Apakah CCTV Bisa Merekam Suara? Berikut Jawabannya!

Apakah CCTV Bisa Merekam Suara?

Seiring dengan berkembangnya zaman, Closed Circuit Television alias CCTV adalah salah satu alat yang sangat penting untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar. Tak heran, kecanggihan CCTV pun juga semakin berkembang. Namun, pernahkah Anda penasaran apakah CCTV bisa merekam suara?

Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi lebih lanjut tentang CCTV yang bisa merekam suara, mulai dari ciri-ciri, cara kerja, hingga merek yang bisa Anda beli. Sebelum itu, kenali dulu fitur-fitur penting yang ada pada CCTV!

Fitur-Fitur Kamera CCTV untuk Tingkatkan Keamanan dan Pengawasan

Sebagai kamera pengintai atau pengawas, CCTV saat ini memiliki banyak fitur yang meningkatkan kualitas perekaman gambar atau video. Beberapa dari fitur-fitur tersebut adalah:

1. Night Vision

Fitur ini memungkinkan kamera CCTV tetap berfungsi optimal dalam kondisi minim cahaya, seperti dalam keadaan gelap atau malam hari. Hal ini dicapai melalui penggunaan teknologi infra merah (IR) yang memancarkan cahaya ke area yang diamati oleh CCTV.

CCTV dengan Night Vision
Foto: Freepik

2. Remote Viewing

Fitur remote viewing memungkinkan pengguna untuk mengakses CCTV melalui smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus terlebih dahulu mengonfigurasi perangkat mereka dengan menginstal aplikasi CCTV atau melalui akses browser.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memantau CCTV dari jarak jauh, bahkan ketika berada di luar kota atau area yang jauh dari lokasi yang diawasi oleh CCTV.

3. Audio Recording

Salah satu fitur yang tak kalah penting adalah kemampuan kamera CCTV untuk merekam suara, yang menghadirkan tingkat kecanggihan tambahan. Jadi, pengguna bisa lebih memahami situasi yang terjadi di CCTV dengan lebih jelas.

Baca Juga:  6 Jenis Sofa yang Cocok untuk Mempercantik Ruang Tamu Anda

Apakah CCTV Bisa Merekam Suara?

CCTV pada dasarnya berperan dalam mentransmisikan gambar dari kamera ke monitor. Namun, di era saat ini, fungsionalitas CCTV telah semakin luas dengan penambahan microphone.

Kehadiran fitur ini menjadikan CCTV bukan hanya alat perekam video, melainkan juga memungkinkan pengiriman suara dengan syarat memiliki microphone. Selanjutnya, CCTV juga dapat menerima suara asalkan terpasang dengan speaker. Terdapat pula CCTV yang mendukung audio dua arah, yaitu mampu mengirim dan menerima suara secara bersamaan.

Hal yang sering terlupakan ialah bahwa speaker dan microphone di kamera CCTV seringkali merupakan perangkat terpisah, meskipun beberapa juga sudah terpasang serangkai atau built-in. Namun, jenis CCTV seperti ini biasanya kurang umum, karena kebanyakan penggunaan CCTV hanya membutuhkan rekaman video.

Ciri-ciri CCTV yang Bisa Merekam Suara
Foto: Freepik

Ciri-ciri CCTV yang Bisa Merekam Suara

Pada dasarnya, CCTV yang ada suaranya memiliki kemampuan perekaman suara sehingga menampilkan perbedaan yang signifikan daripada CCTV pada umumnya. Kamera ini dilengkapi dengan microphone yang tertanam pada posisi khusus. Berikut ciri-ciri CCTV yang bisa merekam audio:

1. Tampilan Berbeda

CCTV terbaru hadir dengan kemampuan untuk mendeteksi dan merekam suara dengan kualitas tinggi. Tampilan kamera CCTV yang memiliki perekaman suara ini seringkali mencakup lampu infra merah yang berada di sekitar microphone.

2. Keberadaan Microphone

Untuk merekam suara, sebuah microphone perlu terpasang pada posisi tertentu di perangkat CCTV. Ini dapat terdeteksi dengan adanya lubang kecil tanpa lampu yang berada di sekitar sisi kamera. Ciri inilah yang seringkali menjadi penanda paling jelas untuk membedakan kamera CCTV yang dapat merekam suara.

Cara Kerja Fitur Audio Recording pada CCTV

Fitur perekaman suara pada CCTV dapat beroperasi dengan cara yang bervariasi tergantung pada spesifikasi kamera. Namun, cara kerja umumnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Kamera CCTV bisa dilengkapi dengan mikrofon, baik yang terpasang secara internal maupun eksternal.
  • Suara yang direkam oleh mikrofon disimpan dalam bentuk file audio yang dapat diputar kembali bersama dengan rekaman video.
Baca Juga:  Bean Bag: Teman Santai Anda di Waktu Luang

Harap diperhatikan bahwa beberapa CCTV juga memiliki kemampuan mengirimkan suara ke penerima yang berjarak jauh melalui telepon atau melalui jaringan internet.

