5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow yang Baik dan Benar

5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow yang Baik dan Benar

Struktur atap tambahan atau kanopi sangat berguna untuk melindungi halaman, teras, atau garasi dari panas sinar matahari dan hujan. Nah, supaya semakin aman, Anda bisa menggunakan besi hollow kanopi. Namun, bagaimana cara membuat kanopi dari besi hollow? Pelajari selengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Kanopi?

Kanopi adalah salah satu struktur konstruksi bangunan berupa atap yang terpisah dari atap utama. Kanopi sering terpasang di berbagai tempat, termasuk di atas pintu masuk rumah, jendela, teras, halaman, dan bahkan dalam ruang parkir untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap cuaca.

Fungsi dari kanopi adalah untuk menaungi atau melindungi objek di bawahnya dari cuaca panas atau hujan, sehingga dapat memberikan kenyamanan. Kanopi juga berfungsi mempercantik tampilan bangunan, karena rumah yang berkanopi akan mempunyai kesan dekoratif yang estetik dan lebih menarik.

Ada berbagai jenis bahan untuk membuat kanopi, salah satunya adalah besi hollow kanopi. Istilah besi hollow digunakan karena bentuknya menyerupai kotak atau balok, tetapi di dalamnya terdapat rongga seperti pipa. Keunggulan besi hollow untuk kanopi antara lain:

  • Pemasangannya mudah dan cepat.
  • Bahannya kokoh dan mampu menyerap panas dengan baik.
  • Memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak mudah keropos dan berkarat.
  • Tahan terhadap api, termasuk saat terjadi kebakaran.
  • Harganya lebih terjangkau daripada jenis besi lainnya sehingga dapat menghemat biaya pembangunan rumah.

5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow yang Baik dan Benar

Cara membuat kanopi dari besi hollow sebenarnya mudah, meskipun Anda bisa memanggil tukang untuk membuatkannya di rumah. Namun, jika Anda memasang besi hollow kanopi sendiri, maka Anda bisa mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini:

1. Tentukan Desain dan Ukuran

Desain dan Ukuran
Foto : bermutu.id

Umumnya, besi hollow memiliki desain dengan gaya modern yang minimalis. Maksudnya, besi hollow memiliki kesan modern yang sangat cocok dipadukan dengan gaya minimalis, sehingga tidak mengurangi nilai estetika hunian secara keseluruhan.

Baca Juga:  Mengenal Pola Pemasangan Lantai Vinyl Paling Populer

Desain dan ukuran besi hollow untuk kanopi sangat penting untuk Anda perhitungkan karena akan berkaitan dengan biaya pengeluaran. Dengan begitu, Anda tidak membeli besi hollow secara berlebihan, terutama ketika kondisi keuangan terbatas.

Semakin besar ukuran kanopi, semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Hingga saat ini, terdapat 4 jenis ukuran besi hollow untuk kanopi, yaitu:

a. Besi Hollow Gypsum

Jenis besi hollow ini terbuat dari besi yang mana lapisan luarnya berupa stainless dan pigmen zinc anti karat. Harga besi ini paling murah daripada besi hollow jenis lain. Material ini berguna untuk rangka plafon pada gedung atau rumah. Ukuran besi hollow gypsum bervariasi, mulai dari 0,3 mm sampai 0,4 mm.

b. Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum juga sering dikenal sebagai Zinc-Aluminium. Sebutan lain ini diberikan karena komposisi besi tersebut terdiri dari 43,5% unsur besi, 1,5% lapisan silikon, dan 55% unsur aluminium yang membentuk pelapisan (coating aluminium).

Keunggulan besi hollow untuk kanopi ini paling bagus daripada jenis besi hollow lainnya, sehingga harganya pun paling tinggi. Besi hollow galvalum biasanya berguna untuk pembuatan plafon rumah sederhana.

c. Besi Hollow Hitam

Istilah besi hollow hitam digunakan karena permukaan besi tersebut berwarna hitam keabu-abuan. Utamanya karena pengaruh dari bahan dasar pembuatannya, yaitu hot-rolled steel atau baja hitam.

Cara membuat railing tangga besi hollow dan pagar biasanya menggunakan jenis besi hollow ini karena lebih tebal dan kuat. Selain itu, jenis besi ini juga cocok untuk pembuatan kanopi minimalis karena bentuknya rapi dan mewah. Ukuran besi hollow ini umumnya 100 x 50 cm dengan ketebalan 3-4 mm.

d. Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis ini adalah jenis besi yang paling populer. Kualitasnya di bawah galvalum, tetapi di atas gypsum. Dominasi kandungannya adalah zinc sebesar 97%, sehingga mudah berkarat. Oleh sebab itu, harganya pun lebih murah daripada galvalum.

Galvanis sering bermanfaat untuk pembuatan pagar dan kanopi. Untuk menggunakan jenis besi ini, kami sarankan untuk menggunakan ukuran yang lebih tebal dan melakukan pelapisan dengan cat anti karat, agar hasilnya kuat dan tahan lama.

Baca Juga:  Mengenal Material Lantai Kamar Mandi dan Tips Memilihnya

Setelah mengenali jenis-jenis besi hollow, Anda tinggal memilih ukuran besi hollow untuk kanopi dengan tepat. Sebaiknya, gunakan ukuran sebesar 5 x 10 dengan ketebalan minimal 1,6 mm untuk kanopi.

