11 Rekomendasi Model Plafon Ruang Tamu Elegan

plafon ruang tamu elegan

Plafon ruang tamu elegan menjadi model yang menjadi kegemaran banyak orang. Model yang elegan memberikan kesan mewah namun tidak berlebihan. Mungkin Anda masih bingung, model seperti apa yang cocok dengan desain rumah Anda. Berikut ini adalah inspirasi yang mungkin bisa Anda terapkan di ruang tamu Anda.

Inspirasi Plafon Ruang Tamu Elegan

Ada banyak model plafon yang akan memberikan kesan elegan bagi ruang tamu Anda. Berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk Anda sesuaikan dengan kebutuhan rumah.

1. Plafon Gypsum dengan Lampu LED

Plafon Gypsum dengan Lampu LED
Foto: homecare24.id

Jika Anda ingin jenis plafon yang menarik, Anda bisa mencoba kombinasi plafon gypsum dengan lampu LED (Light Emitting Diode). Tak hanya memberikan penerangan tambahan, lampu LED bisa menambah dekorasi di ruang tamu Anda.

Bentuk dan warna dekorasi bisa Anda sesuaikan dengan tema ruangan. Namun, biasanya warna lampu yang netral adalah putih atau kuning. Gypsum adalah bahan yang memberikan kesan kokoh dan kuat pada plafon Anda. Kedua kombinasi tersebut akan menghasilkan ruangan yang terasa mewah.

Jika penerangan dari LED kurang, Anda bisa menambahkan lampu gantung yang temanya masih senada. Ada satu bahan yang mirip dengan gypsum, yaitu kalsiboard. Kalsiboard memungkinkan Anda membuat konsep minimalis sama dengan bahan gypsum.

2. Plafon Panel Putih

Plafon Panel Putih
Foto: rumarumi.com

Jika Anda memiliki ruang tamu yang luasnya terbatas, Anda tak perlu khawatir. Model plafon ruang tamu elegan dengan panel putih akan memberikan kesan luas pada ruangan Anda. Selain itu, secara tidak langsung Anda telah menerapkan tema minimalis.

Baca Juga:  25 Set Box TV Digital untuk TV Tabung, Bersertifikat Kominfo!

Anda bisa menambahkan aksen berupa ukiran jika ingin plafon lebih hidup. Aksen ukiran membuat plafon menjadi lebih cantik dengan tidak meninggalkan kesederhanaan. Tanpa menambah aksen ukiran pun tak masalah. Kesan minimalis akan lebih terasa.

3. Plafon 3D

Plafon 3D
Foto: jualplafonmurah.com

Apakah ruang tamu Anda tidak memiliki terlalu banyak dekorasi? Jika iya, Anda bisa menambahkan plafon 3D untuk menambah kesan mewah dekorasinya.

Model plafon 3D cocok Anda terapkan di ruangan yang bentuknya persegi atau persegi panjang. Tidak semua bagian akan berbentuk 3D, biasanya hanya beberapa bagian saja sehingga ada perbedaan dimensi pada plafon.

Model plafon ini juga cocok jika Anda tambahkan lampu gantung. Pilih model lampu gantung yang tidak terlalu heboh, namun tetap terlihat mewah.

4. Plafon Ruang Tamu Elegan Kayu Balok

Plafon Ruang Tamu Elegan Kayu Balok
Foto: ragfair.ch

Anda ingin desain plafon estetik? Model plafon kayu balok adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba. Plafon ini cocok Anda terapkan pada ruangan dengan konsep minimalis yang sederhana karena kayu balok di atas kepala akan terlihat menonjol. Selain itu, kayu balok tersebut bisa Anda isi lampu atau Anda susun sesuai keinginan.

Jika Anda menyukai konsep tradisional, plafon yang kayu balok bisa Anda buat dengan bahan kayu. Selain itu, motif alami kayu akan menambah kesan klasik yang penuh budaya. Anda juga bisa memberikan sentuhan akhir berupa ukiran pada kayu apabila ingin kesan yang lebih mewah.

5. Model Minimalis

plafon Model Minimalis
Foto: youtube.com

Model plafon minimalis tak pernah salah Anda terapkan pada konsep rumah apapun. Tak heran jenis ini adalah model yang paling banyak digunakan pada ruang tamu. Meski sederhana, plafon minimalis tidak meninggalkan kesan murahan.

Justru plafon minimalis memberikan kesan kemewahan yang tidak berlebihan pada rumah Anda. Biasanya bahan yang digunakan untuk model plafon ini adalah GRC (Glass Reinforced Concrete).

Anda juga bisa, lho, menambahkan plafon akustik untuk meredam suara-suara yang biasanya mengganggu. Penambahan ini masih cocok dengan plafon ruang tamu elegan minimalis yang Anda inginkan.

Baca Juga:  9 Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

6. Plafon Berundak

Plafon Berundak
Foto: More Furniture

Desain plafon ruang tamu model berundak dibuat dengan bagian tengah menjorok ke dalam dan sisi-sisinya lebih rendah. Meski terlihat mirip, namun model ini berbeda dengan model plafon bertumpuk.

