Jenis-jenis Pesawat Telepon dari Tahun 1876 hingga Kini

Kenali Jenis-jenis Pesawat Telepon dari 1876 hingga Kini: Lengkap!

Semenjak terkirimnya panggilan pertama yang berbunyi, “Watson, come here. I want to see you”, temuan pesawat telepon oleh Alexander Graham Bell telah mengirimkan dan menerima berbagai suara. Mulai dari era tahun pertama kali diperkenalkan hingga masa sekarang, jenis-jenis pesawat telepon mengalami banyak perkembangan.

Penasaran bagaimana alat mungil yang kita sebut ponsel ini mengalami evolusi dengan berbagai jenisnya? Bacalah artikel ini sampai akhir!

Apa itu Pesawat Telepon?

Ketika pertama kali muncul di masyarakat, alat komunikasi ini tampil dalam rupa logam berat yang mengandalkan kabel. Namun kini, ia menjadi barang ringan tipis yang dapat Anda bawa dan selipkan kemanapun.

Pesawat telepon adalah sebuah alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan transmisi udara untuk mengalirkan suara dari satu tempat ke tempat lain. Secara bahasa, kata telepon berasal dari Bahasa Yunani, yakni ‘tele’ yang berarti jauh, dan ‘phone’ berarti suara. Secara harfiah, istilah ini artinya adalah suara jarak jauh.

Jenis-jenis Pesawat Telepon

Setahun setelah hak patennya, Bell Telephone Company pun mulai beroperasi. Perusahaan inilah tempat bermulanya mesin penghantar suara mengalami evolusi dan penyempurnaan desain. Perbedaan lokasi, fungsi pesawat telepon, dan bentuknya yang beragam, membuat alat ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis Pesawat Telepon
Source image: freepik.com

1. Pesawat Telepon Berdasarkan Jangkauannya

Berkat teknologi yang semakin canggih, manusia dapat mengatur jangkauan dan jaringan pesawat telepon secara khusus sesuai keinginan. Fungsi dari setelan ini adalah untuk menentukan sejauh dan sedekat apa jaringan telepon dapat meraih panggilan. Ini untuk membatasi bergabungnya jaringan luar agar tidak terjadi intervensi.

Baca Juga:  9 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Minimalis Rumah Impian

Adapun jenis ini berdasarkan jangkauannya antara lain:

a. Ekstern

Pesawat telepon dengan segi kapasitas eksternal mampu mengadakan pertukaran suara dengan jarak yang terjauh. Artinya, pesawat telepon jenis ini mampu mengudara pada seluruh jaringan telepon yang tersedia.

b. Intern

Jangkauan dan jaringan internal memungkinkan untuk pesawat telepon hanya beroperasi di daerah pilihan tertentu saja. Misalnya, saluran telepon satu gedung kantor. Telepon kantor yang tersedia hanya bisa menelpon dan menerima panggilan pada jaringan kantor terkait saja.

c. Intercom

Intercom memiliki akses jangkauan dan jaringan yang lebih terbatas daripada pesawat telepon internal. Salah satu dari jenis-jenis pesawat telepon ini digunakan untuk bertukar berita dari bagian ke bagian yang lain di lingkungan yang sama. Misalnya, dari luar rumah ke dalam rumah.

Pesawat Telepon Berdasarkan Penggunaan Alatnya
Source image: freepik.com

2. Pesawat Telepon Berdasarkan Penggunaan Alatnya

Ragam penggunaan alat untuk menyempurnakan desain pesawat telepon telah berkembang pesat. Mulai dari penggunaan jalur, tuts, hingga mesin tambahan. Hal ini menyebabkan jenis-jenis mesin penghantar suara pun kian beragam. Contoh dari jenis ini adalah:

a. Pesawat Telepon Satu Jalur (Single Line Telephone)

Sebutan single line merujuk pada penggunaan jaringan telepon yang biasa digunakan oleh masyarakat umum, seperti fasilitas telepon di rumah. Jenis telepon ini bisa menggunakan sistem putar angka atau tuts.

b. Pesawat Telepon Banyak Tuts (Multi-button Telephone)

Selevel lebih canggih dari jenis satu jalur, multi-button telephone mampu mengatur penyampaian telepon yang masuk kepada jalur yang dipanggil. Jenis telepon ini biasanya berada di instansi-instansi besar maupun organisasi.

beli pesawat telepon panasonic di Ukur
Belanja pesawat telepon panasonic di Ukur, Bisa cicil 0% sampai 12 bulan!

c. Pesawat Telepon Sistem Hunting

Mudahnya, pesawat telepon sistem hunting menyediakan banyak saluran penerima yang dapat menerima panggilan secara serentak pada satu nomor yang sama. Hal ini mengizinkan penelpon dapat segera berinteraksi dengan penerima tanpa perlu antre.

Baca Juga:  Mengenal Material Lantai Kamar Mandi dan Tips Memilihnya

d. Pesawat Telepon dengan Pengeras Suara (Loudspeaker)

Pesawat jenis ini hadir dengan pengeras suara yang mengizinkan pengguna untuk menanggalkan mesin telepon secara bebas. Tanpa perlu menggenggam, Anda dapat terus tenggelam dalam percakapan telepon yang seru.

