Begini 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan Karpet

Begini 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan Karpet

Adanya bau pesing yang menempel pada lantai dan karpet tentunya menjadi masalah yang menyebalkan. Selain mengganggu penciuman, aroma ini juga dapat menciptakan lingkungan yang kurang sehat. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau pesing di lantai dan karpet rumah dengan mudah.

Cara-cara ini bisa Anda terapkan untuk mengusir aroma pesing dari ompol anak maupun hewan peliharaan Anda. Apa saja? Mari ketahui langsung informasi selengkapnya di bawah ini!

2 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai

Aroma pesing pada lantai memang menjadi salah satu masalah umum, entah karena hewan atau ulah buah hati Anda. Terkadang, bau pesing ini sangat kuat hingga betah menempel di lantai meskipun sudah dibersihkan. Nah, apabila Anda mengalami masalah serupa, berikut adalah cara mengatasinya:

1. Cairan Penghilang Bau

Cairan Penghilang Bau
Foto : bp-guide.id

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan cairan penghilang bau. Saat ini, ada berbagai macam produk komersial yang memang khusus untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Terutama bagi Anda yang mencari cara menghilangkan bau pesing kucing di lantai.

Sebab, bau pesing akibat hewan peliharaan memang cenderung menyengat dan betah menempel lama. Upayakan memilih produk yang sesuai untuk lantai Anda. Ada berbagai macam cairan penghilang bau yang dirancang khusus untuk jenis jenis lantai, seperti keramik, kayu, atau marmer.

Pemilihan produk yang tepat akan membantu Anda mengaplikasikan cairan dengan benar dan efektif. Selain itu, pastikan juga Anda memilih produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Namun, sebelum menggunakan produk ini, Anda harus membersihkan lantai secara menyeluruh. Ini akan membantu meningkatkan efektifitas cara menghilangkan bau pesing di lantai menggunakan cairan penghilang bau.

Baca Juga:  Berapa Tinggi Ideal Plafon Rumah? Mari Cari Tahu!

Ingat, saat menggunakan produk ini, Anda harus membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat. Sehingga, produk ini dapat menjadi solusi cepat dan efektif untuk masalah bau pesing yang membandel.

2. Menaburkan Bubuk Kopi

Bubuk Kopi
Foto : feelgoodpal.com

Anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan bau pesing di lantai secara alami, yakni dengan menaburkan bubuk kopi. Pasalnya, bubuk kopi mengandung kafein yang memiliki sifat penyerap bau di dalam ruangan. Sehingga, ini bisa menjadi solusi praktis dan ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan.

Saat menaburkan bubuk kopi, pastikan untuk menutupi area yang berbau pesing secara merata. Biarkan bubuk kopi tersebut berada di lantai selama beberapa menit, agar dapat menyerap bau secara maksimal.

Setelah beberapa menit, bersihkan bubuk kopi dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner) atau sapu. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati, agar tidak meninggalkan sisa-sisa bubuk kopi yang dapat membuat lantai menjadi lengket, ya.

Selain menjadi cara menghilangkan bau pesing di lantai, aroma kopi yang menyenangkan dapat memberikan efek menyegarkan pada ruangan. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak bubuk kopi, agar tidak menyebabkan kelembaban berlebih di lantai Anda.

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Karpet

Selain lantai, bau pesing yang menempel pada karpet juga tak kalah mengganggu. Entah itu karena ompol si kecil maupun anabul kesayangan. Bagi Anda yang mencari cara menghilangkan bau ompol di karpet, simak 2 cara praktis berikut ini!

1. Cairan Pembersih Karpet

Cairan Pembersih Karpet
Foto : homedit.com

Seperti cara menghilangkan bau pesing di lantai, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk hilangkan aroma kurang sedap di karpet. Pertama, pastikan Anda memilih cairan pembersih yang sesuai dengan jenis karpet Anda.

Baca Juga:  15 Merk Kursi Plastik yang Bagus dan Cara Memilihnya

Sebab, beberapa karpet memerlukan perawatan khusus. Jadi, pastikan untuk memilih produk yang tidak akan merusak serat karpet Anda.

