5 Inspirasi Desain Plafon Tinggi untuk Hunian

Desain Plafon Tinggi untuk Hunian

Ketika membangun rumah, plafon kerap kali jadi bagian yang terlupakan. Padahal, memiliki desain plafon yang baik dapat memberikan banyak keuntungan dari segi kenyamanan hingga estetika. Nah, salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk interior rumah adalah menggunakan desain plafon tinggi.

Faktanya, rumah dengan plafon tinggi akan akan terlihat lebih luas, indah, mewah, dan elegan. Tak hanya itu, menggunakan desain rumah tinggi juga memiliki banyak keunggulan lainnya. Apa saja, sih? Yuk, simak berbagai keuntungan dan contoh desain plafon dalam artikel ini!

Keuntungan Rumah dengan Desain Plafon Tinggi

Memiliki rumah dengan plafon tinggi akan memberikan Anda berbagai keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang perlu Anda tahu:

1. Suasana Rumah menjadi Sejuk

Memiliki rumah berplafon tinggi akan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Sebab, plafon akan berperan menjadi penutup struktur atap. Tertutupnya struktur atap ini akan menghalangi suhu panas dari luar, sehingga suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Selain itu, jarak antara plafon dan lantai keramik juga mempengaruhi suhu ruangan. Semakin rendah jarak plafon dengan keramik, maka suhunya bisa lebih panas. Jarak yang ideal antara plafon dan lantai keramik sendiri adalah sekitar 2,5 meter sampai 3 meter.

2. Terang dan Luas

Desain rumah dengan plafon tinggi akan memberikan ilusi seolah-olah ruangan rumah lebih luas dan terang. Umumnya, ruangan dengan plafon tinggi memang terlihat lebih lapang dan terbuka. Cahaya alami dari sinar matahari juga dengan mudah masuk ke dalam rumah Anda.

3. Terkesan Elegan

Plafon tinggi memberikan nilai estetika tersendiri, sehingga kerap mencuri perhatian. Generasi milenial yang memiliki rumah minimalis umumnya menyukai rumah dengan plafon tinggi.

Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

Menggunakan desain plafon ini juga memungkinkan Anda untuk memberi hiasan interior seperti lampu gantung, berbagai furniture yang dipasang secara vertikal, dan lain sebagainya. Tentu saja, ini akan membuat rumah terlihat semakin elegan dan mewah.

Ide Desain Plafon Tinggi

Ada berbagai jenis desain rumah berplafon tinggi yang akan memberi nuansa baru dalam hunian Anda. Berikut beberapa ide desain yang bisa menjadi inspirasi Anda:

1. Desain Plafon Industrial

Desain Plafon Industrial
Foto: Rumah.com

Kalau Anda suka atau punya rumah dengan konsep terbuka, maka desain rumah pakai plafon gaya industrial bisa jadi salah satu opsinya. Gaya desain ini telah populer beberapa tahun terakhir karena konsepnya yang unik dan kasar. Anda akan teringat suasana pabrik saat melihat plafon gaya industrial.

Plafon tinggi industrial akan mengekspos berbagai material yang biasanya tersembunyi, seperti balok, pipa, hingga baja ringan. Meski begitu, plafon dengan desain ini akan menciptakan kesan ruangan terbuka dan lapang. Keindahannya akan bertambah kalau Anda memakai lampu gantung besar.

Umumnya, plafon ini memakai berbagai warna netral, seperti hitam, putih, coklat, krem, hingga abu-abu. Gaya plafon ini juga memungkinkan cahaya matahari dapat keluar masuk dalam ruangan dengan mudah.

2. Desain Plafon Tinggi Bergaya Mezzanine

Desain Plafon Tinggi Bergaya Mezzanine
Foto: Rumah.com

Kalau Anda ingin menambah luas bangunan rumah dengan menambah lantai, namun tidak memiliki biaya yang cukup. Maka, mezzanine bisa jadi solusi. Pada konsepnya, mezzanine merupakan penambahan lantai baru di bawah plafon dengan bahan semi permanen seperti kayu. Lantai baru ini hanya dibangun sebagian saja.

Anda bisa melihat lantai khusus tersebut dari lantai pertama yang cukup luas. Setelah itu, barulah bagian langit-langitnya diberikan plafon agar tampak menarik. Desain rumah dengan plafon tinggi bergaya mezzanine bisa dilakukan kalau langit-langit memiliki tinggi sekitar lima hingga enam meter.

Baca Juga:  8 Perbedaan Besi Ulir dan Polos untuk Konstruksi Pembangunan

Keuntungan menggunakan desain plafon ini adalah penggunaan ruang yang lebih efisien, sehingga cocok untuk bangunan vertikal seperti apartemen. Anda bisa coba buat desain plafon ruang tamu luas dengan tambahan area tidur atau kantor di lantai mezzanine.