Model plafon berundak akan memberikan kesan hangat dengan perbedaan tebal tipis pada setiap bagiannya. Ini menggambarkan aksen mewah yang tidak berlebihan.

Jika Anda ingin menambah penerangan, lampu bisa Anda letakkan pada bagian pojok setiap undakan. Pemilihan lampu warna kuning akan menambah kesan hangat yang ingin Anda bangun.

7. Plafon Bertumpuk

Plafon Bertumpuk
Foto: mamikos.com

Desain plafon ruang tamu bertumpuk dengan konsep minimalis mampu memberikan kesan estetik pada ruang tamu Anda. Plafon tripleks bertumpuk cocok Anda terapkan di ruang tamu berkonsep minimalis yang sederhana karena tumpukan plafon akan memberikan tekstur sebagai sentuhan manis.

Apabila Anda lebih menyukai konsep tradisional, Anda bisa memilih kayu sebagai bahan plafon. Motif alami kayu adalah sentuhan tradisional yang menawan, namun tidak berlebihan. Penambahan perabotan dengan bahan kayu juga akan menunjang konsep ruang tamu tradisional Anda.

8. Plafon Ruang Tamu Elegan Desain Mewah

Plafon Ruang Tamu Elegan Desain Mewah
Foto: Media Labuan Bajo

Desain plafon mewah untuk ruang tamu tak pernah salah memberikan kesan elegan pada rumah Anda. Biasanya, desain mewah cocok dipadukan dengan warna netral seperti putih dan krem. Tambahan lampu gantung dengan model serupa dapat menunjang kemewahan ruang tamu.

Plafon dengan desain mewah tidak selalu berbentuk persegi atau persegi panjang. Anda bisa mengeksplorasi bentuk lain yang masih cocok dengan konsep ruangan. Jika lampu gantung kurang memberi penerangan, Anda bisa menambah lampu LED supaya ruangan terkesan lebih hangat dan nyaman.

9. Desain Plafon dengan Kesan Hangat

Desain Plafon dengan Kesan Hangat
Foto: solokontraktor.com

Model plafon apapun bisa Anda atur supaya memiliki kesan hangat. Kesan hangat bisa Anda dapatkan dari pengaturan cahaya dan model perabotan yang Anda pilih. Biasanya kesan hangat akan muncul dengan pemilihan lampu dengan warna kuning.

Baca Juga:  7 Daftar Merk Sofa Terbaik di Indonesia, Berkualitas dan Terkenal!

Apabila lampu LED kurang terang, Anda bisa menambahkan lampu gantung dengan warna senada. Namun, pilihlah desain lampu gantung yang sederhana supaya kesan hangat masih terasa. Ruang tamu dengan kesan hangat cocok menggunakan desain plafon ruang tamu elegan minimalis.

10. Plafon Gaya Keraton

Plafon Gaya Keraton
Foto: pinterest.com

Apabila Anda ingin desain plafon unik dan klasik, gaya keraton adalah pilihan yang tepat. Gaya keraton mengedepankan arsitektur tradisional dengan bahan dasar kayu. Kayu tersebut biasanya memiliki ukiran yang khas.

Perlu Anda ketahui bahwa plafon ruang tamu elegan gaya keraton akan memberikan kesan ruang tamu yang mewah. Namun, kemewahan yang hadir bukan kesan mewah modern seperti gaya barat. Ruang tamu Anda akan terasa seperti kerajaan pada masa lampau. Dengan kata lain, model plafon ini cocok dengan desain ruang tamu klasik.

11. Plafon Belah Ketupat

Plafon Belah Ketupat
Foto: Dekoruma.id

Bagi Anda pecinta keunikan desain rumah, Anda bisa memilih plafon dengan desain belah ketupat. Paduan lampu LED akan membuat plafon unik ini semakin menarik. Anda bisa memilih bahan kayu supaya plafon tetap terlihat sederhana dan klasik.

Plafon jenis ini termasuk model 3D dengan sebuah motif. Motif sederhana seperti garis dan persegi tidak akan membuat desain plafon Anda berlebihan.

Sudah Temukan Plafon Ruang Tamu Elegan yang Cocok?

Ternyata, ada banyak model plafon untuk ruang tamu Anda agar menjadi elegan. Meski begitu, Anda tak bisa memilih model tanpa mempertimbangkan konsep ruangan lainnya. Rumah adalah kesatuan yang memiliki konsep sehingga jika ada 1 ruangan yang konsepnya berbeda, rumah tidak akan terlihat baik tatanannya.

Untuk itu, pilihlah inspirasi yang cocok dengan keseluruhan desain rumah Anda. Jika Anda membutuhkan plafon, Anda dapat membelinya di Ukur.com. Ukur.com memberikan berbagai macam pilihan plafon sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain plafon, tersedia juga lantai, fasad & atap, hingga perkakas dengan harga terjangkau.