10 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Ruangan dan Tempat Umum

10 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Ruangan dan Tempat Umum

CCTV adalah kamera keamanan yang terpasang untuk mengawasi kondisi sekitar lingkungan ataupun bangunan tertentu. Closed Circuit Television ini dilengkapi dengan layar monitor yang bisa Anda pantau melalui perangkat. Lantas, bagaimana sih cara mengetahui CCTV tersembunyi ketika kita berada di suatu tempat?

Meski dulunya kamera tersembunyi memiliki manfaat untuk mengungkap kejahatan, sekarang malah seringkali disalahgunakan untuk kejahatan. Oleh karena itu, jika Anda berada di toilet umum, apartemen, hotel, ataupun tempat lain harap berhati-hati.

10 Cara Mengetahui CCTV Tersembunyi

Cara mendeteksi CCTV tersembunyi sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mencoba salah satu dari 10 cara di bawah ini. Ayo kita bahas.

1. Inspeksi Sekitar

Inspeksi Sekitar
Foto: deckarenas.com

Melakukan observasi atau inspeksi terhadap kondisi sekitar merupakan cara mengetahui CCTV tersembunyi yang paling mudah dan wajib Anda lakukan. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di sana dan siapa saja yang tengah mengintai.

Akan lebih baik jika Anda selalu waspada terhadap barang-barang tertentu yang mungkin saja tidak terletak pada tempatnya atau tampak aneh.

Misalnya, stop kontak pada posisi yang janggal atau terdapat benjolan yang mengkilap di vas bunga. Amati dengan baik agar Anda aman.

2. Matikan Lampu

Menurut ahli kamera CCTV, untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi Anda bisa mematikan lampu di ruangan tersebut dan gunakan senter ponsel untuk memeriksa keadaan.

Lensa kamera ponsel yang Anda nyalakan akan memantulkan cahaya meskipun ukurannya sangat kecil.
Karena itulah, kamera tersembunyi pun akan ikut memantulkan cahaya pada ruangan yang gelap. Sehingga, Anda lebih mudah untuk menangkap pantulan tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Toren Tanpa Pompa

3. Gunakan Detektor Frekuensi Radio

Cara mengetahui di ruangan ada CCTV tersembunyi ketiga adalah gunakan detector frekuensi radio. RF detector atau detector frekuensi radio termasuk alat yang cukup efektif untuk mendeteksi barang-barang yang samar dan tidak terlihat oleh mata telanjang.

Misalnya, kamera tersembunyi. Detector frekuensi radio ini bisa Anda temukan pada perangkat-perangkat umum. yakni, laptop, HP, dan benda apapun yang memiliki bluetooth.

4. Detektor Lensa Kamera

Detektor Lensa Kamera
Foto: htemu.com

Alat yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi kamera tersembunyi berikutnya adalah detector lensa kamera.

Meskipun hampir sebagian besar kamera akan mengirimkan gelombang tertentu, ada sejumlah tipe yang tidak membutuhkan gelombang radio. Artinya, alat detektor frekuensi radio milik Anda tidak akan bisa mendeteksi adanya kamera tersebut.

Oleh sebab itu, Anda bisa memilih opsi lain dengan menggunakan alat deteksi lensa kamera.

Alat ini akan bekerja dengan cara mencari tahu tentang karakteristik pantulan cahaya dari lensa kamera tersembunyi. Apabila sensor berbunyi, Anda bisa memeriksa area yang mencurigakan untuk menemukan kamera tersembunyi tersebut.

5. Singkirkan Perangkat yang Mencurigakan

Cara mengetahui CCTV tersembunyi yang kelima adalah singkirkan perangkat yang mencurigakan. Biasanya, alat-alat seperti kamera tersembunyi seringkali ada di toilet umum. Sebab, lokasi ini dianggap paling mudah untuk para oknum jangkau.

Agar bisa terhindar dari kejahatan tersebut, Anda bisa memindahkan semua perabotan yang mencurigakan. Tidak perlu meletakkannya di luar ruangan. Cukup tutupi dengan tas, handuk, vas bunga, atau apapun yang bisa Anda gunakan.

Jika memungkinkan letakkan perlengkapan ke dalam laci ataupun area-area yang tertutup. Dengan begitu, Anda tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, melainkan juga orang lain yang nantinya menggunakan toilet yang sama.

6. Deteksi Menggunakan Kamera Ponsel

Deteksi Menggunakan Kamera Ponsel
Foto: jalantikus.com

Mendeteksi memakai kamera ponsel adalah cara mengetahui CCTV tersembunyi yang selanjutnya. Perhatikan ini baik-baik. Saat Anda masuk ke ruangan tertentu, missal seperti toilet umum, Anda bisa menyalakan kamera depan ponsel.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet

Sebab, antara kamera depan ponsel juga kamera CCTV akan sama-sama memancarkan sinar infra merah. Dengan begitu, Anda bisa cukup mudah untuk menemukan keberadaannya.

