Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak, Jangan Diabaikan!

Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak, Jangan Diabaikan!

Ketika Anda menggunakan mesin cuci tetapi merasa ada komponen yang tidak berfungsi maksimal, misalnya bagian pengering, maka perlu melakukan pengecekan. Bisa saja bagian dinamonya telah rusak. Cara mudahnya adalah dengan mengetahui apa saja ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak.

Jika dinamo pengering rusak, otomatis fungsi instant mengeringkan pakaian tidak bisa Anda dapatkan. Padahal, fitur pengering menjadi kelebihan tersendiri bagi sebuah mesin cuci karena Anda akan sangat termudahkan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami tanda-tanda atau ciri saat komponen satu ini mulai rusak.

5 Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak

Kebanyakan komponen elektronik umumnya memberikan tanda atau ciri-ciri saat bagian tertentu mengalami kerusakan. Ciri ini akan sangat membantu Anda mengidentifikasi langkah konkret yang harus segera tereksekusi. Termasuk pada mesin pengering. Berikut ini adalah 5 ciri dinamo pengering mesin cuci rusak.

Mencuat Aroma Terbakar
Source image: freepik.com

1. Mencuat Aroma Terbakar Saat Menggunakan Pengering

Ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak yang paling berbahaya adalah keluarnya aroma terbakar atau gosong saat digunakan. Artinya, mesin dinamo sudah terlalu panas dan bisa saja meledak. Jika ciri-ciri ini sudah muncul, sebaiknya Anda segera mematikan mesin dan hubungi pihak teknisi.

2. Mesin Cuci Mengeluarkan Suara Dengung

Pernah mendengar suara dengungan saat mesin cuci menyala? Jika iya, artinya mesin pengering telah memberikan tanda-tanda bahwa terjadi kerusakan pada bagian tersebut. Biasanya bunyi dengung akan muncul dengan intensitas yang tinggi dan suara yang amat mengganggu.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tungau Kasur: Tips Efektif dan Mudah

3. Lemahnya Bagian Putaran Mesin Cuci

Apabila Anda setiap kali menggunakan mesin cuci selalu mengamatinya dengan baik, maka pasti bisa menemukan perbedaan saat putaran mesin cuci berjalan begitu pelan.

Kondisi tersebut menunjukkan mesin dinamo mulai melemah, sehingga wajar apabila tabung pengering mendadak pelan. Tanda ini biasanya menjadi yang paling sering muncul.

4. Mesin Cuci Tidak Berputar Sama Sekali

Jika putaran pelan yang sebelumnya terjadi hanya dibiarkan saja, bukan tidak mungkin mesin cuci Anda menjadi tidak berputar sama sekali. Ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak ini juga kerap muncul tanpa aba-aba alias mesin langsung tidak bisa berputar sama sekali.

4 Penyebab Dinamo Mesin Cuci Rusak

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab dinamo pengering mesin cuci menjadi rusak? Agar bisa mengambil langkah tepat dalam memperbaikinya, Anda perlu mengetahui 4 penyebab utama yang melatarbelakangi rusaknya mesin cuci Anda.

penyebab mesin cuci rusak
Source image: hometronik.web.id

1. Dinamo Rusak

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dinamo adalah komponen penting pada mesin cuci karena berfungsi sebagai penggerak. Apabila dinamo rusak, sudah pasti pergerakan mesin cuci akan berhenti. Solusinya bisa dengan memperbaiki atau mengganti dengan dinamo yang baru agar kinerja mesin cuci tetap maksimal.

2. Timer Pengering Bermasalah

Timer menjadi kunci perputaran mesin pengering, sehingga saat timer bermasalah, mesin pengering tidak akan mau berputar. Penyebabnya bisa karena komponen pegas timer telah aus dan perlu untuk diganti. Biasannya di awal-awal kerusakan, timer akan tetap berputar tetapi intensitasnya sangat lambat.

3. Tenaga Kapasitor Berkurang

Tenaga kapasitor pada mesin cuci memiliki fungsi untuk memberikan daya listrik tambahan agar dinamo dapat bergerak maksimal. Pada mesin cuci yang telah lama digunakan atau di atas usia sepuluh tahun, penyebab satu ini akan sangat mungkin terjadi.

Baca Juga:  Berapa Lama Semen Kering? Yuk Cari Jawabannya Di Sini!

