mengapa kipas angin harus dibersihkan secara rutin. Langsung saja, berikut alasannya:

  • Menjaga kualitas dan sirkulasi udara.
  • Menghemat energi dan mengurangi biaya listrik karena kipas yang kotor akan bekerja lebih berat sehingga membutuhkan lebih banyak energi.
  • Membuat kipas angin lebih awet.
  • Menjaga kinerja kipas angin.
  • Mencegah tumpukan debu yang dapat mengganggu pernapasan atau menyebabkan alergi.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Kipas?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Kipas?
Source image: freepik.com

Setelah mengetahui pentingnya membersihkan kipas, lantas kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Sebenarnya, tidak ada acuan khusus kapan waktu yang tepat untuk membersihkan kipas. Anda bisa membersihkan kipas saat debu di baling-baling terlihat menumpuk dan kinerja kipas mulai melambat. Idealnya, Anda harus membersihkannya setiap satu atau dua bulan sekali.

Namun, saat musim kemarau, Anda perlu lebih sering mencuci dan membersihkan kipas. Pasalnya, pada musim kemarau akan lebih banyak debu yang bisa menempel dan membuat kipas angin menjadi kotor.

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Bongkar Pasang

Anda bisa membersihkan kipas angin tanpa membongkarnya sama sekali, lho. Tentu saja cara ini paling disukai lantaran mudah, praktis, dan cepat. Langsung saja, berikut cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar baling-balingnya:

Baca Juga:  4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!

1. Menggunakan Kompresor Udara

Cara membersihkan kipas angin yang pertama adalah menggunakan kompresor udara. Kompresor udara akan memanfaatkan tiupan udara yang keluar untuk membersihkan kipas tanpa membongkarnya.

Caranya, letakkan kipas angin di ruang terbuka, lalu biarkan angin yang keluar dari kompresor menghilangkan debu pada kipas. Kompresor udara membantu menghilangkan 95% debu. Selanjutnya bersihkan menggunakan kain lembap atau kemoceng.

Kompresor Udara
Source image: freepik.com

2. Menggunakan Bahan Pembersih

Ingin cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar baling-baling yang lebih simple? Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah, misalnya bahan pembersih.

Kipas angin memang termasuk barang elektronik, namun Anda tetap bisa mencucinya dengan aman memakai bahan pembersih. Mulailah dengan memposisikan kipas angin berdiri. Lalu, tuangkan air ke arah bawah agar tidak masuk atau mengenai mesin.

Supaya lebih aman, Anda bisa menutup mesin menggunakan bahan waterproof. Contoh pembersih yang bisa Anda gunakan yaitu pembersih yang mengandung natrium hipoklorit.

Setelah dibersihkan, jangan lupa jemur kipas angin selama beberapa menit di bawah sinar matahari. Kipas harus benar-benar kering sebelum Anda nyalakan kembali.

3. Menggunakan Blower

Langkah-langkah membersihkan kipas menggunakan blower hampir sama dengan kompresor udara. Anda tinggal mengarahkan blower ke kipas angin agar debunya hilang seketika terbawa oleh angin.

Sayangnya, cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang ini tidak cukup efektif jika debunya terlalu tebal. Jika memang Anda ingin menggunakan blower, maka sebaiknya Anda lebih rutin membersihkan kipas sebelum debu menumpuk.

4. Menggunakan Penyedot Debu

Penyedot debu atau vacuum cleaner juga bisa membantu Anda membersihkan kipas angin tanpa membongkarnya. Cara membersihkan kipas angin menggunakan penyedot debu sama seperti ketika membersihkan sofa atau karpet.

Anda tinggal menyalakan penyedot debu, lalu mengarahkannya pada kipas angin. Nantinya, alat penyedot debu akan menyedot semua debu-debu yang ada. Jangan lupa untuk membersihkan bagian sudut kipas karena biasanya ada banyak sekali debu yang menumpuk di sana.

Baca Juga:  Begini 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan Karpet

5. Menggunakan Hair Dryer

Hair Dryer
Source image: freepik.com

Beberapa alat di atas mungkin sulit Anda dapatkan. Alternatif lain yaitu membersihkan kipas angin menggunakan hair dryer. Manfaatkan hair dryer untuk mendorong debu keluar dari kipas angin.

Saat menyalakan hair dryer, sebaiknya beri jarak sekitar 12 sampai 25 cm. Gunakan udara paling dingin dari hair dryer agar alat tidak terlalu panas. Namun membersihkan kipas angin dengan hair dryer kurang efektif jika debunya terlalu tebal karena sejatinya hair dryer termasuk alat yang cukup kecil.

