Inspirasi Warna dan Desain Kamar Biru Laut Minimalis dan Estetik

kamar warna biru laut

Menentukan warna dalam desain kamar minimalis merupakan hal yang penting. Apabila Anda menginginkan suasana yang cenderung tenang dan fresh terutama untuk kamar tidur, kamar warna biru laut adalah solusinya!

Menurut efek psikologisnya, warna biru laut bisa memberikan pengaruh ketenangan pikiran dan efek relaksasi bagi jiwa Anda. Bahkan, secara filosofi Feng Shui, desain rumah warna biru laut memiliki simbol keamanan dan harmoni.

Dalam memilih cat kamar warna biru laut, ternyata banyak sekali pilihan warnanya. Nah, Anda bisa menyimak beberapa referensi warna dan desain kamar berwarna biru laut di bawah ini!

Inspirasi Warna Cat Kamar Biru Laut dan Biru Lainnya

Cat kamar warna biru laut mempunyai variasi yang beragam. Berikut inspirasi warna yang dapat Anda jadikan pilihan agar menciptakan suasana kamar minimalis:

1. Azure Blue

kamar warna biru laut Azure Blue
Foto: freepik.com

Apakah Anda ingin suasana biru laut yang cerah namun tetap memiliki kesan elegan dan mewah? Warna azure blue adalah pilihan yang tepat!

Warna ini sering digambarkan sebagai variasi warna biru dengan sentuhan cyan atau hijau. Azure blue ini mengingatkan Anda akan warna langit yang cerah dan air laut yang jernih. Warna azure blue cenderung lebih terang daripada biru murni karena memiliki sentuhan warna hijau yang cukup kuat.

2. Lapis Lazuli

kamar warna Lapis Lazuli
Foto: housebeautiful.com

Lapis lazuli merupakan warna biru yang perlu Anda pilih apabila menyukai ragam warna yang terkesan mewah.

Warna lapis lazuli sendiri merupakan adaptasi warna dari batuan beku yang terkenal karena warna biru-ungu-nya yang khas seperti permata. Batuan tersebut memiliki nilai tinggi dalam sejarah seni dan diperjual belikan di zaman peradaban kuno seperti era Mesir Kuno dan Afganistan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Plafon Eternit, Kelebihan, dan Jenis Desainnya

Saat mengaplikasikan cat lapis lazuli, Anda bisa pelajari bagaimana cara menggunakan warna cat mewah ini agar ruangan terlihat lebih elegan.

3. Sky Blue

kamar warna Sky Blue
Foto: designingidea.com

Nama “sky blue” mengambil dari keadaan warna langit yang cerah. Sky blue adalah salah satu ikon warna biru dalam dunia seni dan desain. Warna ini menggambarkan suasana yang positif dan cerah.

Bagaimanapun, warna sky blue memiliki sedikit kemiripan dengan warna azure blue karena mengandung sentuhan cyan. Bedanya, unsur cyan dalam warna sky blue lebih sedikit.

4. Slate

kamar warna Slate
Foto: detik.com

Selanjutnya adalah warna slate. Jika Anda tidak suka warna biru yang terlalu cerah untuk kamar Anda, maka warna slate sangatlah cocok untuk Anda coba. Warna batu slate menjadi inspirasi karena cenderung memiliki sentuhan warna abu-abu gelap atau abu-abu biru.

5. Navy

kamar warna Navy
Foto: rumah.com

Anda pasti tahu warna satu ini, bukan? Ya, kategori kamar warna biru laut atau biru tua ini memang memiliki khas yang terkenal netral tetapi tetap memiliki kesan yang elegan.

Kata navy sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris dan sering pula dikaitkan dengan warna seragam angkatan laut, terutama di Amerika Serikat.

6. Indigo

kamar tidur warna Indigo
Foto: lushome.com

Apakah Anda pecinta warna yang terkesan gelap? Warna indigo ini merupakan pesaing dari variasi navy. Indigo merupakan nama sebuah tumbuhan yang orang zaman dahulu pakai sebagai pewarna tradisional.

Warna ini memberikan sentuhan warna biru yang sangat gelap sehingga hampir condong seperti warna ungu atau hitam. Meski begitu, konsep kamar dengan warna indigo terkesan memberikan efek yang menenangkan.

7. Cobalt Blue

kamar tidur warna warna Cobalt Blue
Foto: istockphoto.com

Cobalt blue adalah warna yang memiliki kesan paling cerah di antara warna biru tua lainnya. Warna ini juga menjadi salah satu warna biru yang populer. Jika Anda ingin mengekspresikan kesan yang energik dan kuat, sangat cocok bagi Anda untuk memilih warna cobalt blue karena nuansa birunya yang jelas dan cerah.

Baca Juga:  Plafon Metal: Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Pilihan Desain Kamar Warna Biru Laut Minimalis Lainnya

Masih bingung memilih konsep atau kombinasi warna cat biru laut untuk kamar tidur minimalis yang seperti apa? Mari simak ide konsep desain berikut ini.

