10 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet yang Mengganggu

10 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet yang Mengganggu

Istilah ‘anabul’ atau akronim dari ‘anak berbulu’ yang berarti hewan peliharaan seperti kucing menjadi kata yang populer pada saat ini. Faktanya, memelihara kucing yang memiliki bulu tidaklah mudah. Oleh sebab itu, cat owner harus memahami cara menghilangkan bulu kucing di karpet yang mengganggu.

Artikel ini akan menjelaskan cara membersihkan bulu kucing di karpet, simak selengkapnya!

Rahasia Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet

Banyak orang memilih merawat kucing di dalam rumah karena bulunya yang mudah kotor. Ketika di dalam rumah, kucing sangat menyukai perabotan rumah tangga seperti karpet. Faktanya, fungsi karpet bagi kucing adalah untuk menghabiskan waktu sembari bermain, tiduran bahkan mengasah kukunya di permukaan.

Selain itu, banyak orang memiliki kucing karena dapat membantu mengurangi rasa kecemasan, kesepian, dan rasa stres. Meskipun memiliki banyak manfaat dalam memelihara kucing, namun masih banyak orang tidak paham dalam cara menghilangkan bulu kucing di karpet.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak bisa membersihkan bulu tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui barang apa saja yang menjadi tips rahasia membersihkan bulu yang rontok di karpet rumah, seperti berikut:

1. Selotip Polos

Selotip Polos
Foto : Lazada

Anda dapat menggunakan selotip yang polos untuk membersihkan bulu yang menempel bukan hanya di karpet, namun di pakaian dan sofa Anda. Cara menggunakan selotip ini terkenal dengan nama tape cleaning di luar negeri. Penggunaan selotip polos juga merupakan pengganti dari alat lint roller.

Pertama, Anda dapat memotong selotip menggunakan gunting atau menyobek langsung dengan ukuran sekitar 10cm sampai 15cm. Kemudian, tempelkan bagian perekat pada selotip atau yang lengket pada permukaan karpet atau barang yang terdapat bulu. Anda dapat melakukannya berulang kali sampai bersih.

2. Sarung Tangan Karet

Sarung Tangan Karet
Foto : id.pngtree.com

Cara membersihkan karpet dari bulu kucing berikutnya adalah menggunakan sarung tangan berbahan karet. Bahan karet ketika bergesekan dengan permukaan yang kasar seperti karpet dapat menghasilkan statis. Akibatnya, bulu kucing yang ada di permukaan karpet akan terangkat karena sarung tangan tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Memasang Vinyl Lantai yang Benar

Kemudian, dengan menggunakan tangan Anda yang terlapisi sarung tangan karet, Anda dapat menjangkau bagian rumah yang sulit dijangkau. Misalnya, bagian sudut yang tertutupi oleh furnitur dan celah yang lain. Dengan menggunakan teknik ini, Anda juga dapat membersihkan rontokan bulu sehingga menjadi lebih efektif.

3. Robot vacuum

Robot vacuum
Foto : self.com

Teknik selanjutnya yang dapat Anda coba di rumah untuk membersihkan bulu hewan adalah menggunakan robot vacuum. Penggunaan teknologi modern ini dapat menghemat tenaga Anda karena hanya perlu menunggu robot tersebut membersihkan seluruh ruangan Anda dengan sendirinya.

Namun, ada trik lain yang dapat Anda coba dengan menggunakan robot vacuum ini. Sebelum memulai robot tersebut, Anda dapat menyemprotkan sedikit air pada permukaan karpet. Lalu, sapulah gumpalan dari rontokan bulu sebelum tersedot robot vacuum. Untuk mengulangi pembersihan di tempat yang sama, ubah arahnya.

Beberapa trik dengan menggunakan robot vacuum di atas dapat membantu Anda membersihkan bulu menjadi lebih efektif. Namun, apabila Anda bingung dengan cara menghilangkan bau pesing di lantai atau karpet, Anda dapat menebarkan bubuk soda sebelum dan sesudah penyedotan menggunakan robot vacuum.

4. Semprot Cuka

Semprot Cuka
Foto : interiordesign.id

Dalam menghindari kerontokan bulu kucing yang menempel, Anda perlu mempelajari cara menghilangkan bulu hewan peliharaan di karpet, seperti mengetahui bahannya.

Anda dapat memilih bahan seperti kulit, mikrofiber, denim, linen, dan bahan katun 100%. Beberapa jenis tersebut tahan dari bulu hewan peliharaan, sehingga tidak sulit membersihkannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan bahan kain lainnya. Ketika rontokan bulu anabul Anda menempel di pakaian misalnya, hanya perlu menyemprotkan sedikit cuka pada bagian kain yang mudah tertempel bulu. Lalu, masukkan ke dalam pengering untuk menghilangkan listrik statis dari hasil semprotan cuka.

Aroma cuka yang menempel di kain tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika sudah kering, jadi Anda tidak perlu takut dengan aroma yang menyengat.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TV Digital Terbaru 2023

5. Gunakan Balon

Gunakan Balon
Foto : Freepik

Teknik penggunaan balon dalam cara menghilangkan bulu kucing di karpet sama dengan menggunakan sarung tangan karet. Kedua benda tersebut ketika bergesekan dengan permukaan karpet akan mengeluarkan sifat statis. Akibatnya, bulu yang rontok akan terangkat dan menempel pada permukaan balon.