6. Menggunakan Campuran Baking Soda, Cuka, dan Sabun

Anda bisa menggunakan campuran baking soda, cuka, dan sabun untuk membersihkan kipas. Bahkan, cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang ini termasuk paling simple dan mudah dilakukan.

Siapkan 3 sendok makan baking soda, setengah gelas cuka, dan 2 sendok makan sabun cuci piring. Campur semua bahan, lalu semprotkan pada kipas yang berdebu.

Kemudian, masukkan kipas angin pada sebuah plastik atau tempat yang besar. Selanjutnya nyalakan dalam kecepatan tinggi selama 5 menit. Nantinya, debu-debu di kipas akan terlepas.

ementara plastik tersebut menjaga debu agar tidak ke mana-mana.

Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Membongkarnya
Source image: freepik.com

Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Membongkarnya

Jika debu di kipas angin sudah terlalu menumpuk, maka jalan satu-satunya agar kipas bersih sempurna adalah membongkarnya. Berikut ini cara membersihkan kipas angin dengan membongkar bagian baling-baling:

1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan tentu saja menyiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Adapun alat dan bahannya yaitu kain lap, spons, sabun, dan obeng untuk membuka kipas. Anda juga perlu menggunakan sarung tangan dan masker untuk melindungi diri dari debu kipas yang mungkin beterbangan.

2. Matikan Kipas Angin dan Cabut Kabelnya

Jika semuanya sudah siap, jangan lupa matikan kipas angin dan cabut kabel dari stop kontak. Tujuannya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan seperti korslet atau tersengat listrik. Selain itu, usahakan steker atau colokan kipas angin jauh dari air.

Baca Juga:  Cara Pasang Plafon PVC Sendiri dengan Mudah dan Cepat
Buka Jeruji Pelindung Kipas
Source image: freepik.com

3. Buka Jeruji Pelindung atau Penutup Kipas

Agar lebih optimal, cara membersihkan kipas angin yang tepat yaitu dengan membuka jeruji pelindung atau penutup kipas. Biasanya, bagian jeruji inilah yang membuat Anda sulit membersihkan kipas.

Apabila jeruji dilepas, maka Anda bisa membersihkan setiap detail bagian kipas. Cara melepas jeruji pelindung biasanya cukup menggunakan obeng. Jangan lupa untuk membersihkan jerujinya juga.

4. Bersihkan Baling-Baling Kipas

Lepaskan bagian baling-baling, lalu bersihkan menggunakan sabun dan spons atau kain lap. Bagian baling-baling kipas biasanya tidak memiliki kabel, jadi Anda bisa membersihkannya dengan bebas.

5. Keringkan Kipas Angin

Sebelum memasang semua komponen kipas, Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu. Akan lebih mudah jika Anda mengeringkan setiap komponen sendiri-sendiri. Pastikan kering sempurna karena air bisa menyebabkan korsleting.

Bersihkan Setiap Bagian Kipas
Source image: freepik.com

6. Pasang Kembali Kipas

Setelah yakin kipas sudah bersih dan kering, Anda tinggal memasang semua komponennya. Gunakan obeng agar pemasangan lebih mudah.

beli kipas angin dinding di Ukur
Buat suasana ruangan semakin sejuk dengan kipas angin dinding berkualitas dari Ukur!

Cara Membersihkan Kipas Angin Cukup Mudah, Bukan?

Itulah informasi lengkap cara membersihkan kipas angin dengan atau tanpa membongkar bagian kipas yang mudah, cepat, dan simple. Pastikan membersihkan kipas secara rutin untuk menjaga performa kipas dan melindungi kesehatan Anda.

Jika kipas mulai rusak, maka Anda bisa memperbaikinya atau membeli baru di UKUR.com. UKUR.com merupakan marketplace jual beli online barang konstruksi dan interior. Ada banyak kategori produk yang bisa Anda beli di sana, mulai dari produk furniture, safety, AC, pintu dan jendela, elektronik, sanitary, lantai, dan lain-lain.

Nah, kelebihan membeli kipas angin di UKUR.com yaitu banyak pilihan metode pembayaran, merchant terpercaya, pengiriman cepat dan aman, komunikasi mudah, dan tersedia di semua platform. Jangan ragu membeli barang di marketplace ini karena lengkap dan terpercaya.