Sebelum menggunakan cairan pembersih, bersihkan karpet dari debu dan kotoran dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Ini akan memastikan bahwa cairan dapat bekerja dengan lebih efektif pada bau yang berasal dari dalam serat karpet.

Setelah membersihkan permukaan karpet, aplikasikan cairan pembersih secara merata di area yang berbau. Gunakan spons atau sikat untuk membersihkan karpet dengan lembut dan memastikan bahwa cairan meresap ke dalam serat karpet. Ini akan menjadi cara hilangkan bau pesing di karpet yang efektif.

Biarkan cairan bekerja selama beberapa waktu, sesuai dengan instruksi yang ada di kemasannya. Setelah itu, gunakan kain bersih, handuk yang lembut, kipas angin, atau hairdryer untuk mengeringkan karpet. Pastikan untuk menjauhkannya dari area yang lembap, agar karpet bisa kering dengan baik.

2. Larutan Cuka

Larutan Cuka
Foto : idntimes.com

Cara menghilangkan bau ompol di karpet berikutnya adalah dengan menggunakan larutan cuka. Ini menjadi solusi yang alami dan efektif untuk membasmi aroma pesing di karpet Anda.

Bahkan, selain untuk karpet, menggunakan larutan cuka juga bisa menjadi cara menghilangkan bau pesing di lantai dengan efektif. Caranya pun cukup mudah. Anda cukup mencampurkan air dan cuka dalam perbandingan yang sesuai. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan cuka secara murni, karena bisa merusak serat karpet.

Setelah mencampur larutan cuka, semprotkan secara merata di area karpet yang berbau. Biarkan larutan meresap ke dalam serat karpet selama beberapa menit, agar dapat menetralkan bau pesing yang mengganggu.

Terakhir, keringkan area karpet yang basah. Jangan biarkan area karpet tetap lembap, karena hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bau yang lebih mengganggu.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lantai dan Karpet

Selain menerapkan cara menghilangkan bau pesing di lantai dan karpet di atas, Anda juga harus menjaga kebersihannya untuk mencegah penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu, pastikan ventilasi yang cukup, agar udara dalam ruangan tetap segar.

Baca Juga:  Panduan Cara Melihat Rekaman CCTV di HP dan Komputer

Anda bisa menyapu dan mengepel lantai, serta membersihkan karpet secara rutin, demi mencegah penumpukan debu, kotoran, dan partikel-partikel kecil lainnya yang dapat menjadi penyebab munculnya bau.

jual karpet lantai
Maksimalkan kenyamanan dengan Karpet Lantai terbaru di UKUR

Sudah Lebih Tahu Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan di Karpet?

Kesimpulannya, ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan aroma pesing pada lantai dan karpet rumah. Baik itu menggunakan produk komersial berbahan kimia maupun memakai bahan alami seperti bubuk kopi dan larutan cuka.

Dengan menerapkan cara menghilangkan bau pesing di lantai dan karpet tersebut, Anda dapat dengan efektif mengusir bau tak sedap dan menciptakan lingkungan yang bersih dan segar di rumah.

Selain bau pesing, masalah lain yang sering berkaitan dengan lantai dan karpet adalah adanya bulu kucing serta lem yang menempel. Nah, Anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan bulu kucing di karpet, menghilangkan lem di lantai, atau masalah lain pada lantai dan karpet Anda dengan mudah.

Permasalahan ini bisa Anda atasi dengan menggunakan bahan material berkualitas dari Ukur. Sebagai toko bangunan online terlengkap, Ukur menyediakan berbagai macam jenis karpet dan lantai yang mudah dibersihkan dan tahan lama, hingga perlengkapan rumah lainnya seperti perkakas, sanitary, dan furniture.

Rasakan kemudahan berbelanja dengan jaminan keamanan, harga terjangkau, dan pengiriman cepat. Wujudkan suasana rumah impian Anda dengan beragam produk unggulan yang tersedia di Ukur.com!