GRC Board: Pengertian, Ukuran, Kegunaan, Keunggulan, dan Harga

GRC Board: Pengertian, Ukuran, Kegunaan, Keunggulan, dan Harga

Material sebuah bangunan penting untuk diperhatikan dalam membangun sebuah rumah dan GRC Board adalah salah satu material yang bisa Anda gunakan. Yuk, simak pengertian, kegunaan, ukuran hingga harga papan GRC untuk membangun rumah Anda!

Apa Itu GRC Board?

GRC Board atau singkatan dari GlassFiber Reinforced Concrete adalah material favorite banyak arsitek, yang terdiri atas komponen pasir halus, semen, air, polimer akrilik hingga serat kaca yang memiliki kekuatan tinggi. Walau begitu, GRC memiliki bobot lebih ringan, jika dibandingkan material sejenis lainnya.

Serat kaca pada material ini berperan sebagai komponen pembawa beban utama, sedangkan bahan di sekitarnya bisa mentransfer beban di antara serat. Hal inilah yang membuat material ini kokoh dan kuat sebagai bahan bangunan.

Kegunaan GRC Board
Source: Tokopedia

Kegunaan GRC Board

Pada dasarnya, fungsi GRC sangat beragam, mengingat ketahanannya yang tinggi terhadap berbagai jenis cuaca, baik itu hujan ataupun panas. Adapun kegunaan GRC board adalah:

1. Cladding Eksterior

Kegunaan papan GRC adalah sebagai dinding bangunan dengan ketebalan berkisar antara 9 mm hingga 12 mm. Ini tentu saja bisa menghemat ruang untuk dinding bangunan, mengingat ukuran bata yang bisa mencapai 15 mm sampai 18 mm.

2. Elemen Dekoratif

Bobot yang ringan dan fleksibel dari GRC membuatnya mudah untuk dibentuk, sehingga cocok sebagai elemen dekoratif. Penggunaan papan GRC sebagai dekoratif bisa Anda temukan di dekorasi bangunan masjid. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda juga bisa temukan di kantor-kantor atau rumah.

Baca Juga:  Mengenal GRC, Konstruksi Modern yang Memiliki Banyak Fungsi

3. Pagar

Kemampuan dari material GRC yang tahan panas dan hujan, membuatnya cocok untuk Anda aplikasikan sebagai pagar. Selain itu, tampilannya dengan berbagai motif membuatnya pas untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

4. Plafon

Kegunaan dari material GRC board berikutnya adalah sebagai plafon rumah. Material ini cocok Anda gunakan, karena lebih tahan terhadap serangan rayap dan jamur, sehingga juga bisa lebih menghemat biaya perawatan bangunan.

5. Partisi Ruangan

Papan GRC juga bisa Anda gunakan sebagai partisi ruangan, karena mudah untuk dipasang dan juga diberikan finishing. Ini juga yang menjadi alasan mengapa material GRC cocok sebagai elemen interior.

6. Lantai

Kegunaan lain dari GRC Board adalah bisa menjadi lantai dengan ukuran dimensi 15/20 mm x 1220 mm x 2440 mm atau 20 mm x 200/300mm x 2440 mm. Kelebihan menggunakan material ini sebagai lantai, yakni bisa mengurangi beban mati pada bangunan, karena bobotnya yang ringan.

Ukuran GRC Board

Ukuran GRC Board

Secara umum, ukuran dari GRC ini bervariasi di pasaran. Namun, standar ukuran GRC board per lembar yang ada di pasaran Indonesia adalah 1200 mm x 2440 mm atau setara dengan 1.2 m x 2.4 m. Ada juga yang menjual dengan ukuran GRC 600 x 1200 mm atau lainnya, tapi sangat jarang.

Keunggulan GRC Board Dalam Konstruksi

Berikut ini beberapa keunggulan jika Anda menggunakan papan GRC sebagai konstruksi bangunan:

1. Praktis

Keberadaan papan GRC ini dinilai lebih lebih praktis, baik dalam membawa ataupun menggunakannya. Selain itu, bahan papan GRC yang ringan membuatnya lebih mudah untuk Anda potong dan proses sebagai bahan bangunan. Hal ini pun secara tidak langsung akan menghemat dan mempercepat waktu pengerjaan rumah.

2. Tahan Terhadap Cuaca

Keunggulan berikutnya dari GRC board adalah tahan terhadap cuaca dingin maupun panas. Ini tentu membuatnya sangat cocok untuk Anda terapkan di iklim tropis seperti Indonesia, yang mana biasanya memiliki tingkat kelembaban yang tinggi dan lingkungan yang terkadang memiliki suhu ekstrim.