3. Desain Plafon Tinggi Satu Warna

Desain Plafon Tinggi Satu Warna
Foto: SCG CBM

Ide rumah dengan plafon tinggi satu warna banyak orang gemari karena mudah dilakukan, namun memiliki hasil elegan meskipun cukup sederhana. Biasanya, gaya plafon ini digunakan untuk ruang tamu. Desain ini akan membuat ruang tamu terkesan bersih dan lapang sekaligus minimalis.

Salah satu karakteristik desain plafon ini adalah penggunaan warna yang seragam dengan dinding dan lantai keramik. Biasanya, warna-warna netral seperti putih, abu-abu, krem, dan coklat akan jadi pilihan. Biar bisa menambah nuansa elegan, Anda bisa menambahkan berbagai perabotan atau dekorasi.

Misalnya seperti lampu-lampu kecil di atas plafon, wallpaper dengan corak yang memberikan kontras visual, dan lain sebagainya. Desain ruang tamu yang klasik dan elegan tentunya akan membuat tamu betah berlama-lama saat berkunjung.

4. Desain Plafon Miring

Desain Plafon Miring
Foto: Berita 99.co

Kalau Anda suka rumah dengan gaya klasik dan unik, maka desain plafon miring bisa jadi opsi yang tepat. Desain rumah plafon tinggi ini dibuat dengan mengikuti kemiringan atap rumah. Menggunakan sedikit kreativitas saat membangunnya akan menjadikan tampilan plafon tinggi satu ini sangat menarik.

Asal bisa memperhitungkan ketinggian yang cukup, rumah bisa punya suasana sejuk dan pencahayaan maksimal. Meski bergaya klasik, namun ada pula berbagai sudut yang menonjolkan nilai modern. Plafon biasanya dibuat dengan tambahan material kayu yang berjarak atau bercelah sama rata.

Uniknya, kayu-kayu tersebut dibiarkan berbentuk balok cukup besar agar memberi kesan klasik dan natural yang alami. Anda mungkin kerap menemukan arsitektur bangunan dengan gaya plafon ini pada gereja-gereja bersejarah atau rumah pedesaan di Eropa.

Meski bergaya unik dan menarik, proses pemasangan plafon ini cukup menantang. Anda membutuhkan perencanaan yang matang dan teliti terhadap detail, sehingga bisa menghasilkan plafon dengan kemiringan yang presisi.

Baca Juga:  Berapa Harga Marmer Per Meter? Simak Faktor Penentu Harganya

5. Desain Plafon Unik Segitiga

Desain Plafon Unik Segitiga
Foto: Plafon Rumah

Plafon satu ini punya keunikan yang menguntungkan, yaitu bisa mendukung penghematan energi saat siang hari. Namun, plafon jenis ini juga membutuhkan tingkat kreatif yang tinggi dalam desain interior. Sebab, plafon harus dibentuk, dihias, atau diubah.

Plafon akan dibuat dengan mengikuti bentuk segitiga atap. Lapisan plafon juga diberi tekstur, panel kayu, stensil, dan berbagai ornamen atau lukisan langit-langit. Tak hanya itu, pada sejumlah area dibuat beberapa jendela yang cukup besar agar sinar matahari bisa masuk menjadi sumber penerangan di siang hari.

Sedangkan penerangan di malam hari, Anda bisa menambahkan pencahayaan dari lampu LED tersembunyi agar tampilannya lebih menawan. Desain plafon satu ini juga memerlukan warna-warna yang berani atau kontras agar menciptakan kesan unik. Namun, jika cenderung menyukai warna netral, itu juga bukan masalah.

jual plafon PVC
Dapatkan plafon PVC berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Tertarik Mengaplikasikan Desain Plafon Tinggi di Atas untuk Rumah Anda?

Intinya, desain rumah tinggi tidak hanya memberikan estetika yang elegan tetapi juga berbagai keuntungan praktis. Desain-desain di atas cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah unik dan antimainstream. Nah, salah satu material yang bisa Anda pertimbangkan adalah model plafon GRC yang minimalis.

Agar lebih mudah, Anda juga bisa beli plafon di Ukur.com. Apalagi, marketplace satu ini juga menyediakan wallpaper dinding, keramik, furniture, dan berbagai bahan bangunan lainnya. Lewat Ukur.com, Anda nggak perlu ribet dan kebingungan mencari kebutuhan bagunan dan furniture rumah.

Semua barang juga bisa dikirim langsung ke alamat Anda dengan aman dan terjamin. Bahkan, tersedia jasa pemasangan dari tenaga profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, beli sekarang!