Pesawat Telepon Berdasarkan Letaknya
Source image: freepik.com

3. Pesawat Telepon Berdasarkan Letaknya

Perbedaan lokasi dalam menggunakan telepon menyebabkan penyesuaian bentuk mesin. Sehingga, Anda juga dapat membedakan pesawat telepon berdasarkan letaknya. Penasaran apa saja jenis ini? Baca lebih lanjut di bawah ini.

a. Telepon Meja

Seperti namanya, telepon meja terletak di atas meja. Bentuk telepon yang pas untuk lokasi ini bisa berupa kotak atau rotary.

b. Telepon Dinding

Peletakkan alat penghantar suara jenis ini biasanya menempel pada dinding. Biasanya, telepon jenis ini menggunakan bentuk kotak karena lebih fleksibel.

c. Telepon Transportasi

Telepon transportasi bermaksud pada telepon yang berada dan beroperasi pada transportasi saja, seperti di kereta, pesawat, dan kapal.

d. Telepon Genggam

Telepon genggam mungkin adalah jenis pesawat telepon yang paling Anda kenali. Mesin penghantar suara jenis ini sangat ringan dan Anda dapat membawanya kemanapun.

e. Telepon Umum atau Kotak Telepon

Meski sudah tidak seterkenal dulu, ia adalah macam pesawat telepon berdasarkan lokasi. Telepon umum tampil berupa ruangan kecil bersekat dengan peredam suara yang biasanya beroperasi setelah Anda memasukkan koin.

Pesawat Telepon Berdasarkan Fungsinya
Source image: freepik.com

4. Pesawat Telepon Berdasarkan Fungsinya

Fungsi pesawat telepon sangat beragam sesuai dengan tujuan pengirim dan kebutuhan berkirim pesan. Nah, berikut ini adalah macam-macam pesawat telepon yang dikenali dari fungsinya.

a. Informatif

Salah satu dari jenis-jenis pesawat telepon dengan fungsi informatif biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi secara lisan. Pesannya dapat berupa percakapan suara, atau bahkan pengiriman satu jalur pesan suara.

b. Facsimile (Faksimili)

Berkirim pesan tanpa suara adalah ciri khas faksimili. Berbeda dengan fungsi informatif yang melalui lisan, jenis ini menggunakan kertas atau tulisan. Lebih mudahnya seperti fotokopi jarak jauh.

c. Internet

Tipe ini pasti sangat familiar bagi Anda. Pertukaran pesan pesawat telepon yang menggunakan akses internet akan lebih leluasa dalam memilih jalur penyampaiannya. Tentunya, ia membutuhkan jaringan internet dan data yang stabil.

Baca Juga:  5 Bahan Sarung Jok Mobil yang Bagus beserta Rekomendasinya

d. Telepon SMS

SMS (Short Message Service) merujuk pada penyampaian dan penerimaan pesan yang mengandalkan tulisan. Layanan ini tersedia hanya pada jenis telepon genggam.

e. Teleconference

Teleconference mungkin adalah jenis yang tercanggih saat ini. Fungsi ini membuka kesempatan bagi beberapa pihak untuk saling berkomunikasi sekaligus dengan mengandalkan suara dan visual secara real time di monitor.

f. Digital

Digital, adalah salah satu dari jenis-jenis pesawat telepon. Ia adalah tren yang digunakan di banyak perusahaan. Tampilan nomor telepon tujuan, tanggal telepon, hingga kapasitas yang besar serta beberapa keunggulan lainnya membuat urusan panggilan berskala kantor menjadi lebih mudah.

Pesawat Telepon Berdasarkan Jaringannya
Source image: freepik.com

5. Pesawat Telepon Berdasarkan Jaringannya

Semenjak awal penemuannya, pesawat telepon mengandalkan jaringan kabel untuk mengantarkan suara. Namun kini, jenis-jenis pesawat telepon dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan jaringannya, yaitu:

a. Jaringan Kabel

Pesawat telepon macam ini mengandalkan getaran kawat. Getaran kawat selanjutnya akan mengalami proses terjemahan dan berubah menjadi suara yang jelas pada ujung sambungan telepon.

b. Jaringan Nirkabel

Sementara jaringan nirkabel tidak menggunakan sambung fisik sama sekali. Jenis ini mengandalkan satelit untuk berkomunikasi baik menerima dan mengirimkan suara.

Sudah Tahu Apa Saja Macam Pesawat Telepon?

Seluruh penjelasan di atas adalah jenis-jenis pesawat telepon yang digunakan semenjak masa 1876 hingga hari ini. Bermula dari satu mesin berat dengan satu jalur, pesawat telepon kini menjadi telepon genggam ringan yang bisa Anda bawa kemana pun.

Temukan jawaban dari berbagai kebutuhan pesawat telepon Anda hanya di Ukur untuk pengalaman terbaik. Selain kebutuhan perkakas dan elektronik, Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan material konstruksi hingga pernak pernik furniture di toko ini.

Harga bersahabat, kualitas terjamin, pengiriman cepat dan aman, serta pelayanan pemasangan yang kredibel membuat UKUR cocok menjadi solusi kebutuhan rumah Anda. Percayakan kebutuhan elektronik dan rumahan Anda hanya pada UKUR.com!