Ukuran besi hollow untuk plafon adalah 4 x 4 dengan ketebalan 3 mm. Ukuran lainnya adalah 4 x 4 atau 5 x 10 dengan ketebalan 1,6 mm untuk railing pagar dan ukuran 3,6 x 3,6 untuk furniture industri.

2. Mencari Peralatan dan Bahan

Peralatan dan Bahan
Foto : Youtube

Selanjutnya, dalam melakukan cara membuat kanopi dari besi hollow, tentu Anda juga membutuhkan peralatan dan bahan-bahan. Beikut peralatan yang Anda butuhkan antara lain:

  • Gerinda yang lengkap dengan mata gerinda pemotong besi, pemotong keramik, dan gerinda biasa.
  • Bor listrik, beserta mata bor besi 12 mm dan mata bor beton 12 mm.
  • Las listrik 120E 900 Watt.
  • Waterpass atau meteran.
  • Spidol atau alat tulis sejenisnya.
  • Palu.
  • Penggaris siku.
  • Betel.

Sedangkan, bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain:

  • 4 lonjor besi hollow ukuran 4×6 cm, panjang 6 meter, tebal 1,8 mm.
  • 4 lonjor besi hollow ukuran 4×4 cm, panjang 6 meter, tebal 1,8 mm.
  • Besi siku secukupnya, untuk dudukan dynabolt pada kanopi.
  • 70 buah sekrup galvalum ukuran 4,5 cm.
  • Atap spandek panjang 6 meter, tebal 0,35 mm.

3. Lakukan Pemotongan Besi

Langkah selanjutnya dalam cara membuat kanopi dari besi hollow adalah pemotongan besi. Berikut ini adalah daftar ukuran besi hollow untuk kanopi yang Anda perlukan:

  • 2 potong besi hollow galvanis 4×6 panjang 5,2 meter.
  • 2 potong besi hollow galvanis 4×6 panjang 3,1 meter.
  • 12 potong besi hollow 4×4 panjang 1 meter.
  • 2 potong besi hollow galvanis 4×6 panjang 2,9 meter, sebagai tiang depan.
  • 2 potong besi hollow galvanis 4×4 panjang 5,12 meter.

4. Pengelasan dan Penyambungan

Proses pengelasan dan penyambungan dimulai dengan pembuatan kerangka utama kanopi menggunakan potongan besi hollow kanopi berukuran 4×6. Langkah awalnya adalah membentuknya menjadi sebuah persegi panjang, lalu pastikan bahwa bagian siku di setiap sudutnya sudah sesuai.

Baca Juga:  Cara Instalasi Water Heater Listrik Secara Tepat, dan Aman

Selanjutnya, pengelasan besi hollow 4×4 berguna sebagai rusuk. Penempatan rusuk bisa Anda lakukan dengan membagi jarak sepanjang 1 meter.

Pada tahapan ini, jangan lupa melakukan pemotongan siku dan melubanginya. Tujuannya adalah untuk membuat tempat dudukan dynabolt kanopi ke lantai dan tembok. Inilah yang menjadi keunggulan besi hollow untuk kanopi.

5. Pemasangan Kanopi

Pemasangan Kanopi
Foto : jasarumah.web.id

Langkah terakhir dalam tahapan cara membuat kanopi dari besi hollow adalah pemasangan rangka besi hollow. Dalam pemasangan kanopi, terlebih dahulu ukur dan tandai lokasi pemasangan dynabolt.

Gunakan waterpass untuk memastikan kanopi terpasang dengan baik dan sesuai. Lubangi tembok memakai bor 12 mm, kemudian tanam dynabolt-nya. Jika kanopi sudah naik, maka pasang tiang penyangga depan.

Ukur ketinggian tiang depan dan belakang agar sesuai keinginan. Rangka yang terpasang ke tembok menggunakan baut pada dynabolt. Selanjutnya, tempatkan tiang depan secara tepat dan pasang dynabolt pada bagian dasar tiang.

Ketika semua sudah siap, pasang bagian atapnya. Potong spandek sesuai ukuran dan pasang dengan sekrup pada rangka kanopi. Terakhir, Anda bisa mengecatnya agar terlihat lebih bagus. Ketahui juga cara menghitung atap baja ringan untuk membuat atap bangunan milik Anda semakin sempurna.

jual besi hollow
Dapatkan aneka jenis besi hollow berkualitas dengan harga diskon di Ukur!

Sudah Tahu Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow?

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara membuat kanopi dari besi hollow. Sangat mudah, bukan? Keunggulan besi hollow untuk kanopi adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah sehingga Anda dapat mengerjakan pembuatan kanopi dari bahan ini sendiri.

Pastikan Anda telah menentukan desain dan ukuran kanopi, serta memiliki bahan dan peralatan yang dibutuhkan agar pekerjaan Anda lancar. Untuk kebutuhan besi hollow, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Belanja saja di platform e-commerce UKUR, dapatkan berbagai macam besi hollow kanopi dengan harga murah dan kualitas terbaik. Tidak hanya itu, lengkapi kebutuhan Anda lainnya di UKUR karena tersedia juga berbagai produk, mulai dari material konstruksi, furniture, besi dan baja, hingga perkakas.