4. Sambungan Kabel Putus

Masalah kabel putus bisa Anda lihat pada bagian kabel power mesin cuci. Perlu dipastikan bahwa seluruh kabel power telah tertutup lapisan isolator secara menyeluruh. Anda juga perlu memeriksa bagian bawah mesin cuci karena pada bagian tersebut sangat rawan digigit tikus.

4 Cara Mengatasi Dinamo Pengering Mesin Cuci yang Rusak

Setelah tahu apa saja ciri ciri mesin pengering dinamo mesin cuci rusak, Anda juga perlu membuat langkah untuk mengatasinya. Berikut ini ada 4 solusi yang bisa Anda pilih sesuai dengan level kerusakan dan kebutuhan.

Mengatasi Dinamo Mesin Cuci Rusak
Source image: freepik.com

1. Memperbaiki atau Membeli Komponen Timer Pengering Baru

Komponen timer pada mesin cuci merupakan komponen yang bisa diganti, sehingga apabila mengalami kerusakan pada mesin pengering tidak harus membeli mesin cuci baru. Namun, solusi ini tentunya hanya bisa diterapkan ketika masalah kerusakan mesin pengering memang terletak di bagian timer.

2. Mengganti Kapasitor Pengering

Seperti yang telah Anda ketahui, kapasitor pengering menjadi daya penentu apakah dinamo mesin cuci lemah atau dapat bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, apabila muncul tanda-tanda mesin yang berputar pelan, segera ganti saja kapasitor pengeringnya dengan daya yang lebih tinggi.

Harga dari kapasitor pengering ini juga sangat terjangkau, sehingga ketika Anda menemui tanda-tanda mesin pengering yang lambat laju putarnya, segera saja ganti dengan yang baru.

3. Memeriksa dan Menyambung Kembali Kabel yang Putus

Salah satu ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak adalah putusnya kabel yang menghubungkan antara komponen satu dengan yang lain. Untuk mengetahui kerusakan, bisa Anda cek di bagian kabel power dan kabel yang letaknya di bawah mesin cuci.

Apabila memang kabel-kabel tersebut memang putus, Anda bisa segera memanggil teknisi. Masalah kabel putus terkadang memang tidak bisa serta merta disambung begitu saja.

Sebab sering kali kabel bukan hanya putus, tetapi juga mengalami konslet sehingga alih-alih menyambungkannya, lebih baik mengganti dengan kabel yang baru.

Baca Juga:  Cara Membuat Kursi untuk Bersantai dari Kayu Bekas, Dijamin Mudah!

4. Memeriksa Mesin dan Mengganti Komponen Terbakar

Jika Anda mencium bau gosong di mesin pengering, ada banyak kemungkinan kerusakan yang terjadi. Seperti konsleting, kabel aus, komponen dinamo rusak. Namun yang jelas, aroma gosong sangatlah berbahaya sehingga apabila Anda mendapatinya, pastikan mesin cuci tidak terhubung dengan listrik.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memanggil teknisi karena perlu diperiksa betul sumber dari komponen yang terbakar. Hal yang terpenting jangan sampai Anda menunda-nunda untuk memanggil teknisi karena selain kerusakan semakin parah, kemungkinan mesin cuci meledak tetap bisa terjadi.

5. Membeli Mesin Cuci yang Baru

Mungkin solusi satu ini adalah yang paling Anda hindari. Pasalnya, barang-barang elektronik yang dirasa masih bisa diperbaiki memang sebaiknya mengambil solusi perbaikan tersebut. Meskipun Anda perlu mengetahui dan mengurus beberapa hal sampai mendapatkan perbaikan yang tepat.

Namun, ada pula sebagian orang yang merasa bahwa membeli baru adalah solusi paling praktis. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang yang memiliki kemampuan secara finansial untuk membeli produk yang baru. Jika memang Anda termasuk golongan tersebut, maka bisa mengambil solusi pintas satu ini.

Mencuci pakaian lebih mudah dengan Mesin Cuci terbaru di UKUR!

Jadi Paham Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak?

Ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak sangatlah jelas dan dapat dipahami oleh orang-orang awam, asalkan peka saat menggunakannya. Meskipun kerusakan bisa saja terjadi karena berbagai penyebab, membeli barang elektronik, termasuk mesin cuci yang terbukti memiliki kualitas bagus sangatlah penting.

Ukur merupakan marketplace yang menyediakan berbagai bahan bangunan dan kebutuhan elektronik rumah Anda. Mulai dari Furniture, Safety, AC, dan bahan bangunan lainnya yang terjamin kualitasnya. Anda akan mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dibanding marketplace lainnya serta jaminan garansi.