5 Cara Mencari Siaran TV yang Hilang, Mudah dan Satset!

5 Cara Mencari Siaran TV yang Hilang, Mudah dan Satset!

Gimana sih cara mencari siaran TV yang hilang? Sejak resmi memasuki era televisi digital, semua orang harus beralih. TV analog memang bisa digunakan asalkan terpasang perangkat tertentu agar gambar enak dipandang. Namun, kerap kali terjadi kendala saat tengah melakukan pencarian channel.

Salah satunya adalah hilangnya channel siaran TV favorit Anda. Tentu saja, agak mengesalkan, bukan? Nah, artikel ini akan mengulas tentang cara mencari saluran TV digital hilang secara otomatis, manual, atau melalui set top box beserta penyebabnya. Yuk, simak tuntas penjelasan lengkapnya di sini!

5 Cara Mencari Siaran TV yang Hilang

Mencari Siaran TV
Foto : suaramerdeka.com

Apa Anda terkendala saluran TV digital hilang? Jangan cemas, adapun solusinya adalah dengan melakukan pencarian siaran TV ulang dengan cara sebagai berikut:

1. Pastikan TV Anda Mendukung Saluran Digital

Sebelum mencari saluran TV digital yang hilang, pastikan televisi yang Anda miliki bisa mengakses TV digital. Gimana caranya? Caranya dengan memastikan detail spesifikasi produk. Sebelum membeli TV, Anda bisa cek detail spesifikasinya lewat internet maupun offline ke tokonya langsung.

Di setiap pembelian akan disertai buku panduan tentang detail produknya sedemikian rupa. Sebenarnya, TV analog bisa juga mengakses saluran TV digital akan tetapi perlu adanya perangkat tambahan berupa STB (Set Top Box) agar tampilan gambar lebih jernih dan tak bersemut.

Baca Juga:  Berapa Lama Epoxy Kering dan Mengeras? Ini Jawabannya!

Apabila Anda masih punya TV analog sebaiknya jangan membuangnya. Akan tetapi, coba untuk memikirkan cara memperbaiki TV agar tampak seperti baru.

2. Masuk pada Menu Pengaturan

Menu Pengaturan
Foto : findhealthyblog.wordpress.com

Langkah selanjutnya, masuk pada menu pengaturan yang ada pada layar televisi. Caranya adalah ambil remote lalu nyalakan TV dan akses menu pengaturan dengan mengklik tombol settings yang tertera pada layar. Kemudian, pilih opsi programs.

Dalam pilihan opsi programs akan ada beragam menu yang membantu Anda. Seperti cara mencari saluran TV digital manual maupun otomatis, dan lain sebagainya.

3. Pilih Opsi D TV (Digital TV)

Cara mencari siaran TV yang hilang adalah dengan memilih opsi dalam program. Umumnya, akan ada 3 opsi, yaitu:

  • Google TV (Google TV adalah smart TV yang dikembangkan oleh Google dan hanya bisa Anda gunakan ketika tersambung internet ataupun WiFi).
  • A TV (Analog TV).
  • D TV (Digital TV).

Dari ketika opsi tersebut pastikan pilih D TV agar secara otomatis mencari siaran TV yang hilang agar muncul kembali.

4. Cara Mencari Siaran TV Otomatis

Siaran TV Otomatis
Foto : Youtube

Selanjutnya, yakni dengan melakukan pencarian sinyal. Kalau mau tangkapan sinyalnya cepat, And bisa pakai fitur pencarian otomatis. Nah, jika pilihan opsi program sudah selesai, lanjutkan pencarian dengan klik menu Auto Tuning.

5. Menunggu TV sampai Menemukan Siaran yang Hilang

Terakhir, biarkan pencarian siaran TV berjalan sampai usai. Sehingga, TV bisa menangkap semua saluran tanpa terkecuali. Setelah selesai, Anda bisa langsung menonton siaran kesayangan yang sempat hilang.

Penyebab Saluran TV Digital Hilang

Selain memahami cara mencari siaran TV yang hilang, berikut beberapa faktor penyebab saluran bisa hilang sinyal yang perlu Anda tahu:

1. Gangguan Jarak Pemancar

Gangguan ini terkait masalah jarak antena penerima dan pemancar. Semakin jauh pemancar, maka semakin lemah sinyal yang diterima. Bahkan, sinyal bisa hilang seketika apabila jarak pemancar terdeteksi sangat jauh dari sinyal penerima.

2. Penghalang Fisik

Maksud dari penghalang fisik adalah keberadaan gedung tinggi, bukit, pepohonan besar, dan bangunan lainnya. Terhalangnya jalur sinyal akibat struktur objek penghalang yang tinggi bisa menjadi penyebab penurunan intensitas sinyal TV digital.

Baca Juga:  Cara Instalasi Water Heater Listrik Secara Tepat, dan Aman

3. Faktor Cuaca

Gangguan Cuaca
Foto : tribunnews.com

Cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, dan badai petir juga bisa punya potensi mengganggu sinyal TV digital. Hal tersebut bisa menyebabkan saluran TV digital hilang, karena efek perambatan gelombang radio.