1. Desain Kamar Tidur Biru Pastel

Desain Kamar Tidur Biru Pastel
Foto: arsitag.com

Kamar tidur dengan desain bernuansa biru pastel memberikan suasana kamar menjadi damai dan menenangkan. Nuansa kamar dengan warna biru pastel tidak hanya bisa didapatkan dari cat tembok saja, bisa dari berbagai perabotan seperti kasur, sofa, atau lemari baju.

Nuansa biru pastel juga dapat dipadukan dengan warna putih untuk memberikan paduan yang pas untuk kamar yang nyaman.

2. Kombinasi Desain Biru Laut Klasik dan Putih

Kombinasi Desain Biru Laut Klasik dan Putih
Foto: pinterest.com

Kamar tidur dengan kombinasi warna biru laut klasik dan putih adalah suatu pilihan yang elegan. Biru klasik memberikan nuansa yang kuat, mewah, dan berkelas. Sementara itu, warna putih memberikan nuansa yang bersih dan tenang, sehingga paduan antara keduanya membuat kamar tidur menjadi tempat idaman.

Perabot yang dipilih untuk kamar tidur dengan desain ini harus mempunyai desain yang elegan. Warna putih bisa Anda gunakan sebagai warna perabot atau unsur dekoratif lainnya seperti pada trim, gorden, bingkai pintu, dan plafon.

Penggunaan warna plafon bisa dikatakan sangat memainkan peran penting dalam menciptakan warna kamar yang harmonis. Oleh karena itu, kombinasi warna cat plafon dan dinding harus sangat diperhatikan.

3. Desain Kamar Nuansa Pantai

Desain Kamar Nuansa Pantai
Foto: pinterest.com

Kamar tidur dengan nuansa pantai sering menjadi idaman karena Anda dapat merasakan suasana laut hanya dari kamar. Nuansa pantai dapat dibentuk dengan menambah ornamen-ornamen laut seperti cangkang kerang atau bintang laut yang dibuat sebagai hiasan dinding.

Tentu saja perpaduan cat dinding bernuansa biru laut dengan ornamen laut membuat seakan berada di pinggir pantai. Desain kamar tidur ini memberikan suasana yang nyaman, tenang, dan damai untuk beristirahat setelah seharian disibukkan oleh pekerjaan.

Baca Juga:  Floor Hardener: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

4. Kamar Warna Biru Laut Nuansa Vintage

Kamar Warna Biru Laut Nuansa Vintage
Foto: flickr.com

Warna cat kamar biru laut yang dipadukan dengan nuansa vintage menciptakan suasana yang tenang dan berkarakter. Anda dapat memilih cat dinding dengan warna biru laut yang lembut sehingga memberikan suasana yang tenang dan nyaman.

Nuansa vintage dapat Anda berikan melalui perabot di dalam kamar seperti meja rias tua, lemari yang usang, atau perabot kayu lainnya. Pencahayaan pada kamar tidur juga tidak kalah penting. Anda dapat menggunakan lampu gantung untuk memberikan nuansa vintage.

5. Kombinasi Warna Biru Laut dengan Warna Merah

Kombinasi Warna kamar tidur Biru Laut dengan Warna Merah
Foto: freepik.com

Kombinasi warna biru laut dan warna merah memberikan suasana kamar tidur yang nyaman, ceria, cerah, dan nautical. Anda dapat memberikan sentuhan warna biru laut yang lembut atau biru tua pada dinding kamar tidur. Warna merah dapat Anda tambahkan pada furnitur kecil yang dapat memberikan kontras yang menarik.

Selain itu, Anda juga dapat memilih sprei dengan pola atau warna biru laut dengan sentuhan warna merah. Penambahan aksesoris dalam kamar seperti vas bunga, lampu meja, atau bingkai foto keluarga saat berlibur ke pantai juga dapat memberikan suasana yang ceria.

cat tembok
Lengkapi kebutuhan bangunan anda dengan Cat Tembok berkualitas di UKUR

Tertarik Mengaplikasikan Desain Kamar Warna Biru di Atas?

Bagaimana? Anda sudah paham lebih dalam seputar desain dan variasi kamar warna biru laut, bukan? Anda bisa mewujudkan kamar impian dengan sentuhan desain minimalis dan tentunya dengan warna biru laut kesukaan Anda.

Pelajari juga cara menghitung kebutuhan cat tembok agar Anda tahu berapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengecat kamar tidur Anda.

Untuk membantu realisasi impian Anda, jangan lupa kunjungi website Ukur.com. Di situs tersebut, Anda dapat mendapatkan penawaran untuk berbagai bahan bangunan, seperti lantai, furniture, hingga pintu & jendela. Selain itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai jasa pengukuran maupun pemasangan alat dan bahan bangunan.