Selain itu, terdapat kamera CCTV yang dilengkapi dengan pengaturan sensitivitas suara, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat suara yang dianggap penting untuk direkam, misalnya hanya merekam suara manusia dan mengabaikan suara lainnya.

Merek CCTV yang Bisa Merekam Suara

Di bawah ini, ada beberapa merek kamera CCTV yang mampu merekam suara dengan kualitas yang baik, jernih, dan tanpa kebisingan, yakni sebagai berikut:

1. Hikvision DS-2CE76H0T-ITPFS

Hikvision DS-2CE76H0T-ITPFS
Foto: Tokopedia

Kamera CCTV DS-2CE76H0T-ITPFS dari Hikvision ini merupakan kamera CCTV indoor beresolusi 5MP yang lengkap dengan microphone internal. Pemasangannya mirip dengan kamera CCTV pada umumnya, dan sinyal suara dikirimkan bersamaan dengan sinyal gambar melalui kabel koaksial yang sama.

Inovasi terbaru dari Hikvision berupa kehadiran suara dalam rekaman ini akan sangat membantu pengguna dalam melacak kejadian-kejadian penting yang direkam oleh sistem CCTV. Harga jualnya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp400.000,00.

2. EZVIZ C1C 720P IP Camera CCTV Night Vision

EZVIZ C1C 720P IP Camera CCTV Night Vision
Foto: Tokopedia

EZVIZ C1C 720P Smart Home IP Camera CCTV Night Vision sudah lengkap dengan kemampuan penglihatan malam yang lebih baik, sehingga memungkinkan pengawasan hingga jarak yang lebih jauh.

Dengan lampu LED inframerah canggih dan konfigurasi optik yang lebih HD, kamera ini tetap dapat memberikan gambar yang jelas dalam kondisi pencahayaan yang rendah, bahkan hingga 12 meter.

Selain itu, Anda dapat berkomunikasi dua arah dengan orang yang Anda cintai dan mengusir orang asing yang tidak diinginkan menggunakan fitur komunikasi dua arah C1C. Dengan aplikasi EZVIZ yang Anda pasang di perangkat seluler, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi di mana pun Anda berada. Untuk memilikinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp250.000,00.

Baca Juga:  8 Merk Plafon PVC Terbaik Lengkap dengan Jenisnya

3. IP Camera CCTV Reolink E1 Pro 4MP WIFI

IP Camera CCTV Reolink E1 Pro 4MP WIFI
Foto: Alibaba

Kamera Reolink E1 Pro dengan resolusi 4MP ini dirancang khusus untuk penggunaan di dalam ruangan. Anda dapat dengan mudah mengendalikan putaran video, merekam suara, dan menyimpan rekaman pada kartu SD.

Selain itu, Anda juga dapat memantau rekaman CCTV melalui smartphone menggunakan aplikasi Reolink dan menghapus rekaman CCTV dengan mudah.

Konektivitasnya pun sangat sederhana dengan sistem Plug & Play. Anda hanya perlu memindai kode QR dari aplikasi Reolink yang tersedia di Play Store dan Appstore. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur infrared untuk melihat dalam kondisi gelap, serta memiliki sudut pandang lebar dengan resolusi 4 Megapixel. Anda dapat berkomunikasi dua arah, baik berbicara maupun mendengarkan suara.

Selain itu, kamera ini dapat berputar hingga 355 derajat secara horizontal dan 50 derajat secara vertikal. Hasil rekamannya pun dapat disimpan praktis pada kartu micro SD, dan Anda dapat melihat rekaman langsung dari ponsel.

Selanjutnya, ada dukungan untuk koneksi dual band 2.4GHz dan 5GHz sehingga dapat memastikan koneksi yang stabil dan Anda akan menerima pemberitahuan Motion Detection melalui aplikasi. Harganya produk CCTV ini sekitar Rp1.300.000,00.

CCTCV
Temukan Camera CCTV yang Dapat Merekam Suara di UKUR!

Sudah Tahu Apakah CCTV Bisa Merekam Suara?

Demikian penjelasan mengenai cara kerja hingga merek CCTV. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memahami CCTV apakah bisa merekam suara atau tidak.

Jika Anda sedang mencari produk CCTV, Anda bisa coba untuk mengunjungi Ukur.com. Ukur.com adalah situs yang melayani jasa jual beli barang bangunan mulai dari pintu hingga CCTV.

Di Ukur.com, Anda juga bisa melihat harga CCTV yang bisa dipantau melalui HP hingga produk CCTV lain yang berkualitas tinggi.