4. Gangguan Interferensi Elektronik

Ada beberapa perangkat elektronik seperti microwave, router WiFi, dan perangkat lainnya bisa berpotensi menciptakan interferensi. Tentu saja, ini bisa memengaruhi kualitas sinyal TV.

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual

Berikut cara mencari saluran secara manual:

  • Ambil remote, lalu tekan “Menu” yang terdapat di remote TV.
  • Gunakan tombol arah simbol arah panah untuk menggeser pada bagian “Saluran”.
  • Lalu tekan tombol enter dan lakukan opsi “Pemindaian” channel siaran.
  • Kemudian, terdapat opsi pemindahan saluran digital secara otomatis atau manual. Pilih “Pemindaian Manual”.
  • Pilih jenis saluran, terdiri dari “Analog, Digital, dan Semua Saluran”.
  • Setelah memilih, atur frekuensi sesuai channel TV favorit Anda. Contohnya, channel Global TV frekuensi 4034 Mhz, H 16600 untuk Global TV ke satelit Telkom 4. Jika sudah tampak jernih, segera simpan.
  • Kemudian, lakukan pemindaian sampai selesai. Setelah selesai, keluar dari menu dan telusuri berbagai saluran TV Anda.

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di Set Top Box

Seperti yang Anda tahu, penggunaan TV analog butuh perangkat lain, yaitu set top box. Tanpa STB, TV analog tak akan tampak jernih. Adapun kendala yang biasa dijumpai, yaitu siaran TV hilang. Lantas, gimana cara mencari siaran TV yang hilang di set top box? Berikut ini adalah uraiannya:

1. Lakukan Pencarian Ulang Siaran TV Digital

Pencarian Ulang Siaran TV Digital
Foto : berita.99.co

Pertama, bisa saja siaran TV kesayangan hilang karena pencarian siaran belum tersimpan di STB seusai mengatur pencarian saluran terbaru. Nah, supaya siaran itu kembali lakukan pencarian ulang siaran TV digital.

Gimana sih caranya? Buka menu pengaturan TV atau STB, lalu buka opsi pengaturan channel dan klik auto tuning. Pilih opsi jenis saluran TV digital maupun STB. Kemudian tunggu pencarian tersebut sampai selesai.

2. Kabel Antena Harus Benar

Agar cara mencari siaran tv yang hilang di set top box bisa lancar tanpa terkendala, Anda perlu memperhatikan dan memastikan kondisi kabel. Habel antena harus terpasang dengan benar dilubang colokan. Kabel juga tak memiliki bagian yang rusak dan kotor.

Baca Juga:  Begini Cara Cleaning Printer (Epson, Canon, HP, Brother)

3. Cek Jangkauan Sinyal Siaran TV Digital

Hilangnya siaran TV bisa terkendala jangkauan sinyal yang lemah pada daerah domisili Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek jangkauan sinyal agar tak terputus seketika. Nah, lewat aplikasi Sinyal TV Digital (terdapat di Play Store maupun App Store) Anda bisa mengecek sinyalnya.

4. Arahkan dan Letakan Antena dengan Tepat

Apabila channel siaran TV seketika hilang, cobalah ubah arah antena agar sinyal lebih kuat. Pastikan antena berada posisi yang tidak banyak penghalang fisiknya, seperti gedung-gedung tinggi. Arah dan peletakan harus sesuai dan tepat, agar akurat, sinyal kembali normal, dan siaran hilang kembali lagi.

5. Mencari Channel Set Top Box

Mencari Channel Set Top Box
Foto : radarbogor.id

Cara mencari channel set top box memiliki beberapa langkah mudah, yaitu:

  1. Pertama, nyalakan TV.
  2. Memastikan kabel AV STB telah tersambung.
  3. Move ke Mode AV.
  4. Lalu, cek STB masuk ke AV.
  5. Nyalakan STB.
  6. Lalu, klik Menu yang terdapat di remote STB.
  7. Pilih menu pencarian saluran dan klik pencarian otomatis.
  8. Kemudian, tunggu sampai pencariannya selesai.
  9. Setelah usai, pilih simpan.
Set Top Box
Dapatkan set top box berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Cara Mencari Siaran TV yang Hilang?

Demikian ulasan terkait cara mencari siaran TV yang hilang dan berbagai penyebabnya. Cara pencarian bisa Anda lakukan manual maupun otomatis. Entah menggunakan TV digital maupun analog dengan tambahan STB. Tidak sulit, bukan? Anda juga bisa menonton TV melalui aplikasi TV gratis tanpa kuota, lho.

Di era digital segala sesuatu memang mudah cara aksesnya. Nah, kalau memilih untuk membeli TV baru, Anda bisa mengunjungi marketplace Ukur.com. Marketplace ini menyediakan berbagai produk dengan kategori elektronik, furniture, safety, dan lainnya. Lewat layanan yang terjamin, Anda tak perlu ragu-ragu. Yuk, buruan order!