Apabila Anda menggunakan cara ini, Anda tidak perlu meniup balon sampai berukuran besar. Cukup tiup hingga ukuran sedang, bulu akan terangkat sehingga permukaan karpet menjadi bersih. Anda juga dapat menerapkan teknik ini pada bagian permukaan lainnya seperti furnitur, pakaian, dan sepatu Anda.

6. Manfaatkan Lap Basah

Manfaatkan Lap Basah
Foto : kompas.com

Anda dapat memanfaatkan kain atau lap yang dibasahi dengan air bersih untuk mengangkat rontokan bulu di atas karpet Anda. Selain di karpet, Anda dapat membersihkan permukaan lainnya seperti dinding dan papan dengan trik ini. Namun, untuk lantai, Anda dapat mengepelnya dengan lap pel yang basah.

7. Rol Rambut

Rol Rambut
Foto : beautynesia.id

Bukan hanya berguna untuk mengeriting dan menjaga volume, rol rambut juga berguna untuk mengangkat bulu hewan peliharaan Anda. Permukaan pada rol rambut yang bertekstur kasar karena gigi yang kasar dan bercabang dapat mengangkat bulu dan rambut yang rontok.

Faktanya, bagian ‘bulu-bulu’ yang kasar dan bertekstur pada permukaan rol berfungsi sebagai perekat rambut agar tetap terjaga keriting lembut dan penuh. Namun, Anda pun dapat memanfaatkan tekstur kasar perekat tersebut untuk mengangkat bulu hewan peliharaan yang rontok di karpet Anda.

8. Softener Pakaian

Softener Pakaian
Foto : id.carousell.com

Ketika bulu yang rontok di atas karpet dengan permukaan yang kasar dan bertekstur, terkadang susah untuk menghilangkannya. Oleh sebab itu, untuk melonggarkan bulu yang jatuh, Anda dapat menyemprotkan pelembut pakaian di atas permukaan karpet.

Pertama, Anda siapkan botol spray dan isilah beberapa sendok pelembut pakaian ke dalamnya. Lalu, tambahkan air secukupnya. Selanjutnya, semprotkan ke bagian karpet yang terdapat bulu.

Apabila sudah tersemprot, maka akan mudah untuk mengelapnya dengan kain biasa. Anda pun dapat mengeringkan bagian yang basah tersebut dengan vacuum cleaner.

Baca Juga:  10 Cara Pasang Bondek dan Tipsnya Agar Hasilnya Bagus

9. Sikat Bulu Hewan

Sikat Bulu Hewan
foto : tribunnews

Saat ini, terdapat banyak alat modern yang dapat membantu Anda dalam membersihkan bulu kucing di rumah Anda. Misalnya, ada alat seperti sikat pembersih rontokan bulu hewan yang dapat memudahkan Anda. Alat ini terbuat khusus dengan fungsi mengangkat bulu pada karpet Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat ini di bagian interior mobil Anda. Sebelumnya, Anda perlu memerhatikan bahan interior mobil. Pastikan bahwa menggunakan alat tersebut aman dan jika terkena sikat penghilang bulu hewan tersebut tidak akan merusak permukaan.

10. Merawat hewan

Merawat hewan
Foto : wellnesspetfood.com

Salah satu cara menghilangkan bulu kucing di karpet yang sangat utama adalah dengan merawat hewan peliharaan Anda. Konsultasikan kesehatan kucing ke dokter secara rutin untuk mengetahuinya, sehingga Anda dapat meminimalisir bulu yang rontok. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kucing adalah:

  • Sisir kucing Anda secara rutin
  • Mandikan kucing dengan teratur dan sesuai waktu yang tepat
  • Pastikan kucing Anda tidak mengalami dehidrasi
  • Ajak kucing berjemur
  • Jangan sampai kucing kepanasan
  • Jagalah pola makan kucing sesuai kebutuhan
  • Jangan biarkan kucing merasakan stres
  • Periksakan ke dokter hewan secara rutin

Selain karpet yang sering terkena rontokan bulu kucing, lantai dengan bahan yang spesifik juga dapat menahan bulu-bulu tersebut sehingga susah membersihkannya. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda.

karpet bulu
Dapatkan Karpet Bulu dengan kualitas terbaik di UKUR!

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet?

Dalam memelihara kucing, sangat perlu memerhatikan bahan dari benda furnitur yang Anda miliki, terutama karpet. Bulu yang rontok rentan menempel pada bahan karpet tertentu aka menyebabkannya kotor. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Ukur.com hadir dengan berbagai pilihan karpet yang cocok untuk Anda.

Ukur.com memiliki berbagai macam variasi pilihan karpet yang memiliki kualitas baik dan tentunya dengan harga terjangkau. Berbagai macam kategori seperti lantai, furnitur, safety, dan pilihan barang lainnya yang berkualitas. Tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang di Ukur.com!