Jangan Salah Pilih! Pahami Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Jangan Salah Pilih! Pahami Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Apakah Anda pernah mendengar istilah epoxy? Istilah ini berhubungan erat dengan dunia konstruksi. Bahan ini biasanya digunakan untuk tahap pengecatan bangunan hingga kendaraan. Pada dasarnya, ada dua macam epoxy, yaitu epoxy primer dan epoxy filler. Kira-kira apa perbedaan epoxy primer dan epoxy filler?

Secara umum, epoxy adalah bahan yang biasa digunakan sebagai anti karat dan cat dasar. Epoxy primer dan filler sebenarnya memiliki cukup banyak perbedaan. Anda bisa mengetahui hal ini dari karakteristik hingga fungsinya. Untuk memahami lebih detail, simak informasi di bawah ini sebelum Anda melakukan pembelian produk pelapis ini!

Pengertian Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Epoxy primer adalah jenis bahan cat dasar yang terbuat dari campuran pengeras dan resin epoksi. Bahan ini biasanya digunakan sebagai lapisan dasar atau lapisan pertama pada permukaan beton, kayu, dan logam. Selain itu, cat dasar ini sangat ideal untuk permukaan yang sering terkena air, seperti tangki penyimpanan.

Tujuan penggunaan pelapis jenis ini adalah untuk meningkatkan daya lekat cat dan melindungi permukaan dari karat, korosi, atau kerusakan akibat paparan bahan kimia. Epoxy primer juga mampu memberikan tampilan bangunan atau furnitur tampak lebih halus dan merata. Di sinilah salah satu letak perbedaan epoxy primer dan epoxy filler.

Sementara epoxy filler adalah cat pelapis yang berguna untuk mengisi lubang atau retakan pada permukaan media. Epoxy filler banyak digunakan untuk menutupi noda asam, karat, dan goresan halus pada beberapa bagian bangunan atau media lain, seperti mobil dan kapal. Dengan begitu, bahan ini berperan penting untuk proses refinishing.

Baca Juga:  Mengenal 7 Jenis Galvalum dan Kelebihannya untuk Konstruksi

Penerapan epoxy filler pada logam bisa memberikan sifat anti korosi untuk jangka waktu yang lama. Apabila diaplikasikan pada kayu, bisa meningkatkan daya lekat epoxy primer. Sementara pada media dinding, dapat mengurangi dampak rembesan air hujan.

mengenal epoxy primer dan filler
Source image: freepik.com

Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Setelah mengetahui definisi dari masing-masing jenis epoxy, Anda mungkin sudah memiliki gambaran terkait perbedaan dari kedua jenis bahan pelapis ini. Lebih Lanjut, berikut beberapa perbedaan yang menonjol mulai dari fungsi hingga hasil finishing:

1. Fungsi Umum

Epoxy primer berfungsi untuk melindungi permukaan dari korosi dan faktor cuaca. Fungsi lainnya, yaitu meningkatkan daya rekat antara lapisan cat dengan permukaan logam. Memperbaiki permukaan yang tidak rata dan menutup pori-pori pada permukaan.

Sementara epoxy filler berfungsi untuk mengisi retakan, goresan, dan lubang pada permukaan. Fungsi lainnya, yaitu memberikan perlindungan tambahan pada permukaan dari kerusakan akibat cuaca dan paparan bahan kimia.

2. Komposisi Bahan Dasar

Anda juga bisa melihat perbedaan epoxy primer dan epoxy filler dari bahan atau komposisi penyusunnya. Epoxy primer terdiri dari resin epoksi, hardener, dan pelarut berupa thinner. Komposisi ini berperan untuk memberikan lapisan pertama pada permukaan yang akan dilapisi coating.

Sedangkan komposisi epoksi filler, antara lain resin epoksi, hardener, dan filler atau bahan pengisi. Bahan pengisi tersebut dapat berupa serbuk logam, fiberglass, atau jenis serbuk pengisi lainnya. Tidak heran, jika jenis epoksi yang satu ini berguna untuk mengisi celah dan goresan pada permukaan, setelah pelapisan epoksi primer.

fungsi epoxy
Source image: freepik.com

3. Waktu Pengeringan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Selanjutnya, perbedaan epoxy primer dan epoxy filler juga bisa Anda ketahui dari berapa lama epoxy kering, yang ternyata masing-masing berbeda. Epoksi primer umumnya membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk pengeringan. Sedangkan epoksi filler membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 48 jam untuk pengeringan.

