Inilah Alasan Mengapa Tinggi Kursi Makan Harus Sesuai

Inilah Alasan Mengapa Tinggi Kursi Makan Harus Sesuai

Beberapa detail kecil dalam konsep interior bisa jadi sangat krusial untuk Anda rencanakan. Jika terdapat sedikit kekeliruan atau ketidaksesuaian dalam konsep interior, Anda bisa gagal dalam mendesain hunian impian, termasuk tentang tinggi kursi makan.

Ukuran dalam menentukan tinggi tempat duduk untuk makan menjadi salah satu detail kecil yang penting dalam sebuah konsep interior. Cari tahu informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini!

Mengapa Dimensi Kursi Makan Harus Tepat?

Mengetahui ketepatan dimensi tempat duduk untuk makan juga sangat penting untuk Anda ketahui. Dimensi yang tepat pada kursi makan sangat penting. Berikut adalah 4 alasan utama mengapa dimensi kursi untuk makan harus tepat, yaitu:

1. Kenyamanan

Dimensi yang tepat memastikan kenyamanan bagi pengguna. Kursi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat kita gunakan untuk waktu yang lama. Ketidaknyamanan tersebut dapat mempengaruhi suasana makan.

Selain itu, menambah aksen bantalan busa pada tempat duduk untuk makan, menurut banyak desainer menjadi favorit banyak orang karena memungkinkan mereka duduk di ruang makan dengan santai.

Sponge Chair Natural adalah salah satu contoh tempat duduk untuk makan dengan bantalan busa yang akan membuat Anda merasa nyaman di rumah.

Bagaimanapun juga, kenyamanan merupakan hal krusial pertama yang perlu Anda perhatikan saat menciptakan dimensi furniture yang tepat.

2. Dukungan Postur Tubuh

Dimensi tempat duduk untuk makan yang tepat mendukung postur tubuh yang sehat saat makan. Postur yang baik dapat mencegah rasa sakit pada punggung, leher, atau bahu yang mungkin timbul karena penggunaan kursi yang tidak ergonomis.

Baca Juga:  Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel Beserta Harga dan Kelebihannya

3. Keamanan

Dimensi yang tepat pada kursi untuk makan juga penting untuk menjaga keamanan pengguna. Tempat duduk yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menimbulkan risiko tergelincir atau jatuh, terutama bagi anak-anak atau orang tua.

4. Estetika dan Fungsionalitas Ruangan

Tempat duduk untuk makan dengan ketepatan dimensi, salah satunya dengan tinggi kursi makan yang sesuai juga berkontribusi pada estetika dan fungsionalitas ruangan. Kursi yang cocok secara proporsional dengan meja makan menciptakan tampilan yang seimbang secara visual.

Meski hanya bisa dilihat oleh keluarga saja seperti warna jok mobil, nyatanya warna juga menjadi pertimbangan saat memilih kursi makan. Pasalnya, pemilihan warna pada tempat duduk untuk makan juga perlu Anda pertimbangkan guna menambah nilai estetika.

Salah satu alasan mengapa warna perlu Anda pertimbangkan saat memilih kursi makan ialah karena warna furniture memiliki daya tarik tersendiri untuk keunikan desain.

Misalnya, Anda dapat memilih warna-warna dengan tema earth tone yang tengah populer di zaman sekarang. Selain karena populer, warna earth tone juga cukup netral dan dapat menambah kesan segar dan hangat pada ruang makan Anda.

Selain itu, penerapan detail dimensi yang tepat juga memungkinkan untuk membentuk ruang yang cukup di sekitar meja. Dengan begitu, pengguna dapat bergerak dengan leluasa dan nyaman.

kursi makan
Foto: Freepik

Hal-hal yang Harus Diperhatikan pada Ukuran Kursi Makan

Ketika memperhatikan ukuran kursi makan, terdapat beberapa faktor yang penting untuk Anda pertimbangkan. Berikut 7 hal yang perlu Anda perhatikan terkait ukuran kursi untuk makan, yaitu:

1. Tinggi Kursi Makan

Pastikan tempat duduk untuk makan memiliki tinggi yang sesuai dengan meja makan. Kursi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan.

2. Panjang dan Lebar Kursi

Anda juga perlu memperhatikan panjang dan lebar kursi. Kursi yang terlalu sempit atau terlalu lebar mungkin tidak nyaman bagi pengguna. Ketidaknyamanan ini terjadi terutama saat duduk untuk waktu yang lama.