Begini langkah-langkahnya:

  • Matikan lampu ruangan dan tutup semua cahaya ruangan agar kondisinya semakin gelap.
  • Buka ponsel Anda dan masuklah ke kamera depan.
  • Pindai ruangan.
  • Apabila Anda menemukan ada benda bercahaya, kemungkinan besar itu adalah kamera pengintai atau CCTV.

7. Gunakan Flash Ponsel

Gunakan Flash Ponsel
Foto: topzone.vn

Flash kamera juga bisa menjadi salah satu cara mengecek kamera tersembunyi. Caranya pun sangat sederhana, yakni dengan mematikan semua sumber cahaya yang masuk ke ruangan.

Jika Anda sudah memastikan bahwa kondisi ruangan benar-benar gelap, setelahnya nyalakan flash ponsel dan arahkan ke setiap sisi ruangan.

Apabila muncul pantulan cahaya, Anda harus terus mengarahkan flash ponsel sampai menuju ke titik cahaya tersebut muncul. Cek apakah itu benar-benar kamera tersembunyi atau ada alat lainnya.

8. Menggunakan Jaringan Wi-Fi

Saat ini jaringan wifi sudah ada dimana-mana. Tidak hanya di ruangan khusus saja, melainkan di ruang terbuka pun ada. Misalnya, stasiun, halte, kantor pemerintahan, hingga bandara.

Keberadaan jaringan wifi ini tidak hanya memudahkan Anda untuk memperoleh internet. Akan tetapi, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk mendeteksi adanya kamera pengintai yang tersembunyi di sekitaran.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Fing melalui perangkat. Kemudian, hubungkan ponsel dengan jaringan wifi yang tersedia. Buka aplikasi Fing dan pilih opsi Refresh.

Apabila sudah muncul notifikasi perizinan, pilihlah setuju agar aplikasi bisa langsung memindai lokasi Anda. Tunggulah sampai proses selesai. Kemudian, silahkan Anda lihat daftar perangkat yang tersambung.

Jika menemukan nama-nama Arlo, Nest, Wyze harap berhati-hati. Sebab, itu adalah CCTV tersembunyi yang sedang memata-matai Anda. Cara mendeteksi CCTV yang satu ini sangat efektif.

Baca Juga:  Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

9. Mengecek Cermin

Cara mengetahui CCTV tersembunyi yang selanjutnya ialah mengecek cermin. Ini berlaku ketika Anda berada di hotel ataupun toilet umum. Cermin yang berbahaya adalah cermin dua arah yakni memiliki dua sisi yang berbeda dan tidak memantulkan bayangan seperti pada umumnya.

Untuk mendeteksi apakah itu cermin berbahaya atau tidak, Anda bisa menempelkan satu jari ke cermin tersebut. Perhatikan dengan saksama, apabila ada jarak antara jari dengan pantulah maka itu adalah cermin biasa.

Namun, apabila tidak ada jarak antara jari dengan pantulah maka Anda harus berhati-hati dan sebisa mungkin hindari cermin tersebut.

10. Aplikasi Pendeteksi

Aplikasi Pendeteksi
Foto: langit7.id

Cara terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi pendeteksi. Perkembangan teknologi tentu saja bisa memberikan kemudahan untuk Anda. Salah satunya ialah menemukan aplikasi pendeteksi untuk menemukan adanya kamera tersembunyi yang ada di sekitar Anda.

Ada banyak pilihan untuk aplikasi jenis ini. misalnya, Hidden Spy Camera yang bisa Anda dapatkan melalui Play Store maupun App Store. Bahkan, untuk menggunakannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah tersedia.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengetahui CCTV Tersembunyi?

Sekarang Anda sudah bisa menerapkan cara mengetahui CCTV tersembunyi di ruangan maupun tempat umum. Sementara bagi Anda yang ingin membeli merk CCTV terbaik untuk memperketat keamanan rumah, bisa langsung ke ukur.com saja. Marketplace ini menyediakan berbagai jenis CCTV berkualitas dan terjangkau.

Selain itu, Anda bisa mengakses segudang informasi tentang CCTV. Misalnya, cara mengetahui password CCTV yang lupa serta cara mengoperasikannya. Ukur.com juga menyediakan banyak pilihan kebutuhan rumah, mulai dari Furniture, Material, AC, Lantai, dan lainnya. Buruan lengkapi kebutuhan hunian impian di Ukur.com!