Baca Juga:  5 Perbedaan AC Split dan Inverter, Mana yang Bagus?

4. Cara Pengaplikasian

Pengaplikasian kedua jenis epoksi ini juga terdapat perbedaan. Epoksi primer dapat diaplikasikan secara langsung sebagai lapisan cat dasar sebelum mengaplikasikan cat utama.

Sedangkan pengaplikasian epoksi filler biasanya saat pelapisan yang kedua, terutama setelah dempul atau ketika terdapat lubang atau permukaan yang tidak rata. Sebagaimana fungsi epoksi filler untuk menutup lubang dan menghaluskan permukaan yang tidak rata.

5. Hasil Finishing

Perbedaan selanjutnya terletak pada hasil finishing pelapisnya. Epoxy primer mempunyai hasil finishing yang lebih halus dan datar. Hasil akhir dari pengecatan sangat tergantung pada kualitas bahan dasar dan tingkat kehalusan permukaan yang dicat.

Sementara itu, epoxy filler mempunyai hasil finishing yang lebih tebal dan membuat lapisan menjadi lebih mengkilap. Lantaran lebih tebal, lapisan filler ini juga memiliki tekstur yang lebih kasar daripada lapisan primer, sehingga perlu pengamplasan lebih lanjut, sebelum pengaplikasian lapisan cat selanjutnya.

Hasil Finishing epoxy
Source image: freepik.com

6. Pilihan Warna

Perbedaan epoxy primer dan epoxy filler berikutnya adalah variasi atau pilihan warna yang tersedia. Jenis epoksi primer hanya memiliki satu varian warna saja, yaitu warna abu-abu. Tidak heran, jika epoksi primer ini lebih banyak digunakan sebagai lapisan dasar.

Sedangkan epoksi filler tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti kuning, biru, abu-abu, dan putih. Adanya pilihan warna yang beragam ini bisa membantu Anda untuk memilih mana warna yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

7. Harga

Tidak hanya dari segi fungsi dan pengaplikasiannya, perbedaan kedua jenis epoksi ini juga terletak pada harganya. Umumnya, harga epoksi primer lebih terjangkau daripada harga epoksi filler. Harga epoksi filler cenderung lebih tinggi, karena menawarkan variasi warna yang lebih banyak dan sifat bahan pengisi yang lebih berkualitas.

Baca Juga:  Folding Gate: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya

Meski demikian, perbedaan harga antara epoksi primer dan filler juga bergantung pada merek yang Anda pilih. Namun, sebagian orang akan memilih epoksi dengan harga yang lebih terjangkau.

8. Kegunaan di Berbagai Industri

Pemakaian epoksi primer biasanya digunakan untuk kebutuhan industri otomotif, penerbangan, dan maritim untuk melindungi permukaan dari bahan kimia, garam, dan korosi.

Sementara pemakaian epoksi filler banyak ditemukan pada industri konstruksi untuk memperbaiki permukaan struktur beton, dinding, dan lantai.

Ada pula industri pembuatan kapal untuk memperbaiki kerusakan pada permukaan lambung, kamar mesin, dan dek kapal. Sementara industri pengecoran untuk memperbaiki permukaan cetakan yang rusak.

Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Epoxy di UKUR!

Sudah Paham Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler?

Secara keseluruhan, epoxy primer berperan penting sebagai cat pelapis pertama. Sedangkan epoxy filler berperan sebagai pengisi permukaan yang tidak rata. Perbedaan tersebut bisa Anda ketahui melalui fungsi umum, komposisi bahan dasar, cara pengaplikasian, hasil finishing, pilihan warna, harga, dan kegunaannya.

Segera dapatkan produk epoxy primer maupun filler terbaik dari UKUR.com. Anda bisa memilih berbagai macam cat kayu dan besi, cat dasar epoxy, lem epoxy, atau cat lantai dari berbagai merk terpercaya. Jadikan furnitur dan bangunan rumah Anda menjadi lebih aman dan bebas karat bersama produk pilihan yang tersedia di UKUR.com.

Anda juga bisa membandingkan harga dari masing-masing produk cat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Sebagai situs jual beli online bahan bangunan terlengkap, UKUR.com juga telah terintegrasi dengan layanan ekspedisi terpercaya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk pesan sekarang juga!