Baca Juga:  Ukuran Pintu Kamar Mandi Berdasarkan Jenisnya

3. Ketinggian Sandaran

Sandaran kursi harus memberikan dukungan yang cukup untuk punggung pengguna. Pastikan sandaran tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna.

4. Jarak antar Kursi

Selain tinggi kursi makan, panjang dan lebarnya, Anda juga perlu memperhatikan jarak antar kursi. Pasalnya, jarak antara kursi juga penting, terutama jika Anda memiliki meja makan dengan lebih dari satu kursi.

Pastikan ada ruang yang cukup di antara kursi untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna untuk duduk dan bergerak.

5. Bahan dan Kualitas Konstruksi

Pastikan kursi yang akan anda gunakan di hunian impian Anda terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama.

Pasalnya, bahan yang kuat dan berkualitas baik dapat meningkatkan daya tahan kursi dan memastikan kenyamanan dalam jangka panjang. Dengan begitu, biaya yang Anda butuhkan juga akan jauh lebih ekonomis.

Meskipun tempat duduk untuk makan Anda terbuat dari kayu dengan kualitas yang baik, Anda juga perlu menjaga kebersihan dan kualitas umur dari kursi Anda tersebut.

Ada banyak cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap yang praktis, mudah, dan ekonomis. Misalnya, dengan menggunakan minyak zaitun dan air jeruk nipis.

6. Desain Estetika

Selain aspek fungsional, penting juga untuk mempertimbangkan desain estetika dari kursi makan.

Pilihlah desain yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan dan meja makan Anda, sehingga semuanya terlihat serasi.

Desain estetika juga membuat hunian impian Anda jadi terlihat lebih unik dan menarik.

7. Kesesuaian dengan Pengguna

Anda juga harus memastikan, tempat duduk untuk makan yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Misalnya, jika ada anak kecil di rumah, pastikan kursi yang Anda pilih cocok untuk mereka juga.

Baca Juga:  8 Inspirasi Warna Cat No Drop untuk Kamar Tidur Estetik Terbaik

Jika terdapat anggota keluarga yang memerlukan bentuk tertentu untuk menjaga keamanan dan kenyaman mereka, pertimbangkan preferensi itu juga. Dengan begitu, setiap anggota keluarga ataupun kerabat lain akan merasa nyaman dan aman.

Ukuran Tinggi Kursi Makan yang Ideal

Ukuran Tinggi Kursi Makan
Foto: pengadaan.web.id

Tinggi kursi untuk makan dengan ukuran standar yaitu 88 cm, sementara lebarnya 44 cm. Sedangkan, tinggi meja makan adalah memiliki rata-rata sepanjang 70-80 cm. Jadi sebaiknya jarak dudukan kursi sekitar 50 cm dari lantai.

Dengan begitu, akan tercipta ruang kira-kira 20 hingga 30 cm di antara meja dan kursi, sehingga kita dapat duduk dengan nyaman. Selain itu, jarak antara kursi dan meja makan ke dinding atau pembatas ruang harus 91 cm (3 kaki).

Selanjutnya, supaya lebih nyaman saat digunakan kembali setelah makan, letakkan kursi 30 cm di antara bangku dan meja makan.

Dengan mempertimbangkan ukuran kursi, Anda akan merasa lebih nyaman saat menyantap makanan. Jangan sampai pemilihan kursi yang salah mengganggu aktivitas bersantai Anda bersama keluarga.

jual kursi
Dapatkan aneka jenis kursi berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Ukuran Kursi Makan yang Ideal?

Kenyamanan menjadi faktor penting yang perlu Anda rancang saat memilih konsep desain interior rumah. Dengan mendesain tinggi kursi makan yang tepat dan sesuai, berarti Anda sudah menambah nilai kenyamanan yang tercipta di hunian impian. Ukur.com menjadi partner yang tepat bagi Anda dalam mendesain rumah.

Segala jenis kebutuhan interior rumah dapat dengan mudah Anda temukan. Mulai Lantai, Pintu & Jendela, Dinding & Plafon, hingga Furniture. Ukur.com juga menyediakan tukang untuk membantu memasang bahan bangunan dan interior di rumah. Yuk, hemat budget untuk membangun hunian impian bersama Ukur.com!