25 Set Box TV Digital untuk TV Tabung, Bersertifikat Kominfo!

25 Set Box TV Digital untuk TV Tabung, Bersertifikat Kominfo!

Televisi tabung umumnya masih menggunakan teknologi analog. Sementara saat ini, sinyal TV analog di Indonesia sudah tidak tersedia. Agar bisa menampilkan siaran TV digital, Anda bisa menggunakan STB atau set top box TV digital untuk TV tabung. Kami memiliki beberapa rekomendasi produk STB yang bagus dan sudah bersertifikat resmi.

25 Set Top Box TV Digital untuk TV Tabung

Set Top Box TV Digital untuk TV Tabung
Foto : tribunnews.com

Ingin mencari set top box untuk televisi tabung? Berikut adalah beberapa daftar produk yang dapat Anda temukan di pasaran.

1. ADVAN AVB-10KK

2. EVERCOSS STB1

3. NEXTRON TR 1000

4. MATRIX CH-77

5. AKARI ADS-210

6. NEXTRON NT2000-D

7. SUPER HD168

8. AKARI ADS-525

9. VENUS Brio

10. POLYTRON PDV 600T2

11. NexMedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD

12. EVINIX H-1

13. FREEBOX H-1

14. ICHIKO 8000HD

15. EVERCOSS STB Pro

16. TANAKA T2

17. EVERCOSS STB Mini

18. EVERCOSS STB Max

19. TANAKA T2 JURASSIC

20. VISIO HS1685

21. AKARI ADS-2230

22. AKARI ADS-168

23. MATRIX APPLE

24. KUBIK Kubik Arca DVB-T2

25. TANAKA T2 New

Manfaat STB untuk TV Tabung

Manfaat STB untuk TV Tabung
Foto : cnbcindonesia

Penggunaan set top box pada televisi tabung memberikan banyak manfaat. Mari ulas manfaatnya satu per satu berikut ini.

1. Sebagai Antena TV Digital

Fungsi set box TV digital untuk TV tabung pertama adalah sebagai pengganti antena TV digital. Artinya, STB mampu meningkatkan kualitas siaran televisi menjadi lebih tajam, jelas, dan memiliki resolusi high definition (HD), serta lebih unggul kualitas dari siaran TV analog.

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Jadi dengan STB, Anda tidak akan lagi mengalami masalah seperti gambar yang buram, tampilan gambar muncul garis-garis, atau gangguan semut pada tayangan TV.

2. Konversi Sinyal Digital

Selanjutnya, STB juga berfungsi mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara, lalu menampilkannya pada TV analog. Dengan kata lain, penggunaan set top box memungkinkan Anda mengkonversi siaran televisi analog menjadi format digital.

Oleh karena itu, jika memiliki TV tabung analog di rumah, Anda tidak perlu segera menggantinya dengan TV digital. Anda masih bisa memanfaatkan TV analog tersebut dengan menambahkan perangkat STB.

Saat ini, perangkat STB ini tersedia dalam berbagai varian di berbagai platform penjualan online.

3. Alat Transmisi Saluran

Manfaat set top box TV digital untuk TV tabung berikutnya adalah untuk alat transmisi saluran. Set top box (STB) adalah sebuah perangkat yang memungkinkan Anda untuk mengakses beragam saluran tambahan di televisi. Fungsinya adalah menerima dan mendekode saluran TV digital, kemudian menampilkannya di televisi tabung Anda.

Sebagai alat transmisi, STB memiliki kemampuan untuk memilih penyedia layanan tertentu dan menyaring konten video yang Anda ingin saksikan. Kelebihan lainnya, STB juga memungkinkan interaksi dua arah, alat ini memungkinkan para pengguna menikmati fitur interaktif.

Sudah menggunakan STB dan mendapatkan channel TV digital tapi tidak muncul suaranya? Anda bisa mempelajari cara mengembalikan suara TV yang hilang.

4. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat utama dari STB adalah menghemat biaya. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli televisi terbaru ketika ingin menikmati siaran TV digital. Sebaliknya, Anda dapat tetap menggunakan TV tabung model lama atau TV analog yang sudah ada dan hanya perlu berinvestasi untuk membeli STB.

Biaya untuk membeli STB jauh lebih terjangkau kalau Anda membandingkannya dengan harga televisi digital terbaru. Oleh karena itu, dengan membeli STB, Anda dapat menghemat sejumlah uang yang signifikan. Jadi, bisa dikatakan bahwa STB merupakan pilihan yang lebih ekonomis.

