Mengenal Jenis Vinyl Lantai Paling Populer di Indonesia

Mengenal Jenis Vinyl Lantai Paling Populer di Indonesia

Jenis vinyl lantai merupakan salah satu pilihan ketika memilih lantai yang membuat rumah atau ruangan Anda lebih nyaman. Lantai vinyl juga bisa jadi solusi kalau Anda bosan dengan flooring atau lantai yang begitu-begitu saja. Lantas, apa saja jenis lantai vinyl populer dan bagus yang bisa Anda pilih. Simak di sini!

Apa itu Vinyl Lantai?

Di Indonesia, ada banyak jenis lantai rumah, salah satunya adalah vynil. Lantai vinyl adalah lantai yang terbuat dari bahan sintetis dengan motif menyerupai kayu. Umumnya, beberapa orang akan bingung dengan perbedaan lantai vinyl dengan lantai decking.

Perbedaan yang mencolok sebenarnya adalah material dasarnya. Sebab, lantai decking adalah struktur lantai yang menggunakan kayu asli sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis.

Jangan salah, meski bukan terbuat dari kayu asli, vinyl punya tampilan motif kayu yang sangat realistis. Kalau Anda tidak menyukai motif kayu, masih banyak motif lain, seperti bebatuan alam, zigzag, polos, sampai motif beton.

gambar macam-macam vinyl
Foto: Pinterest

Banyak orang yang suka dengan lantai ini karena pemasangannya mudah, awet, dan punya harga terjangkau. Pemasangannya hanya membutuhkan lem atau perekat, bahkan ada jenis lantai vinyl yang tidak butuh lem waktu dipasang.

Lantai ini diproduksi dalam bentuk kotak seperti keramik. Ada yang seperti lembaran dan bisa digulung, serta berbentuk papan kayu. Anda bisa sesuaikan dengan luas dan bentuk ruangan karena bahannya memang cukup fleksibel.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang budget karena harganya sangat ekonomis dan ramah di kantong. Meski punya budget terbatas, Anda bisa dapatkan desain ruangan baru yang cantik sekaligus estetik.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu UPVC, Kelebihan dan Kekurangan untuk Rumah

Seiring perkembangan zaman, banyak merek juga menawarkan berbagai jenis-jenis lantai vinyl berkualitas. Keunggulan yang ditawarkan adalah tahan air, anti bakteri dan rayap, dan bahkan tahan api.

Jenis Vinyl Lantai Terpopuler di Indonesia

Vinyl merupakan salah satu lantai paling populer di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis-jenis lantai vinyl yang bisa Anda pertimbangkan untuk membuat rumah jadi lebih menawan dan membuat Anda betah:

1. Vinyl Plank

Vinyl Plank
Foto: inmyownstyle.com

Biasanya, lantai dengan motif ini berbentuk persegi panjang dan punya ukuran sekitar 10 sampai 20 cm untuk lebarnya. Sedangkan panjangnya sekitar 90 sampai 100 cm. Bentuknya yang menyerupai kayu akan membuat rumah Anda lebih bernuansa etnik dan alami. Suasananya pun akan terasa lebih sejuk.

Jenis vinyl lantai ini tersedia dalam bentuk lembaran dengan berbagai pilihan ketebalan, sekitar 2 mm sampai 3 mm dan berbahan dasar polyvinyl carbonated (PVC). Berbagai merk lantai ini menyediakan dua jenis permukaan, yaitu emboss dan non emboss.

Permukaan emboss adalah permukaan yang punya struktur asli seperti serat kayu yang buat lantai nggak akan licin. Sedangkan, non emboss adalah permukaan yang halus dan licin. Umumnya, jenis ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan permukaannya.

Namun, sekarang PVC sudah jarang digunakan sebagai bahan lantai vinyl plank. Kebanyakan akan menggunakan bahan SPC (Stone Polymer Composite). Bahan ini akan membuat lantai terlihat lebih realistis dan tahan lama. Inilah yang membuat bahan ini jadi pilihan banyak rumah hingga gedung perkantoran.

2. Vinyl Roll

Vinyl Roll
Foto: m.alibaba.com

Lantai jenis ini punya ukuran yang sangat besar, yaitu 2 m x 25 m dan berbentuk roll sesuai namanya. Vinyl roll memiliki ketebalan sekitar 0.5 mm sampai 2.2 mm. Karena ukuran dan tebalnya tersebut, lantai yang satu ini cukup lentur. Inilah kenapa contoh vinyl lantai satu ini bisa digulung tanpa takut pecah.