Baca Juga:  7 Warna Cat Rumah Coklat Mocca Elegan, Inspiratif Banget!

3. Anti Rayap dan Anti Lapuk

Papan GRC juga unggul dalam materialnya yang lebih awet dan aman dari serangan rayap. Akibatnya juga akan membuat material ini tidak mudah lapuk dan rapuh dalam kondisi apapun.

4. Aman untuk Kesehatan

Beberapa material bangunan terkadang memiliki efek samping terhadap kesehatan, terutama yang berbahan sintetis. Namun, GRC Board terkenal lebih aman bagi kesehatan, karena struktur pembuatannya yang tidak menggunakan asbes.

5. Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Papan GRC yang ada di pasaran memiliki banyak motif, mulai dari nuansa terakota, kayu, panel halus, batu alam, sampai arsitektur beton pracetak. Ini tentunya akan menciptakan nilai estetika tinggi, jika Anda terapkan pada bangunan rumah Anda, terutama untuk dinding.

6. Bobot yang Ringan

Bahan utama dari GRC board adalah fiber kaca, sehingga memiliki bobot yang jauh lebih ringan daripada material sejenis lainnya. Bobot yang ringan ini tentu saja membuat GRC lebih mudah untuk Anda bawa dan pindahkan saat proses konstruksi bangunan.

7. Daya Tahan Terhadap Air dan Api

Salah satu kecelakaan yang sering menimpa bangunan adalah kebakaran dan banjir. Nah, kelebihan dari papan GRC adalah tahan terhadap air dan api, sehingga sangat tepat menjadi pilihan material bangunan untuk menunjang keamanan bangunan tersebut.

Apalagi jika daerah Anda rawan terhadap banjir, maka menggunakan bahan bangunan ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, ini juga akan sangat membantu untuk membuat hunian rumah Anda lebih awet.

beli grc board di ukur

Beli GRC Board di Ukur, Pengiriman Cepat dan Cicilan Sampai 0%!

8. Penggunaan Indoor dan Outdoor

Keunggulan lainnya dari GRC board adalah bisa Anda gunakan sebagai material indoor atau outdoor. Anda pun tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menentukan setiap material untuk hunian. Langsung gunakan semua bagian rumah dengan papan GRC juga bisa menjadi pilihan terbaik.

9. Papan Kedap Suara

Privasi pekerjaan atau rumah tangga merupakan hal utama untuk Anda jaga. Salah satu cara menjaga privasi adalah dengan membuat ruangan kedap suara. Nah, papan GRC mampu menahan suara atau kedap suara, sehingga cocok untuk Anda jadikan dinding rumah atau kantor.

Baca Juga:  9 Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

Harga GRC Board

Harga dari GRC Board cukup bervariasi, berikut adalah uraian lengkapnya:

Jenis GRC BoardHarga
GRC Silika Board 4 mmRp 51.000 per lembar
GRC Royal Board 4 mmRp 55.000 per lembar
GRC Silika Board 6 mmRp 110.000 per lembar
GRC Board 4 mmRp 66.500 – Rp75.000 per lembar
GRC Board 6 mmRp 95.000 – Rp115.000 per lembar
GRC Board 8 mmRp 150.000 – Rp157.000 per lembar
GRC Board 9 mmRp 182.000 per lembar
GRC Board 10 mmRp 194.000 per lembar
GRC Board 12 mmRp 245.000 per lembar
GRC Board 15 mmRp 325.000 per lembar
GRC Versaboard 4 mmRp 61.000 per lembar
GRC Versaboard 6 mmRp 100.000 per lembar
GRC Versaboard 9 mmRp 130.000 per lembar

Sudah Tahu Apa Itu GRC Board?

GRC board adalah material yang sangat bermanfaat untuk bangunan rumah. Material ini bisa Anda gunakan untuk berbagai hal, mulai dari pagar rumah hingga lantai. Anda tinggal tentukan pilihan untuk menggunakan material ini atau tidak.

Jika Anda tertarik, bisa beli papan GRC di Ukur.com dengan berbagai pilihan motif dan ukuran, yakni mulai dari ukuran ketebalan 3 mm hingga 20 mm. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, namun terjangkau dan akan ada pilihan grosir, sehingga lebih murah.

Selain itu, Ukur.com juga menawarkan material konstruksi lainnya, seperti Waterproofing, Epoxy, Hardener, Mortar, Semen, hingga Kayu. Jadi, Anda tak perlu pindah-pindah marketplace, karena Ukur.com mampu memenuhi semua kebutuhan konstruksi Anda.