Baca Juga:  Apa Itu Plafon Akustik: Pengertian, Keunggulan, dan Harganya

Kisaran Harga STB TV Tabung

Set top box TV tabung yang sudah memiliki sertifikat resmi Kominfo dibanderol dengan kisaran harga Rp150.000,00 hingga Rp270.000,00. Harga tersebut jelas jauh lebih murah daripada harus membeli televisi digital yang baru dengan harga lebih tinggi.

Rekomendasi Set Top Box TV Digital untuk TV Tabung

Berikut adalah beberapa rekomendasi STB untuk TV tabung yang bisa Anda beli di toko elektronik terdekat maupun melalui toko online di marketplace.

1. Akari Set Top Box ADS-525

https://www.akari-corp.com/upload/SET_TOP_BOX/ADS-525.png
Foto : akari-corp.com

Pilihan yang pertama adalah Akari Set Top Box tipe ADS-525. STB yang satu ini mampu menampilkan siaran televisi digital dalam resolusi Full HD. Tidak perlu khawatir karena perangkat ini memiliki sertifikasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menariknya, Akari Set Top Box ADS-525 ini memiliki fitur Early Warning System (EWS) yang secara otomatis menampilkan informasi mengenai bencana alam pada layar TV Anda.

Di dalam paket pembelian, Anda sudah mendapatkan sebuah remote control, kabel audio video atau RCA, kartu garansi, serta buku panduan penggunaan. Satu hal yang menarik, STB Akari ini juga telah memiliki teknologi Smart Cool yang memastikan perangkat tetap dingin meskipun digunakan sepanjang hari.

Harga perangkat ini adalah Rp269.000,00 Karena sudah dilengkapi dengan remote control khusus, Anda tidak perlu lagi membeli dan mempelajari cara setting remote TV universal.

2. Finito Set Top Box

Finito Set Top Box
Foto : urbanjabar.com

Set Top Box (STB) Finito hadir dalam desain mini sehingga tidak membutuhkan banyak ruang di meja TV Anda. STB ini kompatibel dengan berbagai jenis layar, termasuk TV tabung, LCD, LED, monitor, dan bahkan proyektor.

Anda dapat memanfaatkan STB ini untuk menikmati konten internet dengan mudah, hanya dengan menambahkan dongle yang dapat Anda beli secara terpisah. Harga set top box TV tabung yang satu ini adalah Rp180.000,00. Cukup murah, bukan?

Baca Juga:  12 Inspirasi Kombinasi 2 Warna Cat Kamar Tidur Sempit Cozy

3. Luby Set Top Box

Luby Set Top Box
Foto : blibli

Pilihan STB berikutnya yang recommended adalah Luby Set Top Box. Produk ini telah memperoleh sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sama seperti Akari Set Top Box yang sudah dibahas sebelumnya, Luby Set Top Box juga telah dilengkapi dengan fitur EWS.

STB ini juga menawarkan perangkat berkualitas tinggi yang mampu memastikan Anda dapat menyaksikan tayangan TV digital dengan puas di televisi tabung Anda. Harganya adalah sekitar Rp240.000,00.

4. ADVAN Set Top Box DigiTV

ADVAN Set Top Box DigiTV
Foto : topsellbelanja.com

Rekomendasi yang terakhir yaitu ADVAN Set Top Box DigiTV. Produk ini telah memiliki kemampuan untuk menampilkan tayangan berkualitas tinggi dalam resolusi full HD. Ada juga fitur EWS dan Electronic Program Guide (EPG) yang memungkinkan Anda melihat jadwal program TV hingga tujuh hari ke depan.

Selain itu, perangkat ini juga memungkinkan Anda untuk memainkan media seperti musik, foto, dan video. Fitur lain yang disediakan adalah teknologi time shift function untuk menghentikan sementara siaran TV. Untuk harganya, Anda bisa memperolehnya dengan harga sekitar Rp249.000,00.

Set Top Box
Dapatkan set top box berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli STB TV Tabung di Ukur

Ingin membeli STB TV tabung dengan harga terjangkau? Anda bisa mengunjungi laman marketplace Ukur. Marketplace ini tidak hanya menyediakan barang elektronik seperti STB. Di laman tersebut, Anda juga bisa menemukan berbagai macam furniture, peralatan safety, AC, hingga berbagai pintu & jendela.

Meskipun Google TV adalah televisi pintar yang bisa menayangkan siaran TV digital, Anda tidak perlu membelinya. Pasalnya, menggunakan set top box TV digital untuk TV tabung memungkinkan Anda menggunakan fitur-fitur yang sama seperti Google TV.