Baca Juga:  9 Inspirasi Warna Cat No Drop untuk Luar Rumah Terbaik

Namun, pemasangan lantai ini jauh lebih sulit ketimbang jenis lantai lain karena ukurannya yang besar. Namun, hasilnya akan jauh lebih rapi karena tidak membutuhkan banyak sambungan.

Anda juga nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga lantai jenis ini sangat terjangkau. Lewat adanya banyak macam motif, Anda bisa dengan bebas pilih yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, lantai jenis ini nggak berbulu dan mudah dibersihkan. Serta sangat nyaman buat Anda pakai.

3. Vinyl Tile

Vinyl Tile
Foto: thisoldhouse.com

Jenis vinyl lantai ini punya bentuk persegi seperti ubin atau keramik dengan ukuran sekitar 30 cm sampai 50 cm. Ketebalannya sekitar 1,5 sampai 3 mm. Umumnya, ketebalan tersebut bergantung dengan merk yang Anda pilih.

Lantai ini sangat cocok buat Anda yang mau lantai rumah punya rupa yang mirip keramik, tapi bermotif kayu. Vinyl tile juga punya tekstur yang keras dan terasa dingin di kaki ketika Anda berpijak di atasnya.

Pemasangannya juga sangat mudah, Anda cuma perlu menyiapkan lem atau perekat khusus. Hal tersebut akan membuat sambungan antar lantai terlihat seamless dan akan membuat lantai Anda terlihat rapi.

Anda juga bisa dengan bebas dalam menyusun lantai ini karena ada beberapa macam warna. Jadi, Anda bisa berkreasi dengan menggabungkan beberapa warna tersebut secara random sehingga membentuk mozaik. Lantai ini juga bisa dipasang secara horizontal atau vertikal dengan tujuan menambah aksen yang terlihat.

4. Vinyl Click

Vinyl Click
Foto: Instagram

Vinyl click berbentuk lembaran persegi panjang dan memiliki ketebalan sekitar 5 mm. Lantai ini berbeda dengan jenis lainnya karena tak memerlukan perekat atau lem dalam proses pemasangannya. Jadi, akan sangat mudah untuk Anda pasang di rumah.

Baca Juga:  Mengenal Marmer Statuario: Kelebihan, Penggunaan, dan Ciri

Teknik pemasangannya adalah dengan menggunakan sistem penguncian khusus yang berada di pinggirannya. Mirip seperti permainan puzzle dengan modal cutter dan penggaris. Hal tersebut juga akan buat hasil pemasangannya jauh lebih sempurna dan rapi.

Oleh karena itu, lantai ini sangat cocok untuk Anda yang nggak suka ribet dalam hal pemasangan. Anda bahkan bisa mengerjakannya sendiri dan tak perlu mengeluarkan budget lebih untuk biaya pemasangan.

Vinyl click juga waterproof dan punya motif yang terlihat natural. Nggak cuma buat area kering, Anda bahkan bisa memasangnya di area lembab seperti di kamar mandi atau dapur.

Lantai vinyl ini juga punya ketahan akan goresan, tidak mudah retak, bisa menahan beban besar, dan tahan lama. Cocok buat Anda punya peliharaan dan sering memindahkan barang agar ruangan tidak terlihat membosankan.

beli vinyl lantai di ukur
Dapatkan vinyl lantai berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Telah Lebih Paham tentang Jenis-Jenis Lantai Vinyl Terpopuler?

Ketika memilih jenis lantai vinyl, Anda bisa sesuaikan dengan desain rumah dan preferensi. Nah, kalau sudah menentukan pilihan lantai vinyl yang paling cocok di rumah, Anda bisa langsung berkunjung ke Ukur.com untuk membeli lantai vinyl terbaik dengan harga ekonomis.

Marketplace satu ini juga menawarkan berbagai macam material rumah. Seperti, dinding & plafon, pintu & jendela dan material konstruksi. Jadi, Anda bisa beli banyak kebutuhan sekaligus secara borongan. Anda juga nggak perlu bingung soal pemasangan, karena Ukur.com menawarkan jasa pengukuran dan pemasangan.

Jadi, satu aplikasi, bisa untuk semua. Selain itu, pengiriman barang juga sudah terjamin aman dan ada banyak sekali metode pembayaran yang tersedia. Tidak perlu berlama-lama! Yuk, sesan sekarang, duduk santai di rumah, dan barang bakal tiba dengan selamat sampai di rumah!